Layanan XL Home Mengecewakan dan Mempersulit untuk Berhenti

Saya berlangganan XL Home sejak 5 Juni 2022, dengan ID pelanggan 39023488. Dari sejak pemasangan hingga hari ditulisnya surat ini, sinyal sangat lemah setelah radius 4 meter (kamar ke lokasi router di ruang makan) dan kecepatan internet buruk sekali.

Saya sudah menyampaikan keluhan pada tanggal 15 Juni 2022, dengan nomor tiket: WO-0434791. Tanggal 16 Juni 2022, saya hanya diminta oleh CS melalui email untuk memfoto router wifi, tapi tidak ada tanggapan lebih lanjut.

Tanggal 17 saya email ke CS XL Home untuk dikirimkan teknisi untuk diperbaiki/memindahkan router wifi. Namun tidak ada tanggapan. Namun anehnya tanggal 19 Juni 2022, saya dapat email dari CS bahwa tiket WO-043791 sudah selesai dan internet sudah normal kembali. Padahal kenyataannya tidak. Hal ini diperparah dengan wifi yang mati total tanggal 19. Saya sudah melapor dengan nomor tiket ID WO-0436607.

3 hari kemudian, ada telepon dari CS XL Home bahwa wifi mati karena ada pemindahan tiang fiber star di rumah tetangga. Namun saya cek ke tetangga, beliau bilang tidak ada tiang di rumahnya dan tidak ada pemindahan. Karena wifi tidak kunjung aktif, akhirnya saya memutuskan untuk memakai provider lain.

Kami butuh internet untuk bekerja dan memutuskan untuk cabut layanan XL Home. Namun CS menyebutkan saya harus bayar penalti Rp1 juta karena belum 12 bulan berlangganan. Info penalti dan kontrak tidak diinfokan sama sekali oleh sales di awal dan didukung dengan bukti percakapan saya dengan sales via WhatsApp.

Mohon XL Home dapat mengambil tindakan dengan mencabut semua perangkat XL Home dan menghentikan tagihan bulanan kami. Terima kasih kami sampaikan kepada Media Konsumen atas perhatiannya.

Adryan Dimas Wicaksono
Tangerang Selatan, Banten


Update (9 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Home:
[Total:2    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan XL Axiata atas keluhan Bapak Adryan Dimas

Jakarta, 12 Juli 2022 Ref.CM/CU/E/004/0722/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Adryan Dimas Wicaksono...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Layanan XL Home Mengecewakan dan Mempersulit untuk Berhenti

    • 3 Juli 2022 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Hi Maya

      Saya yang mengepost ini, saya sudah berkali-kali telpon CS dengan hasil yang mengecewakan, karena saya berkali kali tetap diminta biaya penalti. Apakah saya harus terus bertahan dengan sinyal yang buruk? Yang menganggu produktifitas kerja saya karena menggunakan teams meeting pada saat kerja. Saya bahkan harus menggunakan kuota internet hp untuk bekerja. Berapa kerugian kami selama setahun? Siapa yang akan menanggung itu?

  • 3 Juli 2022 - (22:31 WIB)
    Permalink

    Sepertinya wifi router bawaan dari provider memang kurang sip. Ini terjadi sama saya yang pakai provider sebelah, sinyal dari wifi roter bawaan provider ga bisa tembus tembok beton kamar (padahal jarak ruang tamu ke kamar dekat). Akhirnya saya tambahin wifi router tambahan yang coveragenya lebih luas dan bisa tembus tembok beton. Akhirnya so far ga ada masalah, untuk lantai 2 pun harus tambah extender lagi supaya koneksi ga tetganggu.

    Mungkin emang wifi router bawaan XL home yg kurang sip dan perlu di perkuat.

  • 8 Juli 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Malam tim mediakonsumen. Com

    Saya ingin menginformasikan bahwa permasalahan saya dengan XL Home telah diselesaikan dengan baik oleh tim CS dari XL Home, dengan solusi terbaik bagi saya dan XL Home. Semoga layanan XL Home ke depannya menjadi semakin baik lagi. Terima kasih tim mediakonsumen. Com yang telah mengangkat artikel saya

 Apa Komentar Anda mengenai XL Home?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Layanan XL Home Mengecewakan dan Mempersulit untuk Berhenti

oleh Adryan Dimas dibaca dalam: 1 menit
6