Payahnya Klaim Asuransi Tokopedia dalam Penanganan Barang Hilang

Tanggal 14 Maret 2024, masuk orderan untuk produk Samsung S24 Ultra 512GB dengan nomor invoice INV/20240314/MPL/3792814891 dan nomor resi TLJR3DP9NVYGRGKK di aplikasi Seller Tokopedia saya. Alamat tujuan ke Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Malam itu juga langsung kami kirim ke JNE terdekat yang masih buka di daerah Kelapa Gading.

Tanggal 21 Maret 2024, paket tak kunjung sampai ke tujuan, dan akhirnya buyer saya mengajukan kepada Tokopedia untuk investigasi pengiriman.

Tanggal 26 Maret 2024, hasil investigasi Tokopedia menyatakan paket hilang oleh pihak kurir JNE, dan saya mengajukan klaim barang hilang.

Namun yang sangat disayangkan, proses yang lama sekali hingga sampai surat ini dibuat. Barang yang hilang dengan nominal Rp. 19.800.000,- dan saldo pembeli juga belum dicairkan, digantung tanpa ada kejelasan, sudah jauh lewat dari estimasi waktu yang diberikan.

Hey Tokopedia! Kalian sudah ambil margin besar dari pembeli untuk asuransi pengiriman/kehilangan, harusnya lebih cepat. Ini sudah 2 bulan lebih, tidak cair-cair. Senang banget menahan hak-hak orang gitu? Senang membuat orang menunggu lama? Membuat orang hilang kesabaran? Saya seller kecil, uang segitu sangat berarti buat mutar modal.

Akhir kata, semoga dengan dimuatnya surat ini pihak terkait mendengar dan langsung eksekusi untuk masalah ini, agar cepat tuntas karena kami butuh uang balik untuk perputaran modal sebagai seller kecil. Nominal segitu sangat berarti.

Terima kasih Media Konsumen sudah mewadahi curhatan ini.

Junaedi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Payahnya Klaim Asuransi Tokopedia dalam Penanganan Barang Hilang

  • 31 Mei 2024 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Itu isi paket tertera di label kah? Kalo iya sudah pasti jadi sasaran empuk maling di expedisi.Banyak seller di ijo/oren yg sudah pengalaman orderan hp,tidak menyertakan isi paket.Mereka paling membungkus tebal bubblewarp aja dan dikardusin.

    1
    2
      • 1 Juni 2024 - (02:29 WIB)
        Permalink

        ini benar.

        seller memang tidak mencetak isi barang, tapi nanti kurir (jne) akan cetak label sendiri di sistem untuk ditempel di plastik luarnya jne. di label ini ada keterangan barangnya dari sistem asuransi tokopedia

  • 1 Juni 2024 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Ga heran Transaksi Saya Dari Desember 2023 sampai hari ini belum selesai (( dibawa kabur driver instant ))

  • 2 Juni 2024 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Kok sepi yah, biasanya kalau ada postingan shopeee ramai kali komen mending Tokopedia, ini ada postingan Tokopedia kok sepi yah. Curiga mereka buzzer bayaran Tokopedia.

  • 11 Juni 2024 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pembeli sampai detik ini dana saya belum di refound sama pihak tokopedia ? Padahal di janjikan tgl 10 juni 2024 dan lepas lagi di tanggal di janjikan

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Payahnya Klaim Asuransi Tokopedia dalam Penanganan Barang Hilang

oleh Junaedi dibaca dalam: 1 menit
11