Sistem Pembatalan Pesanan di Shopee yang Bermasalah

Pada tanggal 8 April 2024, saya melakukan transaksi langganan majalah Bobo via Shopee. Biasanya saya berlangganan via Grid Store langsung, tetapi karena saya memesan Deni Manusia ikan saya pikir tak ada salahnya sekalian dilakukan. Saya juga sudah menginfokan kepada pihak Sirkulasi KG Media tentang ID Grid Store saya itu, dengan harapan ya sistemnya memang melanjutkan. Dari jawaban mereka, awalnya tak ada masalah.

Tanggal 3 Mei 2024 kemarin, saya dihubungi oleh bagian GridStore yang mengingatkan perpanjangan langganan Bobo saya yang akan berakhir. Saya kaget, sehingga langsung mengkonfirmasi pihak “Sirkulasi KG Media” yang di Shopee tentang hal ini. Sayabaru diinformasikan bahwa ternyata memang ada dua divisi yang berbeda dan beda kurir pengiriman pula.

Akhirnya daripada ribet, saya menanyakan kepada mereka untuk membatalkan langganan saya yang via Shopee dan saya akan melanjutkan langganan via GridStore biasa saja. Dijawab bisa, tinggal batalkan transaksi yang di Shopee.

Kendala terjadi saat saya (karena semangatnya membatalkan) langsung mengklik aja tulisan batalkan. Ternyata menurut sistem adalah, saya membatalkan pembatalan saya di menit yang sama saya membatalkan. Lah aneh, orang lagi membatalkan kok tiba-tiba ditanya membatalkan pembatalan saya?

Okelah itu tak masalah, harusnya bisa dibatalkan lagi kalau salah klik pikir saya. Namun saya kaget, karena ternyata tidak bisa. Tidak ada menu itu, hanya muncul menu riwayat pembatalan (hanya bisa sekali membatalkan, tapi pakai kata riwayat??).

Menurut saya aneh, ketika saya ajukan pembatalan tetapi pada menit yang sama juga dinyatakan pesanan dibatalkan atas permintaan pembeli (pada detik yang sama). Saya akui kemungkinan kesalahan ada pada saya yang tidak teliti membaca dan terlalu bersemangat membatalkan, sehingga buru-buru mengklik halaman selanjutnya. Namun menurut saya aneh juga, ketika saya sedang mengajukan pembatalan, saya justru ditanya untuk membatalkan pembatalan tersebut saat itu juga. Di toko online lain, pasti ada menu pembatalan lainnya kalau memang mau mengedit, dan bukan saat orang melakukan pembatalan langsung disuruh membatalkan pembatalannya.

Keanehan kedua adalah, saya tidak bisa lagi melakukan pembatalan. Ketika saya menelepon CS Shoppe untuk meminta solusi, hanya dibilang bahwa tidak ada yang bisa dilakukan. Saya bilang di aplikasi e-commerce lain seharusnya bisa dibatalkan ulang, diajukan lagi. Malah dijawab, itu di aplikasi lain, di Shopee hanya bisa sekali ajukan, dan itu sudah saya batalkan katanya. Jadi ya hanya disuruh menunggu.

Lah apa gunanya CS di sini? Padahal saya dan penjual sepakat membatalkan justru dipersulit oleh aplikasi? CS-nya hanya bilang nanti bisa dibatalkan oleh sistem, bila penjual tidak mengirimkan barang, dan karena itu PO itu bisa 30 hari lagi!

Waduh, itu mereka sendiri adalah pihak sirkulasi, beda orang yang bertanggung jawab dan yang bertugas tiap harinya. Kalau nanti ada yang salah klik dan pesanan saya dijalankan bagaimana? Padahal saya mau mengganti pembelian langganan Bobo-nya.

Akhirnya setelah berdebat lama dengan CS yang bersangkutan, hanya dijanjikan nanti akan di-email terkait pengaduan saya ini. Entah kapan dan apa solusinya, hanya disuruh tunggu. Tahu akan seruwet ini, saya tidak akan belanja via Shopee, kapok. Kalau memang hanya bisa satu kali pengajuan pembatalan, tolong jangan saat pengajuan pembatalan sudah langsung diajukan tulisan batalkan pembatalannya juga!

Penjual dan pembeli sama-sama setuju ini kok malah aplikasi yang bikin ribet? Tolong bantu saya untuk segera membatalkan pesanan tersebut, saya mau segera urus perpanjangan langganan majalah Bobo anak saya.

Olivia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Sistem Pembatalan Pesanan di Shopee yang Bermasalah

  • 6 Mei 2024 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas dimuatnya komplain saya ini. Berikut saya nyatakan telah diselesaikan pembatalan oleh Sirkulasi KG Media pada hari yang sama. Dan sore harinya juga pihak Shopee sudah menghubungi saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Sistem Pembatalan Pesanan di Shopee yang Bermasalah

oleh Olivia Olivia dibaca dalam: 2 menit
1