Uang di DANA Hilang, Pihak DANA Lepas Tanggung Jawab

Pada tanggal 24 Februari 2024 jam 9.43, saya mendapatkan transfer dari seorang sahabat saya sebesar 2.700.000 ke akun DANA saya. Setelah itu, saya tarik tunai di Alfamart di daerah Cibarusah jam 9.54 sebesar 200.000. Setelah dari Alfamart, saya mentransfer uang ke CIMB sebesar 1.010.000 pada jam 10.11 karena akan ditarik tunai di ATM dan tak lama pada jam 11.11, saya bayar cicilan ke BAF sebesar 947.500 dari akun DANA saya juga.

Alangkah terkejutnya saya ketika saya akan membeli kuota internet dan membuka aplikasi DANA saya pada jam 17.56, uang yang sisa dari semua transaksi ada sekitar 550.000 lagi sudah tidak ada. Lalu saya cek transaksi (bukti transaksi terlampir), ternyata ada transaksi yang tidak pernah saya lakukan di jam 11.52 menggunakan QRIS untuk pembelian KAIGAME yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Dari situ saya panik dan bikin laporan di aplikasi dengan Diana dan menceritakan kronologi yang sesungguhnya.

Alangkah terkejutnya saya ketika membaca balasan atas laporan saya bahwa pihak DANA tidak dapat mengganti uang saya yang hilang seolah-olah ini kesalahan saya. Lebih terkejut lagi, saya ada hasil laporan bahwa “SAYA MELAKUKAN TRANSAKSI INI TAPI SAYA DITIPU”.

Dari sini, pihak DANA membuat kesimpulan sepihak bahwa saya yang melakukan transaksi itu, padahal masih ada record hasil percakapan laporan saya (terlampir).

Tolong kembalikan segera uang saya. Bagi anda mungkin tidak seberapa, tetapi bagi saya nilainya sangat besar dan susah mendapatkan uangnya.

Terima kasih.

Muhammad Ryan
Kabupaten Bogor – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Uang di DANA Hilang, Pihak DANA Lepas Tanggung Jawab

  • 29 Februari 2024 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Maaf yaa, doa saya semoga dapat ganti yang berlebih
    Gak bakal balik
    Sudah terjadi pada saya sendiri 3-4 tahun yang lalu, hasil amsyong
    Sudah lupakan DANA
    Bahkan saya mrnghimbau tinggalkan DANA
    OJK saja sudah tidak ada, OJK sudah angkat tangan
    BI sudah zonk, cuma sekedar logo
    Kominfo pun lewat, ini juga cuma simbol
    Perlindungan konsumen sudah kalah
    Hanya karena DANA
    Ada kantor bukan jaminan mutu
    Rate keamanan 3/10
    Wassalam

    11
    2
    • 29 Februari 2024 - (14:36 WIB)
      Permalink

      Iya kak.. padahal saya berharap uang saya kembali setelah buat laporan tapi ternyata tidak dan dari hasil investigasi pihak DANA malah beda dengan berita ” saya melakukan transaksi ini tetapi saya ditipu” aneh bener ini pihak DANA ambil kesimpulan agar terhindar dari penggantian uang saya yg hilang. Padahal jelas dari transaksi terakhir saya yg dilakukan didaerah Cibarusah lalu selang beberapa menit ada transaksi aneh yg dilakukan di daerah jakarta selatan menggunakan QRIS. Parahnya lagi setelah tau akun saya dibobol lalu saya ganti pin akun DANA saya…apa yg terjadi? Akun DANA saya tetap di retas dengan pelaku yg sama yaitu dengan menggunakan HP Xiaomi begitu setiap harinya saya pantau terus…setiap mau masuk akun selalu dalam keadaan logoff karena ulah siperetas tersebut .jadi menurut saya aplikasi DANA sangat tidak aman utk saat ini

      8
      1
      • 1 Maret 2024 - (09:47 WIB)
        Permalink

        Yah ampun dana lagi dana lagi 🤦🏻‍♂️…kasian udh banyak bgt yg kena kaya mas nya nih…semenjak bnyk kasus langsung tarik semua saldo di dana abis itu uninstall

        • 1 Maret 2024 - (10:06 WIB)
          Permalink

          Iya kak..saya juga kapok dan udah di hapus aplikasi DANA nya…karena dari pihak DANA ga ada itikad baiknya, seolah uang nasabah hilang itu sudah biasa

        • 2 Maret 2024 - (08:01 WIB)
          Permalink

          waduh, untung banget pagi2 saya baca berita ini. langsung saya tarik semua dana saya dan transfer ke rekening saya. gak nyangka klo kejadian seperti ini didana udah sering, padahal tadinya mau buat kegiatan usaha. sabar ya Mas, terus minta keadilan supaya dananya dikembalikan, dan moga ada rejeki sehingga uangnya bisa kembali

      • 2 Maret 2024 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Ini sama bnget dengan saya.ada 2 transaksi padahal sy tidak pernah melakukan nya.dana saya pun terlindungi proteksi.tp ketika sya ajukan keluhan di jawab sama persis seperti ini

    • 29 Februari 2024 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Iya saya berhenti 4 tahun lalu. Waktu kasus 25K dengan Promo dibayarin DANA, saya harus ngejar sampai enam bulan baru balik dananya. Kapok lah. Sejak saat itu nggak pake lagi. Eh kemudian bermunculan kasus DANA. Sampai yang lain-lain kena gilirannya juga.

      • 1 Maret 2024 - (05:41 WIB)
        Permalink

        Oh ternyata sudah bermasalah sejak lama ya…andai aja saya tau mgkn saya ga akan pakai aplikasi DANA, sistem keamanannya sangat buruk padahal ini berhubungan dengan uang yg harusnya super ketat. Dari pihak DANA pun setelah saya bikin laporan terkesan biasa saja…harusnya me ghubungi saya sebagai korban dan saya pun tidak bisa menghubungi DANA secara live hanya di balas oleh chat robot yg sudah di setting…. sangat mengecewakan.

        • 1 Maret 2024 - (15:02 WIB)
          Permalink

          Betul.
          Pernah heboh juga di MK ini. Makanya banyak kok komentar di sini dari pengguna yang sudah kapok.
          Teman saya yang saya suruh baca keluhan di MK ini di kasus yang massal itu, merasa aman aman saja, sampai dapat juga gilirannya.

          • 1 Maret 2024 - (20:36 WIB)
            Permalink

            Mungkin juga ada keterlibatan oknum..soalnya setelah kejadian pin saya ganti dan ditambah verifikasi wajah tetep aja masih bisa dipakai oleh orang yg ga bertanggung jawab, Wallahu a’lam….bisa juga sistem keamanannya yg lemah.

    • 3 Maret 2024 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami baru satu minggu uang saya hilang 400.000
      Padahal saya tidak pernah membeli dan transaksi

  • 1 Maret 2024 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Sdh lupakan Dana atau aplikasi lain nya,
    Pakai yg pasti2 aja, internet atau mobile banking

    • 1 Maret 2024 - (12:44 WIB)
      Permalink

      Berarti bukan saya aja yang sudah kehilangan uang di dana ,Minggu lalu saya kehilangan 500k ada transaksi mencurigakan pakai crish “WARUNG SEMBAKO OK” yang telah mengambil uang saya di dana semenjak itu ga pernah saya isi banyak uang saya di dana

      • 1 Maret 2024 - (12:53 WIB)
        Permalink

        Gimana pak uang yg hilang, apakah diganti? Kalo saya sampai saat ini dari pihak DANA ga ada hubungi saya meskipun sudah saya tayangin di media konsumen, ya berarti emang sudah dianggap biasa nasabahnya hilang uang . Padahal uang itu baru saja saya dpt dari pinjam ke saudara karena ada keperluan tp DANA nganggapnya enteng.

  • 1 Maret 2024 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Bro, gak ada harapan.
    Bahkan setelah bro mengeluh disini, saya masih pake cuma buat cari promo, dan gak simpen uang lbh dr 10k
    Sisanya isi dl kalau mau pakai, dari sekian banyak ewallet, ini yang paling banyak bermasalah menurut saya

    • 7 Maret 2024 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Sudah gk ada untungnya pake Dana,sudah lama saya tinggalkan.
      Kalau mau tf dr bank ke beda bank. biayanya jg cm 2500.

  • 1 Maret 2024 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Saya juga udha kapok pakai App DAN*, dri 2018 akun saya tiba² berpindah, padahal akun premium dimana harus KYC dulu baru bisa pindah device, uang saya itu hari 250 ribu, lenyap dengan akun nya, tdk bisa di akses lagi, capek urus tdk ada tanggapan sama sekali, udah ku blacklist

  • 1 Maret 2024 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Masih ada untungnya sisa uang ny 500an rebu udh sempet dibelanjain coba kalau sampek jutaan hoaaammmzzz alamat sudahh

  • 1 Maret 2024 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya semua aplikasi keuangan yg ada fitur security berlapis harus diaktifkan. Misal scan wajah, sidik jari dan 2 otentifikasi. Kalau ada fitur2 itu semua sebaiknya dinyalakan

  • 1 Maret 2024 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Dari awal tahun ini juga terjadi dengan saya, sudah 2 kali….saya laporkan ke pihak dana namun pihak dana lepas dari tanggung jawab…semoga ada tejeki penggantinya lbh baik, dan untuk pemakaian DANA buat pelajaran… Hapus aplikasi dana dan jangan pernah lagi dipake aplikasi dana. Akun dibobol katanya kesalahan kita

  • 1 Maret 2024 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Saya beraLih ke Neo Bank
    Aman & Dapet Bunga Deposit WaLaupu n Ngaa’gedhe.
    Akun dana cuma buat beLi token/paket data👍

  • 3 Maret 2024 - (01:54 WIB)
    Permalink

    saya punya kasus agak lain, dpt wa dr grup katanya DANA kaget, kirain orang bagi² duit.
    eh pas diklik linknya malah saldo DANA kita yg kepotong (yah malah kena tipu) lapor lah ke customer service krna setelah di cek transaksi ini ternyata auto debet tiap bulannya, nah lapor ke cs ga minta duitnya dibalikin, cmn minta autodebetnya di matiin aja, udh diurus kirim data sana sini, katanya sdh diproses.
    tp tetep aja ke debet tiap bulannya, alhasil dibuang deh tuh akun DANA nya..
    eh beberapa bulan kemudian malah pihak DANA tlfn lagi, katanya ada tagihan yang belum dibayarkan.
    ini gila apa gmn sih, udh bikin laporan kita kena tipu kok malah ngebantu si penipu nagihin yaak ?
    wkwkwk sejauh ini, ini aplikasi yg paling diluar nurul..

  • 3 Maret 2024 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Saya sudah uninstall DANA daripada saya jadi korban lagi dan kerugian saya bertambah…hapus DANA dan beralih ke Gopay

  • 4 Maret 2024 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Hati 2 juga buat yg suka ngejual hp ….tp hp nya suka banyak aplikasi untuk transaksi online ,kayak m-banking,ovo,dana,pinjol,gopay karna kalo yg beli hp kita orang jahat dan bisa diretas semua akun2 kita,,,,,contoh nya saya dulu kalo beli hp pasti yg lama saya jual…..akun shopee saya Udeh 3 tahun an gak aktif gak pernah di buka ,,,,eh waktu pertama kali buka akun shope lagi pake verifikasi ulang lagi bukan cuma sekedar masuk email dan password….tp untungnya bisa kebuka lagi akun shope saya beruntungnya saya di shopepay nya ada saldo hampir 200 lebih ….dan ada transaksi yg saya yakin banget bukan transaksi saya…..berarti akun saya selama 3 tahun pernah diambil orang……..untung saya gak pernah simpen uang elektronik banyak2 kecuali kalo mau langsung di gunain tinggal tf lewat m banking

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Uang di DANA Hilang, Pihak DANA Lepas Tanggung Jawab

oleh Muhammad Ryan dibaca dalam: 1 menit
36