Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan

Saya pengguna lama Gojek, yang baru saja aktif order dengan Gojek. Namun tiba-tiba akun saya dibatasi, tidak bisa menggunakan voucher dan segala promo. Waktu ditanyakan kenapa, saya tidak diberi jawaban. Hanya diinfokan bahwa akun terindikasi aktivitas mencurigakan.

Aktivitas mencurigakan apa yang dimaksud, tidak dijelaskan. Jawaban CS Gojek hanya “maaf” dan keluhan saya langsung ditutup sepihak.

Saya lihat history terakhir ada order GoCar dan karena bawa barang banyak dan sudah menjelang maghrib, driver minta cancel. Saya tidak ingat, yang membatalkan driver/saya, karena setelah ditolak saya buru-buru pesan dari aplikasi lain. Itu saja transaksi terakhir sebelum akun saya dibatasi.

Selain itu, akun Gojek hanya saya pakai beberapa kali saja untuk order makanan untuk keluarga di kota lain. Saya rasa ini juga tidak menyalahi, karena banyak orang setahu saya juga begitu.

Ternyata banyak kasus seperti ini, marketplace dan penyedia layanan seperti Gojek yang secara sepihak membatasi akun tanpa penjelasan. Customer banyak juga yang tidak paham peraturan masing-masing penyedia layanan. Sangat tidak fair bila secara sepihak akun dibatasi tanpa diinfokan atau setidaknya diberikan peringatan sebelumnya.

Fonnie Ernawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Gojek Indonesia atas Surat Pembaca Ibu Fonnie Ernawati

Yth. Redaksi Media Konsumen Di tempat Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Fonnie Ernawati pada tanggal 11 November 2021 di...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan

  • 11 November 2021 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Gojek itu punya program AI yang sangat mereka bangga2kan, namanya Gojek Shield. Katanya sih buat mencegah fraud n kecurangan.

    Sepertinya CS Gojek gak dikasih wewenang buat koreksi “keputusan” si Gojek Shield. Sayang sekali kalo benar Gojek lebih percaya sama program “kecerdasan buatan” dibandingkan kecerdasan manusia.

    10
    1
    • 12 November 2021 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Emang gitu gojek bro.. udah unistal aja. Pake yg laen aja lebih jelas layanan nya.. ga ad gunanya juga cs cs gojek.. mungkin otaknya kecil semua

      2
      9
      • 13 November 2021 - (17:34 WIB)
        Permalink

        Gw ngalamin hal yang sama, voucher hilang semua tiba2… Dikomplain gak ada solusi sama sekali.. Akun dipake udah bertahun2, hanya aktif di 1 hp, memang sering belanja pake gofood terutama weekend.. Kalau gak siap pengguna aktif, ngapain juga elo eksis kasih2 promo… Tp gw gak pusing, aplikasi model gini tinggalin aj, gw ud sebulanan aktif di Grab untuk belanja makanan… Kayanya mslh bnyk timbul sejak akun digandeng dengan Toped… Sistem juga mirip, main vonis membabi buta secara sepihak..!!!

      • 11 November 2021 - (20:18 WIB)
        Permalink

        wkwkwk system ga punya otak..
        contoh dikasih vocer sampai 10biji dipake tuh vocer semua dlm waktu yg singkat pakainya.. dibilang melakukan kecurangan wkwkwkwk ga uah kasih vocer jek dr pada kasih vocer dipake malah bikin orang gondok.. dosa tau..

    • 12 November 2021 - (09:57 WIB)
      Permalink

      ? ga ajukan komplain ke cs pak ?
      Tapi kalau pengalaman saya sih percuma saja.

      Benar kebanyakan cs tidak diberi otorisasi untuk meninjau ulang keputusan dari AI marketplace.

  • 11 November 2021 - (21:43 WIB)
    Permalink

    UANG KAMU HILANG ATAU DICURI TENANG ADA GOOPY UANG KAMU BAKAL BALIK JIKA HILANG ATAU DICURI JADI DIJAMIN AMAN OLEH GOOPY, dipersembahkan oleh gojek. wkwkwkwkkwkwkwkwkwk

    6
    1
    • 12 November 2021 - (14:31 WIB)
      Permalink

      E-commerce saat ini makin lama makin tidak safety disebabkan makin banyak dan seringnya Marketplace membekukan Akun Seller (Penjual), dari beberapa case banyak saldo Seller yang ikut Hangus atau tidak jelas dikarenakan Akunnya ditutup Sementara, Dibatasin atau Permanen. Pihak Marketplace mengemukakan penyebabnya sistem, transaksi mencurigakan, dan lain sebagainya, Ironisnya hal ini dilakukan secara sepihak tanpa konfirmasi terlebih dahulu ke Pihak² Seller atau Penjual. Hal ini juga terjadi kepada perusahaan penyedia Dompet Digital, banyak akun di bekukan karena ada indikasi mencurigakan, dll.

      Aturan macam apa ? Semoga ada yg blow up masalah ini, dan harusnya pemerintah, Polisi, BIN, Bareskrim ambil tindakan. Kalau 1.000 penjual dikalikan akun saldo nya minimal 100.000 sudah berapa juta dan ada yg nominal nya puluhan juta. Jangan dibiarkan mereka melakukan aturan sendiri di negara ini.
      Sedangkan bank saja mau bekukan rekening itu banyak persyaratannya, laporan kepolisian dan lain-lain.

      LSM, DPR, LBH, OJK juga diharapkan banyak bergerak, selain Pinjol, E-commerce skr banyak merugikan, mereka maen digital dan menerapkan aturan sendiri.

  • 11 November 2021 - (23:31 WIB)
    Permalink

    GO-PAY saudara saya diblokir secara sepihak sm gojek padahal gopay cuma buat nerima insentif prakerja, sudah capek ngurusnya, mesin yg jawab bukan manusia, gojek=aplikasi menyusahkan anak bangsa, #blokir gojek, #no solusi#aplikasi t? L? L

    6
    1
  • 12 November 2021 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Mungkin hapenya pernah diroot atau ada install aplikasi yg mencurigakan sehingga kedetek sama sih AI

  • 12 November 2021 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Akun gojek pelanggan anda di blokir atau di batasi dr pihak gojek,krna kalian sering mempermaikan oderan ,sperti cansel lebih dr 3 kali ,mempermainkan driver,membayar kurang ke driver,hanya liat2 saja hanya untuk cek estimasi tarif, dll
    Contohnya sidriver sudah sampe toko,resto/tempat penjemputan tiba2 si custamer membatalkan oderan,itu sangat mengecewakan driver
    Sy sering bangt dibuat kecewa sm custamer,ya saya bikin laporan ke ke kantor gojek,,akhirnya akun lo lo pada di blokir dan di batasi,,bagi driver itu dpet oderan itu sangat di harapkan,tp tiba2 dibatalkan tanpa konfirmasi dan minta maaf,,itu mengecewakan driver

    18
    8
    • 12 November 2021 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Ya mungkin sbg mitra anda kerjanya kurang baik, sampai sering dicancel ya.

      Maaf ya kalau saya order selalu kasih tips banyak, apalagi masa pandemi ini. Kita juga rutin memberi gojek orderan untuk diberikan kembali ke para mitra gojek.

      Namanya bekerja ya wajar ada 1-2 customer yang bermaksud jelek .
      Tapi kami yang komplain disini pastinya bukan orang iseng / mau main2.
      Orang iseng itu, akunnya banyak. Diblokir ga marah, bikin lagi akun baru. Bagi mereka itu resiko “kenakalan” mereka.

      Yang marah itu kalau orang akunnya cuma 1 dan dipakai baik2, trus dituduh karena sistem yang asal.

      Harap dipahami gan.

      10
      5
      • 12 November 2021 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Y hub kantor gojek…gtu aj repot aplikasi yg mana aj sbnrny sama…org2 driverny itu2 jg..contoh putus mitra gojek grab msk sopi..yg enak pny 3 akun mrklah kdg yg pilih2…tlg difahami jg

        10
    • 12 November 2021 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Cakeeep…suru aj jln sendiri..dh mo yg murah klo ad aplikasi yg lain tapi perut ma pelayanan mo enak…

    • 19 November 2021 - (02:55 WIB)
      Permalink

      Gw setuju ,mangkanya jngn mainin driver itulah akibatnya ha ha ha ha mampus lu untuk semua penumpang yg ga punya otak

  • 12 November 2021 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Akun saya tidak bisa lagi dipakai.Awal mula bulan Juni 2021 saya dan keluarga positif Covid 19 dan akhirnya isoman.Untuk memenuhi kebutuhan makan,hampir tiap hari saya pakai gofood ataupun goshop.Dua Minggu berjalan tiba² ada notif jika ada aktifitas tidak wajar dan akun tidak bisa dipakai,kan aneh??sudah pakai menu bantuan di aplikasi,telpon cs berulangkali namun tidak ada solusi sama sekali.Hai gojek,apakah ini yg anda bilang”selalu ada jalan bersama gojek”jalan apa?apakah jalan buntu?

    3
    1
  • 12 November 2021 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah msh pake gojek meski jarang pake.
    Klo saya kayak gitu..dibatasi tanpa alasan jelas.
    Hapus aja akunnya..
    Beralih ke yg lain…

    2
    1
  • 12 November 2021 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Akun saya jg begitu pake gopaylater 2 x lancar pembayaran tiba2 ada “pemakaian tidak wajar” dan tidak bisa dipakai, saya hubungi gopay no respon, kayaknya direksi gojek orang dungu dan hanya makan gaji buta termasuk co founder gojek membisu dan pura2 tidak tahu!!! Uninstall Gojek!!!

  • 12 November 2021 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Udh ga Heran sama gojek lah,sama kayak punya saya ga ada angin ga ada hujan tau” di blokir,di tanya ke cs ada aktifitas mencurigakan padahal di pake normal” aja..lucu lucu

    2
    1
  • 12 November 2021 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Udah banyak banget yang aduin issue ini di media konsumen tapi kayaknya pihak gojek masih acuh aja ya?
    Sorry to say, tapi di sisi lainnmasih banyak orang yang ngebanggain gojek karna aplikasinya “karya anak bangsa” padahal main programmernya orang india semua wkwkwk. Awal sih emang manis banget gojek ini, tapi makin kesini malah makin arogan dimulai dari beberapa driver dan merchant gojek yang bisa dibilang “sengsara” karna kebijakan yang dibuat gojek saat ini. Dan kalau ada yang ikutin berita tentang gugatan GoTo pasti paham betapa arogannya mereka dengan kedok “mensejahterakan UMKM”

  • 13 November 2021 - (06:46 WIB)
    Permalink

    sama eh akun saya kena blokir dan ada gopay nya 1jt? tidak tahu harus mengadu kemana, cs juga sma aja tidak bisa ngasih solusi cuman suruh nunggu sampai kapan gokil deh ini aplikasi kek ************

  • 13 November 2021 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Kalo gw liat sih screenshot di atas kayanya lu pemain goclub ya hayoo ngaku, karna rata2 pemain goclub itu pasti gak bakal dapet voucher apapun karna sudah terdeteksi di sistem gojek yg namanya GOJEK SHIELD dan itu sistem gak bisa bohong kecuali malfungsi.
    Karna biasanya itu pemain goclub itu gak ada yg mau ngaku jadi seakan akan dia yg terdzolimi

    • 13 November 2021 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Akun saya Goclub juga, udah Anak Sultan ya normal2 aja voucher juga bnyk ga kepake, karena pemakaian juga normal. Sepertinya sistem GojekShield ada yang dirubah baru2 ini, bnyk banget yang dinonaktifkan akunnya. Mungkin karena TS udah lama ga kepake akunnya, tiba2 sering order jadi terbaca mencurigakan. Sering cancel atau bahkan keseringan cek harga di GoFood/GoCar dll itu juga ga boleh sekarang, bnyk yg kasus gitu.

      • 13 November 2021 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Masa cek harga gak boleh, kalo keseringan cancel order mungkin iya. Contoh kita mau beli kecap ke Alfa buat cek harga terus ke indomart juga masa gak blh kan aneh.

        • 13 November 2021 - (14:38 WIB)
          Permalink

          Boleh tapi sering banget diluar batas kewajaran ga boleh, bnyk kasus seperti itu di MK juga ada beberapa. Ya silakan tny kepada Gojek jelasnya, saya hanya menyampaikan info yang saya tahu.

  • 19 November 2021 - (02:45 WIB)
    Permalink

    Jangan salahin sistem gojek, mungkin yg pesan gojek motor atau gocar itu ga punya otak. Pesan gocar bawa barang banyak ya driver cancel lah dengan alasan yg jelas, karna layanan gocar atau goride itu hanya untuk orang bukan barang kalo bawa barang banyak mending pesan gobox atau gosen .mangkanya pake otak kalo pesan gojek motor atu mobil bawa barang jangan banyak2. Mungkin driver kesal dengan harga yg murah bawa barang banyak, paling sama drivernya di adilan ke operator gojek supaya akun penumpang di bekukan

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Gojek Membatasi Akun Tanpa Penjelasan

oleh Fonnie Ernawati dibaca dalam: 1 menit
37