Refund Berhasil, tapi Tetap Ditagih dan Diteror Telepon oleh Debt Collector

Saya tertipu oleh penjual di Akulaku, saat membeli meja makan. Resi yang diinput oleh penjual tidak bisa dilacak. Akhirnya saya melakukan refund di Akulaku tanggal 14 November 2022. Pengajuan refund diterima dan berhasil pada tanggal 17 November 2022.

Bukti saya telah melakukan refund pada tanggal 14 November 2022, dan refund saya diterima pada tanggal 17 November 2022.

Seharusnya masalah selesai sampai di sini, tapi justru masalahnya baru mulai. Biarpun status refund saya berhasil, tapi tagihan tetap berjalan. Saya sudah menghubungi customer service Akulaku berkali-kali, tapi hasilnya nihil. Tagihan tetap berjalan dan sekarang, tanggal 02 Desember 2022 sudah tanggal jatuh tempo.

Bukti tagihan masih berjalan dan sekarang sudah tanggal jatuh tempo

Hampir setiap hari saya menghubungi customer service Akulaku, tapi tidak ada solusi, hanya disuruh menunggu. Padahal hari ini sudah tanggal jatuh tempo.

Seminggu sebelumnya saya diteror oleh debt collector Akulaku, yang menyuruh saya untuk membayar tagihan. Padahal saya sudah jelaskan kalau saya sudah melakukan refund, tapi debt collector tidak mau tahu dan memaksa saya untuk membayar atau dia akan meneror saya setiap hari sampai saya membayar.
Bukti s

Sampai saya membuat artikel ini, saya masih ditelepon oleh debt collector Akulaku setiap 1-2 jam sekali. Apa segitu bobroknya sistem Akulaku sampai refund saja harus menunggu berminggu-minggu? Sampai tanggal jatuh tempo pun belum dihilangkan juga tagihan yang sudah di-refund.

Sariah Parinduri
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:98    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Sariah Parinduri

Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Sariah Parinduri pada tanggal 04 Desember 2022 dengan judul “Refund Berhasil,...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Refund Berhasil, tapi Tetap Ditagih dan Diteror Telepon oleh Debt Collector

    • 4 Desember 2022 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Kayaknya masalah utamanya bukan debt collector, tapi tagihan yang seharusnya sudah hilang saat refund tapi masih ada dan bisa bikin SLIK jelek karena akan dianggap keterlambatan.

      • 16 Desember 2022 - (16:50 WIB)
        Permalink

        AkuLaku aku delet, nggak ngerti sistem penilaian sperti apa, Limit dikasih besar, tapi ngggak bisa dipake…dicairin apalagi..
        Belanja di AkuLaku bukan tempatnya, hargany Gila mahal banget, cicilan juga nggak Wort it..
        Semoga forum ini bisa menjadi Evaluasi buat AkuLaku..klo ingin melangkah seperti Merchant Merchant besar yang ada PayLaternya nggak usah nanggung..

    • 5 Desember 2022 - (10:45 WIB)
      Permalink

      Sudah saya blok dan mereka menghubungi lagi dengan nomor lain. Sampai ganggu saat saya sedang kerja.

      Yang saya khawatirkan itu SLIK saya karena sudah ada keterlambatan pembayaran pada aplikasi, sedangkan saya hubungi customer service katanya suruh diabaikan, dan mereka gak menjamin uang saya akan dikembalikan kalo saya bayarin dulu tagihannya.

        • 5 Desember 2022 - (23:35 WIB)
          Permalink

          Hari ini tagihan sudah hilang, tapi denda tetap ada karena sudah lewat jatuh tempo 3 hari.
          Saya mau follow up lagi.

      • 5 Desember 2022 - (14:45 WIB)
        Permalink

        Pake app true caller aja bu aktivkan blokir no yang tidak ada di buku kontak biar mereka ga akan bisa nelpon lg

    • 5 Desember 2022 - (12:00 WIB)
      Permalink

      buat laporan kepolisian saja jika terus diteror, jika anda hanya adu mulut dan ngasih seribu alasan itu percuma, karena anda telah dianggap oleh mrk nasabah galbay. saran saya kepolisi jika anda ingin bebas teror,

      3
      1
    • 5 Desember 2022 - (22:03 WIB)
      Permalink

      gmn mau Block.. ga liat itu nomor ga ada yg sama? di Block jg mereka bakal ganti nomor

      1
      2
    • 6 Desember 2022 - (10:32 WIB)
      Permalink

      Cuekin aja, kalo telpon angkat tapi diamkan biar mereka ngomong apa juga lu ga denger. Itu bukan kesalahanmu jadi stay cool saja. Ntar lama² juga bosen sendiri. Pokonya kalo disuruh bayar JANGAN MAU!!!

  • 4 Desember 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Akulaku aku delet tuh..limit besar tp nggak bisa dipake..udah gitu bunganya tinggi..untuk aplikasi bagus BRI Ceria, Jenius BTPN..

    8
    2
    • 4 Desember 2022 - (17:16 WIB)
      Permalink

      makanya saya anti sama semua paylater”, bunga tinggi. mending pake cc banyak diskon dan sistem jelas asal bayar tepat waktu tidak ada bunga. AF bisa minta hapus

      12
      1
      • 5 Desember 2022 - (13:27 WIB)
        Permalink

        Tp kk saya citybank dah 14 tahun. Tiba Tiba di tutup sepihak gara gara 1 tahun ga Ada pemakaian 😭

    • 5 Desember 2022 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Hubungi aja terus akulaku nya…kl bisa samperin kantor nya..,cuekin aja dc..emg mereka krjaan nya udh gitu kl ada limpahan dri partner..sprti akulaku..yg penting bukti refund msh ada..biasa nya sistem komputer akulaku nya yg ngaco…blm update…kl ada pengancaman dri dc…lngsung minta ktmuan aja drmh..atau sm2 ke Polsek..bikin laporan…dijamin para dc..pasti ga mau…

      • 5 Desember 2022 - (10:46 WIB)
        Permalink

        Setiap hari sudah saya hubungi lewat livechat, sosmed dan telepon, cuma disuruh tunggu doang.

          • 5 Desember 2022 - (23:37 WIB)
            Permalink

            Iya.
            Hari ini tagihan sudah hilang, tapi denda masih ada karena sudah lewat 3 hari dari tanggal jatuh tempo. Seakan-akan memang sengaja diulur sampai lewat jatuh tempo.

            Saya mau follow up lagi.

  • 4 Desember 2022 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Emang dari dulu Akulaku a.k.a Akutipu sering bermasalah. Kasih bukti bu kalo sudah melakukan refund. Kalo masih ngeyel DC-nya ancam balik lapor ke polisi. Paling langsung takut DC-nya.

    9
    1
  • 4 Desember 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Mampir sama kejadian yg sy alami sy keditipu akun sy dibobol dan ada pesanan barang yg sy tidak pesen tiba2 ada tagihan masuk sy disuruh bayar sudah dilaporan kekantor akulaku tidak ada solusinya malah sy disuruh bayar sy tidak mau bayar ditlp dc sampai mau datang kerumah

  • 4 Desember 2022 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama kayak yg fyp di tiktok beli iPhone pakai paylater di Shopee, harga 9juta di retur. Limit kembali ke akun paylater tp bunga dr transaksi tetap lanjut sebesar 1,5juta wajib di bayar, ngeri sekali riba memang, g dapat barang pun masih bayar bunga nya

  • 4 Desember 2022 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Itu kerjasama antara mereka, meskipun Refund berhasil , mereka akan tetap di tagih. Jika anda punya bukti semua Refund anda, jangan pernah takut , jangan, gusar jangan pernah di bayar tagihan tersebut . Hadapi dengan tenang. Mereka DC hanya mencari kelemahan nasabah kepanikan nasabah supaya kita bayar tagihan. Andai tagihan anda bayar, maka DC yg lain akan datang lagi untuk meneror dan menagih Anda.
    Simpan semua bukti Refund mereka tidak akan berani nagih datang ke rumah.
    JANGAN PERNAH DI BAYAR TAGIHAN YA.

    • 5 Desember 2022 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Kecewa dgn sistem dan cara kerja akulaku.tgl 16 november bayar,nyata kode va via bank bca sebesar 1.498.000.Tagihan tetap muncul serta denda berjalan.sampai hari ini tgl 5 Desember,total tagihan hampir 2 jt,20 hari kami menunggu dari pihak terkait dgn no laporan 10119764.tapi tetap tdk ada penyelesaian.

  • 5 Desember 2022 - (05:15 WIB)
    Permalink

    Sama yang saya alami untuk pembayaran pinjaman di akulaku.sudah byr dhn kode va akulaku sebesar 1.498.000,tapi tagihan tetap total serta denda yg berjalan.sy lgsg lapor email dan live chat akulaku,tp menunggu sampai 20 hari ini.skrg sdh hampir 2.jt.jls di permainkan dan alasan sistem.

  • 5 Desember 2022 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ngalamin yang sama. Bukti pembayaran sudah dibayar pun sudah saya kirim. Tapi disistem mereka gak ilang. Itu kasus 2021. Dan sampai 2022 pun masih ada. DC pertiga bulan sekali. Meneror trus. Karena jengkel aku upat2 tu dc. Sambil aku kirim bukti pembayaran. Tiga bulan berhenti gak ada teror. Tapi 3 bulan selanjutnya berulang begitu. Terakhir bulan lalu. Saya aja ketemuan dcnya dirumah dan gak ada yang datang. Kan kurang ajar… Semenjak saat itu saya gak gunakan akulaku lagi. Emang ******* aplikasi akulaku

  • 5 Desember 2022 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Dari tahun ke tahun masalah debt colector ini trus menjadi momok.. polisi harus lebih tegas dlm pemberantasan debt colector dan masyarakat harus kompak dlm membasmi debt colector..sah2 aja main hakim sendiri daripada makin banyak korban

  • 5 Desember 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Hampir semua paylater yg beroperasi di Indonesia adalah milik orang luar negeri yg beroperasi di Indonesia..jd buat masyarakat harus lbh hati2 dgn aplikasi pinjol dan sejenisnya

  • 6 Desember 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Tagihan udh gk ada aplikasi akulaku udah d hpus dari hp 3bulan tau2 ada sms dari aplikasi akulaku dan wa ada tagihan yg blm d bayar kan lucu konfirmasi tapi percuma ttp tagihan masih ada

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Refund Berhasil, tapi Tetap Ditagih dan Diteror Telepon oleh Debt Coll…

oleh Sariah Parinduri dibaca dalam: 1 menit
39