Jenius, Mau Sampai Kapan Kesalahan Sistem Sendiri Merugikan Nasabah?

Yth. Jenius BTPN dan pembaca Media Konsumen,

Perkenalkan, saya Mashudiah Sainul Putri. Saya sudah menjadi nasabah jenius sejak tahun 2018 dan baru kali ini dikecewakan dengan kesalahan system Flexi Cash Jenius BTPN. Berikut kronologi masalahnya:

16 Februari 2022

Saya mempunyai tagihan Flexi Cash dengan total  Rp13.***.***  (tertera di bawah, sudah termasuk interest + late fee) dan saya telah menyiapkan dana dengan jumlah yang melebihi total tagihan.

17 Februari 2022

Pada tanggal 17 saya membuka aplikasi Jenius kembali untuk mengecek dana sudah terpotong atau belum, dan ternyata sudah terpotong sesuai dengan total tagihan. Namun ternyata terdapat loan yang dianggap belum terbayarkan.

Dari gambar di atas terlihat bahwa tagihan Januari saya belum terbayarkan. Saya lalu mengirimkan laporan ke email Jenius Help. Detail masalah telah saya paparkan, dokumen berupa screenshot telah saya lampirkan, serta history transaksi in-out juga saya berikan sebagai bukti pemotongan saldo saya telah sesuai tagihan flexi cash Jenius.

Setelah mendapatkan automatic reply, saya tetap melakukan follow up by telepon untuk memastikan email laporan saya telah diterima dengan baik oleh pihak Jenius BTPN.

22 Februari 2021

Akhirnya setelah menunggu beberapa hari, saya mendapatkan email balasan dari BTPN Care perihal penyelesaian laporan saya.

Setelah menerima email  balasan tersebut, saya kemudian membuka kembali aplikasi Jenius saya dengan penuh harapan, bahwa masalah teknis yang terjadi benar-benar terselesaikan. Namun yang terjadi malah sebaliknya.

Bisa dilihat pada gambar di atas sebelum dan sesudah penyesuaian. Awalnya LOAN0009 yang bermasalah berubah menjadi LOAN0012 yang kini bermasalah. Padahal sudah sangat jelas bahwa LOAN0012 sebelumnya sudah dianggap terbayar. Detailnya bisa dilihat seperti gambar di bawah :

Merasa masalah ini belum terselesaikan dengan tuntas, maka di hari yang sama saya kembali mengirimkan email laporan kepada pihak Jenius BTPN dan me-reply email BTPN Care. Tidak hanya itu, saya kembali melakukan follow up melalui telepon untuk memastikan email saya telah diterima dengan baik oleh pihak Jenius.

25-26 Februari 2022

Saya mendapatkan email balasan dari Jenius BTPN yang isi emailnya kurang lebih sama.

Pada intinya, saya hanya ingin masalah teknis ini diselesaikan secepatnya sebelum tanggal jatuh tempo saya berikutnya. Terhitung dari laporan saya sejak tanggal 16 Februari hingga kini belum terselesaikan dengan tuntas. Jangan membuat nasabah menunggu terlalu lama hanya karena kesalahan system dari Jenius itu sendiri.

Sekian dan terima kasih.

Mashudia Sainul Putri
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Ibu Mashudia Sainul Putri

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Ibu Mashudia Sainul Putri berjudul “Jenius, Mau Sampai Kapan Kesalahan Sistem Sendiri...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Jenius, Mau Sampai Kapan Kesalahan Sistem Sendiri Merugikan Nasabah?

  • 4 Maret 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Hi all, hari ini di jam 5.14 PM saya di hubungi oleh pihak Jenius ngebahas penyelesaian masalah ini. Nunggu beberapa menit akhirnya di jam 5.42 PM saya dihubungi kembali, dan Jenius menginfokan kalau flexi cash saya telah dilakukan penyesuaian. Begitu saya cek sendiri aplikasinya, ternyata flexi cash saya benar sudah kembali normal ?

    18
    • 5 Maret 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Kudu di up dulu ke media konsumen baru ditindaklanjuti, btw syukurlah kalau sudah clear masalahnya.

      11
  • 5 Maret 2022 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Sudah lama tidak saya gunakan karena makin kesini makin tidak ada manfaatnya, promonya juga semakin berkurang, awal2 sih masih enak, masih banyak promo, terus ada fasilitas gratis biaya transer antar bank tanpa syarat, sekarang kalau mau gratis biaya transfer harus ada saldo minimal 1 juta atau 10 juta gitu lupa lagi soalnya udah lama juga g buka aplikasinya, g tahu juga masih aktif atau sudah diblokir rekeningnya.

  • 13 Maret 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Ud pensi dr ni jenius.. Adm nya mahal, ga ad promo, limit free antar bank pk kuota,rate kecil. Mending Bank Digital lainnya ad yg 7%, 6.5% free antar bank ga pk kuota, free adm. Cm namanya aj JENIUS, TP FITUR DAN LAYANAN GA BS BERSAING..

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Jenius, Mau Sampai Kapan Kesalahan Sistem Sendiri Merugikan Nasabah?

oleh Mashudiah Sainul Putri dibaca dalam: 1 menit
11