Paket Hilang, Ekspedisi SiCepat Asal Kasih Barang dan Tokopedia Lepas Tangan

Saya seller (admin, saya pegawai di toko online di sini) aktif di Tokopedia. Dan reputasi saya sejauh ini bagus, dari banyak transaksi yang terjadi review jelek saya cuman sedikit. Dan kalaupun ada kesalahan yang saya lakukan saya selalu berusaha memperbaiki.

5 bulan lebih saya berjualan, baru kejadian yang dimulai minggu kemarin membuat saya mulai ragu berjualan di Tokopedia. Jadi minggu bulan yang lalu customer melakukan komplain bahwa barang yang saya kirim menggunakan SiCepat Logistik (LM 10 gram seharga kurang lebih Rp9 juta) dengan nomor invoice: INV/20200811/XX/VIII/6045291 telah diterima (dari tracking SiCepat), namun pembeli bilang belum sampai.

Dan kemudian terjadilah diskusi di pusat resolusi Tokopedia. Tiba-tiba setelah di pusat resolusi, barang dinyatakan hilang oleh pembeli dan SiCepat, padahal barang terkirim. Namun penggantian kehilangan hanya untuk penjual hanya Rp500.000 dari harga barang Rp9 juta, dengan alasan:

“Apabila Pembeli tidak menggunakan asuransi pada saat pengiriman, maka Penjual hanya berhak mendapatkan biaya penggantian sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah)/Kg atau maksimum Rp2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dengan maksimum berat paket 5 (lima) Kg untuk serviceBEST dan Reguler atau seharga nominal barang, dengan pemilihan nominal paling rendah diantara ke duanya”

Di sini sebagai selller saya dirugikan, apalagi saya hanya sebagai admin dari toko online yang saya kelola. Saya sepertinya harus mengganti barang yang hilang dengan gaji saya, dan itu bukan harga yang murah.

Sungguh aneh sekali SiCepat dengan semudah memberikan paket kepada orang lain tanpa konfirmasi, dan sistem asuransi itu kan hak konsumen. Masa saya harus memaksakan untuk pakai asuransi? Konsumen yang pintar pun harusnya tahu barang dengan harga 9 juta bayar asuransi sekitar 40 ribu masa tidak mau?

Dan untuk Tokopedia saya ikut program power merchant dengan biaya 1% per transaksi dan SiCepat ini program dari ongkir gratis Tokopedia, tetapi solusinya hanya seperti ini??

Erwin Firmansyah
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pengiriman via SiCepat di Tokopedia:
[Total:94    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Erwin Firmansyah

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Erwin Firmansyah dengan judul “https://mediakonsumen.com/2020/08/23/surat-pembaca/paket-hilang-ekspedisi-sicepat-asal-kasih-barang-dan-tokopedia-lepas-tangan” pada 23 Agustus 2020, kami menyampaikan permohonan maaf atas...
Baca Selengkapnya

Loading...

21 komentar untuk “Paket Hilang, Ekspedisi SiCepat Asal Kasih Barang dan Tokopedia Lepas Tangan

  • 23 Agustus 2020 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Kalo pilihan menggunakan asuransi atau tidak ada di pembeli, harusnya pembeli juga menanggung risikonya. Tokopedia juga harusnya kasih opsi ke penjual untuk mewajibkan pembeli pake asuransi pengiriman untuk barang2 yg berisiko tinggi.

    Saya punya pengalaman beli ponsel di Shopee, pengiriman via JNE. Waktu itu belum ada opsi asuransi pengiriman. Tapi waktu barang hilang, uang saya dikembalikan oleh Shopee, dan penjual diganti rugi oleh JNE.

    • 23 Agustus 2020 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Alhamdulliah Tokopedianya Tanggung Jawab dan di ganti oleh Tokopedia. Tetapi sicepat? mutar2 jawabannya. saya cuman minta jawaban dari pertanyaan atas dasar siapa itu kurir kasih paket kepada bambang

      • 23 Agustus 2020 - (10:06 WIB)
        Permalink

        Cepat sekali diresponnya oleh Tokopedia, belum ada 12 jam sudah clear kah ?
        Bagaimana kelanjutannya itu sis ? Apakah memang paketnya hilang di Sicepat atau Pembeli Klaim tidak menerima barang, padahal diterima oleh pihak keluarga ?

        • 23 Agustus 2020 - (10:17 WIB)
          Permalink

          saya tulis surat ini tanggal 20 agustus, tayangnya tanggal 23 agustus. kebetulan sepertinya responya pas semua.. alhamdullilah pokonya.

          untuk tokopedia bersedia membantu. jadi harga barang saya di ganti.

          di tracking sicepat paket sudah sampai dan di terima oleh bambang, tetapi pembeli merasa tidak menerima. dan saya terus kejar kurir terakhir di tracking tapi si cepat tidak mau kasih info. dan lusa nya sicepat bilang barang hilang dan di ganti 500.000, padahal kan di tracking sampai.

          1
          1
      • 25 Agustus 2020 - (11:40 WIB)
        Permalink

        Maaf, bukannya asuransi pengiriman itu ditentukan oleh Seller ya ?. Bisa “opsional” atau “harus pakai asuransi” . Saya sudah 1 tahun berjualan di Marketplace (Tokped dan Shopee), Sudah 2x mengalami barang hilang dan lucunya semuanya hilang ketika pakai Kurir SiCepat. Kebetulan sy aktifkan SiCepat, JNE, dan Kurir Instant

    • 23 Agustus 2020 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Saya buyer yang cukup aktif di toko ijo ini, & dari pengalaman saya, *seharusnya* (karena saya gak pernah jadi seller) ada setting an di mana produk tertentu WAJIB pake asuransi. Saya ngomong begini, karena beberapa x barang yang saya beli otomatis opsi asuransi sudah tercentang & gak bisa di-un-centang.
      Kadang bahkan barang yang saya anggap “remeh” pun dibegituin oleh seller…
      Nah, dari surat di atas saya jadi tahu bahwa ternyata ada nilai maksimal penggantian kepada seller kalau pengiriman tidak pake asuransi, jadi itu mungkin penyebabnya.

      Bagi penulis, saya kira karena memang ada peraturan nilai maksimal seperti itu, maka memang benernya nilai barang di atas nilai maksimal tersebut wajib “memaksa” buyer untuk asuransi.

      • 23 Agustus 2020 - (10:29 WIB)
        Permalink

        betul kak. dan saya sudah wajib asuransi padahal hanya 30.000.
        Dan yang menjadi permasalahnanya ini kurir kasih barang ke siapa? harusnya kan SOP nya orangnya di hubungi kalau sudah sampai atau bagaimana. ini tiba-tiba dikasih ke “bambang” siapa itu, apakah kurir tahu itu tidak pakai asuransi jadi ber”main”?
        chat “pembeli”:
        “baik, terimakasih admin
        karena saya juga sudah kejar ke pihak kurir (sicepat) dan saya juga sedikit tahu kronologinya,
        jadi barang ini terindikasi “dicuri” oleh seseorang yang saya tidak tau siapa, dia mengaku sebagai saya (pembeli) lalu menelfon agen sicepat (paparan dari agen yang saya telfon tadi) untuk memberikan paket tersebut ke kurir gojek yang sebelumnya sudah dipesan oleh seseorang ini.
        yang saya heran, dia dapat nomor resi darimana dan dari siapa, hebatnya lagi dengan pedenya office kurir sicepat memberikan paket tsb tanpa konfirmasi terlebih dahulu ke saya sebagai pembeli, padaha nama saya, alamat tujuan dan nomor handphone saya kira cukup jelas dan terang tertulis di paket tersebut.
        semoga segera clear min, karena nominalnya nggak sedikit, hasil saya yg ngumpulkan berbulan-bulan itu.”

  • 23 Agustus 2020 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Sering banget barang hilang ga sampe ato rusak menggunakan expedisi Abal Abal
    Kok ya ga kapok jga
    Saya jga jualan on line
    Sudh 2 tahun pakai Expedisi lion parcel
    Alhamdulillah tidk pernah ada masalah
    Murah aman jelas terpercaya

    2
    1
  • 23 Agustus 2020 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Memang gitu SiCepat lambat dan kurirnya terkesan asal2an kalau jne cepat cuma kalau nggak tau alamat barang bakalan ditinggalin di gudangnya gitu aja terpaksa ambil sendiri kebanyakan paket jadi asal terima kurir, sejauh ini setia sama jnt tiap ngirim barang selalu minta KTP dan selalu nelfon juga nggak mau asal2 ngasih barang ke satpam atau tetangga pasti mastiin dulu kalau kita gk bisa dihubungin dan bilang langsung waktu nelfon yg ambil paket kita siapa dan rumahnya dimana

    • 24 Agustus 2020 - (08:57 WIB)
      Permalink

      betul kak. harusnya SOP nya seperti itu. di hubungi dahulu atau yang mau ngambil ke agen pun harusny ada identitas diri

  • 23 Agustus 2020 - (18:33 WIB)
    Permalink

    hati2 nih khusus penjual LM dan pakai kurir sicepat. sudah ada beberapa kasus dan surat pembaca di beberapa channel lainnya, ada yang sengaja ngirim kurir instan buat ambil di gudangnya atas info si penerima, padahal bukan orangnya. mudah2an toped bisa perhatiin lagi. ada bocor data mungkin ntar seller, pembeli, kurir, atau toped sendiri. ga mungkin orang luar tau no.resi dan isi barang di paket

  • 24 Agustus 2020 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Gue cuma Heran.. biasanya settingan asuransinya otomatis. Terus meskipun otomatis biasanya bisa di hapus centangnya atau dinuncheck. Tapi yg lebih gw heran lagi adalah buyernya. Uda tau beli harga barang mahal gak di cek kembali status asuransinya saat uda cekout atau pas mau bayar. Kadang saya aja ampe barang yg harganya cuma 500 ribu saya belain pake proteksi. Mudah2an jadi pembelajaran buat kita bersama

    • 24 Agustus 2020 - (08:58 WIB)
      Permalink

      iya padahal asuransinya hanya rp.30.000 kak. tapi ya SOP kurir terakhirnya aneh sekali, masa ada telpon ngaku2 pembeli terus di kasih paketnya ke orang lain

  • 24 Agustus 2020 - (01:01 WIB)
    Permalink

    Sekedar info saya nyoba beli barang di salah satu toko di aplikasi AkuLak* dengan pengiriman dari SiCepat, Setelah dapat notif bahwa barang sudah dikirim saya cek no resi yg dimskin si seller tetapi tidak ada didata trackingny SiCepat, setelah saya tunggu ampir 2minggu waktu kerja, tiba2 paket saya tertera sudah diterima pada jam 2 pagi.. anehkan..? Siapa yg ngantar jam paket jam segitu? Dan siapa pula mau buka pintu dijam 2 pagi? Untung harga barangny tidak seberapa.. setelah saya komplain ke AkuLak* saya diminta tunggu selama 2minggu waktu kerja dr saya chat ke penjual untuk menanyakan barang trsebut dan hasilny sampai skrng penjual belum membalas chat saya

  • 24 Agustus 2020 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Saya kapok pake sicepat udah 2x barang saya juga hampir hilang ntah kemana gara2 kurir ngasi barang asal2 ngantar tanpa baca alamat lengkap.akhirnya saya datangi kantornya dan saya cari kurirnya untuk bertanggung jawab.barang 1 hari sampe aja sama mrk bisa dikirim lbh dr 1 hari loo ati2 pake jasa ekspedisii ini.

  • 24 Agustus 2020 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Kalau saya menilai kasus ini permasalahannya ada pada kurir. Dan yang harusnya bertanggung jawab yh pihak ekpedisi yg menaungi sikurir. Saya sering menggunakan sicepat, tapi Alhamdulillah kurirnya amanah dan sdah tahu orang rumah jadi gak sembarang ngasih, jika gak ada orang yg dikenal pasti nelpon dulu. Harusnya pada kejadian ini si kurir telpon penerima yg tertera di stiker pengiriman. Pernah ada kejadian dengan kurir JNE yg mengabtar paket istri saya, krn saya yg terima si kurir foto saya nerima paket tersebut. Nah seperti itu SOP2 yg harusnya di lakukan oleh si kurir bukan asal ngasih aja. Untunglah kejadian ini Tokped tanggung jawab, padahal harusnya ekspedisi yg tanggung jawab meskipun ada kerjasama dgn Tokped.

  • 24 Agustus 2020 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Wow kasus nya mirip banget sama saya, cuman saya sebagai pembeli, dari Tokopedia, pake kurir SiCepat, dan nama penerima nya sama 😆
    Dibilangnya sudah sampai, padahal belum.

  • 24 Agustus 2020 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Bli barang senilai itu gak pke asuransi,gak habis pikir saya ,mau ngirit atau ada apa???? Saya aj klo bli dgn nominal Rp 300 ribuan aj udh di asuransikan.

  • 24 Agustus 2020 - (17:28 WIB)
    Permalink

    masalah sudah di selesaikan oleh tokopedia dan si cepatnya.. terima kasih media konsumen.. tanggapan saya di dengar oleh sicepat

    • 6 Oktober 2020 - (22:21 WIB)
      Permalink

      Wah betul2 sicepat ternyata banyak jg masalah, sy juga seller di toped barang sy ilang 300rb, katanya paket ditolak buyer karena rusak saat pengiriman (padahal packing biasa pake kurir lain nggak masalah…)

      Udh hubungin cs sicepat lewat wa minta tolong dibalikin aja ke saya, nggak direspon udh 3 bulan lebih (sy kirim ulang lg ke buyer pakai kurir lain, relain 300rb ilang)

      Paket asli ilang entah kemana skrg…

      300rb tergolong kecil dan kemungkinan besar nggak diladenin kayaknya sis

      Berdoa aja deh yg pakai kurir sicepat smoga barangnya nggak ilang atau dirusak…🙏 Amin

  • 16 September 2020 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Kejadian kaka sama kaya yg sedang saya alami
    Sudah 12 hari barang saya hilang entah kemana dan di tracking sudah di terima sama si siti sukabumi tp customer saya ga merasa menerima saya pakai ekps Jne

    Dan itu barangnya 2 jt.an tdk di asuransikan pula
    Cust pepet trs si kurir katanya si kurir ga pernah liat barang 2 kg itu dia biasa megang barang yg kecil padahal jelas di sistem yg megang barang terakhir kurir an.erwin firmansyah

    Dr jne sukabumi di katakan hilang dan sy sbg penjual hrs nguurus berkas buat klaim tp sy tdk mau

    Ini lg nunggu kabar dari jne bogor dan pusat di suruh nunggu 3 hari

    Saya heran ada kurir yg sembarangn ngirim atau mungkin barang sy hilang sm kurir entahlah

    Mohon doanya yh teman2 semoga barang saya cepet di ketemukan krn ini kan harganya lumayan 2 jt.an buat saya mah
    Klo 100 rb.an sih gpp
    😭

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman via SiCepat di Tokopedia?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang, Ekspedisi SiCepat Asal Kasih Barang dan Tokopedia Lepas …

oleh chawa dibaca dalam: 1 min
21