Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penjual Sudah Jelas

Pertama-tama saya mau berterima kasih kepada Media Konsumen dan teman-teman pembaca yang membagi ide dan saran. Dengan berbagi pengalaman di sini, semoga hal tersebut bisa selesaikan dengan baik.

Saya seller di Shopee dengan akun: Sanindo (jual spare part komputer). 3 kali saya posting di Media Konsumen, semua kasus tentang mediasi Shopee. Untuk kasus pertama dan kedua, harus dipos di sini baru ditangani dengan baik dan akhirnya selesai. Semua kasusnya terkait penukaran barang oleh pembeli yang nakal.

Namun pihak mediasi Shopee sungguh pro ke pembeli. Padahal bukti yang saya lampirkan sudah lengkap, apakah harus ke Media Konsumen terus baru bisa ditangani dengan baik? Apakah tidak dikasih edukasi sama tim terkait! Bukti sudah jelas, kok tidak dicek dulu?

Kasus ini bermula ketika pada tanggal 08 Desember 2021 pukul 17:16, pembeli dengan user id: whdofficialstore, melakukan pembelian mainboard 1155 Asrock H61 DDR3 X1. Pengiriman dengan kurir Shopee Express dan nomor resi Standard: # SPXID01029851814C. Pada tanggal 12 Desember 2021 14:21 paket telah diterima oleh pembeli.

Tanggal 14 Desember 2021 00:15 , pembeli melakukan komplain dengan solusi refund full. Saya minta pembeli lampirkan video unboxing dan video pengecekan dan beberapa foto fisik, untuk dicek lebih lanjut.

komplain pembeli

Dalam bukti yang dilampirkan oleh pembeli, socket tempat pasang prosesor jarumnya sudah hancur. Ternyata setelah dicek lebih lanjut, barang yang dilampirkan tidak sesuai dengan barang yang kami kirim. Untuk barang yang kami kirim, sebagai penjual, kami ada doumentasinya. Hasil pengecekan normal sebelum dikirim ke pembeli dan ada kami ada dokumentasi packing, serta ada segel juga di tiap paket. Berikut saya lampirkan video packing sebelum dikirim ke pembeli:

Sementara dari bukti video unboxing oleh pembeli, kelihatan paket udah pernah kebuka. Berikut bukti unboxing dari pembeli dan backup dari seller (takut dihapus oleh pembeli tersebut):

Dari video itu jelas kelihatan barang yang berbeda. Kami juga ada foto hasil cek dan kirim ke chat pembeli, jadi barang yang dikirim kami sangat yakin, sesuai yang di-packing.

Dari diskusi, jelas kami ajukan ke banding dan melampirkan bukti di atas. Namun sangat disayangkan, tim Mediasi Shopee malah menerima pengajuan dengan solusi mengembalikan produk dan dana. Karena pembeli sangat paham bakal disetujui oleh admin Shopee, kasus begini terus menjamur dan dimaafin terus.

keputusan admin Shopee

Saya rasa banyak penjual yang kena kasus begini, soalnya ini sudah kali ketiga saya alami. Saya harap dari pihak manajemen Shopee menjelaskan dasar kenapa diterima pengajuannya? Karena hal begini sudah terjadi sampai 3 kali.

Hermanto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:445    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penjual Sudah Jelas

  • 18 Desember 2021 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Coba untuk selanjutnya dikemas dengan selotip atau stiker custom. Banyak yang jual di ecommerce manapun,biasanya PO sih, lebih susah dicurangi kalau begitu. Pengalaman saya gitu beli beberapa barang, ada beberapa yang pakai selotip/stiker custom.

    18
    2
    • 18 Desember 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      lihat video unboxing detik 00:12 sampai 00:16. disana terlihat jelas selotip merah bagian bawah sudah dicutter kemudian disolatip lagi dengan yang bening. masih kelihatan ada celah sambungan. Untuk kasus ini pakai selotip custom pun percuma kalau tidak teliti.

      Sementara video packing solatip merah nya nyambung dan tidak ada celah atau tidak terputus. jelas video unboxing nya tidak valid.

      27
      2
      • 18 Desember 2021 - (11:01 WIB)
        Permalink

        Pernah dapat paket ,disambungan kardus diberi stiker trus diatasnya diselotip bening custom. Kalau dibuka stiker hancur karena dari kertas, saya rasa itu bisa bikin gentar yang mau nakal. Ya buat mengantisipasi pembeli yang nakal..

        14
        1
        • 18 Desember 2021 - (11:16 WIB)
          Permalink

          oh jadi bagian sambungan atas dan bawah kardus packing diberi stiker/ kertas yang dilapisi selotip bening. Agar nanti saat dibuka atau dicutter akan lebih jelas kelihatan bekas dibukanya ya? ide bagus itu.

          tapi kalau dilihat dari kasus yang ini, Si pembeli membongkar bagian bawah kardus packing tapi saat video unboxing hanya memperlihatkan bagian atas saja tanpa memperlihatkan bagian bawahnya. Si Pembeli dengan sengaja tidak memperlihatkan kondisi seluruh bagian dari paket. jadi agak sulit juga.

          18
          1
      • 18 Desember 2021 - (13:16 WIB)
        Permalink

        ya ni dari videonya, saya ada kelihatan, selotip dah ada bekas buka, makanya dah di lampirkan bukti packing, dan juga, di infokan bawa barang berbeda sama yg di kirim, masih aja di acc , lagian pembeli yakin benar bakalan di acc, keknya sering terjadi kasus begini.

        4
        1
        • 18 Desember 2021 - (14:40 WIB)
          Permalink

          Mendingan laporin ke polisi, ini sudah masuk ranah penipuan, jangan dibiarkan buyer seperti ini, juga sebagai tamparan ke pihak marketplace agar tidak membeli pembeli… Biar para pembeli seperti model gini di ringkus, saya yakin ini kerugian besar,

          27
          • 22 Desember 2021 - (07:38 WIB)
            Permalink

            Ada yg namanya sticker pecah telur. Sticker tersebut ketika dibuka akan hancur dan tidak dapat digunakan lagi.

        • 18 Desember 2021 - (16:04 WIB)
          Permalink

          untuk mengindari paket ditukar mungkin bisa dengan memperlihatkan nomor seri atau nomor unik dari sparepart nya.

          12
          • 18 Desember 2021 - (16:26 WIB)
            Permalink

            ada, di setiap spare part ada segel, dan fisik barang tu jelas dah beda, seri mainboard yg di kirim , sama seri mainboard yg lampirkan beda, serta fisik barangnya juga beda

          • 21 Desember 2021 - (22:53 WIB)
            Permalink

            Lebih baik seblmnya di foto utk serial number taw part number dr motherboard utk berjaga” klo barang ditukar…

        • 19 Desember 2021 - (04:48 WIB)
          Permalink

          Agar adil boca penjual kasih full video packing? Banyak penjual mensyaratkan video unboxing ke pembeli tapi penjual juga wajib membuat video packing. Agar jelas apa barang yg di kirim bener2 ada pin yg bengkok atau tdk

          7
          5
          • 19 Desember 2021 - (05:58 WIB)
            Permalink

            Bukannya di atas ada video packing ?

            Cuma saran saya bikin video packing juga diperjelas, posisi packingnya, terlalu ke atas bagian camera.
            Tapi ini sih jelas krn pembeli nakal.
            dan lagi² Shopee, mmg timnya shopee ini busuk.

            6
            2
          • 19 Desember 2021 - (08:21 WIB)
            Permalink

            itu udah video packing yg di lampirkan,

            2
            1
          • 19 Desember 2021 - (09:52 WIB)
            Permalink

            @Lau Dari video pertama juga jelas beda sama video yang kedua saya bisa liat jelas barang yang di packing sama yang unboxing biar adil kamu pake kacamata pembesar biar jelas liat nya

      • 20 Desember 2021 - (06:02 WIB)
        Permalink

        Betul saya checker dan itu benar sambunganya garata di solatip fragile merah, yg aneh juga itu kan katanya shopee express kenapa ada tempelan sicepat ya?

    • 18 Desember 2021 - (13:12 WIB)
      Permalink

      masalah ni udah ketahuan di curangin, masih di acc sama admin, admin shopee, beda sama admin ecommence lain, kalau admin ecommence lain, lebih ada close cek bukti2 yg di lampirkan

      3
      1
      • 22 Desember 2021 - (15:50 WIB)
        Permalink

        JUSTRU SAYA SELAKU PEMBELI KAPOK BELANJA DI TOKOPEDIA, 2 KALI KEJADIAN TOKOBUSUK ITU SELALU BERPIHAK KEPADA PENJUAL !!! PERTAMA BELI CELANA XXL TIDAK SESUAI SIZE TIDAK BISA DITUKAR APALAGI DIBALIKIN UANGNYA, KEDUA BELI RACUN RAYAP SEHARGA HAMPIR 200 RBAN, BARANG YANG DATANG CUMAN SEUKURAN PERBAN KECIL PADAHAL DIFOTO TERLIHAT BESAR, TANPA KETERANGAN APAPUN…GAK TAU ISINYA APA, DICOBA 1 MINGGU RAYAP TIDAK MATI WALAUPUN MAKAN UMPAN…!!! SEKALIPUN / SEANDAINYA DI SHOPEE HARGANYA LEBIH MAHALPUN SAYA PREFER BELANJA DI SHOPEE DARIPADA DI TOKOPEDIA !!! DI UNINSTALL SISAN !!!

    • 19 Desember 2021 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Saya saja sebagai pembeli juga sempat dirugikan oleh penjual dari bandung bernama pastelstationary, beli tinta sarasa dikasih yang palsu/kw padahal ditulis 100% original. Shineplaza style juga sama dan sama-sama dari bandung.
      Sempat saya komplain ke shopee tapi dimenangkan secara sepihak oleh penjual yang disahkan oleh shopee. Akan tetapi kedua toko ini dapat ranking penjualan tinggi karena marketing yang gencar. Padahal kita bisa dapat yang asli dengan harga sama kalau benar2 mencari

  • 18 Desember 2021 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Bukannya masalah seperti ini tokopedia 1x dan shopee 2x ya? Jualan dimana aja banyak penipunya. Penjual harus lebih hati-hati. Solusinya mungkin pake lakban yg custom semua sisi dan segel di dus luarnya juga.

  • 18 Desember 2021 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Laporkan polisi , kayak gini jangan kasih kendor, biar panas dalam, Dan pihak marketplace Tau… Jgn jgn orang dalam sendiri

    • 18 Desember 2021 - (16:46 WIB)
      Permalink

      ya , ni saya ga kasih lewat begitu aja, kalau sekali lewat, nanti yg lain ikutan, terus seller pasti di bikin capek, ni aja ada documentasi bisa di accept, bayangkan kalau ga ada documentasi,

      9
      1
      • 18 Desember 2021 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Jadi Ragu Ikut Jadi partner Reseller Di Shoppe kalau Real Pelanggan Adalah Raja ,reseller selalu di salahkan 😁😁

  • 18 Desember 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Kalo liat dari fotonya itukan mainboard yang beda serie..yang pertama Asrock H61M-DGS sedangkan yang bawah Asrock H61M-VS3..masa pihak shoope ndak sadar..??😁

    11
    1
    • 19 Desember 2021 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Iya juga ya, kalo adminnya beneran ngecek pasti sadar antara barang penjual dan pembeli beda tipe.. Biarpun bukan orang yang tau komputer, kalo diliat dari bentuk mobonya pasti sudah ketahuan bedanya

    • 21 Desember 2021 - (16:01 WIB)
      Permalink

      Yahh UDH SERING gw Di jailn pembeli nakal kaya gni d shopee..dan paling banyak di shopee..dan tim mediasi shopee sangat memihak pembeli…payah

  • 18 Desember 2021 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Emang tim mediasi shopee slalu brpihak pada pembeli. Tim mediasi GK perna serius dalam nangani kasus. Apalagi admin chatnya ampun…! sy. Jika semua plapak angkat kaki dari shopee baru sadar tim mediasinya.

    6
    1
  • 18 Desember 2021 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Shope lagi shope lagi
    Ngak bosen-bosen
    Shope oh shope
    Pindah ke Tokopedia
    Lebih asik
    Bay bay shopee
    😂😀😂

  • 18 Desember 2021 - (23:01 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah mengalami seperti seller.
    jd skg kalau posting stiker segel toko jg saya lampirkan dipostingan.
    biar tdk ada dusta lagi

    • 19 Desember 2021 - (08:27 WIB)
      Permalink

      untuk segel toko kita ada, setiap barang ada di segel, dari video packing juga bisa kelihatan posisi segelnya, cuma kalau barang dah di tukar, ga bisa lagi konfirmasi dengan segel, kecuali seri barang sama, akan di close cek dari segel

      • 19 Desember 2021 - (16:18 WIB)
        Permalink

        Gan saran dari saya.
        Pakai plastik polymailer khusus cetakan agan.
        Karena ga bisa dia tiru.
        Mau nipu juga lebih susah
        Selalu simpen ID Mobo atau semacamnya.
        Kan ga bakal sama.
        Pas unboxing langsung kesana.

        Yg begini jualan online paling resiko.
        Suka dikanibal.
        Yg sabar gan

  • 18 Desember 2021 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Mau seller kirim bukti apapun, selama customer kirim bukti barang rusak, sdh pasti customer menang.
    Jangan berharap banyak klo di shopee.
    Admin kurang terdidik, keputusan asal, tidak bisa banding. Lengkap sudah.
    Sekarang saya jualan fokus di toped, belanja jg pindah kesana.

    3
    1
  • 19 Desember 2021 - (08:00 WIB)
    Permalink

    sebaiknya shopee membuat aturan / cara video unboxing dari pembeli dengan benar.
    video unboxing (dari pembeli) yang benar, adalah memperlihatkan semua bagian paket tersebut.

  • 19 Desember 2021 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Sy sih udh beberapa x kejadian, ga perlu sampe kesini, cuma sharing aja dikit

    Kl emang kaya gt, prosedur nya udh benar semua
    Packing anda di tambahkan plastik hitam, di bungkus lagi, sy memakai itu, jadi kalaupun ada yang di bongkar, keliatan dari plastik hitam nya pasti lecek / robek

    Dan ketika dpt kasus kaya gini yang di rasa kurang adil segera hubungi RM toko anda ( jika ada ) RM toko akan ngebela anda di depan tim DRC ( ini tim pengembalian ) beberapa x sy kena dan 99% menang tanpa harus buka cctv ( ada 1-2x harus buka dan jika sudah ada rekaman cctv, mereka ga bs ngelak )

    Tim DRC emang lebih pro ke buyer, jadi hati2 ambil tindakan untuk counter, beberapa x sy harus ngomel ke RM dlu baru di menangkan

  • 19 Desember 2021 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Buyer kaya gini, mending lapor polisi aja.
    Lapor marketplace sering ga berguna, apalagi data buyer jelas kan dipegang seller juga

  • 19 Desember 2021 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Video barang penjual keliatan spt 80%new..
    Video barang pembeli malah keliatan kusam.. ini jelas perbedaannya..bijimane bisa di acc @Shopee ?? woy bagian pengecekan.. kerjaa woyy..

  • 19 Desember 2021 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Gan ini jangan mau kalah ya.. soalnya ini memang beda.. dari serinya aja udah ketahuan gtu og. Yg penjual nomornya H61M-DGS sedangkan yg pembeli H61M-VS3.. ini gimana sih admin shopeenya..?? Ngecek nggk. Orang kelihatan beda banget geh..

  • 19 Desember 2021 - (18:20 WIB)
    Permalink

    banyak sekali kasus penipuan yang terjadi / dilakukan oleh seller/buyer, dalam hal ini buyer adalah penipu dengan mengganti produk yang dikirimkan oleh seller, dan tim cs/admin marketplace pun terkesan terlihat bagaikan org2 yg tdk punya pendidikan/uneducated yg tdk layak bekerja sbg tim mrk cocoknya jd tkg sapu/profesi lainnya yg tdk membutuhkan edukasi tinggi, marketplace2 spt ini mmg juga perlu diinvestigasi smp dicabut ijin beroperasi nya bila perlu krn dgn menyetujui komplain penipuan spt itu juga berakibat & mengakibatkan kerugian seller/pihak lain, dilaporkan & dibawa ke ranah hukum saja kedua belah pihak pembeli & marketplace tsb

  • 19 Desember 2021 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Saya setuju sama komentar2 di atas buat kasusin ke kantor polisi, biar ga keterusan tuh buyer2 nakal, jangan2 dia di toko laen juga kayak gitu

  • 19 Desember 2021 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Jual elektronik di shopee gitu.
    Saya juga pernah. Pembeli cuma modal foto barang rusak,.. Cuma foto loh.. Buka video unboxing. Sedangkan kami punya video cctv & foto barang di tes berfungsi sempurna.

    Jadi buat para penipu enak banget:
    kalau punya barang rusak jgn di buang tapi di foto, terus beli barang yg sama di shopee.. Ajukan komplain kasih foto barang bekas nya. Dah beres.. Dapat barang baru gratissssss

    • 21 Desember 2021 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Kalo boleh gan…bisa ngga nama dan alamat pembelinya sekalian dishare dimedia ini…sekalian bikin masalah sama sibuyer penipu tsb…

      • 21 Desember 2021 - (16:39 WIB)
        Permalink

        untuk nama n alamat tidak saya sharing, takut tu melanggar aturan, dan untuk kasus ni harus tetap tenang dan lampirkan bukti sedetailnya. walau sempat emosi di awal, jadi sharing di sini, supaya kasus seperti ini tidak terjadi lagi, dan antisipasi buat seller untuk kasus serupa.

  • 22 Desember 2021 - (13:51 WIB)
    Permalink

    terima kasih mediakonsumen dan teman-teman mediakonsumen, memberikan saran n masukan.
    untuk kasus dah clear, udah di bantu cek n recheck sama pihak shopee, semoga kedepan bisa lebih baik.

    • 23 Desember 2021 - (07:59 WIB)
      Permalink

      mohon dijelaskan rincinya Pak supaya orang lain yang mengikuti kasus ini dari awal bisa dapat informasi jika suatu saat terkena kasus serupa.

  • 23 Desember 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Ini mah saran saya ya gan, saya juga dulu pernah kerja di toko sparepart komputer. Setiap pengiriman barang ke buyer mau online ataupun offline selalu di sertakan serial number, type, dan kode produksi sesuai barang yg di beli. Jadi ketika ada komplain dengan di kirimkan bukan produk yg kita jual maka disitu terlihat jelas bisa di cek by serial number apakah sama dengan serial number arang yg kita kirim. Gitu gan

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Tim Mediasi Shopee Terlalu Memihak ke Pembeli, Padahal Bukti dari Penj…

oleh Congling dibaca dalam: 2 menit
59