Mengecewakan, Barang Tak Kunjung Dikembalikan oleh Lazada Seller Center

Sama halnya seperti seller lainnya yang komplain pada media ini, ternyata saya mengetahui 1 hal, yang mengalami kerugian seperti ini ternyata bukan hanya saya. Saya adalah seller di Lazada, selama ini tidak pernah mengaktifkan fitur COD, tapi fitur tersebut selalu aktif dengan sendirinya tanpa saya minta aktifkan. Beberapa kali saya komplain untuk permintaan non aktifnya, tapi tiba-tiba sudah 2 kali order COD telah masuk.

Kami sebagai seller, mencoba menanggung resiko. Di sisi lain kami ingin produk kami terjual, dengan adanya orderan COD kami mencoba mempercayakan hal tersebut kepada Lazada. Namun yang saya khawatirkan ternyata benar saja. Pertama, produk yang dikirim seller, bisa dikembalikan oleh buyer tanpa penjelasan dan proses banding. Yang kedua, barang yang dikembalikan rentan hilang, rusak dan diganti/ dimanipulasi (mengingat produk yang saya jual adalah permata).

Hal itu terjadi pada saya dengan nomer order: 463510573185043. Produk ini, dalam 27 hari menurut Lazada, akan kembali kepada saya. Namun setelah 30 hari lebih tak kunjung tiba, padahal saya selalu stand by di rumah menunggu paket tersebut karena WFH. Namun dilaporkan barang sudah tiba dan diterima oleh seseorang yang kami tidak mengenalnya.

Kami siap membuktikan, di rumah kami ada CCTV, pada tanggal dikirimnya barang yaitu tanggal 10 Oktober 2020 (sesuai tracking), tidak ada pengantaran ke rumah kami. Hal ini sudah dinvestigasi, tapi tetap Lazada bersikukuh bahwa barang telah dikembalikan. Saya merasa rugi dengan hal ini, dan hal ini terjadi bukan pada saya saja! Mohon teman-teman yang mengalami kejadian yang serupa untuk bisa saling bertukar pengalaman.

Saya mohon pihak Lazada bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian ini. Saya akan menutup laporan ini apabila sudah ada pertanggungjawaban, yaitu barang saya kembali utuh tanpa cacat, atau ganti rugi senilai barang saya yang hilang, tanpa berkelit.

Hary Al Habsi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Lazada:
[Total:7    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Hary

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 20 Oktober 2020, mengenai “Mengecewakan, Barang Tak Kunjung Dikembalikan oleh...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Mengecewakan, Barang Tak Kunjung Dikembalikan oleh Lazada Seller Center

  • 21 Oktober 2020 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Cancel aja orderan masuk kalau ada yg COD apalagi alamatnya ga jelas/chat request yg aneh seperti tidak sesuai diretur/ditolak itu udah niat ga bener aja buyernya. Saya juga pernah kaya gitu. Paket dikembaliin tapi udah pernah dibuka. Kacau. Banyak buyer iseng order fiktif/ga jelas pengen enaknya aja.

    • 23 Oktober 2020 - (11:04 WIB)
      Permalink

      itu kelemahan dari sistem COD, seharusnya pihak aplikator punya pernilaian tersendiri / syarat ketentuan tertentu untuk buyernya yg bisa melakukan COD. Krna merugikan pihak aplikator sendiri termasuk seller yang sudah serius dan niat.

      Ya yang namanya pedagang pak, berharap ada order masuk itu termasuk hal yang bahagia bagi kami, kita pasti berharap produk yang dipasarkan bisa segera berputar, jadi kadang gambling juga bagi pedagang , gk diambil sayang di tolak sayang. itu yg saya rasakan kemarin, dengan harapan transaksi bisa berjalan dengan baik tanpa kendala.

  • 28 Oktober 2020 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Dear para media konsumen,
    Melanjutkan pembahasan terkait isu pada transaksi lazada yang saya publish pada media ini berkaitan “Barang Tak Kunjung Dikembalikan oleh Lazada Seller Center”.

    Lazada telah melakukan pertanggung jawaban (28/10/2020) dengan melakukan penggantian sejumlah nilai barang saya yang hilang ( hanya dipotong admin 2% saja ).
    walaupun saya tidak mengetahui penyebab barang saya sampai hilang bagaimana, namun team PSC ( case management ) cukup tanggap mengenai hal ini.
    dan sempat nomer laporan saya di close sepihak menjadi status selesai, namun setelah saya ajukan keberatan , nomer ticket laporannya dibuatkan yang baru lagi. Saya rasa ini bisa diterima.

    saya ingin berterimakasih kepada Media Konsumen, telah menjadi wadah bagi kami para konsumen untuk bisa mengkomunikasikan keluhan yang terjadi. Dan pihak Lazada melalui via telepon pun mengkonfirmasi saya tetang postingan ini, saya rasa ini cukup bagus. Sehingga keluahan kami sudah ada tempat yang baik untuk diekspresikan.
    Disaat secara mediasi konsumen dgn internal aplikator mengalami kebuntuan. Sukses selalu untuk Media konsumen.id !

    Dari saya dan konsumen lainnya ingin memberikan input kedepannya untuk Lazada, terkait fitur COD dan Lazada Express! mohon untuk melakukan perbaikan dan evaluasi secara berkala dari setiap isu ( terkait S&K buyer utk COD, dan mutu pelayanan LEX ). Saya yakin Lazada cukup profesional. Terimakasih atas pertanggung jawabannya. sehingga tidak berlarut-larut ke ranah yg lain.

    Sekian dari saya, dengan ini saya menutup laporannya menjadi selesai
    Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Mengecewakan, Barang Tak Kunjung Dikembalikan oleh Lazada Seller Cente…

oleh hary dibaca dalam: 1 min
3