XL Home, Tolong Perbaiki Kualitas Internet!

Saya pelanggan XL Home dengan nomor pelanggan: 38430824, yang berlangganan sejak 10 bulan yang lalu. Pada saat awal pemasangan, kualitas internet XL Home masih dapat dikatakan cukup baik. Akan tetapi, semakin lama saya merasakan penurunan kualitas internet, dari mulai tidak ada koneksi hingga ping yang sangat tidak stabil.

Sudah berulang kali saya melaporkan hal ini kepada XL Home. Akan tetapi tidak ada tindakan lebih lanjut dari XL Home. Saya harap dengan diangkatnya surat ini, pihak XL Home dapat memperbaiki kualitas internet saya.

Dalam kondisi normal, saat saya bermain game Valorant yang memerlukan kestabilan internet yang tinggi, ping dalam game bisa naik hingga 300 ms selama beberapa detik dan kemudian normal lagi di kisaran 30 ms Hal ini terjadi sangat sering, yaitu setiap 30 detik sekali. Hal yang perlu ditekankan di sini adalah dalam kondisi normal, yaitu saat tidak ada penurunan kecepatan. Posisi saya menggunakan kabel LAN langsung dari router, tapi internet XL Home masih saja tidak stabil. Padahal jika digunakan untuk YouTube, Instagram, Facebook, dsb, lancar-lancar saja.

Hal yang saya keluhkan selanjutnya yaitu router tidak terhubung ke internet, walaupun sudah restart dan menunggu 2 menit secara berkala. Router bawaan XL Home kadang tidak mampu mendapatkan alamat IP XL Home sekalipun di-restart dan dicabut dari kabel LAN.

Selanjutnya kecepatan internet menjadi sangat lambat di sore hari mulai dari pukul 17.00 WIB. Saya tidak tahu mengapa XL Home sering menurun kecepatan internetnya di jam tersebut.

Semoga XL Home dapat berbenah dan memberikan layanan internet terbaik bagi penggunanya.

Akmal Fabiyyan Nugraha
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Home:
[Total:32    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan XL Axiata atas keluhan Bapak Akmal

Jakarta, 25 Januari 2022 Ref.CM/CU/E/009/0122/NL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Akmal Fabiyyan Nugraha...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “XL Home, Tolong Perbaiki Kualitas Internet!

  • 21 Januari 2022 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Hahahaha bro. 2 Kata dari gw. ganti aja. Gw aja smpe 3 kali bikin surat gk kelar2 juga masalah. Karena yang berada di mindsetnya mereka ya cuma lue aja yg bermasalah. Ini pengalaman gw aja sih. Gw udah setahun gini2 aja gk ada perkembangan. Gw sampe cpe nelpon bolak balik. Bikin laporan bolak balik. 0 penyelesaian. Saran gw. Kalau ada yg visit, rekam semua prosesnya. Terkadang teknisi lapangan juga main curang biar masalahnya di anggap kelar. Ntar kalau ada yg visit, lue restart router lue beberapa kali terus tes internetnya. Karena, di saat mereka visit tuh mereka cuma ngubah jalur keluarnya jaringan lue aja untuk saat itu. Yang jadi masalahkn ini dynamic. Pasti ntar bakal terubah lagi dan lue bakal gangguan lagi.

    • 21 Januari 2022 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Pingin banget ganti tapi masih terbayang-bayang dendanya kalo belum 12 bulan

      • 21 Januari 2022 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk trik murahan memang itu. Mungkin gini caranya buat mereka ngikat pelanggan. kn mayan 383rb x 12 Bulan. Kalikan kn lah 100 orang. Cuan itu bro wkwkwkwk. Cerita dikit ya, waktu surat pembaca pertama, masalah gw langsung di tanganin. Akhirnya CS nanya ke gw “jadi laporan medianya bisa di tutup pak?” merasa udah normal waktu itu, ya gw iyakan. Belum mingkem mulut, eh kembali lagi masalah. Alasan gw buat surat konsumen karena setiap kali gw bikin laporan, 30 menit setelah tiket keluar pasti langsung di close dengan alasan internet kembali normal. Lah, normal dari mana? nanya aja kagak. akhirnya gw buat surat ke 2 dan ini pun mereka klaim sepihak kalau udah di selesaikan dan katanya gw udah nyatakan kalau mau di close. Semenjak ini lah gw kalau berhubungan dengan mereka selalu gw rekam dan lihat hasilnya. Mereka gk berani balas surat pembaca ke 3 gw. Karena mereka selalu beralasan sudah berusaha semaksimal mungkin dan bersikeras minta laporan medianya untuk di tutup. Dari sini gw baru nangkap, mereka cuma jaga image aja. Saran gw, spam aja twitternya. Itung2 ngurangin orang yg pengen langganan XL Home. Nambah2 pahala lah dikit bantu orang.

        10
    • 1 Februari 2022 - (01:34 WIB)
      Permalink

      Mas Matasaka, pinter analysis nya, memang demikian adanya. Ya begitulah cara penanganan provider. Anda benar analysanya.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Home?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

XL Home, Tolong Perbaiki Kualitas Internet!

oleh Akmal Nugraha dibaca dalam: 1 menit
7