Penanganan Pemulihan Akun Shopee yang Dibobol

Saya Sindy, dengan username Shopee: sindyjuliani1015. Pada tanggal 03 Maret 2021 saya mendapatkan WA dari nomor +1(934)2003777. Isi WA tersebut adalah memberitahukan bahwa saya mendapatkan cashback Shopee senilai 2 juta rupiah. Karena kebodohan dan ketidaktahuan saya mengenai modus penipuan yang mengatasnamakan Shopee, saya percaya dengan gampangnya, karena dapat iming-iming uang 2 juta.

Foto KTP, selfi dengan KTP, tanda tangan di atas kertas, nomor rekening dan kode OTP pun saya kirim semua (saya memang bodoh 😭). Saya tersadar bahwa semua itu penipuan saat selesai telpon dengan penipu dan saya coba buka akun Shopee saya, yang ternyata sudah dibatasi. Terakhir si penipu meminta foto KK, tapi tidak saya berikan.

Dalam akun saya, untuk ShopeePay masih ada saldo sekitar Rp2 ribu, PayLater ada saldo sekitar Rp200 ribu, dan SPinjam sudah aktif, tapi belum saya isi nomor rekening dan belum pernah saya buat pengajuan.

Ketika tersadar bahwa ini penipuan, saya langsung menelpon CS Shopee dan memberitahukan bahwa akun saya kena hack dan saat ini tidak bisa login. Pihak Shopee kemudian mengirimkan email kepada saya untuk mengirimkan data-data pemulihan akun.

Saya sudah mengirim semua yang diperlukan tanpa ada kebohongan dan niat mempersulit semuanya, karena yang butuh kan saya. Namun pihak Shopee tetap saja meminta foto buku tabungan sesuai data rekening di Shopee. Padahal saya belum pernah mengisi nomor rekening di PayLater ataupun SPinjam.

Mengenai nomor rekening yang saya berikan kepada penipu, itu adalah rekening yang sudah mati, jadi saya tidak punya rekening apapun. Lalu yang dimaksud pihak Shopee mengenai buku tabungan itu yang mana? Dari tanggal laporan 3 Maret 2021 sampai tanggal 12 Maret 2021, masalah saya belum terselesaikan juga

Dengan hormat dan sopan, saya meminta kepada pihak Shopee mengenai pemulihan akun saya untuk segera ditangani. Karena saya ada tagihan PayLater yang bulan ini sudah telat bayar, takutnya bunga dan dendanya semakin menumpuk. Jikalau akun tidak bisa dipulihkan lagi, diblokir permanen juga tidak apa-apa. Mengenai tagihan PayLater, saya minta kepada pihak Shopee, jika saya membayar tagihan secara manual saja tanpa memakai akun Shopee.

Terima kasih. 🙏

Sindy Juliani Nuraisah
Kab. Tuban, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:16    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Penanganan Pemulihan Akun Shopee yang Dibobol

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Penanganan Pemulihan Akun Shopee yang Dibobol

oleh Sindy dibaca dalam: 1 min
2