Korban Penipuan Mengatasnamakan Shopee

Kronologinya, pada tanggal 1 Juli 2022 pukul 11.44, saya ditelepon oleh orang mengatasnamakan dari pihak Shopee. Orang itu memperkenalkan diri dan memberitahu saya, bahwasanya nomor saya memenangkan undian senilai Rp3 juta dan orang itu meminta nomor rekening saya. Pada saat itu saya memberikan nomor rekening itu dan orang itu mengirimkan bukti transferannya.

Kemudian orang itu mengarahkan saya untuk pergi ke ATM untuk mengecek apakah uang tersebut sudah masuk atau belum. Namun pada saat itu saya belum mengecek ke ATM.

Sesudah itu orang tersebut menyuruh saya untuk mengaktifkan SPayLater dan SPinjam saya. Pada saat itu saya sempat ada kendala dan orang itu membantu mengarahkan saya. Kemudian orang itu mengirimkan gambar barcode dan yang lainnya (di sini saya masih belum sadar kalau orang ini penipu).

Sesudah itu semua aktif, saya baru sadar kalau yang seperti ini adalah penipuan. Terus saya langsung menghubungi pihak Shopee melalui chat Shopee with live agent. Saya langsung jelaskan kejadian ini dari awal sampai akhir.

Saya langsung bilang ke pihak Shopee untuk menonaktifkan SPayLater sama SPinjam saya. Namun pihak Shopee menjawab untuk sebelumnya akun Shopee saya dibekukan terlebih dahulu, agar tidak diambil alih oleh orang lain. Pihak Shopee berjanji akan menindaklanjuti laporan saya ini  ke timnya terlebih dahulu. Saya menyetujuinya dan pada saat itu juga pihak Shopee menjawab kalau mereka akan membantu saya untuk menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya.

Setelah sekitar hampir seminggu, saya menanyakan kembali kelanjutannya melalui email Shopee. Saya juga sempat menelepon pihak Shopee dan mereka menjawab untuk mengetahui masalah kelanjutannya saya disuruh untuk harus memulihkan akun saya terlebih dahulu dan saya menyetujui hal itu.

Hari besoknya saya mendapat email bahwa akun saya sudah dipulihkan. Setelah akun saya dipulihkan, saya melihat SPaylater dan SPinjam saya kok masih ada? Bahkan ShopeePay saya di-banned oleh Shopee.

Pada saat itu juga saya langsung menghubungi pihak Shopee kembali melalui chat Shopee with live agent. Saya langsung menjelaskan semuanya  dan saya menagih omongan mereka yang katanya akan membantu saya untuk menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya.

Namun pihak Shopee menjawab bahwasanya mereka tidak bisa menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya, sebelum saya melunasi semua tagihan itu. Saya jawab saya gak bisa melunasi tagihan itu yang senilai Rp4 juta, karena sudah jelas tagihan itu bukan punya saya dan saya pun sudah memberi semua buktinya.

Saya tetap berusaha menghubungi pihak Shopee untuk ke sekian kalinya dan saya bilang: “Saya di sini sebagai korban. Saya ditipu oleh orang yang mengatasnamakan Shopee, mana yang katanya pihak Shopee akan membantu saya untuk menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya? Ini tagihan bukan punya saya dan tagihan ini gak sedikit”.

Namun selama saya mengetik itu, pihak Shopee hanya merespons 1 kali, yaitu masalah ini akan saya teruskan ke tim terkait kami. Sesudah itu dengan sendirinya chat saya itu berakhir dan sampai sekarang pun pihak Shopee tidak mengirimkan email ke saya.

Sampai saat ini saya masih menunggu respons dari pihak Shopee yang katanya akan membantu menonaktifkan SPaylater dan SPinjam saya.

Istiqomah Amalya
Kota Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:88    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

74 komentar untuk “Korban Penipuan Mengatasnamakan Shopee

  • 22 Juli 2022 - (09:06 WIB)
    Permalink

    dapat hadiah uang dari undian atau apapun dan merasa tidak ikutan sama sekali lebih baik ABAIKAN,,, apalagi nyuruh” aktifkan ini, TF ke ini, dsb. !!!ABAIKAN SAJA!!! atau tanya dulu mengenai informasi tersebut meskipun mengataskan perusahaan.!

  • 22 Juli 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Gak pernah baca berita ya? penipuan model kaya gini udah banyak loh… punya smartphone jgn dipake buat maen tiktok sama fesbuk aja maka nya. Mending ganti aja pake hp jadul yg cm bs nelpon sama sms soalnya orang² yg sering kena tipu gini belum bisa pake teknologi canggih.. blm sampe otak nya. 😁

  • 23 Juli 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Mau kasian tapi ya gimana, emang murni kesalahannya sendiri.
    Ibuku aja yg 60 tahun tau kok, kalo iming-iming hadiah tapi disuruh bayar ini itu, atau cek atm, itu pasti udah 1000% penipuan.

    Semoga dapat dijadikan pelajaran ya

  • 30 Agustus 2022 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Ya mungkin inilah knp 62 suka kemakan berita hoax
    Jaman smartphone tpi yg pakai tidak smart
    Ya mana ada kasih hadiah duit tpi dgn cara yg ribet

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 74 komentar sampai saat ini..

Korban Penipuan Mengatasnamakan Shopee

oleh isti dibaca dalam: 2 menit
74