Barang Dinyatakan Hilang oleh JNE, Kerugian Sangat Besar

Saya sebagai penjual di salah satu marketplace di toko oren, dengan nama toko: Pedagang Bermimpi Besar. Saya sangat amat dirugikan oleh pihak ekspedisi JNE. Hal ini disebabkan dana klaim yang tidak sesuai dengan harga barang yang telah hilang.

Toko kami melakukan pengiriman setiap hari, dan ada barang yang dinyatakan hilang. Padahal seharusnya status barang dikembalikan oleh ekspedisi. Namun pihak JNE tidak mengembalikan paket tersebut, melainkan dengan gampangnya bilang hilang begitu saja.

Lagi-lagi barang hilang ketika memakai ekspedisi JNE JTR. Padahal barang yang dikirimkan muatannya cukup besar, masa bisa hilang begitu saja? Dan itu 1 invoice susulan, yang mana sebelumnya 4 invoice pada bulan yang sama juga dinyatakan hilang dan kerugian saya Rp4,4 juta.

Barang yang hilang di ekspedisi JNE, dengan nomor pesanan: 231210TNTJ4QF2 dan nomor resi: JT27072385108. Nilai barang Rp1.748.000, tapi cuma dapat penggantian Rp936.010, selisih Rp811.990. Harga barang dengan dana klaim jelas tidak sesuai.

Status pengirimannya selesai, tetapi barang gak diterima oleh pembeli, lalu dikembalikan ke kami sebagai penjual. Namun dalam perjalanannya, pihak JNE menginfokan bahwa barang hilang begitu saja. Makanya ada bukti dana penyesuaian yang tidak sesuai dengan total produk kami.

Saat kami menghubungi pihak JNE, tanggapan yang kami terima sama, yakni dilempar kembali kepada marketplace. Padahal, yang kami inginkan hanyalah agar barang tersebut dikembalikan, daripada mendapatkan dana klaim yang tidak sesuai dengan harga produk yang kami jual.

Tolong kepada pihak JNE agar mengecek, kenapa paket banyak yang hilang dan itu semua memakai JNE JTR, yang mana barangnya besar. Tolong, kami sebagai penjual tidak ingin rugi. Terima kasih. 🙂

Komala Sari
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Barang Dinyatakan Hilang oleh JNE, Kerugian Sangat Besar

  • 25 Januari 2024 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Informasikan juga masalah ini ke DPR RI komisi 11, dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN),

    Help, up, komen, dan bagikan juga : https://mediakonsumen.com/2024/01/22/surat-pembaca/indihome-aktivitas-tanpa-batas-teknisi-lapangan

    6
    10
    • 26 Januari 2024 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Saya dagangan 4.8jt cm balik 1.6jt.
      Berbagai macam cara dr ke polsek,polres ttp ngga bisa bantu urus.
      Emg JNE ini banyak mafia,saya rasa mlh mafia ada di dalam jne dan toko oren itu sendiri,krn dr kata2 buyer barang saya bner2 rapi

      1
      4
      • 25 Januari 2024 - (19:23 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yg sama. Persis seperti ini. Barang katanya dikirim diterima pembeli tapi nyatanya tidak pernah saya terima

      • 25 Januari 2024 - (21:56 WIB)
        Permalink

        Pernah liat kasus serupa di jelaskan oleh seller di salah satu akun yt dan ditelusuri ternyata sindikat penipuan dengan kondisi return barang.

  • 25 Januari 2024 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya barangnya bukan hilang tetapi karena sudah lewat estimasi makanya dinyatakan hilang …saya juga sebagai seller kena di jne …dan juga di lempar kesana sini ..saya minta bantuan pihak customer datangin ke jne dan menemukan barang ada tetapi tidak bisa diambil..dan akhirnya saya hubungi JNE daerah tersebut minta dikirim balek ..

    3
    6
  • 25 Januari 2024 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Hanya saran untuk TS, lebih baik gunakan asuransi, karena FAQ dari shopee kalau jnr hilang barang, itu maks 10x ongkir, mau jungkir balik gimanapun alasan shopee bakalan sama hanya dapat 10x ongkir, dan jne nya pasti beralasan, apakah TS menggunakan asuransi jne? Jika tidak ya balik lagi ke s&k shopee, kami juga kena, dinpingpong, kebetulan kami masih ada asuransi shopee, itu pun perli ribut dulu panjang baru shopee mau mengakui…

  • 25 Januari 2024 - (22:10 WIB)
    Permalink

    jadi barangnya ga hilang, pengalaman pribadi, kena 2 kali malah. Mereka manajemen sumber daya-nya jelek banget. SDM sama paket yg diurus ga sebanding. Sy diceritain sama kurir JTR yg antar barang sy yg dinyatakan hilang

    Jadi paket tuh mah ada, ga hilang, tapi tertumpuk2, jadi pengurusan paket samapi ke konsumen jadi lewat estimasi, jadi otomatis batal, dan dinyatakan hilang sama marketplacenya bukan sama JNE-nya, jd mereka ada kesepakatan seperti itu. Dan semuanya seharusnya sdh dicover asuransi, masalahnya Shopee nagih ke JNE, JNE nagih ke karyawannya dan disini tidak termanage dengan baik.

    Itu CS JNE sebetulnya ngerti keadaan di gudang sortir JNE yang kacau balau, makanya main gampang dibilang hilang aja. Makanya klo bisa dihindari aja JTR, cuma kadang toko masi ada byk yg aktifin, soalnya masuk subsidi ongkir gratis.

    2
    3
  • 25 Januari 2024 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Barang tidak hilang, cuma sudah lewat estimasi. Biasanya yang menyatakan hilang memang marketplace sih.

    1
    5
  • 26 Januari 2024 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kehilangan voucher bensin di JNE, setelah itu saya tidak akan pernah lagi menggunakan JNE

    1
    4
  • 26 Januari 2024 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Kasus sama saya sebagai pembeli dari market place ijo menggunakan jasa kurir JNE. Barang belum saya terima tiba tiba muncul notifikasi pesanan selesai.
    Merasa belum terima komplain donk dan akhirnya barang return ke penjual, penjual bingung kenapa di return. Akhirnya sampai batas waktu respon ekspedisi 7 hari lewat dan dana saya di kembalikan tapi barang belum juga di terima oleh penjual.

  • 27 Januari 2024 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Makin kesini makin parah saja expedisi yang satu ini.
    Padahal dulu sering direkomendasikan oleh para mentor.

    1
    3

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Trucking?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Barang Dinyatakan Hilang oleh JNE, Kerugian Sangat Besar

oleh pedagang bermimpi besar dibaca dalam: 1 menit
22