Masalah Pengiriman melalui Anteraja dan Grab, Penjual di Shopee yang Dirugikan

Pertama-tama, saya mau jelaskan secara singkat, saya selaku sebagai penjual. Nomor pelaporan pembeli: 22082400HENTFT1, nomor laporan investigasi yang belum selesai juga: 1562652386536353883. Masalah ini dimulai ketika pembeli membeli produk boneka senilai Rp65.000, menggunakan Anteraja sebagai jasa kirim. Alamat pengiriman dari Jakarta ke Jakarta.

Tidak lama pembeli komplain, katanya ada chat WA dari Grab. Ternyata untuk pengiriman dari Jakarta ke Jakarta pihak Anteraja men-sub lagi ke Grab untuk pengantarannya. Ck..ck..ck.. Luar biasa bukan?

Setelah itu pembeli komplain, katanya barang belum sampai tapi status barang sudah tertulis diterima. Pembeli dan driver Grab chat-chatan. Driver-nya sudah ada di Bandung ngakunya. Akhirnya sementara diganti Rp50 ribu oleh driver (ditransfer ke pembeli), sisanya menunggu laporan ditutup. Ya gak mau lah pembelinya, menunggu lunas baru ditutup.

Akhirnya pembeli baru dapat transferan dari driver, yang secara tidak langsung mengaku kesalahannya dengan ganti Rp50.000 ke pembeli. Saya sebagai penjual menyarankan agar mengajukan saja kepada pihak Shopee untuk pengembalian dana, lalu saya klik tolak supaya masuk penanganan admin Shopee.
Bukti-bukti chat semua ada, mulai dari driver ganti ke pembeli Rp50.000 (dijanjikan sisanya Rp15.000 setelah ditutup).

Pokoknya, setelah itu investigasi dari Anteraja belum selesai, tapi klaim pembeli sudah langsung disetujui untuk dikembalikan full dana Rp65.000. Berarti pembeli mendapat 2x dana transferan dari driver Grab Rp50.000 (sub dari Anteraja) dan full refund RP65.000, total jadi Rp115 ribu. Luar biasa!

Bukti yang saya dan pembeli sertakan ternyata gak dibaca admin Shopee, jadi percuma posting juga. Harusnya kekurangan dana yang ditransfer, tapi ini utuh Rp65.000 dibalikin lagi ke pembeli. Harusnya kan yang sudah dibayar driver Rp50.000, kekurangannya Rp15.000. Ini malah dibalikin full Rp65.000, jadi pembeli dapat 2x dari driver dan dari full refund juga.

Kasus dinyatakan selesai oleh pihak Shopee. Saya sudah tahu akhirnya gini, makanya sengaja saya pancing biar saya muat di sini. Sebab seperti biasa cara penyelesaian sepihak ini saya rasa sering banget dilakukan ke penjual di Shopee.

Saya sebagai penjual disuruh menunggu lagi hasil investigasi, yang belum tentu balik secara full juga. Saya selaku penjual belum mendapatkan ganti rugi sepeser pun, sedangkan pembeli sudah beres, bahkan dapat 2x, wow!

Mohon pihak Shopee, kenapa harus selalu masuk di Media Konsumen dulu baru didengar??? Saya belum dapat penggantian sepeser pun.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:36    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Handy Suryadjaja

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Handy Suryadjaja Husin yang berjudul: “Masalah Pengiriman melalui Anteraja dan Grab, Penjual di Shopee...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Masalah Pengiriman melalui Anteraja dan Grab, Penjual di Shopee yang Dirugikan

    • 30 Agustus 2022 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Cuma yang bikin kesel laporan belum beres ditutup terus.. Saya buka. Ditutup lagi. Admin Shopee yg nangani laporan pengen gue celupin di air keras rasanya….

      11
  • 30 Agustus 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Udah di suspend makanya itu dia transfer ke pembeli berharap di cabut laporannya 😁

  • 30 Agustus 2022 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Saya kok ngga ngerti dengan alur surat pembaca ini.
    Diawal dijelaskan pengiriman jakarta ke Jakarta, tapi setelah itu drivernya bilang ada di Bandung.
    Bandung dan Jakarta aja udah beda kota, beda provinsi, gimana sih maksudnya?

    1
    1
    • 30 Agustus 2022 - (22:49 WIB)
      Permalink

      Sinetron kali alur cerita.
      Apalagi saya yg jalaninnya makin bingung dah…
      Jadi itu driver ngeles intinya di suruh balik lg ke pembeli untuk jelasin barang yg blum diterima itu. Driver grab yg di sub anteraja ini bilang ada bandung ga bisa…. Gitu. Dan udah di suspend makanya mau transfer 50 ribu berharap laporan cabut, trus suspend nya cabut jg. .. Intinya ngeles lah driver nya bilang ada bandung getooo

        • 31 Agustus 2022 - (10:21 WIB)
          Permalink

          Makannya di habisin dulu mas biar mudeng, dibandung itu cuma alasan drivernya doang maszeehh.

        • 31 Agustus 2022 - (10:25 WIB)
          Permalink

          Haha itu kerennya driver grab sub an anteraja ini habis anter barang trus salah anter alias blum diterima tapi udah tulis diterima … Trus besoknya tuh driver jalan jalan ke Bandung 😇. Hebat kan?

    • 31 Agustus 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Intinya dari kejadian tersebut ada yang tidak beres, makanya penulis yg merasa di rugikan memuat kejadian ini di media konsumen.

  • 31 Agustus 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Bukan main karyawan shopee admin cs ni masuk terus perusahaan shopee ni masuk MK perkara pemutusan hasil akhir tanpa liat lain2nya

    • 31 Agustus 2022 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Emang anjing admin Shopee yg nangani urusan komplen ini. Masih tahap investigasi berani nutup laporan loh.

      7
      1

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Masalah Pengiriman melalui Anteraja dan Grab, Penjual di Shopee yang D…

oleh Penjual Pedagang dibaca dalam: 1 menit
14