Status Tracking JNE Sudah Terkirim, tapi Shopee Malah Mengembalikan Dana ke Pembeli

Perkenalkan, saya Atma. Saya baru merintis sebagai wirausaha dibidang hobi, hanya bermodal kecil dan modal tersebut pinjaman dari bank. Pad saat pandemi ini sangat sulit mencari kerja, sehingga solusi jangka pendek hanya dengan berjualan, agar dapat membantu meringankan saat masa pandemi ini.

Saya mengalami pengalaman yang tidak mengenakan, bahkan saya sampai harus menjual harta paling berharga saya, yaitu kendaraan bermotor, untuk membayar pembayaran pinjaman modal karena sudah mau jatuh tempo. Modal saya hilang, akibat masalah yang saya alami saat menjual barang di Shopee pada tanggal 9 Juli 2022, yaitu sebuah PlayStation 5 seharga Rp8.900.000 dengan nomor pesanan: 220709134008M8.

Barang yang saya kirim menggunakan jasa kirim JNE Trucking dengan nomor resi: JT40471117344. Pada tanggal 11 Juli 2022 pukul 21.41 WIB, barang telah diterima oleh yang bersangkutan berdasarkan sistem. Namun beberapa menit kemudian pembeli mengajukan klaim bahwa barang belum diterima sama sekali, padahal di sistem statusnya telah terkirim.

Hal ini berlanjut ke forum diskusi Shopee, saya diberi waktu untuk menyanggah. Saat itu pun segera saya sanggah dengan melampirkan bukti resi dan foto paket saat saya serahkan ke pihak kurir, bahwa barang telah saya kirim.

Lalu saya hubungi pihak JNE untuk menanyakan paket baik melalu telepon, Twitter bahkan datang langsung ke Gerai CS Bogor. JNE meminta saya untuk menunggu proses investigasinya. Hingga pada tanggal 13 Juli 2022, Shopee pun membuat keputusan karena tidak adanya konfirmasi dari pihak kurir hingga batas waktu yang ditentukan. Transaksi dinyatakan klaim pembeli menerima pengembalian uang dan saya sebagai penjual menunggu pergantian klaim dari pihak kurir.

Kemudian pada tanggal 15 Juli 2022, saya cek saldo penjual saya, saya hanya menerima penggantian Rp348.000 (10 kali ongkir). Padahal paket tersebut sudah saya asuransikan. Seharusnya sesuai aturan saya menerima full, yaitu Rp8.900.000. Karena hal tersebut, segera saya konfirmasi ke pihak Shopee dan JNE.

Pihak Shopee meminta saya untuk menunggu karena sudah dibuatkan laporan dalam proses 3 hari kerja, sedangkan pihak JNE tetap minta saya untuk menunggu. Padahal sudah 6 hari, tetapi tidak ada kejelasan paket tersebut. Bahkan pihak JNE belum menyatakan paket tersebut hilang dan meminta untuk menunggu dan menunggu. Padahal asuransi ini ada masa berlakunya, tetapi pihak Shopee menyatakan paket saya hilang dan sudah dalam tahap pengembalian dana. Perusahaan sebesar mereka masih bisa-bisanya mis Komunikasi, seperti tidak profesional menangani masalah seperti ini.

Pada tanggal 16 Juli 2022 saya ditelepon JNE Bogor bahwa paket telah ditemukan berada di JNE Bandung dan ditarik kembali dari penerima. Namun pihak JNE meminta saya untuk berkoordinasi dengan Shopee mengenai status paket tersebut.

Saya jadi pusing dan bingung. Karena kejadian ini saya mengalami kerugian yang cukup besar, hingga membuat saya down, putus asa tidak semangat lagi berjualan. Berjualan di marketplace dan sudah diasuransikan pun tidak ada jaminan kenyamanan dan pergantian full.

Kejadian ini di luar kendali saya dan bukan kesalahan saya, kenapa saya yang harus menanggung kerugian ini? Kalau seperti ini saya dirugikan penggantian full tidak dapat dan barang yang saya kirim pun tidak dikembalikan. Tolong kepada pihak Shopee dan JNE saya meminta hak saya. Tolong hak saya diperjelas seperti apa dan dikeluarkan hak saya, karena itu hak saya. Terima kasih.

Atma Wijaya
Kab. Bogor, Jawa Barat


Update (23 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak JNE dan Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir JNE Express di Shopee:
[Total:81    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Atma Wijaya

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 19 Juli 2022 berjudul “Status Tracking JNE Sudah Terkirim,...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Status Tracking JNE Sudah Terkirim, tapi Shopee Malah Mengembalikan Dana ke Pembeli

  • 19 Juli 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Kayaknya sih percuma, shopexx sama jne sering tidak mengganti kejadian barang model gini.

  • 19 Juli 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    TURUT PRIHATIN SEMOGA MENJADI PEMBERIAN BUAT KITA SEMUA, BAHWA BERJUANG ONLINE SIAP MERUGI

    • 20 Juli 2022 - (08:28 WIB)
      Permalink

      Setau saya mmg hilang barang shopee cuma mengganti 10x ongkir karena tidak ada sistem “asuransi”
      Karena TS blg suda membeli asuransi sendiri di JNE, seharusnya JNE yg harus bertanggung jawab penuh

      • 20 Juli 2022 - (10:04 WIB)
        Permalink

        Entahlah masalahnya seperti dilempar2. pihak kurir meminta saya untuk hubungi pihak marketplace perihal tersebut

        • 20 Juli 2022 - (17:17 WIB)
          Permalink

          Indonesia ini masih banyak perusahaan aneh sih menurut saya, masa sih ada jasa kirim gak tanggungjawab waktu paket yg dikirim itu hilang. Contoh lagi di bandara itu juga sering terjadi pencurian barang yg ada di koper ya gak ada tindakan tuh. Seakan2 hal yg demikian ini wajar. Buat anda kalau ingin jualan yg aman pakai saja tokopedia, krn disana ada wajib asuransi yg diawasi langsung pihak tokopedia

  • 19 Juli 2022 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Saran jgn jualan barang mahal disope karna sistem bobrok suka menjadi celah buat pembeli nakal mending ijo/merah

    12
  • 19 Juli 2022 - (17:18 WIB)
    Permalink

    sudah diasuransikan pun masih tidak mendapat pelayanan baik.
    koq sperti itu yaa…
    ayo donk shopee, sistem nya diperbaiki lg.

    • 20 Juli 2022 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Iya om tidak menjamin ke nyamanan. Lebih parah lagi pihak sana mempertanyakan resi asuransinya mana, udah jelas-jelas diberita acara tertulis, dan kalo liat di edukasi seller, yang saya lampirkan sama seperti itu, tapi pihak sana engga paham

  • 19 Juli 2022 - (17:52 WIB)
    Permalink

    Pihak Shopee telah menghubungi saya dan saat ini masalah saya sedang diproses dan diprioritaskan, mohon doa nya temen-temen biar masalah saya cepat kelar dan saya mendapatkan hak saya kembali

    28
    • 19 Juli 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Aamiin, semoga dapat terselesaikan. di Shopee emang banyak Buyer nakal. sudah Terima barang, ngaku tidak Terima.

  • 19 Juli 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Gilak bener nih sopih. Sistem sudah baik tapi yg mengelola bobrok. Masa tiap masalah hrs diangkat dulu ke media?!

  • 19 Juli 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Semoga happy ending ceritanya dan tutup aja toko onlinenya biar gak stress lagi🙏 buat shopee dan JNE kamu nakal nakal nakal 🌚 kok getting aq

  • 19 Juli 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Hati2 om, banyak buyer nakal di toko oren. Saya sering dapet buyer yang ngaku belum nerima paket, dan mengajukan pengembalian dana, padahal sudah terima paket 1 atau 2 hari yang lalu

  • 19 Juli 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin om, moga cepat selesai masalahnya
    Ya walau gk 100% aman juga, tapi lebih baik, jualan online pindah ke toko ijo aja

    • 19 Juli 2022 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Banyak penipu dan anehnya pihak expedisi cuma mengganti 10x biaya kirim enak betul harganya jutaan cuma diganti 10x ongkos kirim bangkrut penjualnya

      • 20 Juli 2022 - (06:03 WIB)
        Permalink

        Kenapa 10x ongkir? Karena memang aturan expedisi spt itu. Semua expedisi pengiriman kalo hilang di ganti 10x ongkir kecuali di asuransi di ganti sebesar biaya pertanggunan

        Penjual bilang udah di asuransikan tapi itu asuransi by sistem shopee atau jne? Karena beda kalo lewat sistem shope urus ganti rugi oleh shope

        • 20 Juli 2022 - (09:59 WIB)
          Permalink

          Saya sudah menghubungi pihak pihak tersebut dan jawabannya tidak ada solusi saling lempar, asuransi paket oleh kurir ,saya mengikuti panduan yg disarankan oleh marketplace. Karena paket saya belum dinyatakan hilang oleh pihak kurir mereka meminta saya untuk hubungi pihak marketplace, tetapi pihak marketplace telah menyatakan hilang, mereka meminta saya untuk klaim ke pihak kurir, jadi tidak ada kejelasan untuk masalah saya ini

          • 21 Juli 2022 - (23:48 WIB)
            Permalink

            Saran saya komplain konsisten ke marketplace dan jangan ke ekspedisi, Konsisten dalam nomor pelaporan yang sama, dibalas melalui aplikasi supaya mudah.

            Assuransi di shopee untuk cashless dimintakan saat didrop dicounter namun pembayaran assuransi akan dipotongkan langsung melalui sistem, klaim assuransi akan diurus oleh marketplace. Berbeda kalau assuransinya dibayarkan sendiri maka klaim assuransi diurus sendiri ke ekspedisi.

            Sesuai pengamalan, dalam kasus ini marketplace akan menyatakan barang hilang dan seharusnya akan mendapatkan penggantian penuh karena diassuransikan, hanya saja dana selisih akan diterima setelah proses klaim selesai. Walaupun ekspedisi menyatakan barang telah diterima itu nantinya urusan kerjasama marketplace dan ekspedisi.

            Semoga membantu dan permasalahan kakak bisa selesai.

  • 19 Juli 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Banyak buyer nakal di shopee, kemarin kayaknya juga ada kasus yg sama seperti ini. Bener2 persis sama.
    Pakai jne trucking. Barang sudah di terima, ngakunya belum di terima. Uang pun di kembalikan ke buyer 100%

    • 20 Juli 2022 - (02:00 WIB)
      Permalink

      Saran untuk TS. Sebaiknya kalau mau jualan di Tokopedia saja karena kolom asuransi bisa disetting wajib oleh seller. Kalaupun hilang/lost, kiriman akan dicover asuransi full.
      Hindari jualan di Shopee karena tidak ada opsi tambah asuransi disini. Jangankan JNE/J&T/SiCepat, pilihan kurir Shopee Express pun tidak bisa tambah asuransi.
      Ngeri ngeri sedaap jualan di Shopee. Mesti viral dulu di sosmed, baru deh di-follow up case-nya.
      Semoga cepat clear dan solved masalahnya.

  • 19 Juli 2022 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Senjata qta cuma viralrin biar yg lain berhati2 klo pihak terkait lempar tanggung jwab, bukan tidak mungkin qta akan jdi korban berikutnya klo kjadian semacam ini dibiarin

  • 19 Juli 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Saya coba zoom yang resi ada barcodenya kayaknya tulisan di sebelah kanan bawah asuransi : Tidak

    • 20 Juli 2022 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Iya itu resi yang dari sistem shopee, karna shope tidak menyediakan asuransi. Asuransi hanya dapat diajukan saat drop barang digerai buktinya itu Resi Berita acara, resi asli saya tempel diberita acara. Dan saya cek di edukasi seller shopee sesuai dan sama seperti itu contohnya

  • 19 Juli 2022 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Wah wah, ini jne asal buat status sdh di terima pdhl paket nyasar.
    Karena sdh di asuransikan, kejar trs pihak jne dan shopeenya, jgn mau di ganti dgn nominal 10x ongkir.

  • 20 Juli 2022 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Heran.. 8.9jt jualan di shopee?

    Masalah kayak begini di Shopee udah sering, tp masih aja percaya jualan barang di atas 1jt di shopee.. Padahal di media konsumen udah sering dikasih tau. Kalo jualan di shopee barang remeh temeh aja.. Yg ratusan ribu max 1jt.. Karena shopee cuma akan mengganti 10x ongkir + shopee cepat mengembalikan dana ke pembeli.. Penjual no sekian, tp masih pada percaya jualan brg mahal di shopee.. Dlm 1bln ini entah sudah brp kali sy nulis kayak begini.. ada yg laptop, hp, PS dll haha

    • 20 Juli 2022 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Gapapa om buat pengalaman saya, Lagi apes mungkin. Sebenernya udah beberapa kali jual console aman aman saja dan karena saya cover asuransi juga makanya aga berani jual disana, tetapi baru kali ini ada masalah dan masalahnya konyol

      • 20 Juli 2022 - (13:15 WIB)
        Permalink

        Ya sudah, klo agan ikhlas ya. Hanya saja, uang kan susah dicari. Sayang aja dana segitu menguap karena kurang mencari informasi. Sy seller vga, tahun kmrn harga tinggi sekali.. Sy jualan partai besar.. Awalnya hanya di toped. Lalu jualan 1x di shopee lgs bermasalah.. Barang datang katanya rusak, monitor dia bergaris dan kedap kedip klo pake vga itu (berupa foto) sy punya bukti video sblm brg dikirim sampai no seri vga nya pun sy videokan.. Eh shopee melepas dana ke pembeli, pdhl video unboxing aja ga ada. Dan bener.. Kembali vga nya rusak, pdhl vga mahal.. Untungnya msh garansi, habis 2bulan waktu buat RMA, sejak saat itu sy tutup toko di shopee dan fokus di toped.. Aman saja so far..

  • 20 Juli 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Belanja di shopee hanya barang2 yg murah saja harganya, kalo udah lewat 500rb ke atas, mending di toko sebelah aja. Fitur asuransi nya jelas, cs nya responsif dan adil. Kalo di shopee, olahraga jantung deh kalo harganya mahal. tidak baik utk kesehatan fisik maupun mental

  • 20 Juli 2022 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Bosen jg liat kasus kaya gini muncul trs gara2 shopee edun…kerjaan manajemen nya apaan?ngurusin iklan doank sana sini biar bnyk yg gunain shopee?kl liat gedung shopee yg tinggi,jd kepikiran mgkn dibangun dr hasil yg ngga bener,kebnykan merugikan seller…masa barang hampir 9jt,cm diganti 300rb…halloww

  • 20 Juli 2022 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Semoga masalahnya segera selesai Dan mendapatkan hak nya.Pernah juga mengalami hal buruk Dan alhamdulilah kalau rejeki saya akan kembali Kepadaa saya. Dan itu benar gak lama kemudian kerugian yang saya tanggung segera Allah ganti.

  • 21 Juli 2022 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Ati2 aja di toko oren byk buyer nakal yang memang khusus menargetkan barang yg harga nominalnya cukup besar.

  • 22 Juli 2022 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Untuk membuat pelajaran ke Buyer nakal bisa juga ajukan bukti tanda terima penyerahan paket ke ekspedisi berupa tanda tangan penerima, ini akan dibebankan $5. Pihak ekspedisi akan mendatangi penerima paket apabila mereka masih kekurangan bukti atau bahkan akan menarik kembali barangnya.

    Bukti tersebut bisa diajukan ke marketplace dan akun ditagihkan ke buyer kembali dana kompensasi yang telah diberikan, apabila dia menggunakan shopee pay akan dipotongkan atau saldo akan minus, atau shopee pay later akan ditagihkan dari sana. Bdw itu nanti urusan marketplace.

    • 22 Juli 2022 - (23:41 WIB)
      Permalink

      Dasar tersebut juga bisa diajukan ke yang berwajib dengan tuntutan penipuan dan penggelapan, sehingga akan membuat jera buyer2 nakal.

  • 23 Juli 2022 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Terimakasih buat teman-teman yang sudah berkomentar untuk saran dan dukungannya. Dan juga Terimakasih untuk Pihak SHOPEE dan JNE yang membantu dan memprioritaskan masalah saya hingga selesai, dengan ini saya menyatakan masalah saya yang berjudul “Status Tracking JNE terkirim, Tapi SHOPEE malah mengembalikan dana ke pembeli” Saya nyatakan ditutup, karena JNE telah mengganti kerugian full yaitu Rp. 8.900.000. Semoga ke depannya tidak ada lagi kasus-kasus seperti ini yang dapat merugikan salah satu pihak. Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Status Tracking JNE Sudah Terkirim, tapi Shopee Malah Mengembalikan Da…

oleh Atma Wijaya dibaca dalam: 2 menit
49