Komplain di Shopee Diselesaikan Sepihak Tanpa Konfirmasi

Izin admin dan para pembaca. Kronologinya pada tanggal 28 Februari 2024, saya dropship di Shopee. Nomor pesanan: 240228QE700AW0, produk: 9 pcs HP OPPPO A31, 1 pcs HP OPPPO A16, total 10 pcs hp. Namun kemudian yang sampai ke tangan pembeli hanya ada 8 pcs OPPO A31 (video unboxing ada).

Kemudian setelah dicek, dari 8 pcs OPPO A31, 2 pcs mengalami kendala sinyal tidak muncul dan baterai drop. Total barang bermasalah: 2 rusak + 2 tidak diterima.

Akhirnya saya mengajukan komplain dengan rincian: 2 pcs OPPO A31 rusak (tidak muncul sinyal + drop), 1 pcs OPPO A31 kosong, 1 pcs OPPO A16 kosong. Kemudian saya langsung mengirim 2 pcs OPPO A31 yang retur.

Setelah barang retur diterima penjual, penjual menolak solusi, dengan alasan barang yang diterima hanya 2 pcs, jadi hanya bersedia di-refund 2 pcs. Di sini tim Shopee muncul dan minta nomor hp saya untuk konfirmasi. Kemudian saya beri nomor hp saya.

Namun setelah meminta nomor hp, tim mediasi Shopee tiba-tiba dengan sepihak menutup komplain dan hanya menyetujui pengembalian sana sebesar Rp1.388.000, dari jumlah Rp2.700.000 yang saya ajukan. Menurut Shopee, pengembalian dana disetujui karena sudah ada kesepakatan antara saya dan penjual. Padahal tidak pernah ada kesepkatan apapun antara saya dengan penjual. Saya juga tidak pernah chat pribadi dengan penjual masalah komplain di luar diskusi.

Akhirnya setelah komplain ditutup saya mengajukan laporan kepada Shopee, terkait kenapa kok ditutup sepihak tanpa konfirmasi? Kata Shopee mau diinvestigasi. Setelah 4 hari investigasi, baru saya diminta video unboxing lagi dan sudah saya kirim. Namun setelah kirim video unboxing, malah laporan saya ditutup lagi dengan keputusan tetap. Karena menurut tim mediasi Shopee, video unboxing saya tidak mendukung.

Di sini sumpah saya bingung. Video unboxing sejelas itu dibilang tidak mendukung? Terus yang dimaksud mendukung yang bagaimana? Akhirnya saya chat penjual menanyakan masalah ini dan penjual memberikan video CCTV packing barang. Namun tidak jelas barang yang di-packing itu tipe apa, apakah benar orderan saya apa bukan? Karena jarak CCTV-nya jauh, tidak kelihatan resinya, tidak kelihatan jenis hpnya. Kemudian juga tidak terlihat tanggal CCTV.

Di sini saya bingung harus gimana, sedangkan penjual meminta dananya dikembalikan segera. Untuk pengembalian dana yang Rp1.388.000 pun sampai saat ini belum dikembalikan oleh pihak Shopee kepada saya. Dengan alasan dana sudah terlanjur dilepaskan kepada penjual. Jadi Shopee memerlukan waktu untuk penyesuaian dana penjual, dan pengembalian dana akan dilakukan manual.

Sudah gak tahu, saya gak bisa berkata apa-apa lagi. Dana Rp1,3 juta gak balik juga, dana Rp1,4 juta masih ghaib. Tolong Shopee yah, tim mediasinya itu kalau menyelesaikan masalah dipelajari dulu. Dilihat bukti yang ada, jangan asal menutup komplain tanpa konfirmasi dan ngawur. Waktu saya telepon CS Shopee, CS bilang ada kelalaian dalam tim mediasi menyelesaikan masalah.

Namun sekarang tim mediasi seolah lepas tangan, hilang tanggung jawab karena kelalaiannya. Silakan tim mediasi tanggung jawab atas keteledorannya. Jangan lepas tangan gini! Kalian kalau gak bisa investigasi gak usah jadi tim mediasi.

Berikut saya sertakan video unboxing, video CCTV dari penjual, dan chat respons dari penjual. Saat saya tanya ke penjual kenapa dana saya yang kurang tidak kembali, kata penjual itu karena menggabungkan komplain dengan barang yang rusak, makanya tidak direspons Shopee. Harusnya saya komplain sendiri-sendiri katanya. Padahal di Shopee tidak bisa mengajukan 2 komplain dalam 1 pesanan.

Tolong Shopee, tim mediasimu itu harus tanggung jawab karena keputusan sepihaknya yang merugikan!!!

Niendy Claudia
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Komplain di Shopee Diselesaikan Sepihak Tanpa Konfirmasi

    • 21 Maret 2024 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Aturannya kan pake video unboxing baru lanjut diskusi gimana baiknya kak.
      Lah ini dari awal sampai detik ini tim shopee gak pernah sekalipun bahas barang yg kurang. Malah terkahir info shopee karena dana sudah diteruskan kepenjual jadi saya disuruh ngehubungi penjual sendiri terkait 2barang yg kurang. Pdhal pihak shopeenya yg teledor gak bahas sekalipun maslaah barang kurang + gak investigasi barang kurangnya

      4
      7
  • 21 Maret 2024 - (22:56 WIB)
    Permalink

    Euuh itu pegawai shopenya yg gak bener.
    Harusnya ditahan dulu sampai selesai urusannya.

    5
    7
    • 22 Maret 2024 - (07:19 WIB)
      Permalink

      kena jempol bawah bang, seperti biasa kroni shopee berkeliaran. padahal benar pendapat abang, suka begitu tim mediasi shopee. dikirim video unboxing, kalau ada yang tidak jelas bukannya buka chat atau diskusi dulu, tapi sukanya langsung bilang tidak jelas dan saya tuhan dan saya selesaikan. inilah kurangnya jika wasit (tim mediasi) satu tim dengan marketplacenya.

      4
      6
      • 22 Maret 2024 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Ini saya habis ditlp pihak shopee yg nomer 1500 . Malah gak enak nada dia tlp kesaya . Dibilang “oh ibu ini sudah 2x apa 3x ya komplain perkara barang yang hampir serupa. Sering juga ya komplain orderan hp”
        Yah saya jawab “2x ini komplain perkara hp.kalau gak bermaslaah gak mungkin saya komplain,masak bermasalah saya harus diem aja”
        Fyi saya memang sering beli hp lewat shopee. Mungkin sudah 100pcs lebih hp yg saya beli dishopee dalam januari 2024 – maret 2024 ini. Dan baru 2x saya ajukan komplain perkara hp rusak dan skrg hp kurang. Gitu nada tim shopee seolah mencurigai saya kayag kenapa lu bolak balek komplen gak beres lu. Ya allah sumpaahhh yaa.. tim mediasi shopee cewek yg tlp saya bener2 lu ya gak ada sopannya sama sekali kalau tlp. Bikin org emosi! Lu dan tim lu yg teledor gak baca dan gak bahas tuntutan komplain + nutup komplain seenak dengkul tanpa ada konfirmasi,sehingga merugikan pembeli. Eh skrg malah nyalahin pembeli!! Noohh penjual sampai saat ini dihubungi kagak bisa. Kalau penjual bener + punya itikad baik harusnya respon + bantu masalah ini. Tapi nyatanya zonk. Malah penjual pura2 bilang “toko sedang libur” . Pdhal toko aktif + masih bisa dibuat cek out.

        1
        4
  • 22 Maret 2024 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Saya juga seorang penjual di Shopee. Dua bulan terakhir ini saya sering mengajukan komplain dengan berbagai masalah. Saya sangat merasakan, baik CS Shopee maupun Tim Teknisnya kurang memiliki kecakapan, kemampuannya masih dibawah tuntutan tugasnya. Mereka hanya mengikuti protap, kurang mengandalkan pemahaman dan pencernaan masalah yang sedang ditangani, cenderung ceroboh, dan mengambil keputusan asal-asalan.

    Terlebih lagi program BEBAS PENGEMBALIAN, yang lebih memihak pembeli dan merugikan penjual. Program tersebut sangat beresiko untuk produk elektronik yang berharga mahal dan memiliki segel. Pembeli bisa dengan mudah mengembalikan produk dengan alasan BERUBAH PIKIRAN atau TIDAK COCOK, sedangkan paket dan segel sudah dibuka. Kalau mengikuti alur penyelesaian BEBAS PENGEMBALIAN juga cukup panjang dan menyita waktu penjual, terlebih lagi bila akhirnya Shopee memenangkan pembeli. Penjual hanya bisa gigit jari dan merenungi kerugian. Saat ini, saya sedang mengalami ini dan akan saya bagikan ke pembaca mediakonsumen

    Menurut saya, Shopee tidak cocok untuk penjual yang menjual barang elektronik mahal dan bersegel dengan hadirnya program BEBAS PENGEMBALIAN kecuali Anda sudah siap merugi. Shopee bagus untuk penjualan aksesoris dan pakaian yang tidak terlalu beresiko bagi penjual untuk diperjualbelikan. Program BEBAS PENGEMBALIAN digaungkan untuk meningkatkan transaksi di Shopee, namun sejatinya adalah program ceroboh yang berpotensi menumbuhkan banyak masalah jual beli online di Shopee dan untuk menekan pertumbuhan marketplace pesaing yang saat ini terus merangkak naik.

    4
    4
  • 25 Maret 2024 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Bawa ke pengadilan, tuntut sopi 1milyar, ayo buzzer sopi unlike komen gw, ada berapa buzzer sopi di media konsumen MW gw itung 😂

    2
    112
    • 28 Maret 2024 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Kak mohon bantu bagaimana bisa syaa mau memuat tulisan di sini kk mengenai kebijakan Shopee yang merugikan seller

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Komplain di Shopee Diselesaikan Sepihak Tanpa Konfirmasi

oleh niendy claudia dibaca dalam: 2 menit
10