Akun Penjual Dibatasi dengan Tuduhan Menjual Senjata

Per tanggal 5 Maret 2024, saya menerima notifikasi dari Shopee, bahwa akun Shopee saya sebagai buyer/seller dibatasi. Infonya karena ada transaksi pembelian mencurigakan. Padahal akun Shopee saya hanya digunakan untuk penjualan.

Kemudian saya mengajukan banding, karena tidak pernah ada transaksi mencurigakan. Namun per tanggal 7 Maret 2024, tiba-tiba Shopee bilang saya melanggar pasal penjualan senjata api dan senjata tajam. Padahal selama 6 tahun saya berjualan di Shopee, tidak pernah sekalipun saya terbukti berjualan senjata api atau senjata tajam seperti yang dituduhkan.

Saya telepon pihak CS Shopee, tapi dia malah memberikan jawaban bahwa akun saya dimoderasi permanen, karena menjual Nextool senter dan alat perlindungan diri, yang dia kategorikan sendiri sebagai senjata api dan senjata tajam. Padahal alat tersebut adalah senter dan tongkat hiking, bukan senjata seperti yang dituduhkan.

Shopee membalas melalui email, bahwa nomor laporan lama saya diubah ke nomor laporan baru yaitu: 1765698424582647868 (terlampir bukti email dari pihak Shopee). Lalu saya coba cari nomor laporan tersebut di riwayat laporan, tapi ternyata tidak ditemukan sama sekali. Kemudian saya chat kembali ke CS Shopee, tapi malah tidak dijawab pertanyaan saya dan dibilang bahwa nomor laporan close.

Saya menilai marketplace dan CS Shopee sangat tidak profesional dan tidak becus dalam bidang pekerjaannya. Padahal di pasal dan ketentuannya, yang termasuk senjata api dan tajam itu adalah pisau, senjata, senapan. Sementara barang yang saya jual tidak ada satupun ada dalam gambar ketentuan pasal tersebut.

Saya merasa ini harus di-blow up, karena saya yakin bukan hanya 1-2 akun yang dituduh dan dimoderasi seperti ini. Saya merasa seharusnya ada payung hukum untuk seller yang berjualan di marketplace yang sudah melakukan tindakan yang tidak profesional dan tidak jelas bukti yang diberikan.

Rika Mandasari
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Akun Penjual Dibatasi dengan Tuduhan Menjual Senjata

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Akun Penjual Dibatasi dengan Tuduhan Menjual Senjata

oleh rika mandasari dibaca dalam: 1 menit
3