Voucher Merchant Shopee Bermasalah Ketika Digunakan

Adik saya membeli voucher merchant di toko online Shopee, masing-masing voucher tersebut merupakan voucher diskon Rp20.000 untuk merchant McDonalds dan Rp 35.000 untuk merchant Liang Sandwich. Nomor pesanan voucher adalah 2020081801073855047 dan 2020082911170555088.

Kemudian pada tanggal 20 Agustus 2020 adik saya menggunakan voucher tersebut di merchant McDonalds. Pada saat transaksi dinyatakan transaksi telah berhasil dan voucher telah berhasil digunakan. Namun setelah dicek pada rincian transaksi ternyata nominal transaksi tidak terpotong oleh nilai voucher yang digunakan. Adik saya mencoba mengontak tim customer service Shopee di twitter, tapi belum ada tanggapan pada saat itu.

Kemudian pada tanggal 1 September 2020, adik saya hendak menggunakan voucher lainnya di merchant Liang Sandwich, dan ternyata kendala yang dialami sama seperti sebelumnya. Transaksi dinyatakan berhasil dan voucher sudah digunakan, namun setelah dicek pada rincian transaksi, nominal tidak terpotong sama sekali oleh nilai vouchernya. Adik saya pun melaporkan kembali hal ini ke CS Shopee di twitter, namun belum juga ada tanggapan. Baru setelah beberapa kali menanyakan, CS Shopee baru memberikan jawaban dan meminta detail rincian transaksi. Kemudian kendala adik saya ini dialihkan ke email untuk ditindaklanjuti.

Setelah berpindah ke email, yang didapat bukannya solusi yang lebih baik, namun malah pertanyaan yang kurang lebih sama dengan CS di twitter. Jawaban yang diberikan pun tidak masuk akal. Mereka mengatakan bahwa voucher telah expired sehingga tidak dapat digunakan. Lho, padahal saat itu voucher jelas masih bisa digunakan dan belum melebihi batas waktunya. Jika dicek sekarang tentu saja sudah expired.

Mereka juga kemudian mengatakan bahwa merchant tidak terdaftar sebagai outlet yang dapat digunakan untuk voucher tersebut. Lho, jelas-jelas merchant tersebut bekerja sama kok dengan Shopee dan transaksi juga saat itu telah berhasil. Adik saya menanyakan kembali kepada mereka, namun hingga saat ini emailnya tidak pernah direspon lagi oleh pihak Shopee.

Tanggapan customer service Shopee jelas sangat mengecewakan. Adik saya sudah memberikan bukti-bukti namun mereka berusaha berkelit dengan berbagai alasan. Seharusnya mengakui saja bahwa memang saat itu sistem mereka sedang bermasalah, sehingga meski transaksi dianggap berhasil, namun nominal transaksi gagal terpotong oleh nilai vouchernya.

Sepertinya sistem Shopee bermasalah akibat banyaknya pemakai Shopee akibat promo 9.9 kemarin. Adik saya hanya menginginkan haknya diberikan karena telah membeli dan menggunakan voucher merchant sesuai S&K yang berlaku. Karena merasa tidak ada itikad baik dari pihak Shopee untuk menyelesaikan masalah ini, saya pun membuat surat pengaduan di Media Konsumen. Semoga surat saya ini bisa menjadi informasi bagi para pengguna Shopee lainnya.

Shiela Hartiningtyas
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “Voucher Merchant Shopee Bermasalah Ketika Digunakan

  • 21 September 2020 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Wih 1 bulan lebih demi memperjuangkan hak yang “hanya” senilai beberapa puluh ribu saja…

    Memang kalau saya baca2 & banding2kan, petugas CS marketplace yang 1 ini masuk golongan CS yang parah2, di mana karakteristiknya utamanya adalah:

    1. tidak bisa paham omongan maupun tulisan: kalau tidak disengaja, berarti kurang terdidik untuk bisa memahami perkataan maupun tulisan (kurang tinggi pendidikannya?); sebaliknya, kalau memang disengaja, berarti itu SOP korporasi yang memang senang mempersulit konsumen ketika menyampaikan keluhan.

    2. masalah kecil (uang bernilai kecil) ribetnya minta ampun (kadang biaya pulsa jadi lebih besar ketimbang yang dipermasalahkan), gak kebayang kalau uang bernilai besar, pasti lebih sulit lagi; karena umumnya yang biasa berlaku: semakin tinggi nilai uang yang dipermasalahkan, semakin ribet penyelesaiannya… betul/gak?

    3. Kadang mau sepintar apa pun CS nya, akhirnya yang paling berkuasa adalah SOP korporasi & juga bagaimana perlakuan/tindak lanjut (follow up) level/tahap selanjutnya (setelah konsumen kontak ke CS). Sehingga kalau korporasi tidak kooperatif & punya SOP yang mempersulit konsumen, akhirnya tetap aja CS yang kena maki dari konsumen.

    Jadi kesimpulannya: walaupun memang kesan pertamanya adalah yang parah CS-nya, tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa “kesan parahnya CS tersebut” sesungguhnya adalah cermin dari attitude korporasi terhadap bagaimana SOP penanganan komplen dari konsumennya.
    Kalau memang korporasi kurang bagus attitude-nya terhadap para konsumennya (yang notabene adalah juga sumber pemasukan bagi korporasi), berarti sudah saatnya para konsumennya kasih nafkah ke tempat lain yang lebih memberikan penghargaan yang sepantasnya kepada para sumber pendapatannya.

    • 21 September 2020 - (23:05 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sudah mau memberi tanggapan untuk surat saya ini pak Samuel. Betul pak, mungkin memang nilainya tidak seberapa dan tergolong kecil sih, tapi yg saya soroti disini adalah tanggapan dari CS Shopee itu sendiri terhadap masalah yg dialami konsumennya. Bukankah seharusnya CS yg baik mau memberikan respon yang baik pula terhadap masalah konsumennya, entah itu masalah yg kecil maupun besar? Saya dan adik saya menghargai jika memang ada tanggapan dari CS atas kendala yg dialami, namun yang terjadi malah sebaliknya.
      Terkait karakteristik CS yang diulas Pak Samuel, rasanya sedikit banyak saya setuju. Setidaknya dari beberapa kali masalah yg dialami saya/keluarga, itu yang saya rasakan. Entahlah apakah semua CS memang begini semua?

    • 22 September 2020 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi, hingga saat ini masih belum ada sama sekali itikad baik dari @ShopeeCare untuk menghubungi terkait masalah ini. Semakin kecewa dengan sikap CS yang seperti ini.

      • 26 September 2020 - (11:02 WIB)
        Permalink

        Akhirnya masalah saya dengan pihak Shopee selesai juga. Lega namun juga sekaligus kecewa. Lega karena akhirnya masalah saya mendapat respon dan ditanggapi oleh Shopee. Kecewa karena butuh waktu sangat lama agar mereka merespon kendala yang dialami. Bahkan meskipun sudah membuat surat di Media Konsumen, mereka tidak langsung menghubungi saya. Semoga kedepannya tidak lagi bermasalah sama toko yg satu ini, dan semoga tim CSnya mau belajar dari hal ini dan bisa lebih responsif pada masalah konsumennya.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Voucher Merchant Shopee Bermasalah Ketika Digunakan

oleh Shiela Hartiningtyas dibaca dalam: 2 min
6