Akun Star+ yang Sudah Berusia 4 Tahun dan 11,2 Ribu Ulasan Produk Terjual, Tiba-tiba Diblokir Shopee

Akun Shopee saya ini (tokohalal35), sudah berusia 4 tahun. Dari awal saya merintis, sampai sekarang sudah ada 11,2 ribu ulasan dari produk terjual dan status toko sudah Star+. Namun tiba-tiba, akun tersebut diblokir oleh Shopee, karena tuduhan penyalahgunaan penggunaan voucher.

Saya membeli barang menggunakan akun penjual/seller saya di Shopee, dan ketika saya checkout produk di toko orang menggunakan akun itu, katanya ada penyalahgunaan voucher. Berikut ini nomor pesanan saya waktu beli di toko orang: 240515D034QCW7.

Saya beli di toko itu untuk dijual kembali. Saya reseller kecil, yang mengambil untung sedikit, hanya untuk memenuhi kebutuhan anak istri dan keluarga saya saja. Saya bingung dan stres karena akun saya diblokir. Sementara usaha saya ngandelin jualan online di Shopee.

Saya tidak tahu kalau voucher salah digunakan. Ketika ada voucher, saya pakai saja selaku pembeli. Ketika checkout juga tidak ada peringatan penyalahgunaan voucher. Seharusnya kan ada peringatan terlebih dahulu, tetapi ini tidak ada. Akun pembeli yang salah, eh akun penjual pun terlibat. Padahal, sudah 4 tahun saya rawat akun itu untuk berjualan, ulasan sudah 11,2 ribu, dan sudah Star+.

Akun tersebut untuk usaha memenuhi kebutuhan keluarga dari jualan online di Shopee. Tiba-tiba akun diblokir, saya stres, hampir gila. Saya bingung mau usaha apa sekarang, sementara kebutuhan anak dan istri perlu dipenuhi.

Semoga dengan curhatan ini, akun saya bisa kembali dan saya bisa berjualan kembali. Amin.

Abdul Hadi
Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Akun Star+ yang Sudah Berusia 4 Tahun dan 11,2 Ribu Ulasan Produk Terjual, Tiba-tiba Diblokir Shopee

  • 26 Mei 2024 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Begitulah. Marketplace sinting. Mau beda akun pun, bakal bisa tetep kena. Karena yang program kurang pintar, bikin asal-asalan.

    Saya ngerti, di Shopee dan marketplace lain banyak yang niat nipu, penjual dan pembeli dua-duanya. Cuma bukan berarti bikin deteksi kecurangan seenak jidat. Banyak amet false postivenya. Kalau masalah pun, ngak bisa apa-apa. Karena CS Shopee yang sangat sangat buruk. Sumpah, saya pengalaman berurusan sama customer service marketplace dan kurir-kurir pengiriman, semuanya kurang baik. Cuma customer service Shopee jauh lebih parah.

    9
    7
    • 26 Mei 2024 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Saya cek lagi barang yang dibeli oleh penulis. Memang harga barang ini banyak yang tidak wajar di Shopee. Ada yang mahal beberapa puluh ribu, ada yang murah sekali di bawah 10rb. Kita asumsi yang terbaik, penulis bukan diminta bikin order fiktif atau semacamnya. Tebakan saya, ini deteksi otomatis harga tidak wajar karena terlalu rendah dibanding rata2 barang yang judulnya mirip.

      Toko yang penulis beli barangnya sendiri, masih ada. Tidak ditutup atau semacamnya. Walaupun nama tokonya memang agak mencurigakan juga. Ini jadi semacam jebakan yah? Kalau ada orang beli banyak lagi buat dijual ulang, bisa kena masalah kaya penulish.

      5
      1
    • 27 Mei 2024 - (23:54 WIB)
      Permalink

      Semangat dan sabar ya. Semoga akun nya segera pulih. Hindari trx dgn akun yg usernamenya blm di ubah spt misal : wrhrjdhsjah. Trx dgn akun star/star+ atau OS. Jgn tergiur hrg murah. Ulasan tdk byk membantu, krn biasanya itu fake temennya. Ulasan atau like bisa dibeli ke jasa buzzer. Terus banding. Saran, buka toko lain selain di shopee.

    • 27 Mei 2024 - (00:18 WIB)
      Permalink

      Share Pengalaman, Tahun 2019 Akhir saya pernah kaya gini juga.. Persis sama masalahnya.. Udh banding, sering tlpn, ngadu.. Tetap gk bisa Balik/Pulih Akun lagi. Akhirnya saya Mulai dari 0 dan alhamdulilah semua Tergantikan.. Buat Seller lain jika punya 2 akun shopee dipake kebutuhan belanja, jangan pernah login di pc/hp yg sama, karna itu memang pelanggaran berat memanfaatkan Voucher, klo wifi sama gk apa apa..

  • 26 Mei 2024 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Bukannya sudah aturan lama jangan memakai akun seller untuk juga beli-beli di shopee, karena kalau kena pelanggaran sesuatu sellernya juga ikut kena. Paling aman kalo jualan ya jualan saja, mau beli apa ya di marketplace yg lain aja. Kenapa ambil resiko padahal sudah 4 tahun jualan? Ya semoga dapat jalan rezeki lainnya..

    11
    3
    • 26 Mei 2024 - (20:21 WIB)
      Permalink

      Akun saya juga untuk jualan dan juga untuk beli, aman. Dan akun saya sudah platinum. Saya bebas pakai voucher belum pernah ada kendala.

      5
      5
    • 26 Mei 2024 - (21:43 WIB)
      Permalink

      Kayaknya boleh2 aja 1 akun beli di toko lain dan jual di platform yang sama.
      e-Comm seperti Shopee ini kan model bisnisnya C2C.
      Yang nggak boleh 1 akun beli di tokonya sendiri.

    • 27 Mei 2024 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Tapi setau saya 1 ktp hanya bisa utk 1 akun. Bagaimana bisa punya 2 akun untuk jual dan beli gan?

  • 26 Mei 2024 - (19:36 WIB)
    Permalink

    dimana mana juga gitu, saya driver gojek … hayo coba coba pesan “gofood, goride dll pake akun penumpang saya yg “id nya sama …. saat itu juga suspend, dan klo banding …..auto putus mitra …..
    wasalam

  • 26 Mei 2024 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Mmg parah sih. Dibilang harusnya spt toped – yg bisa bedakan akun sebagai pembeli dan sebagai akun toko walo 1 nomor / email- nyatanya shopee yg lbh diminati.

    2
    2
    • 28 Mei 2024 - (14:21 WIB)
      Permalink

      Karna Shopee lebih mudah kak. Pendapat saya pribadi sbg seller di 4 e-commerce(Shopee, TTShop, Lazada, Tokopedia) Shopee yg paling mudah. Jangkauan kurir banyak, penarikan dana cepet dan mudah. Mungkin minus nya biaya admin nya yg mahal dibanding 3 e-commerce lain.

  • 26 Mei 2024 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Dari fb ke mk nih mas.

    Saya juga belanja pakai id seller, dah kebiasaan, dr awal2 shopee berdiri, so far ga ada masalah, level buyer platinum, toko shopeemall, sering dapat voucher dong, dan sy gunakan semaksimal mungkin, selama emang bs digunakan.
    Shrsnya, ga hanya shopee aja, mbok ya dikasi peringatan dl, atau min dikasitau pelanggarannya apa, ini mp kadang main sikat aja tanpa ampun tanpa ada peringatan dan pembelaan, padahal katanya mitra.
    Sosialisasikan terus aturan yg ada dan bikin early warning system tuk cegah pelanggaran.

    1
    2
  • 26 Mei 2024 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Apakah Akun penjual dan pembeli pernah pakai wifi yg sama?
    Apakah saat proses transaksi dalam radius yang dekat? Dalam 1 ruangan mungkin

    1
    1
  • 26 Mei 2024 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Turut perihatin pak, semoga akunnya segera pulih. Kl pun tidak tetap semangat untuk memulai lg meskipun dari 0, ada keluhan semacam ini membuat saya waspada juga.

  • 27 Mei 2024 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Apakah itu hanya di batasin saja dan ada masa waktu hukuman? Atau blokir selama nya? Soalnya keteranganya cm di batasin kataknya ada masa waktu sampe kapan ya?

    Kalo saya biasain akun seller dan buyyer terpisah. Supaya kalo kejadian gini ga, saling berpengaruh.

    Semangat… Sementara bikin akun baru dulu aja buat jualan lagi. Sambil nunggu keputusan.

      • 27 Mei 2024 - (17:56 WIB)
        Permalink

        Shopee emang ga tau? Kalo 1 ktp bisa max buat 5 akun. Lebih dari 5 akan di batasi.
        Kalo cm sekedar 1 akun seller dan 1 akun buyyer (1 ktp ya gpp) tp salah satu akun saja yg bisa terverifikasi utk bisa transfer dana ke bank dan sesama akun. Sisanya ga bisa.

  • 27 Mei 2024 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Yuk rame rame boikot shopee, krn ini bentuk invasi penjajahan secara ekonomi . Mari kembali ke ecommerce lokal Tokopedia dan Bukalapak. Masih ingat betul dulu saya berjaya sbg seller di 2 ecommerce tersebut sebelum sepi gara² shopee. Dan pasar makin ancur harganya gara-gara shopee juga. Apa yg dibanggakaan dari shopee, dijajah ecommerce asing kok bangga

    4
    5
  • 27 Mei 2024 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Kasus ini memang mencurigakan menurut saya, sebab penulis tidak menyertakan informasi lengkap, terutama mengenai pelanggaran apa yang dilakukan. Mana bisa ada “kesalahan penggunaan” voucher di shopee? Yang ada penyalahgunaan voucher, yaitu anda menggunakan voucher dari beberapa akun untuk membeli suatu produk, terutama dari seller yang sama dan produk dengan harga tidak wajar (di mark up) dengan tujuan gestun voucher.

    Saya sangat curiga ini yang terjadi, yang mana jika benar, sudah selayaknya akun penulis dibekukan, termasuk akun penjualnya, sebab ini bukan kesalahan penggunaan melainkan pencurian.

  • 27 Mei 2024 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Yang bikin saya curiga, kenapa yang nuduh fake order (FO) di atas didownvote banyak bener? Apa mungkin memang benar, ini order ngak beres. Dan yang downvote adalah komplotannya.

    • 28 Mei 2024 - (03:59 WIB)
      Permalink

      Kayaknya sih iyaa…. saya jg pernah komen dulu tentang seller Shopee yg komplain trus saya bilang klo dia buka toko manipulatif alias gestun. Eh di downvote buanyakkk bgt wkwkwkkk
      Sekarang bnyk org playing victim tp koar²

  • 27 Mei 2024 - (23:45 WIB)
    Permalink

    Shopee memang aplikator parah..
    saya driver shopee food.. sistem hub nya aja konyol.. saya ngga keluar dari area hub di bilang keluar area..
    aplikator rakus.

    • 28 Mei 2024 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Bayak sih yg pengahsilan kecil menengah hy ngandelun shopee atau lainnnya… yg tadinya kerja kantiran atau punya usaha akhirnya harus rela kwginlabgan pendapatan.

      Ini semua karena pemerintah juga ikut andil, pertama membuat harga2 komoditas mahal, pajak naik, dll sehibgga beban pengwluaran tak di imbangi sulitnya bekerja.

      Mengandalkan jualan di marketplace atau on line memang nasib sangat tergantung dgn aplikator, ketika kita ada masalah maka habislah kita.

      Saya saranin jualan jgn hy ngandaljn fi marketplace yg monopolistis seperti shopee, cari prlanggan dari medson dan hubungan sosial.

      • 28 Mei 2024 - (16:07 WIB)
        Permalink

        Bagus sih sarannya, cuman kalo ngetik sebelum dikirim dilihat dulu dong ketikannya udh bener gak? Typo gitu yg baca juga pusing.. Kalo 1-2 kata sih gpp

  • 28 Mei 2024 - (05:58 WIB)
    Permalink

    Sepertinya TS belum menceritakan detailnya.
    Karena kalau dilihat ongkirnya dan jumlah barang kemungkinan masih satu kota antara penjual dan pembeli.
    Akun penjual dan pembeli jadi satu aman kok. Saya sudah pakai 6 tahun lebih

  • 28 Mei 2024 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Komen ke 2 saya.
    1.Jgn mudah terpancing dengan iming2 vocher.
    2. Jgn serakah menggunakan voucher, midal voucher 1 di gabung dgn voucher lain.

    3. Bwrfikirlah realistis, karena pemberi voucher juga ingin return yg lebih besar.

    4. Bila ingin murah, belilah saat shopee ada event misal tgl kembar.

    5. Jgn maunya murah tapi doble2.

    6. Jgn melanggar ketwntuan2 di shopee karena kerugian akan lbh besar

  • 28 Mei 2024 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Pelajaran buat semuanya, saya juga sudah sering bilang ke teman teman dan saudara saya, kalau jualan online usahakan jangan keenakan berdiri di atas marketplace orang, cobalah punya website sendiri.
    jadi pengusaha jangan terkunci oleh kebijakan orang, lhu harus bisa menjadi pemegang kebijakan paling atas untuk usaha anda.
    lagian juga di marketplace shopee rame itu karena gratis ongkir ada, nanti Shopee merubah kebijakan meniadakan gratis ongkir maka buyer juga berbondong-bondong akan pindah dari sana.

    usahakan punya website sendiri sebagai tempat utama, marketplace semacam Shopee, BL, Lazada, Tokopedia jadikan hanya cabangnya saja.

  • 28 Mei 2024 - (15:36 WIB)
    Permalink

    apakah beli barang tsbut dlm jumlah banyak pake beberapa akun yg thubung dgn wifi/ identitas sama, dan pake vocer yg sama smua ke toko 1 yg sama? makanya diblokir. krn tokonya msh ada berati bukan salah tokonya/ gestun … krn kl ga slh sy pernah baca emg ga boleh beli buat djual kembali di sopi itu..

    sbab sy pake akun jualan buat bli pake vocer smua tp belinya ke lain toko smua dan jumlahnya dikit krn buat pake sndiri, kayanya aman aja

    • 30 Mei 2024 - (14:10 WIB)
      Permalink

      Ada kemungkinan komputernya nge-deteksi kalo toko itu ada hubungan ama toko nya kk. Alias kedua toko saling ngenal, atau malah pemiliknya orang yang sama. Terus belanja di toko sendiri dengan tujuan dapetin cashback nya.

      Dulu di tokped, temen sy ada yang main begitu terus kena banned juga.

      Kalo kka gak mrasa main begitu, kmungkinan mang gara2 belanja di toko yang bermasalah😢

  • 28 Mei 2024 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Saya punya akun seller dan buyer juga kok 1 akun malah. Tp aman2 aja kalo utk beli2. Cuma memang belinya utk keperluan pribadi saja, sesekali saja, jd bukan yg dlm jml banyak dlm sekali transaksi. Mgkn ts krn membeli dlm jml banyak utk keperluan dijual lagi yah..

  • 28 Mei 2024 - (18:47 WIB)
    Permalink

    ini nih… palingan si TS daftar toko pakai ktp yang sudah di input diakun shopee lain, alhasil akun diblokir sama shopee. soalnya pernah kejadian untung toko akun baru.. pasti wassalam kalau udah diblokir, gabakal bisa dibalikin pengalaman

  • 30 Mei 2024 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Ada kemungkinan komputernya nge-deteksi kalo toko itu ada hubungan ama toko nya kk. Alias kedua toko saling ngenal, atau malah pemiliknya orang yang sama. Terus belanja di toko sendiri dengan tujuan dapetin cashback nya.

    Dulu di tokped, temen sy ada yang main begitu terus kena banned juga.

    Ada kemungkinan komputernya nge-deteksi kalo toko itu ada hubungan ama toko nya kk. Alias kedua toko saling ngenal, atau malah pemiliknya orang yang sama. Terus belanja di toko sendiri dengan tujuan dapetin cashback nya.

    Dulu di tokped, temen sy ada yang main begitu terus kena banned juga.

    Kalo kka gak mrasa main begitu, kmungkinan mang gara2 belanja di toko yang bermasalah😢

    Tapi biasanya sih gara2 poin pertama tadi

 Apa Komentar Anda?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Akun Star+ yang Sudah Berusia 4 Tahun dan 11,2 Ribu Ulasan Produk Terj…

oleh alhadi dibaca dalam: 1 menit
40