Kebijakan Aneh Shopee terkait Limit Pengguna SPayLater dan SPinjam

Dear Media Konsumen,

Saya adalah salah satu pengguna Shopee. Saya juga menggunakan fasilitas SPayLater dan SPinjam, dengan pembayaran yang tertib. Bahkan ada beberapa kali saya juga membayar untuk tagihan bulan berikutnya, sehingga saya dapat kenaikan limit untuk SPayLater dan SPinjam saya.

Namun ada satu waktu, saat saya terkendala dalam melakukan pembayaran cicilan SPayLater dan SPinjam saya, dikarenakan ada kebutuhan mendadak yang sangat darurat. Sehingga saya terpaksa menunda pembayaran cicilan SPayLater dan SPinjam saya selama sebulan. Hanya sekali penundaan. Namun yang saya alami saat itu adalah, saya dihubungi via telepon berkali-kali oleh petugas Shopee. Dari yang awalnya masih dengan cara sopan, hingga akhirnya ada petugas yang merendahkan saya, seolah-olah saya adalah pengguna yang selalu menunggak.

Sampai akhirnya, saya bisa membayar kembali cicilan yang sempat tertunda. Namun yang jadi pertanyaan adalah, kenapa limit saya tiba-tiba berubah dan menjadi minus pada SPinjam saya? Sementara kredit saya sebelum-sebelumnya itu masih bagus.

Saya sudah mencoba untuk berkomunikasi dengan customer service di aplikasi Shopee. Namun hingga saat ini limit saya belum juga berubah. Sedangkan sesuai dengan keterangan customer service via telepon, bahwa saya harus menunggu 1×24 jam untuk limit Shopee saya. Namun sampai sekarang belum ada perubahan. Setiap saya coba hubungi via chat, selalu diberikan jawaban yang tidak pasti.

Saya butuh penjelasan yang logis untuk ini. Karena riwayat pembayaran saya sebelum-sebelumnya itu cukup bagus, tolong diperiksa lagi. Jangan memberikan jawaban yang menggantung kepada pihak user seperti ini. Senua bukti saya lampirkan, supaya jelas terlihat betapa anehnya kebijakan Shopee ini.

Terima kasih.

Nuraini Utami
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater dan SPinjam:
[Total:212    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

197 komentar untuk “Kebijakan Aneh Shopee terkait Limit Pengguna SPayLater dan SPinjam

  • 30 Mei 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Mau ratusan kali anda bayar tepat waktu. Itu bukan urusan yang meminjamkan , krn kan sdh dikasih enak toh beli barang semaunnya ngutang pula. Klo dh bayar telat y harus tau resikonya. Baru kali ini liat orang ngutang berani beraninya ngomong dimedia konsumen. Wkwkwkwkwk

    1
    1
    • 31 Mei 2022 - (00:55 WIB)
      Permalink

      Budayakan membaca ๐Ÿ™‚
      Mohon bijak dalam memberikan komentar. Mari berdiskusi dengan saling menghargai.

      Budayakan membaca dengan seksama ya supaya nggak kasih komen yg nyasar kemana2 ๐Ÿ™‚

      1
      1
  • 30 Mei 2022 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Saya udah pake shopee pinjam selama setahun, alhamdulillah gak ada kendala kalau gak telat. Dan d usahakan jangan telat. Setelah dihitung2 lebih murah dibandingkan pinjaman ke leasing atau gadai BPKB hehehehe lumayan buat dana darurat. Ya itu tadi kuncinya, JANGAN TELAT.

      • 31 Mei 2022 - (15:13 WIB)
        Permalink

        Saya sdh baca mba. Full. Heeee Rata2 kalo sistem pinjam meminjam seperti itu mba. Mau telat seharipun ya tetap aja jatohnya jelek history kredit kita. Jd kalo mau pinjem dgn metode ” Pinjam setahun, saya lancar bayar selama 10 bulan tapi sisa 2 bulan macet, pengennya gak kena denda dan gak apa2 bisa pinjem suka2 hati” Ya gak bisa ehehehheee mba harus pikir dulu kemungkinan paliiiingggg jelek ketika pengajuan kredit. Apalagi pinjaman tanpa agunan seperti itu. Sistem juga gak peduli lho mba, kita ada kendala apa aja pada saat kita macet bayar tagihan. Karena resiko seharusnya sdh kita pikirkan sebelum apply pengajuan.

        • 31 Mei 2022 - (15:33 WIB)
          Permalink

          hehehe mba riezka, katanya udah baca full postingan saya…. saya itu menanyakan kenapa limit saya gk berubah sementara saya udah melakukan pembayaran. nah, status pembayara itulah yang saya permasalahkan karena, kata cs nya udah terverifikasi tapi kenapa jumlah limit saya malah minus?
          saya juga udah jelasin panjang lebar lho mbak di komen yang paling bawah, saya lupa saya balas komennya sipa namanya, tapi itu saya jelaskan detail kok alasan dan tujuan saya posting di surat pembaca ini. bukan untuk minta limit saya dikembalikan ke awal tapi saya mempertanyakan kenapa pembayara saya tidak mengurangi jumlah SPinjam dan SPayLater saya yang ditagihkan. Gitu lho mba ๐Ÿ™‚

          • 31 Mei 2022 - (15:54 WIB)
            Permalink

            hihihihiii,,, itu udah termasuk kedalam kemungkinan terburuk yg saya tulis mbak. benang merahnya adalah di Telatnya itu.. kita gak bisa nyalahin instansinya juga dia ada kebijakan apa untuk menindaklanjuti customer yg pembayarannya macet. Kalau mbak nanya di forum manapun, gak akan nemu solusi selain mbak tanya langsung ke pihak customer, syukur2 kalo mereka bisa ngasih jawaban yg tepat. Ya, semoga shopee nya cepet lunas aja dan gak ada kendala untuk nutup aplikasi tsb. kalo sudah clear mending di nonaktifin aja yah mba, dan jgn maen2 lagi aplikasi pinjam2 online. ngeri kalo case nya bisa jauh lebih menyeramkan lagi dr yg ini ๐Ÿ™‚

          • 31 Mei 2022 - (17:22 WIB)
            Permalink

            lha, ada kebijakan apa menindaklanjuti kredit macet?
            masa iya saya udah bayar tapi gk ada perubahan? kan saya pake duit lho mbak, apapun kebijakan mereka, secara logikan, saya ada pembayaran, masa itu gk tercatat? misalkan mbak hutang 10 juta, kemudian telat, tapi saat anda udah bisa bayar, anda bayar 2 juta…. pasti anda berharap itu bisa mengurangi tagihan mbak kan? lha kalo ternyata tagihan mbak tetep 10 juta padahal mbak sudah bayar 2 juta itu gimana tuh mbak…. berarti uang 2 juta yang mbak bayar hilang begitu aja, mbak terima ikhlas? nah, itulah inti dari postingan saya jika mbak benar-benar baca dengan seksama okay mba? :
            dan terma kasih untuk sarannya ya?

  • 31 Mei 2022 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Memang yg mau minjem ato udah minjem duit kadang suka galak, lebih galak drpd yg ngasih pinjeman duit. Btw komplen disini jg ngga guna sih kecuali jd bulan2an aja. Shopi ngga pernah kasih surat tanggapan btw, wkwkwk

    • 31 Mei 2022 - (14:59 WIB)
      Permalink

      mohon budayakan membaca ya mas rizki pambudi, supaya gk salah paham dan melantur kemana2… dan komplen disini ada gunanya kok, karna pihak shopee langsung menghubungi saya, tapi saya masih menunggu janji mereka untuk konfirmasi lebih lanjut untuk kasusnya, baru saya akan tulis tanggapannya dari mereka.
      sampe sini jelas mas?

      sekali lagi, budayakan membaca ya biar gk melantur gk jelas ๐Ÿ™‚

  • 31 Mei 2022 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Pengin ketawa ajaaa.. Koq jadi perang komentar y, Shopee mn Shopee koq gk kasih klarifikasi sejelas2nya sm customer.. Ditinggalin customer kapok loo..

    2
    1
    • 31 Mei 2022 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Itulah anehnya, kan namanya juga surat pembaca, media konsumen. Tapi kok malah banyak yg komentar nyalahin lah, bikin kesimpulan sendiri tanpa baca postingan saya lah, bahkan ada yang sampe menghina… Padahal kan beneran ada undang-undang buat yang suka melakukan penghinaan di media massa. Dan ini media massa, buktinya ada secara tertulis pula ck.. ck.. ck

  • 2 Juni 2022 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pake Spay dan Spinjam kalo ga salah beda institusi deh, kalo spay itu dari pihak shopee, tapi kalo spinjam itu dari mitra shopee, masalah limit pas pertama pake kan spay dan spinjam itu saya dapat 1500.000, pas make dan selesai bayar semua limit jadi nambah 2500.000, di pake lagi selesai tanpa telat nambah lagi jadi 4500.000 limitnya. tapi saya kapok dah sama marketplace itu, CS nya pada ga manusiawi kaya robot segala masalah pengen diselesaikan secara instan meskipun keputusan tersebut tidak adil, mungkin karena mereka menggunakan CS yg outsource alias bukan pegawai tetap shopee. Dan yg namanya outsource itu sistemnya kan biasanya target per hari kalo ga salah.

    • 3 Juni 2022 - (19:57 WIB)
      Permalink

      Nah…. Masalahnya gimana ino dengan pembayaran saya? Masa hangus gitu aja? ๐Ÿ™

      • 5 Juni 2022 - (00:05 WIB)
        Permalink

        Anda sudah ga punya tunggakan di shopee? ya udah ga usah dipake lagi, segitu penting kah limit kredit paylater shopee untuk hidup anda dan keluarga? seandainya shopee bangkrut dan sudah tdk beroperasi di indonesia bagaimana? masalah kredit kan banyak perusahaan lain yang sediakan, blibli, toped dll.

        • 21 Juli 2022 - (19:36 WIB)
          Permalink

          Dear Cumi_pasta,

          Sekali lagi saya ingetin ya… Tolong budayakan membaca dengan seksama ya? Saya udah pernah jelasin lho panjang lebar di komen-komen sebelumnya… Saya capek ngetikin lagi buat jelasin :I

          ” segitu penting kah limit kredit paylater shopee untuk hidup anda dan keluarga?”
          hati-hati mas/mbak Cumi_pasta, jangan bawa-bawa keluarga lho…. KARMA itu ada ๐Ÿ™‚

          “seandainya shopee bangkrut dan sudah tdk beroperasi di indonesia bagaimana? masalah kredit kan banyak perusahaan lain yang sediakan, blibli, toped dll.”
          bagi anda cuma masalah kredit ya? judulnya aja :
          Kebijakan Aneh Shopee Terkait Limiy SPayLater dan SPinjam

          Dan bahkan ada juga yang mengalami hal yang sama dengan saya, jadiiiiii bisa disimpulkan bahwa saya BUKAN mempermasalahkan kreditnya tapi kebijakannya. Dan cuma saran aja, klo mau komen sarkasme di sini ataupun di postingan lain jangan bawa2 keluarga karena KARMA itu ada. Ya sekedar saran aja untuk anda dan yang lainya yang pernah atau akan komentar nyinyir di postingan saya tanpa ada solusi sama sekali ok?
          terima kasih ๐Ÿ™‚

          cheers! ๐Ÿ™‚

          • 9 Agustus 2022 - (00:28 WIB)
            Permalink

            Saudari Nuraini Utami

            Maaf saya muslim dan Karma itu ajaran Budha dan Hindu jadi tidak ada istilah itu di Islam.

            Perlu saudari pahami dulu, yg berhubungan dengan nominal finance itu sangat sensitif, apapun alasan anda bila tidak dibayar tepat pada waktunya akan ada flaging di sistem, lebih dari satu kali maka anda akan di blacklist, bila sudah kena blacklist anda akan sulit (mungkin tdk akan pernah bisa lagi) untuk mengajukan pinjaman ke layanan Finance yg terdaftar resmi di OJK dan Bank Indonesia.

            Sekedar informasi, pengguna layanan finance besar hampir semua menggunakan A.I (artificial intelligent) karena tidak mungkin untuk manusia melayani ribuan/jutaan transaksi per jam sekaligus, jadi hal yg lumrah bila ada bug/error di sistem, namanya juga mesin buatan manusia mana ada yg sempurna.

            Ada dua kemungkinan yg terjadi dalam kasus anda, tapi untuk mengetahui/membuktikannya secara langsung anda harus melunasi seluruh pinjaman dan lihat nanti apakah masih minus atau normal kembali.

            1. bila anda lunasi seluruhnya dan masih minus berarti kemungkinan anda kena penalti dan tdk bisa lagi gunakan layanan tersebut.
            2. bila anda lunasi dan tidak minus kemungkinan sedang ada kesalahan di sistem komputasi yang tidak sinkron antara server shopee dan server finance, dan akan di koreksi oleh yg berwenang pada akhirnya. (untuk kasus anda) ketika seluruh tagihan selesai dibayar.

            Alangkah baiknya anda baca kembali syarat dan ketentuan yg pernah anda klik untuk di setujui ketika aktifkan layanan spinjam dan spaylater (tapi saya yakin anda, saya dan hampir semua orang tidak pernah baca seluruh tulisannya)

            Jika diperhatikan dan dicermati kredit di marketplace itu lebih banyak masalahnya daripada manfaatnya karena bisa menyebabkan kecanduan yang tidak dapat diimbangi dengan penghasilan/pendapatan bila salah kalkulasi, dan bagi orang yg tidak mengerti akan menimbulkan kesalah pahaman dan emosi.

            Anda mempertanyakan kebijakan shopee terkait limit ketika anda belum lunasi seluruh tagihan anda, pantas saja anda merasa banyak pembaca yg tidak mendukung anda karena memang masalahnya belum anda selesaikan “semuanya” kok dipertanyakan?,

            Wajar bila anda tidak punya salah lalu mempertanyakan kenapa?, tapi kan anda punya salah meskipun hanya 1x . (singkatnya “salah kok ngotot”)

            Saya yakin bila posisi anda tidak ada kesalahan sama sekali, dalam hitungan hari paling lama seminggu, pihak shopee akan menanggapi langsung keluhan anda di mediakonsumen, itu yg saya perhatikan dari beberapa orang yg komplain disini dan dapat terselesaikan pada akhirnya.

          • 9 Agustus 2022 - (08:03 WIB)
            Permalink

            Dear Cumi_pasta,
            Karma itu ada dalam Islam tapi namanya bukan karma. Mohon untuk perdalam agama lagi ya? Dan makasih untuk penjelasannya yang panjang kali lebar, tapi saya disini mempertanyakan kebijakan Shopee, jika memang sudah ada customer yang mengeluh, memangnya mereka tidak memeriksa lagi sistem mereka, jika memang ada kendala pada sistem yang seperti anda sebutkan, dikelola oleh AI sehingga ada kemungkinan bug atau apapun itu. Dan yg kebanyakan yg komentar menjustifikasi saya, termasuk anda, coba dibaca kembali ya seperti apa komentar-komentarnya yang cuma bisa merendahkan bahkan sampai menghina dengan sebutan-sebutan yang sangat tidak berpendidikan apalagi sampai bawa-bawa keluarga. Apakah itu pantas? Sebagai muslim yg berpendidikan? Jika anda memang mengaku muslim. Dan saya kan sudah menyebutkan di salah satu komen saya bahwa Shopee sudah menelepon saya kok namun masalah saya tetap tidak terselesaikan sehingga belum bisa saya posting disini karena memang tidak menjawab keluhan saya. Jadi, sebelum anda menghabiskan energi untuk ngetik panjang kali lebar tapi keliru, coba lebih ditelaah lagi postingan saya dan kebanyakan komentar yang justifikasi saya, serta komentar yang juga mempunyai pengalaman sama seperti saya. Karna jika masalahnya cuma di saya doang, kenaoa bisa ada komentar yang juga bernasib sama seperti saya karena kebijakan aneh Shopee?

    • 7 Juni 2022 - (23:56 WIB)
      Permalink

      Mas/mbak Cumi_pasta,
      Saya mohon banget baca lagi postingan saya baik2 ya… Komen km yg pertama itu bagus lho, tapi kokyang kedua malah kemana-mana yah…
      Cheers!
      ๐Ÿ™‚

    • 3 Juni 2022 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Bang goks, anda DC ya?
      Budayakan membaca dengan seksama ya? ๐Ÿ™‚

      • 5 Juni 2022 - (13:42 WIB)
        Permalink

        Ya gua udah baca, di situ tertera bahwa Lo mengatakan bahwa Lo pernah telat sekali. MAKANYA GUA BILANG KALAU LO PUNYA HUTANG, BAYAR JANGAN PERNAH TELAT WALAUPUN HANYA SEKALI.

        1
        1
        • 6 Juni 2022 - (08:15 WIB)
          Permalink

          ๐Ÿ™‚
          Situ dc ya? LOL
          Makanya mbok ya dibaca yang bener tho pak… Biar nyambung sama yg lain yg pada komen… Biar gk ngawur kemana-mana ok: ๐Ÿ‘

          2
          1
          • 6 Juni 2022 - (08:30 WIB)
            Permalink

            Seakan-akan Lo mau di bela dan seakan-akan bahwa Lo yang jadi korban. Lo sendiri bilang bahwa Lo menunda sebulan untuk pembayaran untuk kebutuhan Lo yang “DARURAT” katanya. Lo kan udah tau berhutang ya Lo utamakan bayar hutang Lo lah. Masalah tidak akan ada kalau Lo lancar bayar hutang tanpa ada penundaan walaupun hanya sekali. PAHAM?!.

            2
            1
          • 7 Juni 2022 - (23:52 WIB)
            Permalink

            Ola Bang Goks, seolah-olah saya mau dibela??????
            Kayaknya perlu ke dokter mata dan psikiater deh… Perasaan saya gk mempermasalahkan hutang saya di postingan saya… Mau saya referensiin dokter mata yg bagus???? Udahlah, jujur aja kalo anda itu salah satu debt collector… Drpda anda membuka identitas anda sendiri pada akhirnya ๐Ÿ™‚

  • 3 Juni 2022 - (22:40 WIB)
    Permalink

    penurunan limit kredit itu hal wajar dalam sistem kredit digital, saya limit 20Jt pernah tiba tiba Nol hanya karna ada sdikit modifikasi database internal di shopee, setelah saya email terkain masalah ini, limit saya dikembalikan & dikasih kompensasi kredit sebesar 28Jt

    • 4 Juni 2022 - (00:46 WIB)
      Permalink

      ๐Ÿ™
      Tapi pembayaran saya gimana dong? ๐Ÿ™
      Masa pembayaran saya katanya sudah terverifikasi tapi limit saya malah minus. Shopee sudah hubungi saya tapi tetap saya disuruh menunggu lagi. Sama kayak kalimat para cs Shopee yg saya hubungi

  • 20 Juli 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Kasusnya Baru saya alami 2 hari yang lalu persis seperti mb nya, saya chat cs ny juga sama begitu jawabanya.
    Malahan pembayaran saya ga pernah telat, tapi kena minus juga. Berpikir positif aja, biar ga nambah riba2 lagi, walupun saya juga butuh dana, mungkin Allah mau kasih rejeki tak terduga lainya yang ga riba2. Amin๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

    • 21 Juli 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Dear Azzahraawalia,

      Ya, memang kalo mau diliat hikmahnya, biar nggak nambah riba terus. Mungkin Allah SWT mau kasih rezeki tak terduga yang sama sekali bukan riba. Tapi masalahnya, lucu aja kebijakan Shopee ini, tiba-tiba jadi minus. Kenapa gk dicantumin aja jumlah limit aslinya tapi saat pengguna mau pakai lagi, aksesnya dibatasi karena ada penyesuaian limit atau pengguna dibatasi aksesnya untuk menggunakan limitnya karena masih ada cicilan dalam jumlah tertentu. Dan lagi, Shopee kan dapet untung dari bunganya, jadi kenapa harus disesuaikan limit? Dan untuk pengguna yang emang kreditnya jelek, itu kan bisa ditindak tegas, masa Shopee gk mampu ya untuk lacak pengguna yang bermasalah sedangkan Shopee aja mampu untuk mempekerjakan karyawan buat nagih-nagih utang dengan cara yang sama sekali GK ETIS dan TANPA SOPAN SANTUN serta dengan gaya bicara yang sama banget dengan PINJAMAN ONLINE ILEGAL. Akibatnya, Shopee bisa kehilangan pengguna yang kreditnya bagus, yang pembayarannya gk pernah bermasalah, karna sekarang aja mulai kebuka pelan-pelan suara dari pengguna Shopee yang punya kredit bagus tapi mengalami hal yang sama dengan saya yang juga dirugikan oleh TIM PENAGIHAN SHOPEE yang BERSIKAP SEPERTI TUKANG TAGIH PINJAMAN ONLINE ILEGAL.

      Makasih ya Azzahraawalia buat komentarnya. Bener2 makin ngeliat keanehan kebijakan Shopee ini karna yang kena imbasnya ternyata bukan saya aja, tapi Anda dan mbak Winda Ri. Itu udah 3 orang, entah diluar sana ada berapa orang lagi yang merasakan imbasnya

  • 1 Agustus 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Mba mau tanya, pas tagihan yg minus itu dibayar, saldo minusnya berkurang ga ? Trs saldo buat pinjamannya berarti ga ada ya krna masih minus

    • 1 Agustus 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Minusnya berkurang yapi masih tetep minus. Jadi kita kayak dipaksa bayar tagihan padahal sebelumnya udh dinaikin limitnya dan tiba2 jadi minus cuma karna sekali terlambat aja. Jd gk konsisten banget managementnya. Orang yang punya kredit bagus DIPAKSA bayar tagihan padahal sebelumnya limitnya udh dinaikin. Aneh kan? Legal tapi kayak gitu

        • 1 Agustus 2022 - (11:18 WIB)
          Permalink

          Seriusan mbak winda????
          Kok makin parah sih? Customer yang punya kredit bagus jadi kena imbasnya juga.

          • 1 Agustus 2022 - (12:21 WIB)
            Permalink

            Tp skrg udh ga minus mba? Klo udh gaminus, saldo nya kembali lg ada 3,9 jt?

          • 1 Agustus 2022 - (13:22 WIB)
            Permalink

            Dear mbak winda,
            Sampe sekarang masih minus mbak. Dan DIPAKSA bayar dulu

  • 1 Agustus 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Tagihan bulan depannya masih ada gak? Kalau gak ada ya mungkin sj sistemnya blokir akun mbak dalam keadaan limit sekian dijadikan minus. Mungkin suatu saat bakal dipulihkan stlah ada pertimbangan. Jd maksudnya saat ini mbak gak bole utang dl kali. mau bayar lancar seribu x begitu telat 1 x ya sperti pribahasa panas setahun hapus oleh hujan sehari hehehe.

    • 1 Agustus 2022 - (15:02 WIB)
      Permalink

      Dear Squall,

      Ya gk bisa gitu juga dong. Tagihan saya bulan depan masih ada. Tapi limit tiba2 jadi minus, itu yg aneh, dan ternyata bukan saya doang yang mengalami hal aneh dari Shopee ini. Ada beberapa juga yg mengalami hal yg sama. Kecuali kalo cuma saya sendiri, tapi ini ada orang lain juga yg riwayat kreditnya juga terhitung bagus, tapi karna kebijakan aneh dari Shopee ini lah yg MEMAKSA pelanggan utk BAYAR CICILAN padahal sebelumnya limitnya dinaikin. Klo ujung2nya gini, ngapain pake naekin limit? Malah mereka kehilangan kepercayaan customer yg riwayat kreditnya bagus kan? Dan akhirnya juga berkurang pelanggan setia Shopee.

        • 1 Agustus 2022 - (19:04 WIB)
          Permalink

          Dear mbak winda,
          Masih ada 3 juta sekian dan limot terakhir itu 9 jutaan kalo gk salah inget

          • 11 Agustus 2022 - (11:55 WIB)
            Permalink

            Pas mba telat bayar itu didatengin dc ?

  • 7 September 2022 - (22:06 WIB)
    Permalink

    halo ka. mau tanya dong, kalau bayar Spinjam yg sudah lewat jatuh tempo dengan dicicil apa masih di tagih sama tim shopee juga?

    • 12 September 2022 - (05:30 WIB)
      Permalink

      Nggak ngerti juga ya, karna saya aja baru telat beberapa hari udh ditagihnya kayak saya telat tahunan dan gk bayar2. Selama masih terhitung belum lunas, kayaknya debt collector Shopee masih demen nagih dengan ngerendahin bahkan sampe menghina deh. Kita tunggu aja apa tindakan OJK dan Bareskrim soal DC Shopee ini ๐Ÿ™‚

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater dan SPinjam?

Ada 197 komentar sampai saat ini..

Kebijakan Aneh Shopee terkait Limit Pengguna SPayLater dan SPinjam

oleh Nuraini Utami dibaca dalam: 1 menit
197