Pelayanan Mengecewakan Anteraja dan Tokopedia

Saya melakukan penjualan di Tokopedia, ada 1 pesanan dengan pembeli a.n. Chris**** Se****** dengan nomor invoice: INV/20210804/MPL/1468447684, nomor resi AnterAja: 10001862145726 . Pemesanan dilakukan tanggal 04 Agustus 2020. Paket yang di-pick up dari toko saya di Jakarta Selatan dan pengiriman ke Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Namun update paket saya di tanggal 5 Agustus 2021 pukul 7.54 pagi ada di Hub Semarang. Saya berpikir mungkin hanya misroute, karena di tanggal 6 Agustus 2021 paket sudah kembali ke hub Jakarta Timur. Saya hubungi pihak AnterAja dan CS sudah mengklarifikasi kalau ada error dan paket akan diproses menuju Hub Jakarta Barat.

Saya cek berkala, tetapi tidak ada update proses menuju Jakarta Barat. Tanggal 7 Agustus 2021 dengan kaget saya cek paket saya sudah kembali ke Semarang lagi. Tanggal 8 Agustus 2021 pagi saya cek, paket sudah balik menuju hub Jakarta Timur. Saya sudah pasrah, dan berharap paket akan menuju Jakarta Barat, tetapi kagetnya lagi di tanggal 9 Agustus 2021 paket sudah kembali menuju Semarang.

Saat saya menulis keluhan ini, paket sedang di Semarang. Bagaimana kurir AnterAja bisa membuat paket dari Jakarta Selatan ke Jakarta Barat Harus transit ke Semarang bukan 1x tetapi sampai 3x? Saya sudah coba melakukan komplain ke Tokopedia, tapi hanya ditanggapi seadanya saja dan disuruh tunggu 7 hari. Sementara pembeli membutuhkan paket itu segera.

Saya sudah coba komplain ke kurir yang bersangkutan dengan menelepon ke 021 5060 3333, jawaban yang sama. Saya coba komplain ke aplikasi Anteraja, tapi tidak direspon, case hanya ditutup seolah-olah sudah selesai

Mohon kerjasamanya pihak Tokopedia dan Anteraja, karena untuk meningkatkan UMKM kita butuh tim yang profesional dan bertanggung jawab. Terima kasih.

Sayekto Widiyatno
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:59    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Sayekto Widiyatno

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Sayekto Widiyatno yang berjudul: “Pelayanan Mengecewakan Anteraja dan Tokopedia” di mediakonsumen.com pada tanggal 13...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Pelayanan Mengecewakan Anteraja dan Tokopedia

  • 13 Agustus 2021 - (09:29 WIB)
    Permalink

    orderan lewat tokopedia ya?
    kalau hubungin anteraja mah gk bakal ditanggepin..
    coba chat pembeli diauruh komplain barnag belum sampai aja, biasnay kalo udah masuk pusat resoluai dan dlm tahap investigasi tokopedia.. sekitar 1 mingguan biasanya dana dikembalikan.. karna fix sepetti itu paket hilang..

    saya baru aja kejadian sama dan tulis keluhan di website ini… masalahnya diselesaikan oleh Tokopedia secara cepat dan pasti..
    pihak anteraja minta maaf kerumah sendiri tp dengant ujuan saya hapus tulisan di website ini

    zong nilai nol buat anteraja. tp top untuk tokopedia

    • 13 Agustus 2021 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Konon tokopedia punya saham di anteraja, makanya jika jasa kurir ini bermasalah akan segera diselesaikan oleh toped.

      • 14 Agustus 2021 - (22:55 WIB)
        Permalink

        Anteraja yaa ?? Dia lagiiii dia lagiiii… gak heran dah.. gw 3x pake kurir ini dan semua pengiriman gw ngaco, bermasalah, nyasar… dan sekarang gw paling menghindari menggunakan kurir anteraja

  • 14 Agustus 2021 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga konsumen dari tokopedia…utk pihak Tokopedia jgn hanya disuruh menunggu tapi harus ada tindakan nyata…kalau paketnya dibutuhkan secepatnya masa harus menunggu yg belum ada kepastiannya…Hallo Tokopedia bisa dengar ini!…..

  • 14 Agustus 2021 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Iya, sampai saat ini per tanggal 14 Agustus 2021 paket sudah kembali ke Semarang untuk yang ke 5X nya. Saya pun tidak paham dengan Tim anteraja, hendak dikirim ke alamat siapa di Semarang, sedangkan tujuan sebenarnya hanya ke Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Mau sampai berapa kali bolak balik Jakarta – Semarang paket itu?

    • 14 Agustus 2021 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Semoga masalah agan cepat selesai, dan segera nonaktifkan anteraja. Saya pernah ngirim paket pakai ekspedisi lain, nyasar ke alamat yg jauh. Setelah saya komplain melalui cs eksp, besokannya paket langsung diantar ke alamat yang tepat. Lah ini sampe 5x bolak balik jkt semarang, sudah kelewatan atuh.

  • 14 Agustus 2021 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Menurut saya masih sah2 saja… Pickup tgl 4 malam…pasti pengiriman ikut yg tgl 5.. tgl 7-8 sabtu minggu…sampai tgl 9 …Walau sempat salah tujuan, tp tidak terlalu lama… Kalo saya pengalaman selalu pake Anteraja selalu tidak ada masalah…
    Walau waktu biasanya molor, dan itu pun biasanya yg penjual dari Jakarta…
    Mungkin Lapak di Jakarta banyak yg Blusuk2, gang2, atau toko di mall, tanpa nama, dll susah dicari oleh kurir… Tp sptny kurir anter aja sistemny kan 1 kurir untuk wilayah itu terus, kalo semakin terbiasa kurir ke Rumah anda semakin cepat pengiriman, kecuali kalo belom pernah, dan tempat anda terpencil… Harus cari dulu…apalagi kalo tetangga ngga tau kalo rumah anda ternyata lapak…
    Kalo penjual dari Surabaya sehari selalu sampai, dan tidak pernah telat….
    Mungkin alamat surabaya lebih mudah dicari…
    saya di Madiun, Jawa Timur…

  • 14 Agustus 2021 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Wah baru tau kalau antaraja parah ya ternyta. Saya blm prh pakai sih.. Tp kalau tau kaya hini, mending gak deh.. Drpd dikecewakan dan ga ada solusi apa2.. Bolak balik 5x itu parah bgt sih.. Klo saya sbg pihak tokped dan sudah terbukti dikecewakan berkali2, lbh baik memutus mitra dgn ekspedisi antaraja..

  • 14 Agustus 2021 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Halo Mas..sy juga jualan di Shopee..pernah ngalamin hal yang sama. Customer saya chat , dia bingung nanyain paketnya kok sampenya ke Semarang, padahal tujuan ke Depok, dan saya di lokasi di Tangerang. Kalo di pengalaman saya waktu itu, saya cari2 informasi, ternyata Semarang itu bukan maksudnya Kota Semarang, Indonesia, tapi Semarang nama lokasi hub yang real lokasinya ada di Jakarta.

    Kayanya setelah mas komplain, masing2 hub jadi miskom..jadi muter2 aja antar hub.

    Saran saya si mas cari tau lokasi hub nya..terus kasih tau ke petugas terkait mengenai kendala yang terjadi.

    Semoga membantu

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Mengecewakan Anteraja dan Tokopedia

oleh S dibaca dalam: 1 menit
12