Pengembalian Dana Ditolak, Padahal Sudah Ada Kesepakatan dengan Penjual

Saya pembeli di Shopee menuliskan keluhan saya terhadap Shopee. Kenapa bisa sudah dikirim semua buktinya dan sudah ada kesepakatan dengan penjual, tapi Shopee memenangkan kasus ke penjual?

Saya membeli ketos kelapa yang jelas-jelas tertulis beratnya 1 Kg. Saya order dan berharap akan diberi pesanan sesuai yang saya bayar, yaitu 1 Kg. Waktu barang sampai, saya langsung timbang, sesuai dengan bukti yang saya lampirkan, beratnya hanya setengah kilo.

Saya mengajukan pengembalian dana, yang akhirnya oleh penjual diajukan ke Shopee. Di kolom diskusi saya sudah mendiskusikan permasalahannya dengan penjual dan penjual sepakat untuk mengembalikan sisa uangnya setengahnya, sebanyak 5.000 rupiah.

Pihak penjual menginginkan saya klik terima pesanan dahulu, kemudian baru dia transfer ShopeePay saya. Karena saya ragu, saya memutuskan agar yang membagi dananya dari Shopee saja agar sama-sama aman. Sebuah bukti sudah saya lampirkan, berserta kesepakatan dengan penjual kepada Shopee.

Keesokan paginya saya cek Shopee saya dan dikagetkan dengan notifikasi kasus dimenangkan oleh penjual. Di sini saya sebagai pembeli sangat dirugikan oleh pihak penjual yang nakal. Saya chat penjual dan penjual semena-mena bilang dia yang memenangkan kasusnya dan memblokir akun saya.

Pertanyaan saya di sini, di mana keadilannya? Kenapa Shopee memenangkan kasusnya dan jelas-jelas semua bukti sudah terlampir dan memang sudah kesepakatan dengan penjual. Makin banyak penjual yang curang dan nakal di Shopee yang bikin waswas belanja di Shopee.

Saya mohon kepada pihak Shopee, berikan perlindungan dan keadilan kepada pembeli agar tidak dirugikan oleh penjual yang nakal dan tolong memberikan keputusan lebih bijak.

Terima kasih banyak Shopee dan Media Konsumen.

Lia Sartika Dewi
Jawa Tengah, Semarang


Catatan redaksi (diperbarui 6/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:39    Rata-Rata: 1.8/5]
Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim,...
Baca Selengkapnya

206 komentar untuk “Pengembalian Dana Ditolak, Padahal Sudah Ada Kesepakatan dengan Penjual

  • 6 Agustus 2022 - (02:02 WIB)
    Permalink

    kesal melihat kebidohan si lia wkwk orang yg sama nih kayaknya sama akun si THE wkwkwk konyol bgt. sudah kak resti habis ini saya co di akun kakak. biarkan anjing menggonggong kak

    • 6 Agustus 2022 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Terima kasih teman teman semua untuk semua komentarnya….shopee telah memberikan solusi terbaik dengan memberikan voucher. Dan satu lagi semua yg dikatakan akun RESTI ini semua BOHONG dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya..Harap hati hati dan waspada. Silahkan masuk ke media konsumen klo anda benar RESTI…terima kasih untuk semua komentar komentarnya

      • 6 Agustus 2022 - (07:09 WIB)
        Permalink

        Dan kamu LIA semoga kamu mendapatkan balasan yang setimpal sudah menjatuhkan orang pemerasan dan sudah membuat keributan membuat fitnah padahal kamu sudah terima uang
        Dengar Lia apakah rasa malu mu hanya sebesar 10 ribu?
        Kalo saya ga berperasaan sudah saya laporkan lebih lebih lagi
        Dan satu lagi kalo kamu memang manusia setidaknya berpikir lah sedikit karena orang orang juga akan takut sama kamu takut akan tindak pemerasan dan yang lain nya dan takut di beli produk nya sama kamu untuk mencari keuntungan semata

      • 7 Agustus 2022 - (23:55 WIB)
        Permalink

        Seperti nya ini sudah masuk hukum pidana pencemaran nama baik…kalau mau tau siapa yang benar bisa di buktikan di pengadilan @lia dan @resti…hayo siapa yang merasa benar laporkan saja ke pihak yang berwajib.

    • 6 Agustus 2022 - (15:48 WIB)
      Permalink

      dibaca dulu BLOK ..jangan sok pintar..terima kasih komentarnya..hati hati dan tetaap waspada

  • 6 Agustus 2022 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Dan buat semua yang merasa seller shopee harap segera di blokir akun tersebut untuk menghindari belanja dan lalu meminta uang kembali dan setelah terima uang gaakan puas sampe disitu akan terus meminta uang dengan alih alih penipu ,dia juga seller sebenernya entah untuk tujuan apa tapi yang jelas kalian cari aman saja

    Takutnya berulah yang lebih lebih lagi
    Terimakasih ☺️

  • 6 Agustus 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Dan kamu Lia orang tua mu kasian sama kelakuan mu demi uang rela mempermalukan diri kamu sendiri rela jatuhkan orang juga,

    Saya anggap ini sebagai pengalaman semoga kamu cepat sadar

  • 6 Agustus 2022 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Halo buat semuanya biarkan saja akun bernama Lia Sartika ini atau akun shopee-nya Semarang_salee jangan digubris dia mau bilang apapun terserah dia karena saya yakin orang-orang di media konsumen juga nggak bakalan kena tipu daya dia yang terpenting orang-orang yang merasa seller harap hati-hati sama akun tersebut takutnya nanti dia order ke kalian lalu mengajukan pengembalian dana dengan alasan apapun itu lalu dimasukkan ke artikel hati-hati buat kalian semua takutnya kalau ke kalian nanti nominalnya besar soalnya nominal kecil pun dia orangnya terlalu berlebihan menjatuhkan orang lain toko orang lain melakukan pemerasan saya harap orang-orang cukup ketawa saja membaca komentar dia yang selalu berteriak penipu biar Allah saja yang membalasnya

  • 6 Agustus 2022 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Sdh ada mediasi dari shopee dan dimenangkan oleh penjual.. Sdh jelas kesalahan pembeli tdk ada bukti yg kuat..

    Produk sudah dimakan, uang refund 10rb sdh dibalikkan. Masih lapor sana sini?
    Memalukan perkara uang 5rb aja, miskin banget lu lia..

    Ikhlaskan, anggap sedekah. suatu saat pasti dikembalikan ribuan x lihat, percaya gk percaya..

  • 6 Agustus 2022 - (23:44 WIB)
    Permalink

    keaimpulannya adalah,

    ini namanya penipu nuduh penipu ke orang lain
    orang goblok teriak goblok ke orang lain
    orang dzolim teriak terdzolimi.

    kebanyakan bilang penipu tapi dia sendiri yang gak ngaca kalo dia sendiri yang penipu.

    sekian dan terimakasih..

  • 7 Agustus 2022 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Dah ramein di Polisi masing masing, yg satu kasus penipuan, yg satu pencemaran nama baik dan gangguan dalam berbisnis.

    yok bisa yok duel di hukum. kalo cuma adu argumen mah bocah juga bisa.

    1
    1
  • 7 Agustus 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Report aja tokonya rame rame si lia ini ,mana dia mencoba melakukan pemerasan dengan minta uang 100K untuk hapus artikel ini
    PENIPU teriak PENIPU
    – barang di makan
    – uang di kembaliin
    – bikin artikel menjatuhkan
    – minta uang 10x lipat buat hapus postingan.
    Fix lu ya Jahatnya di sini
    Udah buat yang baca report aja akun si lia ini , ngomongin attitude lu sendiri gak punya attitude.

    Buat MEDIAKONSUMEN sebelum posting konten lebih baik klarifikasi dulu jangan nerbitin artikel dari salah satu pihak sebelum jelas setidaknya tanya dulu ke sellernya.

    Meski udah di terbitin juga kronologi versi si sellernya

    • 7 Agustus 2022 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Akun si lia udh di blokir shopee wkwk.. Kayaknya akun fake sih buat pemerasan bnyk orang,, nnti gk lama pasti muncul lagi dngn nama/akun lain

  • 7 Agustus 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Hallo kak @Lia,
    Banyak lo itu yang nanya uang kembalian dari seller sejumlah 10.000 nya sudah masuk belum?
    Hayooo jujur, jangan nuduh seller penipu kalau situnya saja juga gak jujur.
    Kamu ngatain seller penipu atas dasar apa? Kalau seller sendiri sudah menawarkan solusi tapi kamu yang nolak.

    Buat kak @Resti semangat kak, sesama seller di Shopee saya turut prihatin dengan kasus ini, nemu buyer yang suka nyari-nyari kesalahan seller.
    Btw saran saya kak untuk di deskripsi barang dijual per butir saja, beratnya untuk ke bagian ekspedisinya biar gak ada celah buat buyer nakal.

  • 7 Agustus 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Semenjak beli baterai hp J2 prime beberapa tahun yang lalu via online.Tapi yang dikirim baterai yang sudah bunting, saya sudah tidak percaya lagi beli barang via online. Mending beli offline, jika penjual macam2 tinggal dijitak kepalanya.

  • 7 Agustus 2022 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Seller udah kooperatif mw transfer lu malah milih jalur shopee, giliran shopee dah mutusin lu ga terima dan ngatain seller.. lu bego apa goblok? Klo lu udah ngikutin saran seller dan terbukti mangkir lu baru bisa ngatain penipu. Lagian ketimbang goceng doang ribut.. seller sampe ganti 2x lipat dari yg lu minta dan masih aja ga ada niatan baik dari lu buat bersihin namanya.. dih kebangetan amat nih buyer sampe masih minta cepe lagi. Emosi bacanya.. tolol.

  • 7 Agustus 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Kalo diliat kronologisnya seller ga salah, pembeli komplen ke seller & shopee, seller setuju ngembaliin 5rb, tapi pembeli maksa nunggu keputusan shopee, nah sama shopee komplennya ditolak. Sebenernya ketika pembeli memutuskan menunggu keputusan shopee, kesepakatan pengembalian 5rb otomatis batal karena keputusan diserahkan ke shopee, dan pembeli ga punya hak lagi nuntut 5rb ke seller, kalo mau nuntut ke shopee aja sono yg nolak komplennya

  • 8 Agustus 2022 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Geli banget gue cuma uang 5.000 sampe nulis di media konsumen segala, udah kasih rating buruk ke seller,, padahal udah d TF 10k oleh seller,,, parah sih ni org, amit2 dah semoga ngga perng dtp cs sprti si lia ini,,,

  • 8 Agustus 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Kalo saya jadi seller ya,saya laporin nih si Lia ke polisi,ibarat kata keluar duit jg gapapa urusan nya udah harga diri soal nya,dituduh penipu,di peras juga.dr bukti tulisan dan komen komen nya saya rasa udah cukup lah buat di seret ke sel 😀

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 206 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Ditolak, Padahal Sudah Ada Kesepakatan dengan Penjua…

oleh Lia dibaca dalam: 1 menit
206