Beli HP, Dikirim Kayu

Melalui surat ini saya meminta bantuan terkait permasalahan/kendala yang saya alami di salah satu aplikasi marketplace, yaitu Shopee.

Saya melakukan pembelian di aplikasi Shopee pada tanggal 20 Juli 2022, dengan nomor pesanan: 220720V3FUK1JF, berupa HP OPPO A53 RAM 6/128. Namun yang datang malah bukan hp, melainkan yang sepotong kayu.

Saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana dengan nomor permintaan: 2207250CB5NAGJM. Saya juga sudah mengembalikan barangnya melalui ekspedisi J&T dengan nomor resi: JP9155523756. Dari hasil tracking, barang yang saya kembalikan sudah diterima oleh pihak seller pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 20:58 WIB. Namun sampai sekarang dana saya belum dikembalikan oleh pihak Shopee.

Selain itu hanya saya yang aktif di kolom chat mediasi Shopee, sedangkan pihak penjual gak aktif dalam kolom chat mediasi.

Mohon bantuan kepada pihak Media Konsumen untuk kiranya membantu saya dalam mengatasi masalah ini. Demikian yang dapat saya sampaikan, terlampir bukti-bukti pendukung berupa “Pengajuan Permintaan Pengembalian Barang & Dana”.

Cartim
Kampar, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Shopee:
[Total:374    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

119 komentar untuk “Beli HP, Dikirim Kayu

  • 4 Agustus 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Dpt disimpulkan pembeli sedang uji nyali, jgn kan merk opa merk lokal aja gak dpt Ram 6/128 harga segitu

  • 4 Agustus 2022 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Kasih an ya pembeli nya
    Mudah kena tepu untungnya masih bisa di retur dg proses panjang dan lama

    Patrick pun tertawa liat harga segini

  • 5 Agustus 2022 - (02:23 WIB)
    Permalink

    Lucu tp kasihan,
    Gak ngerti gimana lu bs ketipu padahal jelas dari dilihat dari harga hp aja udh jauh banget. Gak mungkin hp 200 an untuk 2 buah. Kl harga sangat jauh di bawah pasaran cuman ada 3 kemungkinan
    1. Barangnya gak beres
    2. Nipu
    3. Orang yg jualnya BU (tapi ini satu banding seratus orang) dan orang BU ga mungkin jual di marketplace yg lebih ribet pas bakal lebih milih jual langsung ke orang yg sekota/konter yg deket

    Kl lu ga ada video unboxing 70% kemungkinan kalah dan seller yg menang.

  • 5 Agustus 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Saran saya:
    – Tunggu saja keputusan marketplace yang pada tahap menunggu konfirmasi barang retur diterima penjual dan tidak usah khawatir karena sudah jelas permasalahannya barang diretur dan dana Anda pasti dikembalikan 100% hanya menunggu saja hasil investigasi.

    Komentar terkait belanja murah:
    – Pastikan rating toko bagus dan lihat penilaian dan semua komentar sebelum melakukan pemesanan.
    – Barang discount belum tentu fake sebab ada banyak penyebabnya, contoh untuk produk HP apakah MUNGKIN dapat barang sangat murah? jawaban saya mungkin saja yakni HP untuk pajangan atau demo dari supplier akan menjadi milik distributor setelah mencatatkan penjualan tertentu. Namun memang biasanya hanya dijual oleh distributor kepada kerabat dan kenalan saja.

    Semoga membantu.

  • 5 Agustus 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    TAMBAHAN UNTUK KOMENTAR DISCOUNT FLASH SALE APA MUNGKIN?
    (Diluar Pengiriman Barang yang tidak sesuai yang dilakukan seller diatas dan sesuai ketentuan itu merupakan pelanggaran berat di Marketplace dan sanksinya lumayan berat untuk seller).

    Mengapa bisa ada barang original discount gila-gilaan namun jumlah yang dijual sangat terbatas?
    – Barang stock lama yang diperoleh dengan harga masih murah.
    – Barang yang sudah mendekati masa kadaluarsanya.
    – Barang pajangan atau demo.
    – Barang ada reject sedikit yang tidak mengganggu penggunaan (misalnya tergores sedikit untuk HP, pecah sedikit dibagian lipatan atau satu benang lepas untuk jeans malah yang ini masih banyak dijual normal karena buyerpun tidak menyadari karena memang tidak kelihatan dan lain sebagainya).
    – Barang yang sudah diproduksi pabrik namun dibatalkan karena tidak memenuhi tenggat waktu (biasanya dijual untuk menutup harga pokoknya).
    – Dan masih banyak penyebab lainnya tergantung jenis barangnya.

    Pertimbangan seller:
    – Daripada barang-barang tersebut tidak laku / rusak sehingga akan menambah beban cost mendingan dijual murah sebagai pengganti biaya promosi / biaya iklan.

  • 5 Agustus 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Sebagai penambah wawasan seller dan buyer:

    Ada seller yang berani dan mampu berhitung dengan tepat serta memiliki modal yang besar, bisa menjual barang baru tanpa cacat dengan memberikan diskon besar sebagai pengganti biaya promosi atau biaya iklan dengan contoh pertimbangan sbb:

    – Harga pokok 100rb dijual normal 120rb.
    – Target Penjualan 1.000 pcs (margin 20jt diluar biaya iklan)
    – Budget Iklan 1.000.000

    Pertimbangan Seller: budget iklan 1.000.000 bisa diganti dengan mengambil dari barang yang ada sebanyak 10 buah dan dijual seharga 10.000 untuk mendapatkan rating dan penilaian. Sehingga Seller tetap mendapatkan target margin dikurangi biaya iklan / diganti dari cost 10 buah barang yang ada.

  • 5 Agustus 2022 - (12:30 WIB)
    Permalink

    sepertinya byk toko nipu di shopee, ngasih harga ga ngotak, ada yg beli, seller berharap buyer ga video unboxing, mau ga mau shopee memenangkan seller, dapet duit. trik yg sangat kotor

  • 10 Agustus 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat kelar masalahnya, dan lebih berhati-hati. jangan tergiur dengan harga murah.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 119 komentar sampai saat ini..

Beli HP, Dikirim Kayu

oleh Multi dibaca dalam: 1 menit
119