Layanan Purnajual yang Buruk dari Penjual, CS Tokopedia Tidak Membantu

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengijinkan surat pembaca ini terbit.

Tanggal 4 Juli 2023, saya melakukan pembelian 1 unit produk Oxygen Concentrator 5L Owgels Pengganti Tabung Oksigen 93-96% seharga Rp.5.000.000, dari Toko MULTIBRAND STORE di marketplace Tokopedia, dengan link produk: https://tokopedia.link/p4eEj0LmnGb. Sebelum saya bertransaksi, saya bertanya dulu tentang garansi unit ini via chat. Penjual mengatakan bahwa unit memiliki garansi resmi selama 1 tahun sejak tanggal pembelian. Namun saya tidak bisa mengambil gambar percakapan tersebut, karena chat tahun 2023 sudah dihapus otomatis oleh Tokopedia.

Semenjak bulan November 2023, saya sudah menghubungi penjual tentang keluhan produk ini. Saat produk digunakan, sering terhentak sendiri ketika beroperasi. Sebelumnya hentakan tersebut tidak pernah terjadi. Kami menanyakan prosedur untuk klaim garansi ke servis center. Namun toko ini tidak merespons chat kami, padahal sudah berkali-kali kami menghubungi penjual.

Penjual sudah menyatakan bahwa garansi 1 tahun, semenjak tanggal pembelian 04 Juli 2023. Berarti produk ini masih dalam masa garansi 1 tahun. Mesin ini baru digunakan sekitar 160 jam dan pemakaian normal saja. Pemakainya adalah orangtua saya, yang mengalami sakit pernapasan dan harus dibantu mesin oksigen ini. Beliau mengalami ketidaknyamanan, karena suara hentakan yang keras dari mesin saat beroperasi dan mengganggu saat beliau sedang beristirahat.

Kami sudah mencari secara mandiri servis center produk OWGELS ini, tetapi tidak menemukannya di Indonesia. Sementara distributor OWGELS lain hanya melayani servis dari pembelian dari tokonya saja. Kami sangat kecewa dengan pelayanan Toko MULTIBRAND STORE.

Kami sudah mengadukan komplain via CS Tokopedia, tetapi tidak membantu. Padahal pelayanan toko harus sesuai dengan barang dan garansi yang diberikan. Namun tidak ada tindakan tegas dari Tokopedia terhadap seller ini.

Harga unit yang kami beli termasuk harga yang tidak murah. Namun pelayanan yang diberikan sangat buruk, seller no respond. Sekarang kami harus beralih lagi dengan tabung oksigen manual, agar orangtua saya dapat beristirahat sambil mendapat suplai oksigen, karena mesin ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jujur saya bingung bagaimana memperbaiki mesin oksigen ini. Karena jasa servis mesin oksigen tidak dapat kami temukan di sekitar kami, dan klaim garansi tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh toko MULTIBRAND STORE di Tokopedia. CS Tokopedia pun tidak membantu sama sekali terhadap buruknya pelayanan toko tersebut.

Kami berharap ada itikad baik dari Toko MULTIBRAND STORE di Tokopedia, untuk melayani klaim garansi mesin oksigen OWGELS ini, karena masih dalam masa garansi 1 tahun. Saya juga berharap ditengahi oleh Tokopedia, agar transaksi aman bagi pembeli untuk meretur barang yang bermasalah tersebut. Terima kasih.

Christian Budi Hartanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Layanan Purnajual yang Buruk dari Penjual, CS Tokopedia Tidak Membantu

  • 17 Januari 2024 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Ada baiknya produk yg jarang2 gini beli langsung ke distributornya, jangan tergiur diskon dsb, saya ada oxygen concentrator tapi merk lain sy beli di agennya jadi di garansi langsung pernah rusak di ganti baru. Dulu sempat tertarik beli di toko ijo, orange dsb tapi akhirnya mutusin ambil di agen langsung, kebetulan ada websitenya.

    • 17 Januari 2024 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Ngga ada distributor owgels resmi di indo, saya sudah cek adanya diphilipine

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Tokopedia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Layanan Purnajual yang Buruk dari Penjual, CS Tokopedia Tidak Membantu…

oleh rudi dibaca dalam: 2 menit
4