BCA Masih Belum Bisa Menjelaskan Perhitungan Bunga Tagihan yang Mencurigakan

Halo pembaca MediaKonsumen.com. Saya ingin berbagi cerita mengenai kecurigaan saya terhadap Bank BCA, mengenai Biaya Bunga yang ditagihkan terhadap saya. Maksud dan tujuan saya mengunggah surat pembaca ini adalah untuk menyuarakan keluhan saya terhadap pelayanan yang diberikan yang tidak kunjung selesai.

Saya adalah nasabah Kartu Kredit BCA dan Tahapan BCA. Singkat cerita, saya membaca terdapat Biaya Bunga sebesar Rp331.469, pada kolom tagihan kartu kredit saya Bulan Februari 2024. Saya sedikit terheran, karena sejak pertama kali menggunakan kartu kredit, saya tidak pernah mengambil cicilan berbunga, tidak pernah terlambat melakukan pembayaran, dan pembayaran tagihan selalu sesuai.

Setelah saya telusuri lebih teliti, pada tagihan bulan Januari 2024 saya melakukan pembayaran tagihan pada tanggal 29 Januari sebesar Rp2.985.123, yaitu telat 10 hari dari tanggal jatuh tempo tanggal 19 Januari 2024.

Kalau saya coba hitung, biaya bunga Rp331.469 sepertinya terlalu besar untuk tagihan Rp2.985.123, yaitu sekitar 11%. Saya mencoba untuk cari tahu apakah benar dendanya sebesar itu. Saya mendapatkan sebuah artikel mengenai denda keterlambatan pembayaran: https://www.bca.co.id/id/informasi/news-and-features/2020/05/14/07/09/Keringanan-Suku-Bunga-Pembayaran-Minimum-Denda-Keterlambatan-Kartu-Kredit. Di sana tertuliskan bahwa denda keterlambatan kartu kredit adalah 1% dari total tagihan atau maksimal Rp100.000.

Saya mencoba menghubungi HaloBCA sekitar 2-3 hari setelah saya membaca tagihan tersebut. CS HaloBCA sepertinya tidak bisa menjelaskan, berbicaranya makin lama semakin diulang ulang, semakin cepat, dan agak ngawur. Oleh karena itu saya minta untuk diemailkan saja bagian mana yang didenda dan perhitungannya bagaimana sampai bisa keluar Rp331.469.

Entah mengapa, setelah semingguan saya menunggu, email tidak kunjung dikirim. Setelah saya telepon kembali, katanya nomor laporan saya statusnya ditutup/selesai/closed (saya lupa sebutannya apa). Saat itu nada bicara saya sangat netral, lebih ke arah penasaran mengapa bisa timbul bunga tersebut, tapi entah mengapa CS tersebut malah menutup laporan saya.

Tanggal 16 Februari 2024, saya kembali membuat laporan, isinya sama saya mempertanyakan mengapa bisa dapat angka tersebut. Namun solusinya juga sama, CS tersebut mengatakan akan dikirim ke email saya (dalam waktu 5 hari / 7 hari saya lupa).

Tanggal 21 Februari 2024, saya coba email untuk menanyakan kembali karena masih belum ada kabar. HaloBCA membalas katanya “Masih dalam proses oleh pihak terkait kami.”

Setelah itu sekitar tanggal 27/28 Februari 2024, saya telepon kembali HaloBCA, katanya status laporan saya sudah closed. HaloBCA menjelaskan bahwa solusi dari laporan saya adalah “Masih diproses”. Hal seperti ini menjadi bumbu bumbu kekesalan saya, mengapa bisa laporan closed tapi solusinya masih diproses?

Tanggal 29 Februari 2024, saya email kembali untuk menanyakan. HaloBCA membalas katanya “Masih dalam proses oleh pihak terkait kami.”

Saat saya menelepon HaloBCA, saya memastikan apakah mempertanyakan perhitungan denda/biaya ini adalah hal yang wajar dan bisa dilakukan. Mereka menjawab ini hal yang wajar dan bisa dilakukan, karena jika tidak bisa dilakukan maka dari awal tidak akan ada solusi “Masih dalam proses oleh pihak terkait kami.”

Apakah ada yang ditutup-tutupi? Apakah BCA melakukan kesalahan tetapi mengulur waktu karena saya sudah membayarkan biaya tersebut? Biaya tersebut akhirnya sudah saya bayarkan, karena kalau menunggu mereka bisa makin berbunga-bunga.

Melihat pihak BCA yang tidak bisa memberikan tenggat waktu dan selalu menjawab akan diproses dan diproses terus menerus, dengan ini saya berpendapat mereka tidak kompeten. Sekalipun setelah pihak BCA menghubungi saya setelah ini atau membuat surat tanggapan, perspektif saya terhadap lambatnya penanganan laporan ini sudah terjadi. Ada baiknya pihak BCA secepatnya membereskan kerjanya yang “molor”.

Febryo Kurniawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “BCA Masih Belum Bisa Menjelaskan Perhitungan Bunga Tagihan yang Mencurigakan

  • 8 Maret 2024 - (10:15 WIB)
    Permalink

    “… saya tidak pernah mengambil cicilan berbunga, tidak pernah terlambat melakukan pembayaran, dan pembayaran tagihan selalu sesuai.”
    Vs.
    “… yaitu telat 10 hari dari tanggal jatuh tempo tanggal 19 Januari 2024.”

    **Kalau saya coba hitung, biaya bunga Rp331.469 sepertinya terlalu besar untuk tagihan Rp2.985.123, yaitu sekitar 11%.**
    == Engga gitu ngitungnya. TS tidak memberikan informasi pembelanjaan di bulan sebelumnya. Coba cari referensi yang ada di BI, welcome pack-nya kartu kredit atau di web-nya BCA utk perhitungan bunga Kartu Kredit.

    BCA – Kasih penjelasan begitu engga bisa. Gampang kan?

    4
    3
    • 8 Maret 2024 - (10:43 WIB)
      Permalink

      bukankah TS sudah menyertakan link resmi dari BCA mengenai cara perhitungan bunga keterlambatan kan?

      **1% dari total tagihan atau maks. Rp 100 ribu**

      Secara logika, kalo cuma perhitungan denda keterlambatan aja, maksimal tetap Rp. 100,000.00

      itu kalo memang cuma denda keterlambatan aja

      1
      1
      • 8 Maret 2024 - (10:53 WIB)
        Permalink

        Biaya bunga atas transaksi & late payment fee (denda keterlambatan) itu beda di rincian billing statement. TS nya juga ngga transparan perlihatkan statement bulan sebelumnya, jadi pembaca jg bingung mau bantu analisa pake data apa.

        2
        1
    • 10 Maret 2024 - (01:57 WIB)
      Permalink

      Maaf Pak jangan “dipenggal” dan dibelokan ke arah inkonsistensi, sudah dijelaskan dengan “Setelah saya telusuri lebih teliti…” 😀 . Kalimat tersebut untuk menjelaskan bahwa saya bukan orang yang neko neko pakai kartu kredit.

  • 8 Maret 2024 - (17:23 WIB)
    Permalink

    Nah, mas firman diatas udah bener. Maaf, bukan membela BCA tapi sistem perhitungan di billing harusnya udah sesuai. coba penulis kirim bukti penuh tagihan bulan sebelumya. kalo bayarnya minimum payment terus ya sama aja boong (2 juta bisa jadi sisanya) atao kurang bayar dikit dari bulan sebelumnya. Nah, kebanyakan CS call center emang jarang yang bisa ngitung bunga secara detail. emang ada CS yang bisa ngitung bunga detail tapi kalo transaksinya dari udah lama bgt ya otomatis ketumpuk dan males juga ato mungkin grogi duluan liat banyaknya transaksi. jdi klo bisa kirimin aja incian transaksi dari bulan2 sebelumnya

    1
    3
    • 8 Maret 2024 - (17:45 WIB)
      Permalink

      Kalau sudah bener,mestinya BCA kasih jawaban,singkat padat jelas,tidak mbulet dan ngulur waktu.
      Tapi disini kalau saya kasih pendapat.
      Mbulet ngulur waktu tidak profesional. Apa susahnya jawab ..Bla..Bla..BLA. kalau memang sudah jelas.

      2
      2
      • 8 Maret 2024 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Setuju. Saya tidak mau berasumsi si sender tidak transparan dalam memberikan data atau lain sebagainya karena jadinya malah suudzon. Yang saya tangkap adalah sender meminta sikap profesional BCA dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan nasabahnya. Kalaupun memang hitungan BCA bisa dipertanggungjawabkan, alangkah baiknya pihak BCA bisa segera memberikan penjelasan ke nasabah. Yang saya lihat inti masalahnya disitu. Bukan malah kita asumsi sender tidak transparan lah atau malah kita ribet ngitungin angka bunganya dan segala macam. Biar itu urusan internal sender dengan BCA dalam hitung angkanya.

    • 10 Maret 2024 - (02:07 WIB)
      Permalink

      eStatement nya dikirimkan setiap tanggal 3, kemudian saya bayar di angka “Tagihan Baru”. Kelihatannya si tidak pernah ada yang tertinggal. Kalau misalnya pun ada yang tertinggal kemudian di denda tentu saya wajib membayarkan.

      Bila CS bca diawal menjawab “Maaf pak, untuk perhitungan bapak harus hitung sendiri”, sepertinya saya telan saja dendanya karena enggak ketemu darimana perhitungannya.

  • 8 Maret 2024 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Kalau Tidak salah,biaya keterlambatan CC BCA mulai 1 hari adalah 150rb..
    Diluar bunga’ hariannya..
    Jadi 150rb ++

    1
    2
  • 12 Maret 2024 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Bunga kartu kredit dihitungnya dari tanggal transaksi. Kalau transaksi tgl 1 Desember, cetak tagihan tgl 20 Desember, jatuh tempo tgl 5 Januari, trs bayarnya tgl 10 Januari berarti bunganya hitung dr tgl 1 Desember sampai 10 Januari. Emang ini yg sering bikin kaget karna org mikirnya bunganya hitung dr hari terlambatnya aja. Apalagi kalau yg telat dibayar itu adalah cicilan, yg dikenakan bunga bukan cm cicilan sebulan doank 😅

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BCA?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

BCA Masih Belum Bisa Menjelaskan Perhitungan Bunga Tagihan yang Mencur…

oleh Febryo dibaca dalam: 2 menit
14