Keputusan Admin Shopee atas Komplain Pembeli Sangat Tidak Masuk Akal

Pada tanggal 29 April saya sebagai penjual mendapat notifikasi adanya komplain dibuka oleh pembeli yang mengajukan pengembalian dana atas pesanan 2204229KGDA9ND. Pengembalian dana tersebut dengan alasan barang diterima tidak lengkap.

Lalu saya cek pada halaman pemesanan pembeli hanya memesan 1 buah lampu neon strip saja (seharga 18.000) tanpa memesan colokan. Yang mana sudah saya tulis di deskripsi produk bahwa harga lampu tercantum adalah harga per meter TANPA COLOKAN.

Deskripsi pun sudah jelas bahwa colokan dapat dibeli di link yang sama dengan memilih variasi “colokan”. Bahkan saya jelaskan langkah-langkahnya. Namun sebagaimana terlampir tangkapan layar di atas bahwa pembeli hanya membayar lampu.

Melalui chat kepada pembeli sayapun sudah jelaskan dan pembeli memahami ini merupakan kesalahannya. Namun karena komplain sudah dibuka mau tidak mau penjual harus merespon karena diberi waktu. Jika sampai waktu tidak merespon dana bisa dikembalikan ke pembeli.

Oleh karena itu di diskusi komplain saya mengajukan banding, menolak pengembalian dana tersebut dengan melampirkan deskripsi produk dan tangkapan layar halaman pemesanan pembeli.

Alangkah kagetnya saya tiba2 saja mendapat notifikasi hasil penyelesaian masalah admin shopee yaitu mengembalikan dana kepada pembeli tanpa pengembalian barang.

Hi Sobat Shopee,

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Berdasarkan pengecekan, berikut hasil keputusan atas kendala ini:

– Pengajuan pengembalian dana atas klaim menerima produk tidak sesuai deskripsi telah kami setujui.

– Adapun dana senilai Rp13.500,- (Nominal tersebut sudah termasuk pengurangan koin Shopee yang digunakan) akan kami kembalikan melalui ShopeePay dalam waktu 1×24 jam.

Sebagai bentuk apresiasi kami atas loyalitas Penjual, kami juga akan memberikan kompensasi melalui Saldo Penjual dalam waktu 1-3 hari kerja.

Oleh karena itu, pengajuan pengembalian dana telah kami anggap terselesaikan dengan baik. Informasi lebih lanjut mengenai hasil

Admin shopee mengembalikan dana sebesar 13.500 kepada pembeli dan memberi kompensasi kepada saya sebesar Rp. 3276

Berharap dengan begitu sebagai penjual saya bisa menerimanya, begitukah?

JELAS! Saya sangat kecewa dengan shopee atas keputusan YANG SANGAT TIDAK RASIONAL INI.

Memang nominalnya terbilang kecil hanya belasan ribu. Tapi toh barang yang saya jual bukan itu saja. Ada barang lain pula dengan harga ratusan ribu yang mungkin saja jika terkena komplain atas kesalahan pembeli sendiri bisa mengalami kesialan seperti ini.

Dari penyelesaian komplain yang sudah sudah pun Shopee seakan mempekerjakan admin yang tidak memiliki kompetensi di bidangnya untuk menyelesaikan masalah secara rasional dan HANYA MEMIHAK PEMBELI.

Tolonglah.. SHOPEE! Kami penjual juga butuh keadilan! Benar bilang benar, salah bilang salah. Jangan yang salah dibilang benar. Kalau begini orang orang juga takut berjualan di platform anda!

Bayangkan jika teman-teman disini sesama penjual mengalami hal serupa, apakah yang akan kalian rasakan? Padahal deskripsi produk itu adalah dasar yang kuat untuk pembuktian. Tapi adminnya seakan-akan tutup mata??

Saya tunggu itikad baik shopee atas penjelasannya. Terima kasih.

Shela Gunawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:157    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Keputusan Admin Shopee atas Komplain Pembeli Sangat Tidak Masuk Akal

    • 4 Mei 2022 - (11:52 WIB)
      Permalink

      Betul. Komplain sesimpel ini kok adminnya nggak paham ya. Sama aja dengan pembeli yang tidak membaca deskripsi. Indonesia emang udah DARURAT MEMBACA 🙁🙁 Lebih parahnya lagi orang yang malas membaca direkrut jadi tim resolusi. Bgmna itu proses kualifikasinya? Katanya mau jadi karyawan di shopee sulit? Sampai-sampai di IG banyak yang pamer merasa bangga jadi karyawan shopee. Miris…

      22
      1
      • 4 Mei 2022 - (16:39 WIB)
        Permalink

        Shopee emang rese…sy jg pernah dikomplain pembeli padahal yg salah si pembeli sendiri yg ga baca deskripsi iklannya. Dia ajukan pengembalian dana, sy setujui , tentunya dgn syarat resmi dari shopee bahwa si pembeli harus retur barangnya dulu ke sy. Eh si pembeli ga retur barangnya, tapi dana tetap dipulangin full ke pembeli. Jadi sama aja si pembeli ini dapat barang gratis dari saya senilai total puluhan ribu. Dikomplain ke cs shopee juga percuma , itu mungkin kayaknya (maaf) anak2 lulusan SMP yg dipake shopee buat jadi cs , mungkin biar bisa digaji kecil x

        17
        • 4 Mei 2022 - (22:18 WIB)
          Permalink

          Kalau disetujui ya benar dana langsung dikembalikan kepembeli tanpa harus mengirim barang kembali.seharusnya klik solusi pengembalian barang/dana,nanti dibalik pembeli yg diminta persetujuan,kalau setuju berarti harus kirim barang dan diterima penjual baru dana dikembalikan ke pembeli kalau nggak setuju otomatis dana kembali ke penjual,saya juga penjual di shopee dan baru saja ada komplain pengembalian dana dan tak kasih solusi pengembalian barang/dana akhirnya pembeli batalin komplain karna harga barang yg kekirim masih sama harganya /modelnya “ANDAI TERTUKAR” dengan barang pembeli lain yang sudah diterima dan tidak ada komplain

          2
          3
      • 9 Mei 2022 - (22:12 WIB)
        Permalink

        Akhir – akhir ini ternyata banyak yang mengalami ya. Di toko online kami di Shopee sudah keempat kalinya terjadi. Ada 2 yang menjadi perhatian utama kami, tetapi karena nominal produk dan kerugiannya tidak seberapa kita hanya menulis kasus tersebut untuk bahan website kami sendiri https://xplodcompany.wordpress.com/2022/05/09/pembeli-sudah-menerima-pesanan-dan-difoto-oleh-jasa-kirim-masih-dimenangkan-klaim-tidak-terima-pesanan-marketplace-spesialis/

        Pada kasus yang ditulis di website kami tersebut pembeli mengaku tidak menerima pesanan, padahal sudah jelas – jelas difoto oleh kurir yang mengantar paket. Fotonya dipublikasi oleh team dispute sendiri yang anehnya menghasilkan keputusan yang malah memenangkan klaim pembeli.

        Yang menjadi permasalahan sepertinya memang SDM dari perusahaan tersebut yang mungkin kurang kredibel dalam menjalankan pekerjaannya. Kalo saran dari kami memang tidak akan ada solusi sih, jadi diikhlaskan saja. Toko kami sendiri sudah menghasilkan lebih dari 1 miliar gross income dari Shopee, https://shopee.co.id/xplodcompany kerugian beberapa puluh ribu anggap saja sebagai sebuah ketidakberuntungan dalam berbisnis..

    • 4 Mei 2022 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Lain kali jangan banding ajukan saja solusi pengembalian dana/barang,biar pembeli mengirim kembali barangnya dan dana baru dikembalikan bila sudah penjual terima

      2
      6
      • 5 Mei 2022 - (11:01 WIB)
        Permalink

        Penjual sudah benar. Sudah kirim barang sesuai pesanan jadi tentu aja menolak untuk pengembalian. Deskripsi sdh jelas dan bukti sangat kuat. Kecuali memang barang yang dikirim tidak sesuai okelah pasti menyetujui utk retur.

    • 5 Mei 2022 - (08:28 WIB)
      Permalink

      Selalu shopee…. Tiap hari selalu ada berita dari shopee. Yg gampang sih tutup akun jualan di shopee. Pindah ke toko merah, hijau atau biru. Beres deh.

      3
      1
      • 6 Mei 2022 - (08:03 WIB)
        Permalink

        Shopee Akan membela toko penipu Yang telah menghasilkan banyak. Alih alih ditutup itu toko . Malahan shopee bersedia mengganti kerugian .
        Ini pengalaman pribadi.

  • 4 Mei 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Kalau begitu berangsur angsur jauhi shopee… besarnya dia karena menindas penjual rupanya

    11
    1
  • 4 Mei 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Untuk beberapa produk, memang ada pengembalian dana tanpa pengembalian barang, itu ada daftar barangnya…
    cuma kalau dibagian deskripsi sudah tertulis, setau saya, itu sudah jadi bukti kuat, kalau kesalahan pembeli tidak membaca deskripsi produk, dan seharusnya dimenangkan oleh penjual..

    kalau memang ini seperti ini… ya.. saya juga kecewa sebagai sesama penjual shopee

    9
    1
  • 4 Mei 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkwk… semua pengguna shopee pernah alami ini… team peninjau nya stup#d… sy baru aja meninggalkan shopee dan beralih ke marketplace lain…

    8
    1
  • 4 Mei 2022 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Setuju lah mari para penjual Shopee yg pernah dan takut di rugikan lebih baik pindah ke marketplace lain . Yg lebih adil dan bijaksana…

    • 4 Mei 2022 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Orang jualan di shopee pasti juga jualan di toped dan buka, bs jg lazada dll. Hanya orang lolot saja yg cuma jualan di shopee. Dan marketplace terbaik untuk jualan saat ini hanya ada di shopee dan toped. Sedang buka spt kuburan.

      • 6 Mei 2022 - (06:02 WIB)
        Permalink

        Coba lihat sendiri gambar di rincian pesanan berwarna biru terang dan nyala, apakah demikian yg diterima sama pembeli? Kalo memang yg dijual bisa nyala tanpa colokan kenapa yg dikirim harus nyala dengan colokan? Pantas banyak penjual yg buat gambar smartphone mewah pakai case seharga smartphone ternyata yg dijual casenya saja, ternyata sudah biasa ya memuat gambar suka2.

        • 6 Mei 2022 - (06:45 WIB)
          Permalink

          ini lampu sifatnya custom per meter. Di judul juga ditulis kok “meteran”. Jadi nggak mungkin bundling sama colokannya. klau dibundling berarti pemesanan hanya bisa 1 meter lampu dengan 1 colokan. Tidak bisa lebih panjang lagi. Sedangkan tidak semua orang pakainya 1 meter. Dibiasakan kalau membeli sesuatu dibaca dulu deskripsinya.

        • 6 Mei 2022 - (11:11 WIB)
          Permalink

          Anda makan indomie nggak? Anda tau di dalam indomie itu nggak ada telur dan ayamnya?

  • 4 Mei 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Masalah seperti itu beberapa kali saya alami di shopee, toped jg pernah. Jika terjadi masalah spt itu, minta dulu pengembalian barang, memang rugi waktu tp drpd boncos.

    Kenapa masalah spt ini terjadi, pertama banyak buyer malas baca, cuma lihat judul dan gambar saja. Kedua, semua marketplace hampir semua menyembunyikan deskripsi produk, seperti halnya blog, menggunakan “read more”. Kalau dipikir ya agak aneh sih, ini marketplace atau blog?

  • 4 Mei 2022 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Admin shopee emang pada Bego, bahkan ada beberapa yang ga sopan, aku pernah komplain juga di balasnya kasar sama admin shopee, masalah juga ga selesai, makanya sekarang males mau belanja di sana lagi.

    • 6 Mei 2022 - (00:50 WIB)
      Permalink

      Jujur saya bingung sama penjual yg menjual pulpen tanpa tinta, kacamata tanpa lensa, motor tanpa mesin, payung tanpa gagang, smartphone tanpa processor, dsb dengan tulisan dijual terpisah. Harusnya produk itu sudah suatu kesatuan utuh yg bisa digunakan difoto bukan nyaplok gambar. Penjual salah membuat gambar produk nyala warna warni tapi ditulis colokan dijual terpisah. Jika tidak ada colokan apakah bisa nyala? Harusnya taro gambar yg tanpa nyala lampunya karena memang tidak bisa nyala tanpa ada colokan, itu baru benar.

      2
      3
      • 6 Mei 2022 - (05:26 WIB)
        Permalink

        Knpa mesti bingung? Tinggal beli aj yg satunya kalau emg terpisah. Buyernya aj yg ga baca deskripsinya, dan itu sdh jadi kebiasaan warga +62 kalo baca isi suatu berita cm liat judulnya doang.

      • 6 Mei 2022 - (05:32 WIB)
        Permalink

        penjual sudah benar karena yg dia jual itu lampu LED strip yg dijualnya pun meteran. bayangin penjual bundling colokan sama lampu per meter,, anda beli 20 meter dikasih 20 colokan buat apa? mau dicolok kemana?
        colokannya disini itu opsional, kalo masih punya colokan ngapain beli lagi? tinggal beli lampunya aja butuh berapa meter.

        • 6 Mei 2022 - (06:07 WIB)
          Permalink

          Coba lihat sendiri gambar di rincian pesanan berwarna biru terang dan nyala, apakah demikian yg diterima sama pembeli? Kalo memang yg dijual bisa nyala tanpa colokan kenapa yg dikirim harus nyala dengan colokan?

      • 6 Mei 2022 - (06:39 WIB)
        Permalink

        ya lucu aja. ini kan lampu dijual meteran. kalau dibundling berarti orang cuma bisa beli 1m dan 1 colokan. Jadi klau mau 5 meter dan 1 colokan aja ngga bisa dong? berarti anda termasuk dsni yang hanya lihat gambar

        • 6 Mei 2022 - (07:53 WIB)
          Permalink

          Kalo jual meteran harusnyakan tidak menyala ya, kenapa gambarnya bisa nyala ya? Jualnya tidak bundling tapi kok dikasih gambar yg bundling ya? Kok beda yg ditampilkan dan yg dijual? Apa yg dipajang pakai batre atau tenaga surya ya? Kalo yg sudah pakai tenaga surya atau batre untuk apa beli colokannya lagi ya?. Yg saya lihat dari chat pembeli tidak tahu kalo produknya tidak bisa nyala dan harus pakai colokan. Berarti deskripsi kurang dan tidak dituliskan lampu hanya bisa hidup jika ada colokan listrik. Mungkin konsumen bodoh tidak mau membaca namun, penjual juga tidak boleh terlalu pandai memasang foto palsu.

          • 6 Mei 2022 - (07:58 WIB)
            Permalink

            Tidak tahu karena tidak membaca. Kalau membaca pasti paham. Kalau lampu dipajang foto tidak menyala orang tidak akan tau ini lampu. Taunya mungkin kabel atau tali. Dan akan bertanya lagi ini lampu kalau menyala kayak gimana fotonya. Jadi ya logis aja dong berpikirnya

      • 6 Mei 2022 - (08:20 WIB)
        Permalink

        Gambar kan hanya ilustrasi. Bisa belanja online artinya bisa membaca, di deskripsi kan udah jelas banget.

        Kalo logika seperti itu, orang jual casing HP gak boleh pajang gambar HPnya? Jual bemper mobil ga boleh pajang gambar mobilnya?

        • 6 Mei 2022 - (10:35 WIB)
          Permalink

          Maaf dalam hal ini saya membela buyer, jika mau buat nyala lampu harusnya yg bundling sama colokannnya, jadi colokan+ berapa meter, kalo mau costum/ extension harusnya ngak hidup lampunya. Sama halnya penjual air purifier, jika yg dijual air purifiernya ya air purifier gambarnya dan jika hanya hepa filternya saja ya hepa filter saja dimuat gambarnya. Masa jual hepa filter tapi yg dimuat gambar air purifiernya, beli case smartphone yg dibuat gambar smartphonenya juga, dirincian pembeliannya pula itu gambarnya. Btw jika anda jual mobil beserta bumper y taro mobil sama bumpernya, klo cuma bumper ya muatnya cuma bumpernya digambar rincian, keterangan bumper depan untuk mobil blablabla. Dan itu sudah menjadi HAK PEMBELI untuk mengembalikan barang yg rusak/ tidak lengkap/ tidak sesuai dengan gambar produk. Dan KEWAJIBAN PENJUAL menampilkan gambar barang dan deskripsi barang yg sebenar2nya.

          • 6 Mei 2022 - (11:13 WIB)
            Permalink

            Anda makan indomie nggak? Anda tau di dalam indomie itu nggak ada telur dan ayamnya?
            Karena ada tulisan saran penyajian di bawahnya

          • 7 Mei 2022 - (23:03 WIB)
            Permalink

            Saya pernah beli lampu led kecil2 warna-warni..di gambar toko lampunya nyala tanpa colokan,setelah barang datang kok lampunya gak ada yang nyala,tapi saya gak komplain,karna tau tanpa kompenen lain lampu itu gak bakal nyala….berarti itu pembelinya aja yang niiiiitttt sensor males baca…

            1
            1
  • 5 Mei 2022 - (01:29 WIB)
    Permalink

    Bener admin cs shopee lulusan smp, sdm nya kayak nggak pernah belajar di sekolah. Kasian yang jual.

    Tinggalkan shopee karena bukan bikinan anak bangsa.

    3
    1
  • 5 Mei 2022 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Sudah sering seperti itu. Adminya parah banget. Saya 2kali kejadian, tanpa bukti tambahan pembeli dijawab hanya dalam waktu 4jam setelah saya banding tanpa dibaca. Kacau ya. Udah gtu biayabadmin shope hampir 7% lho. Makanya jangan heran harga di shope lebih mahal daripada tokopedia dan bukalapak

    • 5 Mei 2022 - (11:11 WIB)
      Permalink

      betul. Biaya admin shopee itu paling besar dibandingkan marketplace lain. Saya kena biaya 6,8% dari penjualan. Tapi bukannya memberikan fasilitas pusat resolusi yang baik, sebaliknya malah memeras penjual. Biaya itu sepertinya dipakai shopee untuk bisa menyediakan snack gratisan di officenya. Snack banyak micin makanya karyawan tambah bodoh..

  • 6 Mei 2022 - (00:40 WIB)
    Permalink

    Ini jg buyernya kikir minta ampun. Uang sgtu kalo barang ga sesuai ya sdhlah, ngapain jg minta dibalikin. Sy sj pernah beli speaker tp malah dikirim stand holder hp. Tp karena ga mau ribet retur dan segala macem, ya sdhlah ikhlaskan sj, tp ga bakalan beli di toko itu lg.

  • 6 Mei 2022 - (02:51 WIB)
    Permalink

    Memang untuk cs shopee ini kebanyakan dari mereka ga memahami masalah,di luar kasus ini kalau saya komplen ke cs saya ga pernah mau terima jawaban cs,saya paksa suruh buat laporan aja biar ditindak lanjuti sama bagianya,karrna kebanyakan jawaban cs shopee copypaste

  • 6 Mei 2022 - (08:22 WIB)
    Permalink

    Kasus ini harusnya simple banget, entah CS males baca atau buru2 banget sampe kasih keputusan seperti itu. Jadi seller harus gimana? Udah tulis lengkap di dekripsi masih kalah.

 Apa Komentar Anda?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Keputusan Admin Shopee atas Komplain Pembeli Sangat Tidak Masuk Akal

oleh Shela dibaca dalam: 2 menit
43