Jaringan XL Berulah Kembali, Internet “Down” Berhari-hari, CS Tidak Solutif

Huft, seharusnya ini tidak terjadi lagi. Semenjak keluhan saya pada artikel “XL Provider Ngebut Tidak Sesuai Iklan” sudah teratasi, saya nyaman menggunakan XL. Bahkan kami sekeluarga menggunakan XL untuk kebutuhan internet. Menurut informasi dari teknisi yang berkunjung, mereka melakukan penyesuaian arah sektor pada tower BTS ke wilayah rumah saya.

Namun sayang sejak 29 Maret 2022 sekitar pukul 20:00 hingga saya menulis artikel ini, semuanya kembali seperti semula. Layanan internet down, sangat lambat sekali, pekerjaan saya jadi terhambat.

Saya mencoba menghubungi via telepon di nomor 021 57959817. Namun setelah saya menunggu 10 menit, tidak ada CS yang mengangkat telepon saya, hanya arahan untuk menghubungi melalui live chat di MyXL. Setelah cukup memakan waktu, saya diberi nomor laporan: C26704523, untuk selanjutnya mereka tanggapi.

Pada tanggal 31 Maret 2022, saya mencoba menghubungi via live chat di MyXL. Namun sangat tidak memuaskan, hanya template chat saja dan tidak memberikan solusi.

Apakah ada perubahan arah sektor pada tower yang dilakukan oleh teknisi lain? Atau bagaimana? Saya sudah beli paket XL yang tidak murah menurut saya, tetapi tiba-tiba jaringan down berhari-hari. Nomor XL paket data: 0877965071**, lokasi: Desa Suka Damai, Sei Bamban, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, ID 20995.

Ari Wibowo
Serdang Bedagai, Sumut

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:5    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan XL Axiata atas keluhan Bapak Ari Wibowo

Jakarta, 19 April 2022 Ref.CM/CU/E/004/0422/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Ari Wibowo melalui...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Jaringan XL Berulah Kembali, Internet “Down” Berhari-hari, CS Tidak Solutif

  • 2 April 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Iya gantian pak, pengguna yg lain jg pengen arah sektor pemancar nya ke wilayah mereka biar lancar. Hehehe

  • 3 April 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Saya saja baru pakai 1 bulan, udah saya ga pakai lagi tuh paket . Komplain soal kualitas, jawaban cuma ada 6. 1. Anda berada diluar jangkauan jaringan, apakah pernah coba diluar rumah? ( jawaban saya: emangnya kalo mau kualitas bagus harus berinternet diluar rumah, ini namannya pelecehan) 2. Setelah kami pantau, kontur lokasi anda berada di tempat yang lebih tinggi. ( jawaban saya: Emangnya beli rumah harus tau dulu lokasi menara bts xl itu ada dimana) 3. Cuaca musiman hujan mempengaruhi transmisi signal, sehingga signal terpancarkan tidak maksimal diterima oleh pengguna. ( Jawaban saya: Emangnya provider baru tau, indonesia itu ada 2 musim, hujan dan kering, Kok di musim hujan ketidak stabilan transmisi dibebankan ke pengguna?). 4. Dicoba untuk di perangkat lain, apakah juga masih sama kendalanya. ( jawaban saya: Perangkat cuma bisa mentransmisi signal tidak pengatur untuk mengatur kekuatan daya, artinya pakai perangkat apapun pasti sama). 5. dicoba reset ulang, reset lokasi, pancing jaringan. ( jawaban saya: secara teknik, tidak ada kalau di reset ulang, reset lokasi atau pancing jaringan bisa memperbaiki kualitas internet, Kalau perlu reset ulang reset lokasi dan pancing jaringan, dipastikan provider sudah mengganti konfigurasi settingan di sananya, bukan dari pengguna). 6. coba cek pakai speedtest. ( jawaban saya, hasil speed test tinggi tidak menjamin lancarnya internet, Lancarnya internet bergantung banyak hal, salah satunya latency, salah satu jalur transmisi signal ada yang berkendala ). Makanya kalau saya disurh ini itu ini itu, selalu saya bantah. Kesimpulan saya 1. provider mengarahkan trnsmisi yang banyak penggunanya dibanding sedikit pengguna, dengan kata lain, provider tidak sanggup mengatasi lonjakan pengguna yang makin hati makin banyak ( alias tidak buat lagi bts yang baru). 2 coba di komputer untuk mengetahui dengan tracert. lihat hasilnya. Semoga saja XL axiata tidak memberikan solusi yang tidak bermanfaat. Agar bisa perangkat yang rusak harus diganti. Naikan intensitas daya pancar.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Jaringan XL Berulah Kembali, Internet “Down” Berhari-hari,…

oleh Ari dibaca dalam: 1 menit
6