Pelayanan McDonald’s Jember Sangat Mengecewakan dan Merugikan Konsumen

Pada tanggal 18 November 2022, saya beserta istri dan anak berniat untuk merayakan ulang tahun secara kecil-kecilan. Kami memutuskan untuk memilih makan ke McDonald’s Jl. Hayam Wuruk No.40a, Gerdu, Sempusari, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131 saja. Karena kebetulan saat itu kami mempunyai voucher potongan Rp50.000, dengan minimal pembelian Rp100.000, yang kami beli di aplikasi Shopee.

Singkat cerita, kami sudah memesan menu makanan dengan total harga Rp100.500, menggunakan metode pembayaran ShopePay. Sebelum memesan, saya sudah bertanya apakah bisa membayar dengan metode pembayaran ShopePay? Kasir menjawab bisa.

Setelah itu, saya pun membayar pesanan tersebut melalui mesin scan barcode yang diarahkan oleh kasir. Pembayaran dari aplikasi Shopee saya sudah berhasil dan saldo saya sudah terpotong sesuai dengan bukti berikut ini:

Tak lama setelah saya tunjukkan bukti pembayaran berhasil, saya lihat mbak kasir sepertinya kebingungan, hingga memanggil atasannya (saat itu saya lupa tidak menanyakan namanya). Setelah otak-atik di komputer kasir, bapak atasan ini menginformasikan ke saya bahwa pembayaran tidak masuk. Saya pun kemudian menunjukkan bukti jika pembayaran di saya sudah berhasil, saldo terpotong dan juga sudah ada nomor transaksi dan nomor referensi.

Namun apa pun yang saya bilang, bapak atasan ini masih bersikukuh bahwa pembayaran tidak masuk, dan memberikan saya 2 opsi. Yang pertama, pesanan akan diproses dengan harus membayar kembali dengan cash. Opsi kedua, untuk masalah saldo terpotong bisa langsung komplain ke pihak Shopee.

Melihat antrean yang makin banyak dan rasa malu, akhirnya pun kami terpaksa harus membayar dengan cash dan merelakan saldo serta voucher yang kami beli hangus begitu saja. Saya memahami kendala pembayaran cashless pasti ada. Namun bukannya nomor referensi dan nomor transaksi bisa dijadikan bukti jika pembayaran sudah berhasil? Karena saya pernah belanja di ritel lain dengan menggunakan cashless, saat pembayaran bermasalah hanya diminta bukti screenshot maupun nomor referensi saja, bukan malah memberikan opsi yang membuat atau terkesan merepotkan pelanggan.

Setelah sampai rumah saya mencoba untuk komplain ke pihak McD dan juga Shopee melalui Twitter. Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Beberapa persyaratan bisa saya penuhi, tapi ada satu yang tidak bisa saya buktikan, saat diminta setruk pembelian. Karena pada saat itu setruk pembelian tidak kami bawa pulang, melainkan ditinggal di atas meja sana.

Pihak Shopee sudah menjawab dan menegaskan (dengan bukti-bukti yang kami berikan beserta nomor referensi dan lain-lain) bahwa pembayaran yang katanya tidak masuk ini sudah berhasil. Sama persis dengan bukti pembayaran yang kami miliki, dan berikut terlampir buktinya. Foto setruk yang sempat saya jepret tidak full (karena untuk story)  dan ini jawaban dari email Shopee yang menegaskan bahwa pembayaran sudah berhasil

 

Dengan terbitnya surat di Media Konsumen ini saya berharap pihak McD dapat mengembalikan sesuai dengan kerugian saya, yaitu saldo ShopePay sebesar Rp50.500 dan juga voucher yang sudah kami beli di Shopee sebesar Rp50.000.

Tulisan ini dibuat dengan sesuai apa yang terjadi, tidak bermaksud menyinggung siapa pun dan dapat dipertanggung jawabkan. Terima kasih.

Haris Prabowo Sugiarto
Jember, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai McDonald's:
[Total:133    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Pelayanan McDonald’s Jember Sangat Mengecewakan dan Merugikan Konsumen

  • 24 November 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Inilah salah satu yg membuat saya malas menggunakan Dompet digital..
    Selain sering membuat antrian lebih lama, dan seringnya kasus seperti ini.

    Mudah mudahan cepat selesai masalahnya

    29
    5
    • 24 November 2022 - (16:36 WIB)
      Permalink

      Ya sudah lain kali mending
      Makan di warung pecel lele
      Pinggir jalan atau chicken geprek pak slamet

      8
      41
    • 25 November 2022 - (08:05 WIB)
      Permalink

      Klo ditempat gue semua customer itu self service. Include pembayaran pun self service. simple dan user interface nya gampang digunakan.

  • 24 November 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Hallo McD:
    Anda menerima pembayaran mengunakan ShopeePay melalui kerjasama dengan pihak Shopee kan?
    Dengan kerjasama ini, ada keuntungan dari pihak Shopee antara lain Dompet Digital nya makin fleksibel (bisa digunakan di McD).
    Dari pihak anda pun ada keuntungan, McD menjadi lebih besar peluang menerima calon pelanggan yaitu calon pelanggan yang punya ShopeePay.
    Tidak mungkin tidak ada keuntungan dari sisi bisnis. Kerjasama ini pastilah sudah diperhitungkan.

    Nah, ada kendala saat pembayaran. Kendala terjadi karena masalah teknis komunikasi data antara Sistem Shopee dengan sistem cashier anda. Kok yang disuruh menyelesaikan kendalanya malah konsumen pengguna ShopeePay?

    Kecuali kendalanya terjadi karena kartu ShopeePay yang ditolak oleh sistem saat mau bayar (misalnya karena Saldo tidak cukup, diblokir atau hal lainnya menyangkut validitas kartu ShopeePay)

    Dalam kasus ini, Saldo ShopeePay konsumen sudah terpotong dan tidak masuk ke sistem pembayaran McD.
    Semestinya, pihak McD yang mengatasi masalah ini.
    Bukan malah menyuruh pelanggan untuk mengurus masalah yang terjadi ke Shopee.

    Semoga kasus seperti ini menjadi perhatian yang serius dari McD dan memberikan penyelesaian yang elegan sesuai dengan nama besar anda.
    Jika penyelesaiannya seperti yang dialami TS, lebih baik ditutup saja kerjasama pembayaran ShopeePay.
    Atau bisa mencontoh perusahaan ritel lain dalam penyelesaian masalah yang serupa (seperti yang diinfokan dalam artikel TS).

    Buat TS (Pak Haris Prabowo Sugiarto), ikut prihatin atas pengalaman anda, semoga segera mendapat penyelesaian yang baik.
    Salam.

    62
    1
    • 24 November 2022 - (21:17 WIB)
      Permalink

      Saya pun beli voucher diskon 50% sampai 50.000 dengan minimal belanja 100.000. Bisa terpakai kok. Menurut pengalaman saya, Jika di sistem mcd tidak masuk berarti ada trouble di sistem mcd Jember itu karena pernah alami juga di alfamart dimana transaksi di shopee berhasil tetapi di merchant masih loading luama bgt yang pada akhirnya saya bilang silakan foto bukti bayar saya buat di cek tim alfamart. Ini indomaret pun sama di sistemnya trouble dan akhirnya minta cash tapi saya tegaskan jika sampai besok saldo shopee tidak kembali kepada saya krn sistem indomaret yang trouble maka saya minta uang saya kembali. Dimana pada kenyataannya H+1 sampai skrg pun tidak pernah masuk refund dana yg katanya di sistem merchant baik alamat dan indomaret belum berhasil bayar pake shopee pay. Seharusnya penulis lebih tegaskan ke mcd jember bahwa jika transaksi di shopee telah berhasil sedangkan di sistem mcd Jember belum berhasil maka tidak akan ada pengembalian dana ke shopee pay buyer yang perlu mcd lakukan adalah foto bukti transaksi berhasil di shopee pay buyer untuk lakukan pengecekan berkala dan tanyakan ke cs shopee

      15
  • 24 November 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Sudah datang lagi ke mcd jember dengan membawa hasil klaim ke shopee yang menyatakan pembayaran itu sudah berhasil ato belum?

    3
    7
  • 24 November 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Kapan hari juga gitu di salah satu gerai MD, ada potongan berapa % gitu kalau pakai Kartu bank tertentu, lah pas waktu bayar gak dapat potongan, bilang nya itu promonya sudah expired.
    Kalau sudah expired kenapa masih dipajang segede gaban?
    Yang kalau kaum kismin kayak kita yang suka mantengin promo, pasti langsung sadar kalau ada promo yang hilanh. Nah bagi mereka yang gak cukup aware apa gak merasa ketipu , dikira promo padahal harga normal.
    Dan kalau di gerai lain misal harga atau promo yang terpasang terpasang bed dengan sistem kita di kasih mana yang lebih murah.
    Lah ini boro2 yang ada bisik2 gak jelas sama kawannya..

    13
  • 24 November 2022 - (20:58 WIB)
    Permalink

    baru kejadian kmrn mlm sy jg sama.. masalah sepele sih. beli paket yg isi nya 5 nasi, 5 minum dan 7 ayam crispy.. dikasi paper tray nya hanya 4. tanya ke yg antar makanan, katanya memang segt dptnya.. klo mau nambah bayar. krn ribet sm bocah, sy beresin makanan bt bocah dulu, baru ke kasir tanya lg.. untungnya lg sepi. dia bilang memang segt jatah paper tray nya. sy tegaskan lg klo sy beli yg paket 5 nasi loh, bukan 5 ayam. eh di belakang bagian dapur, karywnnya malah bilang ke temannya ” itu orgnya marah2.” halooooo…. sy bukan marah.. tp sy bertanya, krn dr awal sy pesan pun sy tegaskan klo sy pesan paket yg untuk 5org. dikasi lg sih paper tray nya.. walau sempet kesel jg. pernah jg di mcd cabang lain, karywnnya lg bercanda dgn temannya (karywan jg), lalu teriak kata2 “anjing”. aduuuuhh…. pdhl saat itu lg ramai dan banyak anak2 kecil loh. kayanya perlu di benerin lg deh training karywnnya. bikin ilfiil makan di sana soalnya…..

    18
    3
  • 24 November 2022 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Gua kerja di Shopee, itu dananya sudah masuk ke McD, hanya selang waktu 10 menit, sama aja kaya beli pulsa pasti kan kadang agak lama masuknya, intinya kalao sudah ada nomor referensi dananya sudah terbayarkan.

    16
    • 25 November 2022 - (07:45 WIB)
      Permalink

      Nah kalo begitu ts bisa ke mcd jember lagi tanyakan perihal ini dan minta uangnya dikembalikan.

    • 25 November 2022 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Kalau mau aman gunakan cash, kalau mau potongan harga dan dengan konsekuensi maka gunakan dompet digital, tapi ingat gak akan mulus seperti cash, jadi kedepan nya pelajaran buat orang orang yg suka menggunakan dompet digital

  • 25 November 2022 - (01:20 WIB)
    Permalink

    Itu pihak MCD nya yang ngadi2 dan mencari alasan saya transaksi pakai voucher potongan 50k bisa dan berhasil kok . Seharusnya bapak datengin lagi tantang dia suru kasi liat mana ga berhasil kalau ga berhasil gak akan motong saldo pihak MCD nya aja yang gaptek sok kemero

    2
    1
  • 25 November 2022 - (03:02 WIB)
    Permalink

    Sedikit cerita dari saya…mama saya dapat voucher dr asuransi mobil, 7 voucher cashback alfarmart… Jadi intinya bisa belanja di alfarmart dibayar dengan voucher ..1 voucher senilai 100 ribu.. jadi pas ditanya ke mbak2 kasirnya…mbak nya rada2 bingung… Ujung2nya katanya bisa.. eh rupa nya pas mau bayar kata mbak nya gak bisa..mama kan rada2 gaptek jadi di iya2 kan aja.. akhirnya mama iseng coba di alfarmart lain..bedanya mbak kasir yang ini gercep, gak pake lemot…katanya bisa dan transaksi berhasil..terus 1 voucher gak bisa digunakan karna kata mbak nya udah dipake.. pas dilihat transaksi dikomputer ternyata itu voucher yg dipake di alfarmart sebelumnya…transaksinya berhasil…akhirnya difoto dan balik lagi ke alfarmart pertama..kasir Alfamart pertama minta no wa..katanya nanti dihub jika permasalahan terselesaikan…gak sampe 15 menit, Alfamart yg pertama menghubungi, katanya barang yg sebelumnya gagal transaksi boleh diambil…jadi ntah siapa yg salah…ntah kasirnya yg lemot…ntah sistem nya yg eror…coba mama saya gak iseng mau cek2 ditempat lain..pasti tu voucher udah masuk tong sampah..

    7
    1
  • 25 November 2022 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Shopee lo pake bro, seabrek itu keluhan shopee di MK, dah mana PHK lagi tu pekerjanya, wajar error, dah mau kolaps tuh unicorn startup muahahaha

    4
    1
  • 25 November 2022 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Jelas pihak mcd yg salah. Ud sistemnya lemot, orangnya gaptek. Lengkap.
    Mending langsung aja ke pihak mcd nya dan kasih bukti nomor referensi kesana. Biar bisa di cek.
    Atau mungkin sudah coba hubungi call center mcd?
    Semoga bisa dibantu dari mcd indonesia pusatnya

  • 25 November 2022 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Berarti anda bayar double ke Mc Donald. Bayar ke dua pakai tunai lagi. Yang masuk ke sistem Mc Donald itu yang sudah dibayar parkir shoope pay.

      • 26 November 2022 - (17:58 WIB)
        Permalink

        Belajar komen yang benar juga ya. Biasa ngomong jorok ga usah komentar di media konsumen. Mulut disekolahkan dulu ya.

  • 25 November 2022 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Mungkin Indonesia blm sepenuhnya siap menggunakan Dompet Digital karena sistemnya msh kacau.

    • 25 November 2022 - (14:31 WIB)
      Permalink

      🙂 iya ya. atau … mungkin Shopee dan Mcd bisa mencontoh cara kerja sistem Gopay dengan Livin Mandiri atau OVO dengan Livin mandiri untuk sistem komunikasi datanya….

  • 25 November 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Ribed, bayar Cash aja. Ngapain shopee shopee. Yg udah lalu biarlah berlalu. Anggap aja biaya sekolah. Udah pinter kan. Ambil uang gak usah pake atm, cukup no. Hp.

  • 25 November 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    harga voucher mcd di shopee yg rp 1 perak ya.

    disini aman kok, mending kalo ada self service pake self5 service aja .

  • 26 November 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Lebih tegas Bu, itu murni kesalahan kasir McD. Lawan Bu, karena voucher ibu sudah hangus dibuat kasir. Harus tanggung jawab.

    2
    1
  • 26 November 2022 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Terima kasih respon dan komentarnya teman -teman, saya sudah dihubungi mcd jember dan sudah diajukan refund sebesar 100.500, tiga hari menunggu ternyata yang ditransfer balik hanya 50.500 padahal sesuai screnshoot diatas pihak shopee sudah membayar penuh sebesar 100.500, lalu nominal voucher 50k kemana ? entahlah sudah saya iklashkan daripada ribet bet bet bet, saya sudah coba menanyakan perihal voucher ini ke dm twitter mcd indonesia tapi belum ada jawaban sama sekali, padahal saya lihat sering ngetweet.

    • 29 November 2022 - (06:25 WIB)
      Permalink

      Voucher 50k nya udah dipake sm petugas MCD nya buat makan2…biar bs ikut jg merayakan ultah anak bapak🤭

 Apa Komentar Anda mengenai McDonald's?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Pelayanan McDonald’s Jember Sangat Mengecewakan dan Merugikan Ko…

oleh Haristse dibaca dalam: 2 menit
31