Pengiriman COD oleh J&T Banyak yang Gagal, Status Pesanan di Shopee Sudah Dibatalkan, Barang Entah di Mana!

Pada tanggal 18 Februari 2022, saya melihat-lihat status pengiriman pesanan-pesanan saya di aplikasi Shopee. Saya menemukan sebuah pesanan dari tanggal 26 Januari 2022, dengan nomor pesanan 220126SBC50XT1, untuk pembelian 10 pcs bola kaki dengan total Rp500.000. Status pelacakannya STUCK dari tanggal 11 Februari 2022, menggunakan jasa kirim J&T, nomor resi: JP6220430859 dengan sistem COD.

Pada saat itu saya langsung membuat laporan ke tim Shopee dengan nomor pelaporan: 1494510560465211396. Tak lama setelah itu tim Shopee langsung menyuruh saya untuk menunggu hasilnya dalam 3 hari kerja.

Tanggal 20 Februari 2022 siang, saya telah menerima balasan dari Shopee yang menyatakan bahwa pesanan saya dibatalkan karena pengiriman dari J&T yang gagal dan paket saya dikembalikan ke J&T Semampir tempat pengiriman awal saya.

Semenjak menerima balasan dari Shopee pun saya langsung otomatis membuat FORM ASURANSI KLAIM yang telah disediakan oleh Shopee. Saya langsung membuat ini karena berdasar dari pengalaman saya jika barang tak kunjung kembali kepada saya. Saya pernah lupa dan Shopee akan langsung angkat tangan terhadap masalah saya ini dan saya disuruh langsung menyelesaikan dengan pihak jasa kirim.

Namun pembuatan form ini pun tidak mendapatkan jawaban dari Tim Shopee. Pada hari itu saya menunggu, biasanya jika ada paket yang dikembalikan kurir yang bersangkutan akan langsung mengembalikannya kepada saya ke toko saya.

Saya tunggu hingga tanggal 21 Februari 2022, paket tak kunjung ada kabar dan status di tracking pun masih stuck, sama ditanggal 11 Februari. Akhirnya saya pun membuat laporan di J&T pusat untuk menanyakan keberadaan paket saya. Pihak J&T memberikan informasi bahwa saya harus menunggu untuk diinvestigasi. Saya menunggu, sembari saya terus membuat form pengajuan klaim. Namun hasilnya zonk.

Tanggal 23 Februari kurir J&T Semampir datang ke toko saya untuk mengembalikan 4 PAKET KIRIMAN COD YANG GAGAL DIKIRIMKAN OLEH PIHAK JNT. Namun paket yang saya tanyakan ini tetap gak ada di tangan si kurir.

Hingga sampai tanggal 24 Februari 2022, karena tidak kunjung mendapatkan jawaban dari pihak J&T, tracking di aplikasi pun juga statusnya sama, akhirnya saya kembali memutuskan untuk menghubungi J&T Pusat dan CS Shopee selaku perantara untuk membantu saya. FYI, saya gak bisa melampirkan bukti riwayat telepon saya dengan J&T karena memakai pesawat telepon.

Yang bikin saya emosi adalah jawaban CS J&T pusat pun dengan gampangnya menyatakan GAK TAHU KEBERADAAN PAKET SAYA DI MANA. Hellooooo!! Kalau dari pihak jasa kirim gak tahu keberadaan paket saya, laporan saya gak diinvestigasi, paket saya gak jelas gini, terus saya harus tanya ke siapa?!

Pelayanan kalian ke customer ini benar-benar sudah keterlaluan. Akhir-akhir ini saya dapat pesanan COD yang lumayan banyak dan kebetulan pengirimannya gak hanya dari J&T saja, tapi ada juga dari Shopee Express. Namun dari pesanan-pesanan COD itu, kenapa selalu J&T yang bermasalah ?! Ada loh sekitar 10 PAKET SAYA GAGAL KIRIM OLEH J&T dan dalam waktu yang hampir bersamaan semua.

Bukan bermaksud menjelekkan J&T juga, tapi saya berbicara sesuai kenyataan yang ada. Kok ya aneh kiriman yang pakai Shopee Express meskipun sempat ada masalah, tapi mereka menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat. Gak berbelit-belit kayak J&T gini.

Sekarang ini ada 3 paket saya yang STUCK di J&T. 1 paket dengan nominal Rp500 ribu gak ada kabar dan kejelasan, 2 paket dengan nomor resi: JP4385408116 dan JP5131253478, masing-masing nominalnya @ Rp190.000 yang stuck di cabang JNT Mulyorejo dan gak juga dikembalikan ke saya. FYI, untuk kedua resi ini juga sudah dibuatkan laporan katanya, agar bisa dikirimkan langsung ke saya, semoga ini juga bisa segera kelar. Kasih kabar barangnya di mana aja kagak, malahan seller disuruh cari-cari sendiri di mana barangnya.

Menurut konsumen-konsumen lain apakah tindakan seperti itu profesional? Secara J&T itu merupakan salah satu jasa kirim terbesar di Indonesia loh. Malu gak sih punya pelayanan yang sangat gak profesional gitu?

Harusnya ya secara logika, kalau J&T GAGAL melakukan kiriman ke customer yang menyebabkan barang harus dikembalikan ke seller, ya harusnya saat terima barang itu tanggung jawab dong dengan langsung balikin ke seller lah! Masa alasannya gara-gara saya drop barang tersebut ke cabang, terus seller yang disuruh ambil lagi ke cabang. Kan gak make sense!

Lain hal kalau barang balik karena kesalahan seller ya. Ya pasti sellerakan ambil barang tersebut sendiri di cabang. Lah ini kesalahan JNT sendiri yang gagal melakukan pengiriman, secara otomatis seller juga sudah dirugikan masih disuruh nanya-nanya barang ada dimana. Coba-lah kalau misal 3 paket ini saya drop di 3 cabang berbeda, masa ya saya disuruh ngambili di cabang-cabang yang berbeda? Yang benar aja, kesalahan dari jasa kirim, seller yang dirugikan, udah gitu dibikin repot pula.

Dengan ini saya menyampaikan semoga Media Konsumen ini dapat menyampaikan keluh kesah saya ke pihak jasa kirim dan semoga Tim Shopee selaku perantara dapat membantu saya sebagai seller. Semoga ini masalah saya dengan J&T yang terakhir kali dan semoga tidak ada masalah lain dengan kiriman berjalan saya yang memakai jasa kirim ini. Karena saya sudah men-non aktifkan jasa kirim ini untuk selamanya.

Terima kasih.

Dian Cahyani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:72    Rata-Rata: 1.5/5]

24 komentar untuk “Pengiriman COD oleh J&T Banyak yang Gagal, Status Pesanan di Shopee Sudah Dibatalkan, Barang Entah di Mana!

  • 24 Februari 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Lha gagalnya gimana? Kl saya seringnya pembeli tidak mau bayar sehingga barang kembali. Itulah resiko cod, banyak pembeli yg cuma iseng. Atau ada benar2 order cod tp pas barang sampai tidak punya uang, apes. Harusnya ada hukuman untuk buyer spt ini, misalnya tidak bisa lagi order pakai cod. Buang2 waktu dan tenaga.

    • 1 Maret 2022 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Toko saya di lazada yg pake jasa j&t juga bermasalah 20 an paket ..tdk terkontribusikan dg baik k pelanngan saya ..bayangkan pengriman melampaui batas sampe 20 hari .. dari 23 paket .. yg 12 retur .. ya pasti retur lah kelamaan ko ngirimnya .. dan yg 11 dinytakan hilang untungnya klo di lazada lgsg di ganti otomatis tanpa claim.. jdi klo pket sdh melebihi batas waktu yaitu 23 hari mka otomts pket dinyatakan hilang.. itulah pelayann j&t sangat mngecewakan paketnya stag tidak jalan.

  • 24 Februari 2022 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Saya tracking dibarang2 saya yg kembali itu alasan gagalnya ga jelas. Ada yg ditahan lama dikantor ga ada kejelasannya trs tb2 balik kesaya, ada yg pengiriman gagal sampe 1 minggu updatenya. Kalau gagalnya krn pembeli ga menerima telp atau ditolak pembeli saya memahami memang resikonya. Lah ini lgs dalam 1 hari di info banyak paket yg balik dengan alasan balik ga jelas semua. Kan ya ga make sense. Saya juga pakai cod pakai kurir shopee mema g ada balik cuma ya ga sebanyak jnt gni juga. Kaget aja saya pas nerima n nyelidikin alasannya ga jelas semua. Mana ada yg ilang barangnya dimana ga tau. 😆

    1
    3
  • 25 Februari 2022 - (02:19 WIB)
    Permalink

    Ya itu sudah menjadi resiko penjual yang aktifkan COD.
    Kalau anda bicara soal make sense / masuk akal. Sekarang saya tanya, masuk akal ga metode COD di sistem marketplace itu?

    Kalau buat saya gak masuk akal, logikanya COD itu pesanan belum tentu “deal”, belum tentu jadi duit.

    Dan saya harus kirim barang dengan status belum dibayar, alias cuma-cuma ke pihak ekspedisi. Mending kalau berhasil, lah kalau gagal begini, jadinya sedekah deh.

    COD itu ada di marketplace cuma karena satu hal, karena biaya layanan. Itu aja yang mereka incar sebenarnya. Gak lebih.

    Tapi disisi lain, COD juga menambah kerugian penjual karena harus berhadapan dengan pembeli iseng, gaptek, gabut, salah pencet, kurir yang males, sampai paket yang gak balik seperti kasus anda ini. Saya sih males pusing, layanin pesanan yang udah pasti jadi duit aja. Udah banyak kok pembeli yang paham dan teredukasi dengan baik untuk bayar duluan. 😁

    8
    5
  • 25 Februari 2022 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Memang benar dari tulisan di atas khusus ke wilayah timur atau ternate reputasi jnt adalah yg terjelek dari seluruh jasa kirim saya sudah setahun belanja di shoope tidak pernah sekalipun mereka mengatar barang kerumah hanya mneggunakan WA untuk mengambil paket sendiri dan harus menunggu berjam jam dalam mengantri paket…sebaikx pihak shopee untuk mpertimbangkan pengiman paket melalau jnt sukur kalo ada alternatif pengirimin selain jnt..namun ada sebagian yg hanya jnt sebagai jasa ini yg jadimasalhx…jangan salahkan konsumen yg tidak mengambil barangx saat cod dan di kembalikan oleh pihak jnt karna memang jnt ternate adalah yang paling bobrok pelayananx…

    2
    1
  • 25 Februari 2022 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Bukan mau jelek2in saya katakan j&t lah TERBURUK DAN TERJELEK, BANYAK KASUSNYA DISINI BACA BERKALI2 SAYA JGA JUALAN di shope krna kecewa oleh ekpedisi j&t saya tutup sampe skrng males jga

  • 25 Februari 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    System cod adalah system terbod0h jaman uang digital masih cod 😂😂

    2
    1
  • 25 Februari 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Jnt mh g usa aneh. U pengaduan ke no pengaduan, 100% cuma di bilang akan di follow up. Dibalas pke autoreply oleh robot jeni, si robot oon yg ga pernah tuntasin masalah.

    • 26 Februari 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Lama-lama juga bangkrut J&T. Udah nggak ada konsumen yang percaya lagi dengan jasa ekspedisi satu ini. Kebanyakan bermasalah. Kurirnya kayaknya males nganterin paketnya kali yah?!

  • 25 Februari 2022 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Resiko cod. Tadi az barang hilang tapi langsung d ganti full sesuai nilai barang.

  • 25 Februari 2022 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Semoga saja kurir ini bisa berkemajuan baik kedepannya. Baik dan buruk akan mereka tuai sendiri. Saya juga sudah close jasa mereka disemua mplace.

  • 26 Februari 2022 - (03:12 WIB)
    Permalink

    @Dian Cahyani.
    Mbak, ini sekedar saran. Untuk kedepannya matikan fitur COD dan JNT
    Cari aman dulu sebelum kurir itu membenahi kinerjanya.
    Oh ya satu lagi kalau ada AnterAja samain aja jgn dipake dulu..

  • 2 Maret 2022 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Sejak 12.12 – 2021 @ J&T Mulai gak waras..
    jangankan yg COD yang Cashless aja banyak paket yg stuk 30 sd 50 hari.
    padahal pengirimanya cuma keluar pulau2 terdekat Sulsel, Sulteng, kalsel, Kaltim (kalo ke Papua dan maluku utara sy maklumi).
    yg jadi sangat bermasalah adlh pesanan COD dmna system shopee akan batal otomatis maksimal 25 Hari dari proses pickup apabila paket tidak sampai/No TT/Over Claim.
    problem tidak sampai bkn kendala Buyer tapi paket stuck di DP J&T daerah.
    disinilah masalah muncul Claim Ke Shopee di lempar Ke JnT lokasi Pickup, Ke jnt lokasi Pickup taunya cuma melongo, Tunggu Tunggu dan tungggu respon dari DP stuck.
    Paket gak jelas ada dimana, Tidak dikembalikan juga sama J&T, Anehnya yg saya Alami setelah 1 Bulanan ada beberapa paket yg tiba2 diterima/TT oleh kurir, otomatis hilang uangya Kan di Shopee Pesanan sudah Gagal.
    nih contohx JP8474751374
    Pickup tgl 02-01-22
    Stuck Pinrang 08-01-22
    Shopee batal 25-01-22
    Tiba2 :
    Tgl 01-02-22 Pket On going
    Tgl 04-02-22 di terima, trus kemana uangnya.???

    • 5 Maret 2022 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Selama Tracking resi menunjukkan bahwa barang telah terima oleh Pembeli, bisa kok komplain ke CS-nya market place. Asal kita punya bukti konkrit mengenai trackingan uang pasti kembali ke seller kok. Karena saya sudah 2x status pesanan terbatalkan oleh Shopee, dan update tracking baru 1-2 minggu setelah pesanan terbatalkan. pihak Marketplace pasti akan memproses uang seller. tapi kalau trackingan ga ada update, ya silahkan berdrama dengan pihak JNT seperti yang sering saya alami.. ^^ Semoga makin sukses ya kak..

  • 5 Maret 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk Tim Shopee. per 03 Maret Masalah saya sudah di buat CLEAR. Dan setelah stuck dari tanggal 11 tiba-tiba tanggal 2 maret kemarin sudah sampai di penerima. Ntahlah barang tersebut benar2 diantar ke pembeli atau hanya TTD kurir untuk menghindari pinalti dari JNT pusat.. Yang pasti sejak adanya kasus ini saya sudah MEN-NON-AKTIFKAN JNT sebagai bagian jasa kirim untuk Online saya Di Shopee. Saya sudah tidak mau banyak drama lanjutan dengan JNT apalagi untuk masalah kiriman luar pulau yang selalu bermasalah dengan saya. Saya selaku seller sangat memahami atas ketentuan gagal kirim COD akibat ulah usil pembeli yang tidak mau menerima paket. Namun saya tidak mau memahami apabila masalah tersebut dari internal Jasa kirim yang bersangkutan. Karena ga 1 / 2 orang saja yang komplain ke saya bahwa mereka menantikan barang yang mereka beli namun karena Jasa kirim yang tidak Kompeten ini akhirnya mereka menerima sanksi oleh Shopee dan barang yang mereka inginkan tidak bisa diterima tepat Waktu. Sekian dan Terima kasih semua buat seluruh komentarnya baik Pro & Kontra. Semoga semua yang mengalami keluhan yang sama dengan jasa kirim yang sama bisa mempertimbangkan untuk lanjutan-nya. Kalau saya sudah BIG NO untuk jasa kirim ini. Sudah cukup kesempatan 3x yang saya berikan untuk terus memakai jasa kirim ini. Dan Terima kasih JNT semoga bisa jadi lebih PROFESSIONAL TERUTAMA UNTUK KIRIMAN LUAR PULAU.

  • 9 Agustus 2022 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Sy juga seller shopee… banyak paket dinyatakan hilang, setelah sy konfirmasi ke pembeli ternyata barang sdh d terima dan uang sdh d serahkan ke kurir jnt. Smua barang yg hilang pembayaran COD. Seller tdk d rugikan karna diganti oleh Shopee sesuai harga barang.

    Tapi lama2 ngga nyaman jg melihat kecurangan kurir jnt cod..makin lama makin banyak yg d nyatakan hilang..

    Terima kasih..

    • 10 Agustus 2022 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Kalau dikasus saya barang dikembalikan ke saya masalahnya kak. Jengkel aja jadinya.. Kitaa seller udah susah2 packing (apalagi jualan saya perlengkapan alat olahraga), trs brg udah diserahin ke kurirr, eh banyak kurirnya ga mau anterin ke customer2 COD terutama yg luar pulauu.. ujung2nya barang balik ke kita. udah rugi waktu, rugi packing juga akhirnya. Sekarang jauh lebih tenang sih semenjak JNT sudah saya NON-AKTIFKAN. sudah Kapok sih saya kerjasama sama JNT.. makin lama makin ga ada perubahan malah makin buruk servicenya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pengiriman COD oleh J&T Banyak yang Gagal, Status Pesanan di Shop…

oleh Dian Cahyani dibaca dalam: 3 menit
24