Korban Penipuan Mengatasnamakan Shopee

Kronologinya, pada tanggal 1 Juli 2022 pukul 11.44, saya ditelepon oleh orang mengatasnamakan dari pihak Shopee. Orang itu memperkenalkan diri dan memberitahu saya, bahwasanya nomor saya memenangkan undian senilai Rp3 juta dan orang itu meminta nomor rekening saya. Pada saat itu saya memberikan nomor rekening itu dan orang itu mengirimkan bukti transferannya.

Kemudian orang itu mengarahkan saya untuk pergi ke ATM untuk mengecek apakah uang tersebut sudah masuk atau belum. Namun pada saat itu saya belum mengecek ke ATM.

Sesudah itu orang tersebut menyuruh saya untuk mengaktifkan SPayLater dan SPinjam saya. Pada saat itu saya sempat ada kendala dan orang itu membantu mengarahkan saya. Kemudian orang itu mengirimkan gambar barcode dan yang lainnya (di sini saya masih belum sadar kalau orang ini penipu).

Sesudah itu semua aktif, saya baru sadar kalau yang seperti ini adalah penipuan. Terus saya langsung menghubungi pihak Shopee melalui chat Shopee with live agent. Saya langsung jelaskan kejadian ini dari awal sampai akhir.

Saya langsung bilang ke pihak Shopee untuk menonaktifkan SPayLater sama SPinjam saya. Namun pihak Shopee menjawab untuk sebelumnya akun Shopee saya dibekukan terlebih dahulu, agar tidak diambil alih oleh orang lain. Pihak Shopee berjanji akan menindaklanjuti laporan saya ini  ke timnya terlebih dahulu. Saya menyetujuinya dan pada saat itu juga pihak Shopee menjawab kalau mereka akan membantu saya untuk menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya.

Setelah sekitar hampir seminggu, saya menanyakan kembali kelanjutannya melalui email Shopee. Saya juga sempat menelepon pihak Shopee dan mereka menjawab untuk mengetahui masalah kelanjutannya saya disuruh untuk harus memulihkan akun saya terlebih dahulu dan saya menyetujui hal itu.

Hari besoknya saya mendapat email bahwa akun saya sudah dipulihkan. Setelah akun saya dipulihkan, saya melihat SPaylater dan SPinjam saya kok masih ada? Bahkan ShopeePay saya di-banned oleh Shopee.

Pada saat itu juga saya langsung menghubungi pihak Shopee kembali melalui chat Shopee with live agent. Saya langsung menjelaskan semuanya  dan saya menagih omongan mereka yang katanya akan membantu saya untuk menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya.

Namun pihak Shopee menjawab bahwasanya mereka tidak bisa menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya, sebelum saya melunasi semua tagihan itu. Saya jawab saya gak bisa melunasi tagihan itu yang senilai Rp4 juta, karena sudah jelas tagihan itu bukan punya saya dan saya pun sudah memberi semua buktinya.

Saya tetap berusaha menghubungi pihak Shopee untuk ke sekian kalinya dan saya bilang: “Saya di sini sebagai korban. Saya ditipu oleh orang yang mengatasnamakan Shopee, mana yang katanya pihak Shopee akan membantu saya untuk menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya? Ini tagihan bukan punya saya dan tagihan ini gak sedikit”.

Namun selama saya mengetik itu, pihak Shopee hanya merespons 1 kali, yaitu masalah ini akan saya teruskan ke tim terkait kami. Sesudah itu dengan sendirinya chat saya itu berakhir dan sampai sekarang pun pihak Shopee tidak mengirimkan email ke saya.

Sampai saat ini saya masih menunggu respons dari pihak Shopee yang katanya akan membantu menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya.

Istiqomah Amalya
Kota Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:87    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Korban Penipuan Mengatasnamakan Shopee

  • 21 Juli 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Menurut saya itu kesalahan anda bukan kesalahan dari shopeenya memang benar pihak shopee tidak bisa menonaktifkan shopee paylater Anda kalau tagihannya belum lunas terlepas dari entah siapa yang mengambil uang tersebut yang penting itu akun Anda Anda kena tipu itu urusan anda dengan si penipu bukan urusan shopee lain kali hati-hati Mbak mas yang lain juga nggak usah lah kalau ada hadiah-hadiah gratis nggak usah nggak usah diambil jangan tergiur hati-hati sekali lagi saya kasih tahu shopee paylater nggak bisa dinonaktifkan kalau tagihannya belum lunas Semoga kita semua dijaga.amiin

    48
    7
    • 22 Juli 2022 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Setuju . Itu salah pemilik akun. Saya juga pernah akun saya hampir dibobol . Pas ditelpon saya merasa ada yg aneh. Semua notifikasi harus lewat akun shopee. Selain itu ya penipuan

    • 23 Juli 2022 - (11:52 WIB)
      Permalink

      Betul, logika aja jmn skrg mana ada sih yg ngasih hadiah cuma² smpai jutaan rupiah. Yg sperti ini kadang yg g d fahami pemilik akun yg d dalamnya ada paylater atau lainnya, dr pihak apk g akan menghubungi pemilik akun dgn nomor pribadi, pasti centang biru (verified akun). Y mudh²n ada jalan keluarlah buat ts

  • 21 Juli 2022 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak kejadian seperti ini .
    Lebih baik lapor ke kepolisian tingkat polda jambi unit reskrim cyber. Pasti ditindaklanjuti.

    12
    1
  • 21 Juli 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Anda bukan tidak sadar tapi tergiur oleh iming-iming hadiah! Ketika iming-iming hadiah sudah masuk ke dalam pikiran, semuanya jadi indah, lupa segalanya, yang dipikirkan cuma dapat uang gratis.

    Itu kesalahan anda sendiri, bukan tidak sadar tapi anda serakah, disuruh ini -itu sama penipu ikut aja, seperti udah dicucuk hidungnya.

    45
    4
    • 11 Agustus 2022 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Mau kumpulin orang-orang Disni yg kena penipuan mengatasnamakan shopee. Tolong komentarnya, membayar tagihannya atau tidak.

      • 12 Agustus 2022 - (22:24 WIB)
        Permalink

        Saya baru aja kena tipu dgn modus yg sama,, saya akui emang itu krn kebodohan saya, ceroboh n gak fokus,, pdhl sempet curiga tp gtw knp ngikutin aja itu orang minta kode ini itu. Bener² mau GiLa rasanya kalo inget, knp saya bisa segoblok itu,,, saya sdh chat shopee, yaa responnya sama persis, skrg akun shopee saya di blok, n bilang tagihannya gak bisa dibatalkan, tapi abang saya bilang gak usah dibayar tagihannya, ya paling di blacklist sama BI.. tp jujur saya msh takut tiba² ada DC dtg. Seumur² gak pernah berurusan sama hutang pihutang, jd bener² stres saya

        • 13 Agustus 2022 - (06:18 WIB)
          Permalink

          Kapan itu kejadiannya ka? Lapor polisi atau tidak? Trus kena penipuan sebesar brpa Rp

          • 18 Agustus 2022 - (05:04 WIB)
            Permalink

            12 agustus 2022.. kaka termasuk korban jg? Mau kumpulin korban buat apa?

    • 12 Agustus 2022 - (22:35 WIB)
      Permalink

      Dulu saya jg pernah mikir gitu ke orang² yg kena tipu.. “sendirinya aja yg bego, percaya aja mentang² mau dikasih duit”
      Tp pas ngalamin sendiri itu beda, bukan masalah hadiahnya, tp waktu nya.. awalnya sempet curiga, tp gak tau knp hari itu saya bener² gak fokus sama apa yg disekitar saya, malah ngikutin aja tu orang ngomong, dy minta kode ini itu langsung saya kasih. Pdhl kalo di pikir² skrg saya itu termasuk orang yg sangat hati² soal kode verifikasi, tp gak tau bisa ngeblank n bego bgt. Anda mau nyalahin korban silahkan, tapi gak 100% salah korban jg kan. Bismillah… smoga gak pernah kejadian lg.

  • 21 Juli 2022 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin dengan kejadian yang anda alami. Anda butuh bukti kuat (dan berkekuatan hukum tetap) yang membuktikan bahwa anda tidak bertanggung-jawab atas tagihan itu. Artinya, anda harus lapor polisi untuk di tindak-lanjuti dan di proses sampai dapat dibuktikan bukan kewajiban anda untuk melunasi tagihan tersebut. Semua gambar screenshot yang anda sertakan di artikel hanya bukti untuk laporan polisi.

    Jika anda enggan berurusan dengan pelaporan ke pihak kepolisian, maka hadapilah konsekuensinya karena musibah yang anda alami adalah 100% murni kecerobohan anda sendiri. Jika anda enggan membayar dan masih ngeyel dengan bukti-bukti versi anda, cepat atau lambat toh anda akan berurusan dengan kepolisian juga.

    22
    2
  • 21 Juli 2022 - (15:03 WIB)
    Permalink

    sudah 2022, 99% populasi handphone itu kategori smartphone, tp masih gampang kena tipu. semua yg diperintah nurut2 saja. padahal kalo mau gampangnya, dikatakanlah menang hadiah 3juta, kasi no rek, ya sudah, selesai urusan. buat apa ke ATM segala? buat apa disuruh aktifin spinjam/paylater? Logikanya gimana? sepertinya kita darurat edukasi teknologi. hal2 dasar saja masih belum paham. kalo sudah ketipu, baru galak, tp galaknya ke pihak yg salah. shopee lah yg disalahin. ckckckckck kocak

    33
    1
    • 22 Juli 2022 - (02:38 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah di telpon sama penipu mengatasnamakan shopee.
      Katanya toko saya mau dapet Cashback dari shopee 2 juta tp ujung2 nya minta kode OTP, saya ga kasih sambil saya becandain eh dia malah ngeluarin kata kata mutiara khas penipu yg gagal wkwkwk

      3
      1
    • 22 Juli 2022 - (20:35 WIB)
      Permalink

      😃😃 td liat judul doank sebenernya dah males buka pasti isinya curhat orang ceroboh dan komen2nya pasti nyalahin semua dan ternyata benar 😁😁

  • 21 Juli 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Udah pakai smartphone tp blm smart juga. Itu kesalahan anda ya harus ditanggung anda. Karna prosedurnya benar hanya anda yg lalai.

    15
  • 21 Juli 2022 - (15:45 WIB)
    Permalink

    anggap lah ada TKP pembunuhan, dimana pelaku belum ditemukan, namun di TKP ditemukan barang bukti berupa, KTP anda, sidik jari anda di alat pembunuhan, dan HP anda.

    apakah sudah pasti anda yang membunuh? tidak juga

    tapi apakah anda sudah pasti yang dituduh sebagai pembunuh? iya

    sama hal nya, ada transaksi yang dilakukan pembayaran nya melalui nama anda, di scan pakai HP anda QR nya, dll

    apakah transaksi itu anda yang melakukan? belum tentu

    apakah transaksi itu harus anda yang bayar? iya jelas, karena itu atas nama anda

    15
    • 21 Juli 2022 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Anda sok tahu… Kalau menurut saya… Semua bisa di buktikan lewat penyidik kepolisian. Bisa di runtut kok lewat transaksi yg di lakukan… Dimana. Kapan dll.

      1
      15
      • 21 Juli 2022 - (20:52 WIB)
        Permalink

        Kamu pikir gampang lapor polisi, yakin polisi akan usut kasus penipuan seperti ini apalagi jumlah gak sampai puluhan juta, jarang2 polisi mau susah payah mengungkap kasus seperti ini

        10
      • 21 Juli 2022 - (23:08 WIB)
        Permalink

        Polisi mah ogah usut beginian. Paling cuma BAP doank trus masuk lemari. Kenapa? Karna anda orang biasa bukan orang terkenal. Dan alasan lain karna kasusnya gak viral. Ngerti zon??

        • 22 Juli 2022 - (14:46 WIB)
          Permalink

          Masih ada aja ya yg kena tipu atas nama Shopee,, dan tergiur sama hadiah gratis 3 juta,

        • 22 Juli 2022 - (16:43 WIB)
          Permalink

          Betul sekali,saya juga pernah lapor ke polisi hanya di bikin surat aduan pelaporan saja,habis itu di suruh ikhlasin apa yang sudah hilang…..

      • 23 Juli 2022 - (10:08 WIB)
        Permalink

        lah pembunuhan aja kalau bukti nya sudah pasti tidak banyak tanya kok, pasti pelaku nya ditunjuk dimana bukti itu mengarah

        apalagi cm duit brp……

  • 21 Juli 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Smartphone kembali menelan korban penggunaan nya yang belum ikutan smart. Sungguh miris masih ada yang tergiur dengan iming iming hadiah dari pihak yang tidak jelas kemudian di arahkan ini itu dan menurut pula.
    Harusnya kepemilikan smartphone di perketat lagi, Cukup orang awam pakai hape jadul saja.

    11
  • 21 Juli 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Dengan maraknya penipuan online yang terjadi saat ini, kok bisa anda dengan mudahnya tertipu seperti itu? Mohon maaf tapi sudah jelas itu kesalahan anda sendiri, bukan dari pihak Shopee. Shopee Paylater memang tidak bisa dinonaktifkan jika masih ada tagihan.

  • 21 Juli 2022 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Anda terkena hipnotis by phone,ati2 saja buat semuanya.Gausah merasa sombong komen ini itu menyalahkan TS.Udah banyak kejadian kayak gini.Kalau udah terhipnotis kita berasa kayak kebo dicucuk hidungnya alias nurut.Jangan lengah.

    5
    21
    • 21 Juli 2022 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Tertipu karena kebodohan diri sendiri tapi yang disalahkan adalah hipnotis. Bagaimana Indonesia mau maju kalo orangnya kayak begini terus.

      17
      1
        • 21 Juli 2022 - (20:03 WIB)
          Permalink

          Itu membuktikan banyak orang Indonesia yang bodoh dan gampang dibodohi orang lain. Penipuan pakai trik psikologi malah dibilangnya hipnotis. Pantas saja acara hipnotis Uya Kuya masih banyak penontonnya, karena banyak yang mengira itu beneran.

      • 21 Juli 2022 - (23:48 WIB)
        Permalink

        Belum pernah kena / menyaksikan orang ditipu via telfon sih, semoga keluarga kamu nasib nya selalu baik, agar tidak mendapat cobaan seperti TS / orang lain alami.

        1
        8
        • 22 Juli 2022 - (05:24 WIB)
          Permalink

          Bukannya pernah lagi, malah sering. Saya sering ditelepon orang yang pura-pura jadi teman saya, bilang sedang di kantor polisi, pura-pura dari bank, menang hadiah, dsb. Karena saya sudah tahu modus dan trik psikologinya saya bisa menghindarinya. Di era digital sekarang sangat mudah bagi kita untuk menyerahkan akses perbankan dan kehilangan semua uang yang kita miliki. Makanya kita harus mawas diri, bukannya menyakahkan hipnotis.

      • 22 Juli 2022 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Betul Om, hipnotis adalah tersangka yg paling gampang disalahkan. Padahal banyak hal terjadi sebelum kita terpengaruh jebakan psikologis pelaku. Be smart if you have a smart gadget.

    • 10 Agustus 2022 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Itu mah bukan di hipnotis tp gelap mata,tergiur mau dapat duit 3jt.pdhl hari gini mana ada yg ngasih hadiah gratis 😁

  • 21 Juli 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    sudah ketipu aja lapor ke medkom😁😁 hari gini menang hadiah cuma cuma enak sekali.

    ternyata tidak semua pengguna smartphone itu..

    ya jelas masih ada tagihan, kan belum dilunasi. semoga ada rezeki untuk melunasi kedepannya hati hati. setiap kritik dan saran semoga jadi motivasi kedepannya.

  • 21 Juli 2022 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Udah jelas itu no hp biasa yg hub loe
    Masi aja percaya dpt hadiah
    Kan bloon….
    Kl otak blm smart mending jgn pakai smartphone dulu
    Takutnya kena tipu LG..

    4
    3
    • 21 Juli 2022 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Daripada anda memaki orang bloon, Mending anda edukasi ke keluarga anda sebelum ini juga menimpa kerabat dekat anda.

      2
      3
  • 21 Juli 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Lapor polisi az klo merasa benar..nnt semua pst terungkap..apakah anda playvictim atao emg bnrn ketipu..tp bagaimanapun anda tetap hrs bertanggung jawab..tetap hrs byr..ibarat anda kasih atm anda keorg dan kasih pin..

  • 21 Juli 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    anda daftar pakai alamat email, no telepon, rekening palsu emang bisa ? ngapain tagihannya ditujukan ke alamat anda oleh OJK ?

  • 21 Juli 2022 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Sdh sesuai prosedur, hny penerimanya orang lain. Ya sdh nasib. Jaman gini kok masih percaya uang gratis. Hemmmm…

    • 21 Juli 2022 - (23:41 WIB)
      Permalink

      Komentar anda itu justru mencerminkan isi otak anda yang terlihat dangkal serta emosi yang masih labil. Sebelum beli HP, Belajar adab dulu ke orang tua mu.

      1
      9
  • 21 Juli 2022 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Tolong jangan bully TS, dia cm korban karena terlalu polos, doain aja semoga punya rejeki buat bayar tagihan, buat TS semoga ini jadi pembelajaran dan tekankan pada diri sendiri dulu kalau di dunia ini gak ada yg namanya GRATISAN, HADIAH, HARGA MURAH, kalaupun ada itu bukan rejeki anda jadi lain kali klu ada iming2 HADIAH tolak mentah2.. Anda gak akan rugi seandainya itu beneran dan seandainya itu penipuan anda aman dari penipuan.. Kecuali klu dah pinter dan gak polos2 amat, bisa nyari info dulu kesana kemari, hubungi cs resmi, berpikir dan klu bisa minta pendapat banyak orang dulu baru boleh ngladeni tawaran hadiah atau apapun itu.

    10
  • 21 Juli 2022 - (23:45 WIB)
    Permalink

    Buat segelintir orang mungkin ini kasus receh, tapi buat sebagian orang mungkin masih awam soal kasus ini, Karna sy udah beberapa kali melihat kasus penipuan mengatasnamakan Apk ini atau giveaway artis ini di Minimarket Alfa / Indomaret. Dengan iming2 uang hadiah akan cair jika mereka mengirimkan sejumlah dana via minimarket. Ada ABG cowo, remeja cewe dan yg terakhir ibu2. Semua seperti terhipnotis, dgn pikiran blank, pandangan kosong Karna juga sambil berkomunikasi dgn si penipu. Drpd anda membully TS, Lebih baik anda edukasi ke keluarga anda, Karna hal ini bisa terjadi kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun. Kalau punya info baik di share ke org terdekat, jgn gibah yg lancar. Komen yg baik menceriman pribadi yg baik pula dan begitu sebaliknya.

    4
    7
    • 22 Juli 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Hipnotis cuma alibi utk mengakui kebodohan.
      Penipu itu selalu lebih pintar dari pada yang tipu.
      Saya pun pernah dapat kejadian yang sama disuruh ke alfamart dan penipuan lain. Tapi saya paham itu penipuan. Karena apa? Ya jelas kali janggal kalau ada proses ini itu. Apa lagi yg suruh kirim uang atau data diri atau minta mengaktifkan fitur tertentu di Aplikasi dll.
      Sebenarnya itu bisa dipahami dg logika paling sederhana, orang yg nyalahin hipnotis itu juga orang yang sama bodohnya.

  • 22 Juli 2022 - (03:54 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna shoppe member platinum dala 1 bulan belanja bisa sampai 25jt buat kebutuhan usaha blom pernah dapet bonus sampai jutaan paling casback 5-10 dengan minimal blanja 1jt itu pun dalam bentuk koin gak mungkin shoppe ngasih hadiah lewat wa pasti ada di notif aplikasi jadi udah pasti penipu yg ngasih hadiah kalau udah begini di lema gak di bayar di blacklist ojk

  • 22 Juli 2022 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Sebenernya iming2 hadiah trus suruh ke ATM untuk cek dll ini udah penipuan tahun kapan.. Jadul banget ini.. Harusnya sudah ga ada org yg tertipu dengan iming iming dan cara begini.. Ternyata masih ada ya.. Turut prihatin aja lah, mau komen lebih lanjut takut dosa.

    • 23 Juli 2022 - (04:06 WIB)
      Permalink

      Makasih Buat Amalya
      atas surat nya..

      Semoga banyak di baca orang, dengan demikian akan meng edukasi orang2 yg membaca supaya tidak ikut tertipu.

      Sebaiknya lapor polisi,
      mengenai di tindak lanjuti atau tidak yang penting ada usaha.
      itu saja dulu.

      Masalah hadiah, selama tidak pernah ikut apa2 jangan percaya akan dapat hadiah.
      kalo ikut dan dinyatakan dapat, cross chek lagi.
      sy pernah dapat wa menang undian emas 1gr. sy cross chek ternyata benar dapat.
      dapat 2 gr, krn sy ikut undian..
      semangat 💪💪

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Korban Penipuan Mengatasnamakan Shopee

oleh isti dibaca dalam: 2 menit
59