Seller Dirugikan Akibat Kiriman Hilang, Pihak SiCepat dan Shopee Lepas Tanggung Jawab

Saya adalah sebagai pihak seller yang berjualan di Shopee. Kronologi kejadiannya, pada tanggal 13 Desember 2021, saya menerima pesanan dengan besaran Rp46.950. Barang yang dibeli adalah keju, nomor pesanan: 2112131VEMW1EF. Tanggal 14 Desember 2021 saya telah mengirimkan paket tersebut sesuai dengan bukti di bawah ini, nomor resi: 002844754406.
Bukti Pengiriman

Karena lama tidak terkirim, saya memutuskan untuk berkali-kali menghubungi pihak SiCepat melalui live chat WhatsApp resmi SiCepat dan menanyakan status paket yang tidak ter-update. Saya juga menghubungi pihak Shopee dengan nomor pelaporan pertama: 255686959, tapi saya diminta untuk menunggu. Berikut tanggapan pertama pihak SiCepat dan Shopee.

Bukti Laporan PertamaTanggapan Sicepat pertama

Estimasi pengiriman Shopee tertera akan menunggu konfirmasi pembeli sebelum 28 Desember 2021. Namun tidak dapat saya sisipkan lagi bukti tersebut karena pesanan sudah dibatalkan secara otomatis oleh sistem Shopee tanpa persetujuan penjual. Padahal saya sudah menunggu barang tersebut terkirim selama kurang lebih 3 minggu sejak 14 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, ketika pesanan dibatalkan otomatis oleh sistem.

Pada saat saya menanyakan alasan pembatalan secara tiba – tiba, saya memutuskan untuk kembali menghubungi pihak Shopee.

Nomor pelaporan kedua: 257146004. Penjelasan pihak Shopee berdasarkan konfirmasi dengan pihak ekspedisi SiCepat mengatakan bahwa paket tersebut hilang. Namun berbeda ketika saya konfirmasi dengan pihak SiCepat, justru mereka berdalih dan memberikan alasan bahwa paket saya belum melewati batas estimasi pengiriman dan diminta menunggu lagi.

Padahal jelas-jelas pada tanggal 27 Desember 2021 mereka menyatakan bahwa paket tersebut telah melewati batas estimasi pengiriman. Terdapat indikasi bahwa pihak SiCepat tidak mau mengakui kesalahan dan justru mencari alasan, terbukti dengan tidak konsistennya respon mereka.

Tanggapan SiCepat

Hingga saat surat ini saya tuliskan, belum ada tanggapan dan follow up kembali dari pihak Shopee maupun ekspedisi SiCepat. Sementara pesanan telah dibatalkan, yang artinya sudah tidak mungkin ada pengembalian dana dan barang hilang. Lalu bagaimana pertanggung jawaban pihak Shopee dan SiCepat terkait hal ini? Bukan masalah nominal barangnya, tapi bagaimana perusahaan sebesar itu merugikan mitra bisnisnya, yaitu saya sebagai seller atau penjual Shopee.

Tujuan saya dengan menulis surat ini adalah meminta keseriusan pihak Shopee dan SiCepat menangani masalah ini agar tidak menyebabkan ketidakpercayaan terhadap pihak kalian sebagai mitra bisnis dan ditangani segera. Terima kasih.

Grace Angelia Wibowo
Situbondo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Grace Angelia

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Grace Angelia Wibowo pada tanggal 7 Januari 2022 yang berjudul “Seller Dirugikan Akibat Kiriman...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Seller Dirugikan Akibat Kiriman Hilang, Pihak SiCepat dan Shopee Lepas…

oleh Grace dibaca dalam: 1 menit
62