Ongkos Kirim Rp644 Ribu Terlanjur Diteruskan ke Anteraja, Tokopedia Tak Kunjung Membantu

Saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya. Saya seorang penjual online di Tokopedia. Saya menjual mesin-mesin sederhana, seperti Mesin Pencacah Serbaguna (Shredder), Puffing Machine (Mesin Pembuat Chiki) dan sebagainya. Saya mulai berjualan di Tokopedia sejak November 2018, dengan toko bernama Precious_Plastic_Machine.

Pada tanggal 9 Juli 2022, saya mendapatkan pesanan dari Bp. Rori sebesar Rp4.250.000 dengan ongkos kirim sebesar Rp644.000 menggunakan Anteraja Reguler (INV/20220709/MPL/2474521762).

Invoice

Setelah pesanan siap, saya melanjutkan pesanan dengan mengirimkan “Request Pickup” sebagaimana biasanya. Namun beberapa hari berselang, kurir Anteraja tidak kunjung menjemput pesanan.

Pada tanggal 13 Juli 2022 siang, pembeli berinisiatif melakukan komplain melalui aplikasi Tokopedia, meminta pihak Tokopedia menginvestigasi pengiriman. Setelah adanya komplain, saya mencoba menghubungi pembeli dan menawarkan untuk mengganti kurir. Kami sepakat untuk mengganti kurir menggunakan JNE Reguler.

Namun karena status pesanan dalam kondisi mendapatkan “komplain”, saya tidak bisa melakukan “Ganti Kurir”, sehingga saya meminta pembeli untuk membatalkan komplain terlebih dahulu. Di luar dugaan saya, ternyata setelah komplain dibatalkan, status pesanan menjadi “Selesai” dan dana sebesar Rp4.250.000 masuk ke saldo saya. Sementara ongkos kirim sebesar Rp644.000 diteruskan ke pihak Anteraja.

Percakapan dengan pembeli

Karena kurir Anteraja tidak kunjung menjemput paket dan pembeli juga membutuhkan paket itu segera dikirim, saya memutuskan untuk tetap mengirimkan paket menggunakan JNE Reguler, dengan biaya sebesar Rp644.000 menggunakan uang saya sendiri (Nomor Resi: 033570003150922). Harapan saya, setelah transaksi selesai, saya bisa mengajukan “kendala” ini ke Tokopedia.

Resi pengiriman melalui JNE Reguler

Setelah paket diterima pembeli, saya langsung melaporkan kendala ini melalui fitur Bantuan Tokopedia Care. Saya menjelaskan kronologi kejadian, tapi hasilnya nihil. Sudah 3x saya melaporkan kendala ini, tapi selalu berakhir dengan permintaan untuk menunggu, dan akhirnya kendala/laporan ditutup secara otomatis. Laporan pertama dengan ID: 39460282, laporan kedua dengan ID: 39597765 dan laporan ketiga dengan ID: 39715969.

Percakapan melalui Bantuan Tokopedia Care

Setelah diterbitkannya surat ini, saya berharap Pihak Tokopedia dan Anteraja dapat menyelesaikan kendala yang saya alami. Terima kasih.

Imam Muhsin Natsir
Kab. Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Imam Muhsin Natsir

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Imam Muhsin Natsir yang berjudul: “Ongkos Kirim Rp644 Ribu Terlanjur Diteruskan ke Anteraja, Tokopedia...
Baca Selengkapnya

31 komentar untuk “Ongkos Kirim Rp644 Ribu Terlanjur Diteruskan ke Anteraja, Tokopedia Tak Kunjung Membantu

  • 10 September 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Waduwh.. Boncos dong. Mau bisnis cr profit malah kena todong dr kurir.. Semoga ada perbaikan sistem.. Mungkin dr pihak buyer klik selesai bukan dibatalkan..

    10
    • 12 September 2022 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, Tim Tokopedia sudah bergerak dengan cepat. Hari ini ongkos kirim sebesar Rp 644rb telah saya terima. Luar biasa.. dalam 2 hari langsung bisa diselesaikan.. Terimakasih Media Konsumen, terimakasih Tokopedia..

  • 10 September 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Salah sendiri, kurir di marketplace itu sekarang tidak.bisa diganti. Apalagi di toped sudah dikasih peringatan. Kalau kurir diganti biaya ongkir ditanggung penjual. Kedua, kalau tidak di pickup ya antar sendiri kan bisa. Kl tidak bisa antar itu gimana, bisa antar ke jne tp ke anteraja tdk bisa. Kalau saya itu bukan kendala yg berarti. Sepele.

    14
    21
    • 10 September 2022 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Justru sekarang Tokopedia membolehkan ganti kurir setelah adanya “Request Pickup” pak, dan sistem Anteraja juga tidak bisa drop ke Gerai (berbeda dengan Sicepat yang membolehkan drop ke Gerai). Saya kira ini adalah kekurangan di sistem “Komplain” Tokopedia, seharusnya setelah komplain dibatalkan, status transaksi dicek dulu, apabila status transaksi sudah “Delivered” baru transaksi diselesaikan.

      7
      2
      • 10 September 2022 - (15:06 WIB)
        Permalink

        Yaelah masih ngeyel. Kalau anda print lewat komputer, ada peringatan di tiap order, jasa kirim tidak bisa dirubah. Titik. Terus siapa yg bilang tidak boleh di drop ke gerai, saya hampir tiap hari tak drop ke gerai, tdk pernah ditolak, tidak pernah bermasalah. Drpd nunggu kapan di pickup, kan malah tidak jelas, seperti dipenjara.

        4
        14
      • 10 September 2022 - (18:12 WIB)
        Permalink

        Anteraja Bisa Drop ke Gerai ya dan Kurir tidak bisa diganti Penjual,Kecuali mau nombok Ongkir full.
        Kalau Komplain di Klik Batal,Otomatis Resi Cashless/Dana msk ke Pihak Expedisi.
        Next kl gk ngerti,minta arahan Cs di Pusat Resolusi/Komplain,Kan disana ada Diskusi.

      • 11 September 2022 - (01:34 WIB)
        Permalink

        Anteraja bisa drop ke gerai kok, sy pernah soalnya pas kurir gak bs pickup karna kehujanan, sy drop di staging yg deket rumah aja (gak hrs dr staging yg biasa pickup)

      • 11 September 2022 - (01:59 WIB)
        Permalink

        Kesalahan penjual..fatal sekali..bs lsg kok drop digerainya lsg..tanpa hrs nunggu dipick up..apalagi berat..kurirnya pst mls…hrsnya chat dulu ke cs tokped..nnt pst dikasih solusi..bukan inisiatif sendiri…semoga next time jd pembelajaran

        3
        2
      • 14 September 2022 - (12:08 WIB)
        Permalink

        Ini bisa jadi masukan bagus untuk tokped kalau komplain d batalkan jangan langsung d anggap selesai.
        Btw kalau saya ga mw ribet dariada ganti kurir saya sebagai customer lebih suka batalin/cancel terus reorder dengan kurir yg berbeda.. biar ga ribet.

    • 10 September 2022 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Anteraja lagi banyak masalah,sebaiknya jangan diaktifkan fitur anteraja.saya pakai sameday datangnya hampir 4 hari

      10
      • 10 September 2022 - (22:53 WIB)
        Permalink

        Setuji saya anteraja harusnya di hapus dari layanan kurir. Lagi pula jawaban tokopedia memang selalu begitu. Tidak menyelesaikan masalah dan di suruh tunggu. Makanya sy sudah uninstall aplikasi tokopedia.

        2
        3
        • 11 September 2022 - (00:03 WIB)
          Permalink

          Betul bgt, antar barang kerumah alasannya banyak benar tp klo kita udh ngadu ke kantor pusat baru deh pada manis n nurut mau antar barang pesanan kita kerumah, sialan kaga tuh,!!!

      • 11 September 2022 - (21:51 WIB)
        Permalink

        Bener banget, paket saya udah lebih sebulan gak nyampe2, katanya hilang tp gak ada tanggung jawab utk pengembalian dana ???
        Udah komplain sama kurir dan pusat tetap gak ada respon.
        Ampun dah ?

  • 10 September 2022 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Gerai anteraja mana yg bs gk bisa drop? Tiap hari saya drop paket jualan ke anteraja (&sicepat), nungguin mrk suka kelamaan pick up padahal toko harus tutup, karywan jg harus pulang.

    • 10 September 2022 - (23:58 WIB)
      Permalink

      Lagian knp pakai jasa antaraja, 2x gua pakai jasa antaraja tp 2x juga gua harus ribut sama kurirnya n klo ada bintang minus 10 gua kasih deh, udh kaga ada kata bintang 3 atau 4 lagi n langsung bintang minus 10

      Masih banyak jasa kirim yg bagus kok seperti JNE atau J&T atau gojek atau grab

      5
      1
  • 10 September 2022 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Anteraja memang suka brengsek waktu itu
    Di Jakarta barat pegadungan kalideres
    Mereka gerai2 sekitar itu memberlakukan hanya pickup dan sudah di anter ke mulutnya pun langsung di tolak dan suruh bawa pulang di minta tolong scan karna sudah terlanjur bawa ke droppoint malah di bentak TUNGGU SAJA DIRUMAH PAK tapi gak di jemput2. Komplain Tokopedia kata memang system’ pickup dan akhirnya dengan kesal saya matikan dia dan semua pesanan saya tanggung ongkir ke kurir lain.padahal sebelumnya enak tinggal drop tapi tiba² gak terima drop
    Dan akhir2 ini baru ada pengumuman dari Tokopedia bisa drop langsung juga, saya sudah tidak percaya lagi sama si kurir² brengsek itu
    Mau cepat langsung didrop malah di usir di tolak mentah²
    Lapor sana sini memang di iyakan hanya pickup menjengkelkan.

    5
    1
  • 10 September 2022 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih jangan aktifkan kurir anteraja, karena pengalaman saya dari pernah memakai beberapa jasa kurir, anteraja adalah yang paling buruk, saya beberapa kali,nggk cuma 1x beli barang di Tokopedia karena jasa kurir nya otomatis pakai anteraja ya mau nggk mau saya pake,paket reguler nya saja sampai tujuan hampir 1 bulan

    3
    1
  • 11 September 2022 - (06:38 WIB)
    Permalink

    AnterAja memang ekspedisi terburuk yang ada di market place.

    Pesan same day diantar 3 hari kemudian.
    Parah

    4
    1
  • 11 September 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Betul sekarang Kurir anteraja tidak seperti biasanya sekarang pickupnya terlambat terus dan pesanan anteraja via sameday biasanya dipickupnya cepat banget tapi sekarang mesti saya yang anter barangnya ke orang kurir anteraja khusus sameday krn kurir Anteraja reguler tidak bisa ambil barangnya,dan ini juga kekurangan dari penjualan dionline via tokopedia atau shoppe dllnya tidak ada yang menguntungkan penjual dan pembelinya ,kalau terjadi hal yang tidak kita inginkan dan yang pasti menurut saya belanja langsung ketoko lebih puas dan kita bisa lihat juga barangnya bagus atau gak dan kita bisa tawar,dan bisa ada garansi ,dan juga karena online juga banyak toko2x yang tadinya ramai sekarang jadi sepi kasihan para pedagang sekarang pada menjerit dan kalau sewa dimall atau digedung kita harus bayar meintenance,air,listrik dllnya,ini saya juga pedagang mengalami hal seperti ini dan mohon maaf jika ada kata2x saya yang kasar atau menyinggung perasaan orang lain terima kasih

  • 11 September 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Kurir anteraja itu paling rakus sama uang rokok dari antara kurir2 lainnya, khususnya yg pickup. Kalo ga di kasih brp hari besok2 pickupnya lambat jadi kyk uang pelicin lah.

  • 11 September 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Anter aj emng ga recomended, nanti ujung2 nya paket di pindahin ke jNE sama mereka, soalnya beberapa kali pake, ga bsa di tracking, pas dateng ada Kode paket JNE

    1
    1
  • 11 September 2022 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Wah orang pakai antaraja kebanyakan jeleknya ya? Kok kalau saya malah mereka yg paling baik dan ramah ??? yg kedua sicepat malam-malam kedua ekspedisi itu masih mau ngantar barang ke rumah saya. Kirim 1 barang aja mau dipick up. Padahal kalo jnt beugh boro-boro lama banget sampe kebesokkan nya juga nggak dipick up. untung gerainya dekat jd didrop in aja. Capek nunggunya suka seenaknya konfirmasi terima lagi padahal barang belum diantar sementang nggak COD main delivered aja. Saya sampai nggak enak sama penjual disangka lama konfirmasi padahal emang barangnya belum sampai ?. Kalau saya sih ekspedisi lama nggak papa, yg penting barang aman, nggak rusak, dan nggak hilang aja udah bersyukur. Alhamdulillah?

    1
    1
  • 11 September 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Semua jasa expedisi pasti ada kendala.. Klo mau yang aman ya, jgn pilih yang murah.. Biar murah asal selamat. Itu semboyan orang yang gak mau rugi.

  • 12 September 2022 - (05:07 WIB)
    Permalink

    Anteraja emang parah. Check resi tertulis pengiriman ditunda karena penerima tidak di tempat dan nomor telepon tidak aktif. Padahal saya dirumah seharian. Besoknya baru diantar saya tanyain, “emang kemarin ada datang?”, Alasannya “oh teman saya itu yang antar kemarin gak ada datang ya?” Malah nanya balik. Kocak. Parah bohongnya ?

  • 12 September 2022 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Kalo dari sudut pandang saya kesalahan ada di 2 pihak
    1. Anteraja.. pickup sampai beberapa hari, sebagai penjual tentu merasa tidak nyaman karena memiliki rasa kewajiban kepada membeli yg sudah membayar melalui tokopedia
    2. Kesalahan penjual yg kurang memahami sistem tokopedia. Saat komplain batal dana akan otomatis masuk ke penjual dan ongkit juga akan masuk ke ekspedisi.., lalu seller berharap setelah brg dikirim, ongkir yg seller bayar ke JNE bs kembali.. disini terlihat ketidaktahuan seller. Hal seperti ini tidak bs dilakukan, sistem tokopedia itu basicnya seluruh transaksi harus melalui tokopedia.. baik dana penjualan, asuransi sampe ongkir semua sudah msk dalam sistem.. jd klo cara manual seperti seller pasti akan bermasalah. Klo seller barang remeh temeh dan ga berat mgkn ongkir 10rb-50rb mah cincai lah.. kalo 644rb ongkirnya ya bs jadi boncos

    Semoga aja tokopedia mau membantu ya kalo udah gini

  • 12 September 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Masih bisa diselesaikan itu selama bukti-bukti pendukung cukup. Cuma butuh waktu proses. Coba jg komplain ke pihak Anteraja, karena record pengiriman tdk ada di sistem dengan resi Anteraja tapi dana diteruskan ke Anteraja. Menurut saya itu sangat mudah ditelusuri. Pihak Marketplace dan kurir selalu berkomitmen menjaga kepercayaan pelanggaran nya. Good luck pak!

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Ongkos Kirim Rp644 Ribu Terlanjur Diteruskan ke Anteraja, Tokopedia Ta…

oleh Imam Natsir dibaca dalam: 1 menit
31