JNT Tidak Profesional Menangani Keluhan, Hanya Memberikan Janji Saja

Permasalahan saya ini merupakan lanjutan dari postingan terakhir saya di MediaKonsumen. Permasalahan saya ini bermula dari bermula saat saya mendapatkan pesanan COD dari Shopee pada tanggal 04 Mei 2021, untuk pengiriman dari Surabaya ke kota GRESIK, Jawa Timur menggunakan JNT (no resi JP4077172669).

Tanggal 5 Mei 2021 saya mengirimkan pesanan tersebut ke customer. Status ditanggal 06 Mei 2021, Paket sudah berada di Kota Gresik. Semenjak tanggal 10 Mei saya tracking status tetap tidak berubah masih ditahan di cabang JNT Gresik. Mulai tanggal 10 Mei saya rutin menghubungi pihak JNT agar paket saya ini segera ditangani karena batas pesanan berakhir pada tanggal 13 Mei. Dan sampai tanggal 12 Mei Status tak kunjung berubah.

Saya menghubungi pihak JNT PUSAT dan tim Shopee. Tim Shopee dan pihak JNT menyarankan untuk menghubungi pihak customer agar memperpanjang masa Garansi Penerimanaan. Dan Customer SETUJU. Batas akhir penerimaan diperpanjang hingga tanggal 17 Mei 2021. Dari tanggal 10-17 Mei TIAP HARI saya menghubungi JNT PUSAT dengan agen NAJWA yang menangani masalah saya.

Hingga sampai tanggal 17 Mei 2021, saya kembali mempertanyakan tanggung jawab JNT atas pesanan penjualan saya yang gagal. Dan NAJWA selaku CS JNT PUSAT yang menangani keluhan saya memberikan informasi bahwa Paket saya DINYATAKAN HILANG karena pihak cabang JNT GRESIK tidak memberikan KEJELASAN atas keberadaan paket saya. Dan beliau MENJANJIKAN KEPADA SAYA UNTUK PROSES AUTOCLAIM atas paket saya yang telah mendapatkan persetujuan dari JNT CABANG GRESIK & JATIM. Dan saya beliau menjanjikan bahwa besok TANGGAL 18 MEI saya akan mendapatkan hasil scan hilang paket saya, sehingga saya dapat meneruskan ke tim shopee untuk proses CLAIM tersebut.

TIAP HARI saya menghubungi NAJWA untuk menanyakan KEJELASAN bagaimana prosesnya dan TIAP HARI pula saya tracking untuk pesanan tersebut. Namun pada tanggal 20 Mei 2021, Tracking mulai bergerak. Kecurigaan saya atas barang saya yang tidak dikirimkan dan ditelantarkan dan berniat melepas tanggung jawab oleh JNT CABANG GRESIK semakin kuat. Karena semenjak tanggal 20 ini Cabang tersebut mengirimkan kepada Customer saya.

Tanggal 20 hingga 23 Paket saya dibawa oleh kurir yang bernama NUR untuk dikirimkan kepada customer. dan mereka memaksa mengirimkan barang tersebut padahal sudah JELAS STATUS PESANAN TERSEBUT TERBATALKAN. Lalu tanggal 27 Tertulis di sistem tracking “Penerima menolak pembayaran COD”. Well dari sini sudah sangat aneh menurut saya. Bisa-bisanya pihak JNT menyalahkan customer dimana pesanan tersebut dibatalkan ? Jelas-jelas yang salah dari pihak Kurirnya sendiri. dan Status saat ini yang saya terima barang sudah berada di cabang tempat saya. Namun NAJWA mengatakan saya bisa menolak barang tersebut agar beliau dapat memenuhi janjinya kepada saya.

Saya bisa mengatakan mengapa paket saya ditelantarkan karena, yang pertama mereka beralasan TIDAK ADA KAPAL karena mendekati lebaran (saya sempat menyangkal, jika memang tidak ada kapal ngapain pesanan saya diterima dan tidak langsung dikembalikan kepada saya?).

Kedua alasan lain mereka karena cabang OVERLOAD (Alasan yang berbeda lagi yang saya terima. Jika memang overload saya memahami. tapi mengapa hingga sampai 3 minggu ? Dimana JNT SENDIRI MENJANJIKAN BAHWA PENGIRIMAN REGULER HANYA BERDURASI 2-3 HARI KE SELURUH INDONESIA), dan dugaan saya semakin kuat saat saya mencoba mencari tahu lewat google tentang cabang JNT GRESIK ini. Ulasan di Google juga mempermasalahkan masalah yang sama seperti saya dimana barang2 mereka rata2 tidak dikirimkan kepada customer.

Oh ya, sekedar informasi saya juga menghubungi pihak JNT Gresik melalui no telp yang tertera di aplikasi JNT, dan diberikan nomor oleh NAJWA baik dari Whatsapp, telpon pulsa sudah saya tempuh semua tapi nyatanya NIHIL. Telpon dan chat terkirim namun tidak pernah ada yang mau ngangkat / membalas.

Najwa hingga sampai detik ini tanggal 29 MEi 2021 saya menulis artikel ini di MediaKonsumen tetap MENJANJIKAN KEPADA SAYA UNTUK PROSES AUTOCLAIM. Tapi hingga sampai detik ini dari pukul 10.00 hingga pukul 13.00 Saya menelpon JNT PUSAT dengan durasi telpon sekitar 15-30 Menit untuk dapat dihubungkan dengan si NAJWA, beliau tidak mau mengangkat telpon saya dengan ALASAN YANG DIBERIKAN ADALAH MENANGANI CUSTOMER LAIN.

Di sini saya merasa dipermainkan oleh pihak JNT & sangat KECEWA atas ketidak-konsistenan & ketidakprofesionalan JNT. Pertama, yang memberikan janji AUTOCLAIM adalah BELIAU SENDIRI. untuk itu saya menuntut hingga sampai saat ini. Kedua, saya dirugikan waktu, uang, dan tenaga Karena Saya sebagai penjual Dropship. Dimana saya mempunyai toko langganan untuk memenuhi pesanan2 ke customer. Di toko ini-pun saya mengambil barang tersebut dan LANGSUNG membayarkannya.

Jika memang JNT tidak ada kapal, Kenapa sejak tanggal 6 cabang tersebut tidak memberikan konfirmasi ke saya ? jika langsung dikembalikan ke saya, saya bisa langsung mengembalikan pesanan tersebut ke toko itu. namun sudah jalan hampir 1 bulan barang baru mau dikembalikan. Heyyy, saya ini penjual kecil. Kalian jika dikasus saya bagaimana? Apakah menurut kalian barang tersebut masih bisa dikembelikan ke toko yang bersangkutan ?

Saya berharap drama saya ini bisa segera berakhir dengan mengirimkan artikel di MEDIAKONSUMEN ini. karena saya sudah menghubungi JNT PUSAT, tapi NAJWA TIDAK MAU MENJAWAB TELPON SAYA DAN BERDALIH SEDANG MENANGANI CUSTOMER LAIN. BENAR-BENAR JASA LAYANAN YANG TIDAK PROFESIONAL. dan untuk informasi, segala upaya dan itikad baik untuk mem-push pihak JNT dari awal agar segera mengirimkan dan tidak menelantarkan pesanan saya sudah saya lakukan.

Jika dari mereka ada itikad baik seperti memberikan informasi/ menelpon jika kapal tidak beroperasional, tentu saya akan menerima pengembalian barang tersebut. namun dari mereka sendiri menahan paket saya sebegitu lamanya apakah saya tidak berhak untuk menuntut pertanggung jawaban dari pihak JNT atas kerugian yang saya alami ????? dan juga pihak JNT sendiri yang mengatakan akan diproses AUTOCLAIM. apakah saya salah untuk terus menuntut hal tersebut?

Sekian OPINI saya dan berharap JNT ada itikad baik atas permasalahan saya. Terima kasih. Dan sebagai lampiran saya juga menyisipkan bukti2 terkait tracking, dan bukti lain mengapa saya berspekulasi JNT GRESIK banyak menelantarkan kiriman. saya berharap ada itikad baik dari jnt.

Dian Cahyani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Ibu Dian Cahyani

Sehubungan dengan surat pembaca Ibu Dian Cahyani pada 30 Mei 2021 dengan judul “JNT Tidak Profesional Menangani Keluhan, Hanya Memberikan...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “JNT Tidak Profesional Menangani Keluhan, Hanya Memberikan Janji Saja

    • 15 Juni 2023 - (15:28 WIB)
      Permalink

      Kenapa pas banget nemu link ini dan saya juga ada keluhan dengan JNT yg sampai hari ini gak ada solusi sama sekali.

      Tgl 27 Mei rekan saya mengirim 3 Paket dengan biaya ongkir 3,2jt dari Gorontalo ke Bahopi Morowali. Dengan Estimasi sampai 1 minggu.

      Udah berbagai upaya sama dengan kakaknya saya lakukan. Call center WA, Hotline bahkan WA JNT Bahodopi pun tak ada tanggapan.

      Sampai hari ini tgl 15 Juni 2023, Paket saya masih status diantar. Status yg sama dari tgl 6 Juni 2023 sampai sekarang.

      Padahal itu barang Urgent dan Biaya Ongkir hampir sama dengan nilai barang 5,3jt.

      Saya harus gimana lagi ??????

      Dimana paket saya, customer saya sudah complain. Dan itu customer Prioritas kamii katena transaksinya ratusan juta tiap bulan.

  • 2 Juni 2021 - (07:37 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada MK yg telah membantu posting masalah saya. Pihak JNT dan yg bersangkutan telah menghubungi saya. Dan sekarang sudah ada perkembangan atas masalah saya. Semoga drama saya dengan jnt segera berakhir. Semoga JNT ke depannya dapat meningkatkan pelayanan yang lebih profesional dalam membantu keluhan pelanggan2nya dgn estimasi penyelesaian yang cepat dan tidak berlarut2 seperti yg saya alami.

  • 16 September 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Tgl 12 agustus 2023 saya mengirimkan paket saya dalam keadaan terpaking rapi dengan tujuan medan – PKU dengan no resi jd0256539100
    Dan setelah beberapa hari paket saya sudah diterima oleh customer saya tapi dalam keadaan paket sudah terbuka dan isi nya yang harus nya ada 4 barang menjadi 2barang saja dan saya (pengirim) telp ke pihak jnt dan dari pihak jnt meminta waktu 3x24jam untuk penyelidikan dan akan menghubungi saya tapi sampai sekarang pihak jnt tidak ada 1pun yang menghubungi saya.. dan saya juga sudah bolak balik telp ke CS jnt nya dan minta kejelasan ttg barang saya yang hilang dan telp terakhir saya di infokan dari jnt nya akan dilakukan pergantian dana tapi sampai sekarang 1bulan lebih sudah kasus ini, tidak ada pergantian dana yang saya terima dari pihak jnt…
    saya hanya berharap pertanggung jawaban dari pihak jnt saja…
    karena saya juga sudah melampirkan semua bukti2 yang dibutuhkan…

    Barang yang hilang awalnya ada 2 barang dan telah di temukan 1 barang di cabang jnt PKU dan sekarang sisa 1 barang lagi yg tidak di temukan dan di infokan akan di lakukan pergantian dana …
    Dengan surat ini saya berharap pertanggung jawaban dari pihak jnt nya…
    Karena saya sudah telepon bolak balik ke pihak jnt namun jawaban nya selalu sama yaitu di bantu proses secepatnya tapi sampai sekarang tidak ada kejelasan…

    Tolong pihak jnt supaya bisa cepat meng up kasus ini…
    Karena saya selaku penjual merasa sangat di rugikan.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

JNT Tidak Profesional Menangani Keluhan, Hanya Memberikan Janji Saja

oleh Dian Cahyani dibaca dalam: 4 menit
5