Permasalahan Saya Tak Kunjung Diinvestigasi oleh Tim Shopee

Saya adalah penjual (merchant) di Shopee. Saya kembali mengeluhkan Tim Shopee yang kerjanya sangat lama. Permasalahan ini dimulai sejak saya mendapatkan pesanan COD dari Shopee pada tanggal 04 Mei 2021. Saya kirim pesanan tersebut tanggal 05 Mei 2021, pengiriman dari Surabaya ke kota Gresik, Jawa Timur (Pulau Bawean), menggunakan kurir J&T Express REGULER. Nomor Resi JNT: JP4077172669, Nomor Pesanan Shopee: 210504R61F12UX.

Tanggal 06 Mei 2021 pesanan saya sudah tiba di kota domisili. Namun hingga sampai tanggal 10 Mei 2021, barang saya tak kunjung dikirim-kirim oleh pihak J&T. Dimana status pesanan saya harusnya diterima oleh pembeli sebelum tanggal 13 Mei 2021.

Saya coba hubungi call center J&T untuk memaksimalkan pengiriman saya dan CS Shopee untuk menanyakan lebih lanjut tindakan apa yang harus saya lakukan. Saya pun menghubungi pembeli saya untuk memperpanjang masa garansi terima produk dan customer saya mau melakukannya. Akhirnya pesanan ini diperpanjang hingga tanggal 17 Mei 2021.

Sejak tanggal 13 hingga sampai tanggal 17 Mei 2021, hampir tiap hari saya follow up ke pihak kurir. Namun tidak mendapatkan hasil. Hingga akhirnya pada tanggal 17 Mei 2021 saya dikonfirmasi oleh tim J&T bernama Acua, bahwa barang saya akan dilakukan proses AUTOCLAIM dan secara langsung barang saya dinyatakan HILANG oleh pihak J&T. Agen tersebut mengatakan bahwa saya juga harus melakukan konfirmasi ke CS Shopee untuk proses lebih lanjut agar dana dari J&T bisa langsung diberikan ke Shopee.

Saat itu juga saya konfirmasi ke CS tentang proses autoclaim yang telah disebutkan oleh pihak J&T dengan nomor pelaporan 164476584. Saya diminta untuk menunggu email balasan dari tim terkait. Hingga sampai tanggal 19 Mei 2021 saya kembali menghubungi CS Shopee, dan CS tersebut mengatakan kepada saya bahwa proses investigasi saya berakhir hingga pukul 23.59 nanti malam dan saya tetap diminta untuk menunggu via email.

Sampai batas waktu yang ditentukan, saya tidak kunjung mendapatkan balasan. Tanggal 20 Mei 2021 saya kembali menghubungi CS Shopee. Pertama saya menghubungi via chat Shopee, dan jawaban dari CS yang bernama Ralin (kalau tidak salah) setelah saya menyebutkan nomor pelaporan, saya malah disuruh menunggu barang saya, yang dalam proses pengiriman oleh pihak kurir, 2-3 hari kerja.

Bagaimana bisa CS tersebut mengatakan hal tersebut? Dapat dilihat dari nomor pelaporan saya, dimana dari pihak J&T sendiri mengatakan bahwa akan akan ada proses autoclaim, sekarang kok malah menunggu barang saya balik?

Tak kunjung mendapatkan jawaban yang saya inginkan, saya langsung menghubungi via telepon ke Shopee di nomor 1500702. CS ini pun mengatakan kepada saya bahwa permasalahan saya masih dalam proses investigasi. Namun CS ini pun tidak mengetahui di tim yang mana masalah saya ini ditangani.

Bukankah hal ini berarti permasalahan saya tidak diurus oleh Tim Shopee? Terus gunanya apa dong dibuat tim investigasi untuk menyelesaikan permasalahan dengan batas waktu yang ditentukan? Percuma saja mengatakan maaf berulang kali kepada customer, tapi tidak dibuktikan dengan adanya hasil.

Dian Cahyani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:41    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Permasalahan Saya Tak Kunjung Diinvestigasi oleh Tim Shopee

  • 20 Mei 2021 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Saat ini barang sudah diantar oleh kurir, paling hr ini jg sampai. Tp itu pengirimannya abnormal. Cuma dr sby ke gresik sampai 14 hr. Tgl 6 sudah smp di gresik. Nah kenapa kok tidak segera diantar? Pertama, Kemungkinan barang itu bermasalah. Kedua bisa jg penerima meminta agar dikirim pd tgl tertentu krn lg mudik atau lg bokek tdk punya uang untuk bayar.

    2
    2
    • 20 Mei 2021 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Alasan jnt awal karena overload, lalu ga lama bilangnya karena masa lebaran ga ada perahu. Tapi masa iya overload sampai memakan waktu 2 minggu? Terus masalah lebaran, jelas2 pengiriman saya sudah 1minggu sebelum lebaran. Kan ya ga masuk akal juga. Lalu dari sudut customer menurut saya sih, customer memang niat beli krn saat saya minta untuk memperpanjang masa garansi, customer langsung memperpanjang masa garansi tersebut. Bagi saya itu sih sebuah itikad baik bahwa beliau memang membutuhkan dan berniat membeli barang tersebut. Menurut saya memang dari kurirnya saja sih yg tidak profesional.

      2
      2
      • 21 Mei 2021 - (03:39 WIB)
        Permalink

        justru seminggu sebelum lebaran itu sudah termasuk rawan overload, kalo mau aman paling lambat sebulan sebelum hari raya

        3
        3
        • 22 Mei 2021 - (13:09 WIB)
          Permalink

          Pengiriman barang saya di jnt 50 orderan tiap hari, di 3 bulan belakangan pengiriman banyak bermasalah, retur COD g pernah dikembalikan ditanya cs nya digudang mulu, pelayanan nya bobrok banget dan akhirnya setelah lebaran jasa pengiriman jnt saya off kan.. Terima kasih..

  • 20 Mei 2021 - (17:46 WIB)
    Permalink

    ribet banget shopee kaya ngirim ke mana aja, semoga sellernya sabar ya nunggu prosesnya🙏🙏

    1
    1
    • 20 Mei 2021 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Yg ribet kurirnya kak… Untuk shopee sebenarnya hanya perantara. Namun kekurangannya sebagai perantara harusnya penyelesaian masalah lebih cepat. Dan setidaknya pihak Shopee mempunyai wewenang yg lebih dan lebih tegas lagi jika kurirnya bermasalah.
      Seller aja dikasih ketegasan untuk batas waktu pengiriman pesanan, pembeli juga sama diberikan sanksi jika tidak bertanggung jawab atas pesanannya. Lah kalau sama kurirnya masa ga bisa tegas juga? Kan ga adil namanya.

      3
      1
      • 20 Mei 2021 - (20:03 WIB)
        Permalink

        Ini yg sangat meggelitik : ”
        Yg ribet kurirnya kak… Untuk shopee sebenarnya hanya perantara. Namun kekurangannya sebagai perantara harusnya penyelesaian masalah lebih cepat. Dan setidaknya pihak Shopee mempunyai wewenang yg lebih dan lebih tegas lagi jika kurirnya bermasalah.”

        Bagi saya itu pernyataan aneh bin nyeleneh. Katakanlah tegas, ok jnt you tak keluarkan dr shopee krn bermasalah. Padahal semua jasa kirim pasti bermasalah. Lha shopee tdk punya jasa kirim, ya udah tutup saja.

        4
        1
  • 20 Mei 2021 - (18:00 WIB)
    Permalink

    sepertinya barang sudah ketemu dan akan dikirimkan ke penerima hari ini

    (2021-05-20 15:53:54
    Drop Point
    City:GRESIK
    On delivery by Nur J07160778)

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Permasalahan Saya Tak Kunjung Diinvestigasi oleh Tim Shopee

oleh Dian Cahyani dibaca dalam: 2 menit
8