Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi

Dulu tanggal 11 Agustus 2021, Media Konsumen pernah menerbitkan surat pembaca saya yang berjudul Kecewa dengan Fitur Kontrol Pulsa XL yang Tidak Berfungsi. Lagi-lagi di tanggal 2 September 2022 fitur kontrol pulsa XL tidak berfungsi lagi. Pada tanggal 2 September 2022 saya menanyakan perihal pemotongan pulsa yang di alami oleh nomor saya ke CS XL, saya waktu itu belum tahu pulsa saya terpotong oleh apa?

Pada tanggal 2 September 2022 saya juga mencoba mengecek riwayat transaksi di fitur riwayat transaksi aplikasi MyXL, tapi pemotongan pulsa tersebut gak terekam di fitur riwayat transaksi aplikasi MyXL.

Tidak menyerah saya menanyakan riwayat transaksi di tanggal 2 September lewat live chat di aplikasi MyXL dan ternyata ada pemotongan pulsa untuk pembelian paket, entah paket apa yang di beli. Saya juga tanya ke CS lewat live chat, pulsa saya terpotong oleh apa? Ternyata terpotong oleh layanan Google.

Harusnya itu tidak bisa karena fitur kontrol pulsa saya aktif untuk data, SMS berlangganan, SMS banking. Layanan Google itu masuk dalam katagori SMS berlangganan, biasanya juga tidak bisa memotong pulsa, saya sudah pernah coba berkali-kali, tidak bisa. Namun, di tanggal 2 September 2022 fitur kontrol pulsa XL tidak berfungsi.

Saya sebenarnya awalnya tidak ada niat untuk menulis di Media Konsumen, tapi karena tanggal 4 September XL menyatakan pemotongan pulsa sudah sesuai, saya gak terima.

Pada tanggal 03 September 2022 CS menelepon saya, saya jelaskan ke dia bahwa pulsa saya itu terpotong oleh layanan google meskipun fitur kontrol pulsa untuk SMS berlangganan aktif. CS malah bilang ke saya di sistem mereka fitur kontrol pulsa saya cuma aktif untuk data, saya bilang fitur kontrol pulsa saya aktif untuk data, SMS berlangganan, SMS banking. Saya bahkan sampai kirim bukti tangkapan layar fitur kontrol pulsa saya ke email CS XL tanggal 03 September 2022.

Coba pakai logika, fitur kontrol pulsa dapat melindungi pulsa dari SMS berlangganan, layanan berbayar google termasuk SMS berlangganan. kira-kira kalau pulsa terpotong oleh layanan google dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk SMS berlangganan, pemotongan pulsa sudah sesuai atau tidak? Tentu saja tidak sesuai.

Saya kira pihak xl akan bertanggung jawab seperti kasus fitur kontrol pulsa tidak berfungsi untuk SMS banking, tapi ternyata saya salah. Mungkin ada yang komentar, kan saya coba Youtube premium gratis, salah sendiri kenapa tidak di berhentikan? Saya jawab, pembayaran pakai pulsa harusnya tertolak karena fitur kontrol pulsa saya untuk SMS berlangganan aktif. biasanya juga tertolak meskipun pulsa mencukupi. Nih contoh tangkapan layar pembayaran google tertolak.

Fajar Firdaus
Serang, Banten


Update (14 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:13    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan XL Axiata atas Keluhan Bapak Fajar Firdaus

Jakarta, 21 September 2022 Ref.CM/CU/E/006/0922/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Fajar Firdaus melalui Mediakonsumen.com tanggal...
Baca Selengkapnya

235 komentar untuk “Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi

  • 9 September 2022 - (17:02 WIB)
    Permalink

    update, cs xl td nelepon bilang sudah melakukan pemblokiran layanan berbayar google, tp saya belum coba apa benar sudah melakukan pemblokiran layanan berbayar google. jauh sebelun ada fitur kontrol pulsa, nomor xl saya itu sudah di lakukan blacklist global. bahkan kita bisa melakukannya sendiri lewat *500*8# dan itu membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google.

  • 9 September 2022 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Kalau mau gratisan jangan gitu caranya, rugi banyak bapak, lo salah sendiri gak baca aturan, gak semua fitur bisa aktif semaunya bapak saja, kalau bapak memang pintar baca semua aturannya, biar gak kepotong pulsanya, walaupun sudah aktif fiturnya bukan berarti bapak aman dari pemotongan pulsa, pas gini bapak ngarep uang kembali??? Iya gak bisalah orang itu kesalahan bapak sendiri.

    • 9 September 2022 - (21:15 WIB)
      Permalink

      yang salah itu xl karna sistemnya gak berfungsi dgn baik. wajar dong kalau saya minta ganti rugi. dulu kontrol pulsa xl pernah gak berfungsi untuk data, saya minta ganti rugi dan di ganti, xl pun melakukan perbaikan fitur kontrol pulsa, saya coba pulsa gak bisa terpotong oleh akses internet. artikelnya ada di mediakonsumen https://mediakonsumen.com/2021/08/11/surat-pembaca/kecewa-dengan-fitur-kontrol-pulsa-xl-yang-tidak-berfungsi

      di tahun 2020 xl pernah menawarkan blacklist global lg ke saya nih buktinya, mereka sendiri yg ngomong membuat nomor gak bisa membeli layanan berbayar google walaupun faktanya nomor saya itu sebelumnya sudah di blacklist global sama xl. https://drive.google.com/file/d/1Ig-_IvTmNlxaiXm1nUrpywVzaq1tZM5c/view?usp=drivesdk

      faktanya sebelum ada fitur kontrol pulsa pun nomor xl saya itu emang gak bisa membeli sms konten berbayar. gak bisa membeli layanan berbayar google karna xl sudah memblokir sms konten dari nomor saya. semua sms konten itu diblokir dari nomor saya oleh xl.

      makannya kalau anda buka link google drive saya, itu saya kasih jawaban nomor xl saya sudah di blacklist global, tp masih nerima pesan pop up dan itu pesan pop up gak bisa di blokir oleh fitur hp, kecuali fitur hp yg memutuskan jaringan, misal mode pesawat.

      jadi yg salah xl. kalau punya itikad baik harusnya melakukan ganti rugi karna sistem mereka tidak berfungsi dgn baik.

  • 9 Oktober 2022 - (02:33 WIB)
    Permalink

    kalau punya pengalaman di tawari blacklist global oleh cs xl, harusnya berpikir layanan berbayar google termsuk sms konten jg. dulu itu kalau nomor xl di blaclist global, layanan berbayar google jg ikut di blokir.

  • 9 Oktober 2022 - (02:44 WIB)
    Permalink

    yg punya pengalaman di tawari blacklist global oleh cs xl harusnya tahu jika xl memblokir sms konten, itu akan memblokir layanan berbayar google jg. harusnya paham sih xl dulu menganggap layanan berbayar google sebagai sms konten jg.

  • 23 Oktober 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Cara terbaik untuk kontrol pulsa adalah jangan pakai smartphone, pakai hp jadul atau feature phone aja, yang hanya bisa buat telepon dan SMS.

    Intinya, daripada ribet dengan kontrol pulsa dan biar gak terpotong pulsa, jangan pakai SMS berlangganan, jangan pakai sms banking, jangan pakai ring tone berlangganan, jangan beli layanan Google, jangan menelpon tapi buat terima telepon aja, dan berkirim pesan instan. Beres kan?

    Cara yang paling efektif untuk kontrol pulsa adalah Anda sendiri, kalau smartphone Anda hanya untuk terima telepon dan berkirim pesan instan aja, pulsa Anda aman, gak akan terpotong bukan? Daripada Anda pakai smartphone tapi ribet dengan kontrol pulsa, lebih baik gak usah pakai HP. Beres!

    • 23 Oktober 2022 - (22:59 WIB)
      Permalink

      bocilkah ini yg komen, kok komentarnya bodoh sekali, yah? wajarlah orang menuntut kontrol pulsa berfungsi.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 235 komentar sampai saat ini..

Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi

oleh Kata dibaca dalam: 2 menit
235