Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penjual Sudah Jelas

Pertama-tama saya mau berterima kasih kepada Media Konsumen dan teman-teman pembaca yang membagi ide dan saran. Dengan berbagi pengalaman di sini, semoga hal tersebut bisa selesaikan dengan baik.

Saya seller di Shopee dengan akun: Sanindo (jual spare part komputer). 3 kali saya posting di Media Konsumen, semua kasus tentang mediasi Shopee. Untuk kasus pertama dan kedua, harus dipos di sini baru ditangani dengan baik dan akhirnya selesai. Semua kasusnya terkait penukaran barang oleh pembeli yang nakal.

Namun pihak mediasi Shopee sungguh pro ke pembeli. Padahal bukti yang saya lampirkan sudah lengkap, apakah harus ke Media Konsumen terus baru bisa ditangani dengan baik? Apakah tidak dikasih edukasi sama tim terkait! Bukti sudah jelas, kok tidak dicek dulu?

Kasus ini bermula ketika pada tanggal 08 Desember 2021 pukul 17:16, pembeli dengan user id: whdofficialstore, melakukan pembelian mainboard 1155 Asrock H61 DDR3 X1. Pengiriman dengan kurir Shopee Express dan nomor resi Standard: # SPXID01029851814C. Pada tanggal 12 Desember 2021 14:21 paket telah diterima oleh pembeli.

Tanggal 14 Desember 2021 00:15 , pembeli melakukan komplain dengan solusi refund full. Saya minta pembeli lampirkan video unboxing dan video pengecekan dan beberapa foto fisik, untuk dicek lebih lanjut.

komplain pembeli

Dalam bukti yang dilampirkan oleh pembeli, socket tempat pasang prosesor jarumnya sudah hancur. Ternyata setelah dicek lebih lanjut, barang yang dilampirkan tidak sesuai dengan barang yang kami kirim. Untuk barang yang kami kirim, sebagai penjual, kami ada doumentasinya. Hasil pengecekan normal sebelum dikirim ke pembeli dan ada kami ada dokumentasi packing, serta ada segel juga di tiap paket. Berikut saya lampirkan video packing sebelum dikirim ke pembeli:

Sementara dari bukti video unboxing oleh pembeli, kelihatan paket udah pernah kebuka. Berikut bukti unboxing dari pembeli dan backup dari seller (takut dihapus oleh pembeli tersebut):

Dari video itu jelas kelihatan barang yang berbeda. Kami juga ada foto hasil cek dan kirim ke chat pembeli, jadi barang yang dikirim kami sangat yakin, sesuai yang di-packing.

Dari diskusi, jelas kami ajukan ke banding dan melampirkan bukti di atas. Namun sangat disayangkan, tim Mediasi Shopee malah menerima pengajuan dengan solusi mengembalikan produk dan dana. Karena pembeli sangat paham bakal disetujui oleh admin Shopee, kasus begini terus menjamur dan dimaafin terus.

keputusan admin Shopee

Saya rasa banyak penjual yang kena kasus begini, soalnya ini sudah kali ketiga saya alami. Saya harap dari pihak manajemen Shopee menjelaskan dasar kenapa diterima pengajuannya? Karena hal begini sudah terjadi sampai 3 kali.

Hermanto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penjual Sudah Jelas

    • 21 Desember 2021 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Kalo boleh gan…bisa ngga nama dan alamat pembelinya sekalian dishare dimedia ini…sekalian bikin masalah sama sibuyer penipu tsb…

      • 21 Desember 2021 - (16:39 WIB)
        Permalink

        untuk nama n alamat tidak saya sharing, takut tu melanggar aturan, dan untuk kasus ni harus tetap tenang dan lampirkan bukti sedetailnya. walau sempat emosi di awal, jadi sharing di sini, supaya kasus seperti ini tidak terjadi lagi, dan antisipasi buat seller untuk kasus serupa.

  • 22 Desember 2021 - (13:51 WIB)
    Permalink

    terima kasih mediakonsumen dan teman-teman mediakonsumen, memberikan saran n masukan.
    untuk kasus dah clear, udah di bantu cek n recheck sama pihak shopee, semoga kedepan bisa lebih baik.

    • 23 Desember 2021 - (07:59 WIB)
      Permalink

      mohon dijelaskan rincinya Pak supaya orang lain yang mengikuti kasus ini dari awal bisa dapat informasi jika suatu saat terkena kasus serupa.

  • 23 Desember 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Ini mah saran saya ya gan, saya juga dulu pernah kerja di toko sparepart komputer. Setiap pengiriman barang ke buyer mau online ataupun offline selalu di sertakan serial number, type, dan kode produksi sesuai barang yg di beli. Jadi ketika ada komplain dengan di kirimkan bukan produk yg kita jual maka disitu terlihat jelas bisa di cek by serial number apakah sama dengan serial number arang yg kita kirim. Gitu gan

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penj…

oleh Congling dibaca dalam: 2 menit
59