Blibli Menahan Dana Refund untuk Pembeli, dalam Bentuk Voucher Belanja

Saya adalah pelanggan yang sudah beberapa kali belanja di Blibli, tetapi baru kali ini mengalami hal cukup aneh terkait keputusan Blibli. Pada tanggal 27 April 2022 saya melakukan pembelian produk smartphone Realme 9 Pro Plus sebanyak 2 buah, melalui metode VA BCA karena sedang ada promo flash sale untuk produk tersebut.

Pada tanggal 28 April 2022, saya menerima paketnya yang dikirim oleh kurir sameday. Seperti biasanya saya unbox paket tersebut sambil direkam, agar punya bukti jika paket tidak sesuai yang dipesan. Begitu saya cek IMEI-nya, ternyata smartphone sudah diaktivasi garansinya beberapa minggu sebelum tanggal pembelian. Yang berarti saya dikirimkan barang hasil repack dan bisa dikatakan sebagai barang second karena segel sudah pernah dibuka dan garansinya sudah aktif. Padahal saat ditanya ke CS, dikatakan itu barang baru dan garansi belum aktif.

Lalu saya langsung berniat mengajukan pengembalian produk yang tidak sesuai tersebut ke Blibli dengan pilihan refund voucher. Karena pilihan yang ada hanya ada “Refund Voucher” atau “Penukaran Produk”.

Saya tidak memilih penukaran produk, karena tidak ada jaminan bahwa produk akan diganti dengan yang benar-benar baru dan saya tidak mau direpotkan untuk membuat video unboxing berkali-kali.

Lalu beberapa hari kemudian pengembalian barang tersebut sudah disetujui oleh Blibli. Namun yang bikin kaget, ternyata dana refund saya hanya dikembalikan dalam bentuk voucher, dengan masa berlaku sampai bulan Juli 2022. Berarti saya tidak bisa menarik kembali dana tersebut ke rekening saya dan jika tidak digunakan sampai bulan Juli, berarti dana saya hampir Rp10 juta akan hangus diambil oleh Blibli.

Ketika saya lakukan komplain, ternyata CS Blibli seolah-olah memihak penjual yang tidak jujur tersebut, dengan mengatakan bahwa semua barang sebelum dikirim memang akan diaktifkan garansinya. Saya jelaskan bahwa tidak ada ketentuan tersebut dari pihak Realme Official dan aktivasi garansi juga dilakukan sebelum tanggal pembelian.

Lalu yang anehnya lagi pihak Blibli menganggap transaksi tersebut sebagai transaksi yang valid, bukan sebagai transaksi yang dibatalkan. Pihak Blibli beralasan voucher cashback sudah dikirimkan ke akun saya, sehingga saya hanya menerima refund dalam bentuk voucher.

Padahal jelas sekali mereka sudah menerima pengembalian produknya, yang berarti ini adalah transaksi yang terbatalkan. Dimana voucher cashback tidak perlu diberikan dan dana refund harus dikembalikan ke saldo akun pembeli yang bisa ditarik kapan saja

Pada link produk yang dibeli pun sudah ada ketentuan “Gratis retur dalam 30 hari”. Namun ternyata tulisan tsb hanya gimmick yang dibuat untuk menarik calon pembeli agar belanja barang baru (yang aslinya repack) di Blibli.

Dengan adanya surat ini di Media Konsumen saya berharap adanya tanggapan dan itikad baik dari pihak Blibli untuk mengembalikan dana refund ke saldo saya. Silakan tarik kembali voucher cashback-nya jika diperlukan karena saya tidak berminat untuk menukar dana refund saya yang hampir Rp10 juta dengan voucher cashback tersebut.

Jika tidak ada respons dari pihak Blibli untuk kasus ini, saya akan melakukan posting di lebih banyak media sosial, agar semakin banyak orang yang tahu cara kerja Blibli dalam memperdayai pembelinya, sehingga tidak ada lagi yang berniat belanja di Blibli.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang memberikan saya kesempatan untuk menuliskan masalah ini

Kristian
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Blibli untuk Bapak Kristian

Pertama-tama terima kasih atas kepercayaan Bapak Kristian untuk berbelanja di Blibli. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seperti yang dimuat...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Blibli Menahan Dana Refund untuk Pembeli, dalam Bentuk Voucher Belanja

    • 10 Mei 2022 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Bli Bli, aturan mana pengembalian dana di haruskan pakai bentuk voucher?? anda sehat?? SOP nya dong di keluarkan untuk dilihat bersama, kalau ada peraturanya.

    • 10 Mei 2022 - (00:59 WIB)
      Permalink

      Kmrn saya ada beli s21fe di blibli program tukar tambah tanpa tanya stock transf melalui internet banking dan ternyata kosong brgnya dana di kembalikan ke blipay dan bisa di refund.kl saya blg smua marketplace pasti ada masalah sih tp soal refund kyknya bli” yg paling cpt dr toko ijo (pengalaman pribadi ya).saya member di bli” dr 2012 maslah pasti ada tp ga pernah kecewa sih stlh di komplen

  • 9 Mei 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Beli offline ajah ,gak akan ribet dan ada masalah,selama beli online sering bgt masalah dari produk palsu ,gak sesuai gambar dan masalah refund ,jadi knp hidup kita dibuat ribet

    3
    10
  • 9 Mei 2022 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Baru mau coba pake bli2 dan lazada, baca komen2 disini, nggak jdi deh blnja di sana, dari pada ntr kena masalah.

    7
    1
    • 10 Mei 2022 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Gak punya malu. Balikin duitnya BliBli..
      Masak bayar 10 juta diganti vocher yg hangus dalam beberapa bulan…
      Rampok itu namanya.
      Buat masnya belanja di TokPed aja.. aman

  • 9 Mei 2022 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Payah, duit dituker voucher. Ketauan takut pembelinya kabur ke marketplace lain, jadinya dipaksa buat beli lewat marketplace dia lagi.

    4
    1
  • 9 Mei 2022 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Tokopedia.. saya pribadi belum pernah dapet masalah.. kecuali dari kurir silambat.. itu mah beda ya semua juga bisa pake sih.. tapi tenang ada banyak pilihan lain.. saya selalu combo Tokopedia dan JNE, ga pernah mengecewakan.. ???

    1
    4
  • 9 Mei 2022 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Makanya langsung saya delete aplikasi blibli di HP ini biar gak kena masalah mendingan belanja di online tetangga aman dan mantap….

    3
    1
    • 10 Mei 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      bener gan ?buyernya pikirnya ngirit silit lebih murah ? eh kasihan dapatnya repack ?katanya flashsale ?flash sale hoax

      • 10 Mei 2022 - (18:55 WIB)
        Permalink

        Jaman sekarang toko dengan embel-embel official store pun bisa jual barang bermasalah. Disarankan beli hp di toko resmi sesuai brand/merek hp tersebut, hampir semua brand/merek hp ada tokonya di Blibli

  • 9 Mei 2022 - (23:44 WIB)
    Permalink

    Dgn adanya berita ni sy pikir 1000x lipat tuk pake apk BliBli tuk jual/beli. Yang pasti ini Aplikasi BLIBLI = Aplikasi MALING. Ingat apk ini manisnya d awal” az. MASA IYA 10jt VA BCA d ganti dgn VOUCHER… ???

    Moga cepat beres masalanya.

  • 10 Mei 2022 - (03:53 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi banyak ketolong ama blibli ya. Apalagi jaman minyak 28rb. Memang kalau barang gak ada, ada pilihan penggantian 1. Diganti produk yang sama. 2. Diganti bentuk voucher. Saya pernah mengalami ke2nya. Yang diganti produk yang sama itu, barangnya gak ready (harga yang sama), jadi di refund dalam bentuk blipay. Yang kedua saya pernah pilih voucher, karena barang beneran gak ada. Itu diganti voucher batasnya juli. Karena jumlahnya cuma 92rb ya udahlah karena saya belanja aja bisa 1 juta sebulan. Bayar2 tagihan saya aja udah min 600rb, blm pulsa dan belanja lain2. Karena bapak 10 juta, semoga ada solusi ya. saya pribadi menghindari belanja gede2 di market place

    • 10 Mei 2022 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Saya juga sudah lama bikin akun di blibli dan belanja di tahun2 sebelomnya itu lancar bahkan pernah refund 2 kali selalu dikembalikan dananya. Sebelom ada masalah ini, blibli salah satu ecommerce yg membuat saya paling secure dalam berbelanja. Tapi kali ini blibli sudah berbeda. Mungkin ada pergantian SDM dimana yg sekarang tdk becus melihat masalah atau bahkan punya mental maling

    • 11 Mei 2022 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Harga barang diatas 1juta saya cuma percaya sama toko ijo. Ecommecre lain masih belum meyakinkan. Beli pake duit dipulangin dalam bentuk vocer itumah rampok cara halus.

  • 10 Mei 2022 - (05:38 WIB)
    Permalink

    darurat membaca ? mau beli bener2 segel di official resmi harganya masih 5.5 varian 8/256 kalo ada yang jual 5jt sangat dipastikan repack ?

    2
    1
  • 10 Mei 2022 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Masih ada saja Orang yang percaya dan belanja di Blibli. Kalau mau belanja di Blibli dibawah 100K saja kalau sampai puluhan juta harus pikir pikir 1000x kalau ga mau kecewa akhirnya

  • 10 Mei 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Refund 10 juta diganti vocer ada masa aktifnya kalau ga digunakan hangus diambil blibli dan barangnya sudah dikembalikan itu sama saja merampok uang pembeli

    • 13 Mei 2022 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Btw pembeli setuju dari awal kalau dana refund dikembalikan dalam bentuk voucher.. Coba baca deh..

      “mengajukan pengembalian produk yang tidak sesuai tersebut ke Blibli dengan pilihan refund voucher. Karena pilihan yang ada hanya ada “Refund Voucher” atau “Penukaran Produk”.

    • 10 Mei 2022 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Saya adalah pembaca setia media konsumen, tapi baru kali ini saya pengen ikut berkomentar. Saya pelanggan setia bli2 dari thn 2017. Pertama kali belanja laptop asus senilai 3jutaan, sampai yg trakhir beli samsung note 10+ senilai 9jutaan, dan xiaomi redmi note 10s senilai 3jutaan, semua tidak ada masalah. Yg penting belinya di official store, barang dikirim ori dan masi segel. Dan saya sukanya karena beli pake kartu kredit tidak ada biaya tambahan dan dapat diskon lagi. Bayar tagihan listrik air indihome juga kadang dapat diskon. Ini pengalaman pribadi ya, selama ini tidak pernah ada masalah dgn bli2 sih..

  • 10 Mei 2022 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf Mas Kristian, boleh bertanya mengenai solusi terakhir yang diberikan oleh pihak Blibli setidaknya sampai dengan hari ini, apakah masih berupa pengembalian dana dalam bentuk voucher yang berlaku dalam waktu tertentu saja (bukan berupa uang)? Agar menjadi pembelajaran bagi saya dan mungkin calon konsumen lainnya di luar sana, Mas.

  • 13 Mei 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    “mengajukan pengembalian produk yang tidak sesuai tersebut ke Blibli dengan pilihan refund voucher. Karena pilihan yang ada hanya ada “Refund Voucher” atau “Penukaran Produk”
    Anda setuju dong kalau uang refund dikembalikan dalam bentuk voucher. Kok malah complain? Yg seharusnya voucher itu langsung anda belikan hp lagi di toko lain..

    • 13 Mei 2022 - (21:24 WIB)
      Permalink

      Sudah saya jelaskan hanya ada 2 pilihan yaitu “refund voucher” atau “penukaran produk”. Kalau bapak dpt barang tdk sesuai lalu mau dikembalikan, pilihnya yg mana?
      Jika pilih penukaran produk, tdk ada yg bisa menjamin tdk akan dikirim ulang dgn produk yg sama. Saya sih sudah tdk mau buang2 waktu utk melakukan video unboxing & packing ulang berkali-kali

  • 13 Mei 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Ternyata bnyk yg gk suka blibli ya,,
    Nnti muncul complain shopee bnyk juga yg gk suka shopee,
    Nnti muncul complain tokped bnyk juga yg gk suka tokped,
    Gampang bngt yah menggiring opini di sosmed.. Hehe

    • 13 Mei 2022 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Ini berbeda dgn sosmed ya. Kalau hanya menggiring opini tanpa bukti tdk akan ditayangkan di media ini. Semua laporan yg masuk Media Konsumen sudah memenuhi persyaratan identitas pelapor dan bukti2 yg jelas. Pihak terlapor juga bisa memberikan tanggapan disini sbg klarifikasi.

  • 15 Mei 2022 - (15:57 WIB)
    Permalink

    sempet tergiur sama promo blibli ?, eh taunya refund ke voucher.. ogah deh
    trims ya infony.. semoga cepet kelar urusan ny.

  • 16 Mei 2022 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Beberapa kali bermasalah di blibli, mulai dari cs nya yang gaga gugu jawabannya muter2 sop 2-3 hari kerja. Repund pakai voucher, casback berupa voucher, dan repund ke blipay nariknya hampir 2 mingguan. Dari seller banyak bermasalah barang dibayar online tp gak balas chat, aplikasi sering gak bisa bagian barang dibuka padahal ijo sama oren bisa lancar. Saya komplain ke cs nya balasannya bisa 4-5 email masuk tp penyelesaiannya gak jelas bisa berminggu minggu Delete aja aplikasi ini

  • 17 Mei 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Sy pernah kejadian seperti ini, tapi sy chat cs nya kemudian sy diminta isi formulir rekening dan akhirnya refund di transfer ke rekening sy

  • 19 Mei 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Update status utk masalah ini sekarang sudah diselesaikan dgn solusi dana dikembalikan oleh Blibli kepada saya sbg pembeli dan voucher ditarik kembali. Solusi ini sudah sesuai dgn apa yg saya harapkan dan saya usulkan sejak awal.
    Saya harap kedepannya pihak Blibli bisa selalu memberikan solusi yg relevan dan tdk merugikan orang lain tanpa harus terlebih dahulu dikomplain lewat media elektronik seperti ini.
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yg sudah memberikan fasilitas pengaduan dari pelapor dan tanggapan/klarifikasi dari terlapor utk menyelesaikan masalah yg terjadi dan juga terima kasih kepada semua pembaca yg sudah memberikan opini dan dukungan utk penyelesaian kasus ini

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Blibli Menahan Dana Refund untuk Pembeli, dalam Bentuk Voucher Belanja…

oleh Kristian dibaca dalam: 2 menit
43