Kekecewaan Terhadap Speeds Official Store dan Tokopedia

Pada tanggal 31 Agustus 2022, saya melakukan pembelian alat olahraga di Speeds Official Store melalui aplikasi Tokopedia dengan harga Rp720.000. Tanggal 09 September 2022, saya menerima paket alat olahraga dan saya terima dalam keadaan terbungkus rapi, double plastic hitam serta ada stiker fragile.

Saat paket saya buka dan saya cek, isi paket dalam keadaan berantakan, seperti barang bekas yang sudah dibongkar lalu di-packing kembali. Serta sebagian besar part baut  dan buku petunjuk untuk pemasangan tidak ada. Saya langsung melakukan komplain di Tokopedia bahwa barang yang saya terima cacat/tidak lengkap,  Saya pun mengirimkan bukti berupa foto pada saat unboxing paket tersebut.

Pada tanggal 12 September 2022, saya menerima pesan dari Tokopedia melalui diskusi komplain, bahwa bukti yang saya lampirkan belum dapat memastikan terkait kendalanya. Akhirnya saya melampirkan bukti tambahan sesuai dengan yang diminta Tokopedia.

Lalu Tokopedia meminta pihak penjual (Speeds Official Store) mengirimkan bukti foto/video pada saat pengecekan hingga packingan barang. Namun pihak penjual tidak merespons hal tersebut sampai pada waktu yang ditentukan.

Pada tanggal 20 September 2022, proses investigasi sudah melebihi batas waktu. Akhirnya pihak Tokopedia mengajukan Klaim Asuransi untuk kendala barang hilang dan meminta penjual mengirimkan verifikasi dokumen yang dibutuhkan. Namun sampai tanggal 10 Oktober 2022, pihak penjual lagi-lagi tidak merespons info tambahan untuk proses klaim asuransi yang diminta pihak Tokopedia dan tidak aktif pada penyelesaian masalah tersebut.

Pada tanggal 11 Oktober 2022, pihak Tokopedia melakukan solusi retur secara keseluruhan dan mengembalikan dana saya senilai Rp720.000.

Yang saya permasalahkan, pihak Tokopedia tidak konsisten, karena pada tanggal 12 September – 10 Oktober 2022, pihak penjual (Speeds Official Store) tidak merespons sama sekali untuk mengirimkan bukti foto/video pengecekan barang sampai packingan barang, serta info tambahan untuk klaim asuransi. Seharusnya itu sudah membuktikan bahwa penjual (Speeds Official Store) memang mengirimkan barang cacat/tidak lengkap.

Saya merasa dirugikan. Apabila saya meretur kembali barang tersebut saya harus menanggung 2 kali ongkos kirim senilai Rp580.000. Jika saya tidak meretur pun komplain saya otomatis dibatalkan dan saya tetap dirugikan, karena barang yang saya terima tidak lengkap/cacat.

Saya sangat kecewa terhadap Speeds Official Store yang tidak kooperatif dan pelayanan terhadap pelanggan sangat mengecewakan.

Terima kasih Media Konsumen telah menjembatani saya untuk mengulas kekecewaan saya terhadap pelayanan Speeds Official Store dan Tokopedia.

Hamdan Prihandana
Berau, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kekecewaan Terhadap Speeds Official Store dan Tokopedia

  • 18 Oktober 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Bahkan official store pun ga aktif utk menangani kendala konsumen! Ga cuma 1 OS doank d toped begitu saja jg alami dtoped di OS perusahaan nasional yg jual beragam produk makanan yg udah ada dr jaman soeharto-skrg pun mrk kirim brg rusak saya unboxing mrk ga mau tggjwb.Pengalaman saya belanja ol,di Blibli sistem return paling fair utk pembeli walau kita diminta bayar dulu biaya kirim balik (dulu Blibli rekanan dng pos Indonesia) nanti bukti resi tsb dikirimkan ke Blibli dan diganti uang ongkir ke rek kita. Bbrp x return dr speaker 300rb, cctv, dan hal ecek² sparepart motor ongkir diganti blibli tapi ya jaman itu blm covid,skrg blm pernah kejadian lg. Di toko ol lain buyer tanggung all in ogkirnya ini buat saya di posisi buyer kalo jelas kesalahan dr seller aturan ini jelas ga fair.

    • 19 Oktober 2022 - (11:53 WIB)
      Permalink

      Ya memang emang paling enak itu belanja di blibli tapi sayang nggak tahu kenapa kok rata-rata harganya lebih mahal sampai ratusan ribu per item barang kalau tidak disediakan oleh blibli store-nya langsung. Kayak emang nggak niat jualan kali ya. Emang sih free ongkir. Tapi tetep aja selisih sama olshop lain terlalu besar

  • 18 Oktober 2022 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Loh saya juga pernah retur pembelian di tokopedia, ongkos kirim dikembalikan loh, baik ongkir awal maupun ongkir balik, memang maksimal sebesar ongkir awal.

    • 18 Oktober 2022 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Si TS ini tampaknya belum retur belum terima pengembalian dana sudah misuh-misuh di MK. Nampaknya belum isi kuota sabar, mohon maklum. ?

      1
      5
    • 19 Oktober 2022 - (15:05 WIB)
      Permalink

      Mana ada ongkir di kembalikan, pembeli itu cuma dapet harga barang doang, misal beli harga 100rb trs ongkir 25rb kena diskon gratis ongkir 20rb jadi pembeli cuma bayar 105rb tiba2 barang di return karena gak sesuai jadi bayar ongkir sendiri 25rb, yg di kembaliin ya harga barang doang, ongkir mah di tanggung pembeli

    • 19 Oktober 2022 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Yg gampang pengembalian lewat JNT bos. Bayar tujuan aja. Kan beres. Kadang penjual memang ga mau bertanggung jawab.

  • 18 Oktober 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Retur aja pak, ongkir kirim balik kita yang talangin duluan. Ntar kalau udah sampai ke penjual dan di klik terima balik duitnya ke saldo kita. Ongkir awal ( kl ga free ongkir ) dan ongkir retur dibalikin kok kalau udah selesai. Diikutin aja alurnya gimana.

    • 19 Oktober 2022 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Lah tahun kmren gw belasan kali return barang, dr HP, makanan, elektronik dll yg gak sesuai deskripsi tapi cuma di kasih harga barang doang, harga barang 100rb ongkir waktu beli 25rb kena potongan gratis ongkir jadi bayar 5rb total 105rb tapi nyatanya yg di kasih cuma 100rb, ini aja belum termasuk biaya ongkir balikin produk

      • 20 Oktober 2022 - (15:07 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna Tokped sejak 2011, dengan level saat ini Diamond Plus. Buat usaha dan keperluan keluarga besar,setahun bisa 1.500 transaksi di Tokopedia saja. Retur tidak pernah sampai belasan kali sih, selama 10 tahun ini cuma 6-8X saja. Terakhir tahun kemarin sepeda rakutan dengan ongkir 125ribu Sicepat Gokil, cacat saya retur. Harga barang dan ongkir awal langsung masuk saldo begitu diterima penjual, untuk ongkir retur menunggu 5 hari baru cair ke saldo Tokopedia. Asal mengikuti panduan di Pusat resolusi tidak akan kita bayar ongkir dan retur. Itu sih pengalaman saya.

        • 18 Januari 2023 - (01:05 WIB)
          Permalink

          Ongkir retur gimana maksudnya pak.. Saya sudah mengikuti arahan tokopedia care, tetapi dana yg di refund hanya nominal barang beserta biaya proteksi.. Sedangkan biaya ongkir tidak di kembalikan.. Kesalahan penjual malah saya sebagai pembeli yg menanggung kerugian ongkir

  • 19 Oktober 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya, kalau toko tidak respon, maka dana 100% balik dan kita gk perlu retur karena tidak ada alamat yang di berikan seller

  • 17 November 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga salah satu pembeli yg kecewa terhadap Speeds Official Store. Saya pesan barang dari jam 10.59 pagi, menggunakan kurir Instan (bukan same day, bukan next day, apalagi yg reguler) dengan harapan barang cepat saya terima.

    Tapi hingga satu hari berlalu, barang saya tidak kunjung dikirimkan. Dichat juga tdk direspon sama sekali. Begitukah pelayanan dari Official Store?

    Mungkin pihak Toped juga harus lebih aktif mereview toko2 mereka terutama yg bercentang ungu agar tidak merugikan customer.

  • 23 November 2022 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Kurang sabar apa TS,itu Ts nya udah 1 bulan nunggu. Kasian juga Ts nya di Kalimantan Timur, mau retur lama banget pasti kalau ke jabodetabek

  • 2 Januari 2024 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Kecewa jg sm speeds, emang salah gak bikin vidio unboxing, bantal elektrik leher yg dikirim gak bisa bekerja, udh di charge sesuai petunjuk, harusnya di cek dl lah sblm kirim dipastikan bekerja, toh packing cm plastik klem aja tanpa segel, jgn barang rusak dijual. Sbg pembelajaran next kudu wajib vidio unboxing

 Apa Komentar Anda mengenai Speeds Official Store?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kekecewaan Terhadap Speeds Official Store dan Tokopedia

oleh hamdan dibaca dalam: 1 menit
17