Pengalaman Buruk Belanja 11.11 di Shopee Menggunakan Pengiriman Shopee Xpress

Saya melakukan pembelian di platform Shopee pada tanggal 11 November 2022, dikarenakan saat itu memang moment promo. Pada hari itu saya melakukan 4 pembelian via Shopee, dengan pengiriman menggunakan Shopee Xpress Standard. Maka secara default keempat paket tersebut harusnya tiba dengan estimasi 16 November 2022. Ke-3 paket lainnya saya terima dalam rentang waktu 12-14 November 2022 (tergantung kapan seller melakukan pengiriman). Hanya 1 paket yang bermasalah, berikut ini adalah kronologinya.

Nomor Pemesanan: 221111S1G9Q948
Nomor AWB Shopee Xpress: SPIXD02107926501B
Nomor tiket aduan: 1592513545151799336

  • 11 November 2022: Dipersiapkan untuk dikirim oleh seller.
  • 13 November 2022: Paket diterima di cabang Tanah Abang.
  • 13 November 2022: Paket telah sampai di gudang sortir Cakung (anehnya kemudian tracking resi di gudang Cakung ini dihapuskan oleh Shopee dan di-skip menjadi ke Pasar Minggu di tanggal 16 November).
  • 15 November 2022: Saya melakukan komplain via CS Shopee karena paket 2 hari stuck di gudang Cakung dan dibuatkan tiket pengaduan : 1592513545151799336. Saya meminta refund.
  • 16 November 2022: Paket diterima oleh cabang Pasar Minggu.
  • 17 November 2022: Saya menghubungi CS Shopee lagi karena paket tidak bergerak dari Pasar Minggu dan meminta refund karena paket tidak diterima dan sudah lewat estimasi pengiriman.
  • 18 November 2022: Saya dihubungi CS Shopee Xpress (Rani) terkait paket yang miss route, dan ditanyakan bagaimana kelanjutannya. Saya nyatakan saya tidak mau paket dikirim karena sudah lewat batas estimasi pengiriman, dan saya menginginkan refund. CS Shopee Xpress menyatakan akan mengkonfirmasi hal ini kepada tim Shopee.
  • 19 November 2022: Saya ajukan pembatalan via Shopee
  • 20 November 2022: Paket saya dalam perjalanan untuk dikembalikan ke seller dengan keterangan: Paket telah sampai di gudang sortir Jakarta DC untuk dikembalikan ke pengirim.
  • 22 November 2022: Saya menghubungi CS Shopee dan aktif bertanya di kolom diskusi pengembalian dana ke team Shopee terkait refund. Jawaban mereka: SEDANG DIKONFIRMASI, dan saya kembali diberikan nomor tiket.

Di sini merupakan pengalaman yang sangat buruk dan mengerikan. Yang mana pihak buyer dan seller sudah memenuhi kewajibannya, tetapi Shopee dan Shopee Xpress sebagai perantara lalai dalam memberikan service-nya.

Permasalahan yang saya highlight adalah:

  1. Paket tidak pernah sampai ke buyer dan Shopee tidak mau memberikan refund, tanggung jawab masih ada di pihak ekspedisi (Shopee Xpress), dan sedang dikembalikan ke seller karena mereka lalai memenuhi tenggat waktu. Dari awal hingga akhir paket tersebut tidak pernah menjadi tanggung jawab buyer, lalu mengapa buyer dan seller yang menanggung kerugian dengan dana ditahan?
  2. Pengalaman menghubungi CS Shopee yang sangat mengerikan. Berkali-kali saya menanyakan kejelasan paket, jawaban mereka hanya adalah memberikan nomor tiket aduan ongoing dan tidak ada follow up apa pun. Kemudian hal buruk lainnya, CS Shopee akan menggantungkan pertanyaan dan kemudian langsung mematikan chat.

Jelas bagi saya ini pengalaman terburuk saya berbelanja online dengan di-handle tim customer service yang tidak capable, dan menjadi catatan untuk saya tidak berbelanja di Shopee lagi.

Stefani Werdiningsih
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Shopee Xpress di Shopee:
[Total:78    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Pengalaman Buruk Belanja 11.11 di Shopee Menggunakan Pengiriman Shopee Xpress

  • 25 November 2022 - (08:39 WIB)
    Permalink

    shopee expess =ekepedisi paling buruk dari marketplace arogan dan diktator.

    Barang saya pernah dikirim menggunakan shopee express ketika rusak tidak diganti. Banyak alesan.

    16
    3
    • 26 November 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Saya juga ka selaku penjual, shopee dengan sepihak mengaktifkan secara massal jasa kirim shopee xpress. Padahal jasa kirim ini yg saya hindarkan dari dulu karna selalu mengalami masalah keterlambatan dan sulit komplain (karna mitra shopee jd selalu di bela). Belum lama ini Saya di WA oleh jasa kirim tersebut konfirmasi bahwa di toko saya sudah otomatis aktif jasa kirim ini. Dan kemudian saya bertanya untuk menon aktifkan jasa kirim shopee xpress bagaimana. Dan dengan arogan nya menjawab. Jika mau menonaktifkan jasa kirim shopee xpress silahkan hubungi shopee untuk menonaktifkan gratis ongkir. Karna gratis ongkir harus mengaktifkan jasa kirim shopee xpress. Tolong pihak shopee lebih mendengarkan keluhan para penjual. Beri kebebasan penjual dalam menentukan jasa kirim yg akan di aktifkan.

      7
      1
      • 28 November 2022 - (11:07 WIB)
        Permalink

        Lahh..numpang kok mao bebas! Punya rumah sendiri baru bisa sebebas bebasnya.
        Bikin aja platform sendiri biar bisa terhindar dari kurir shopee xpress jd bisa bikin kebijakan tersendiri. Gitu aja kok repot. Hahahaaa

  • 25 November 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Smartphone saya kalau buka aplikasi Sopi pasti selalu Force Close. Mungkin smartphone saya kini semakin SMART, apalagi sejak sering buka Media Konsumen.

    11
    4
  • 25 November 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Emang itu CS, + team-team abal-abal + SPX pade gak becus kerja, dah payah itu sopi…

    5
    1
  • 25 November 2022 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Bener loh ya, janji harus ditepati, jangan sampai belanja di sopi lagi & nulis keluhan yg sama lagi.

  • 25 November 2022 - (23:26 WIB)
    Permalink

    ya begitulah cs shopee, driver oren pun sering kecewa karena cs shopee selalu pakai jurus pamungkas yaitu meninggalkan chat yg belum selesai dan tdk ada permasalahan yg bisa selesai karena cs shopee selalu menutup chat sebelum selesai,,,,

    3
    1
    • 26 November 2022 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Di aplikasi saya malah tidak ada pilihan kurir selain shopee Xpress, akhirnya mau gak mau pasrah…

      Parahnya barang yang saya beli sudah 5 kali hilang.

      Mereka anggap pengembalian uang itu sudah menyelesaikan masalah? Nggak dong…
      Barang yang tidak jadi didapat itu adalah barang yang dibutuhkan, gak mungkin juga orang belanja barang kalau gak butuh.
      Udah nunggu lama, duit ditahan, eh barang hilang.

      Kerugian materi hanya sebatas pengembalian nilai barang, namun kerugian waktu, kerugian kacaunya kerjaan atau keperluan karena barang tidak sampai dan kecewa itu kerugian materi dan non materi lho.

      Semoga Tokopedia, Blibli dan Bukalapak semakin banyak seller di Kalimantan timur, agar saya bisa MENGHAPUS aplikasi shopee…

      2
      1
      • 26 November 2022 - (22:18 WIB)
        Permalink

        Saya juga tinggal di kalimantan timur justru ngerasa lebih aman & nyaman klo belanja di shopee

  • 26 November 2022 - (06:47 WIB)
    Permalink

    ada beberapa market place yang sangat besar ..
    dalam sistem mereka, masing-masing melayani pengaturan transaksi ratusan ribu barang online ..
    dan, berjuta-juta orang juga terlibat disitu ..
    sangat wajar bila terjadi masalah pada beberapa paket yang ditangani ..
    komputer saja, yang sudah punya jalur-jalur yang pasti, kadang-kadang juga bisa “hang” ..

  • 28 November 2022 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Baik lazada atau shopee memaksa penjual untuk mengaktifkan memakai jasa kirim yg di rekomendasi kan, sebagai penjual hanya bisa pasrah, menerima komplain dari pembeli,

  • 28 November 2022 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Kebanyakan orang pinter ngomong tapi gk pinter mikir, minim adab….harap maklum! Wkwkwkwkk
    Gak salah banyak terciptanya smart phone ketimbang smart people nya. Netijen mah bebas yak. Ckckck

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Shopee Xpress di Shopee?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Buruk Belanja 11.11 di Shopee Menggunakan Pengiriman Shopee…

oleh Stefani dibaca dalam: 2 menit
25