Penipuan dan Pembobolan Akun Kredivo untuk Transaksi 15 Juta Rupiah Lebih di Blibli

Pada tanggal 26 Desember 2022 sekitar pukul 4 lewat sore, saya melihat iklan di Instagram mengenai promo BCA BI Fast Rp0. Saya tertarik untuk mendaftar. Saya mengira ini adalah iklan asli dari BCA, jadi saya mengeklik “Sign Up” pada iklan tersebut, kemudian saya diarahkan untuk mengisi nomor kartu ATM dan nomor HP saya.

Seketika itu juga, saya dihubungi oleh orang yang mengaku sebagai CS dari Bank BCA melalui WA dan membantu proses pendaftarannya. Sekali lagi, karena mengira dia adalah CS asli dari BCA, saya pun mengikuti arahannya untuk login ke mobile banking BCA saya, dan saya juga diarahkan untuk mengaktivasi One Klik saya dan mengunduh BIFAST.apk, yang ternyata adalah aplikasi peretasan hp dan akun mobile banking BCA saya.

Saya mengetahuinya setelah mengecek saldo BCA saya yang lenyap. Tidak sampai di sana, selang 2 atau 3 jam kemudian, saya menerima SMS notifikasi bahwasanya terjadi 2 transaksi pembelian kulkas melalui Blibli, senilai Rp15 juta lebih, dengan menggunakan akun Kredivo saya, yang tidak pernah saya gunakan sebelumnya untuk transaksi apa pun.

Segera saya menghubungi pihak Kredivo dan Blibli untuk membatalkan transaksi dan membuat laporan. Namun si penipu membeli langsung ke toko dan sudah mengambil barangnya, sehingga tidak bisa dibatalkan. Kemudian saya membuat laporan ke pihak polisi.

Yang saya sesalkan di sini, pihak Kredivo mewajibkan saya membayar tagihan, karena memberikan data-data pribadi seperti OTP dan PIN. Masalahnya saya tidak memberikan OTP ataupun PIN pada si peretas, melainkan si peretas mendapatkannya sendiri dari peretasan hp saya.

Si peretas pastinya menggunakan perangkat hp yang berbeda dengan saya. Bukankah harusnya dari pihak Kredivo meminta verifikasi wajah sesuai kebijakan yang tertera di FAQ Kredivo? Apalagi saya tidak pernah menggunakannya sama sekali sejak registrasi (tahun 2019). Bukankah akun saya seharusnya sudah tidak aktif sesuai kebijakan Kredivo? Namun si peretas malah bisa berhasil melakukan transaksi pembelian dengan akun Blibli dia dan membebankan tagihannya ke akun Kredivo saya.

Saya juga menanyakan ke pihak Kredivo, mengapa akun saya yang tidak pernah melakukan transaksi apa pun bisa di-upgrade ke akun premium tanpa upload NPWP?

Sekali lagi saya tidak pernah melakukan transaksi pembelian apa pun di Blibli dengan akun Kredivo saya. Namun pihak Kredivo mengharuskan saya membayar tagihannya. Bagaimana mungkin saya harus membayar tagihan atas transaksi pembelian yang tidak saya lakukan sama sekali?

Saya meminta kebijakan pihak Kredivo untuk membatalkan semua tagihan yang tidak saya lakukan ini terkait sistem keamanan Kredivo yang saya pertanyakan di atas.

Rosnita
Medan, Sumatera Utara


Update (9 Januari 2023): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 


Update (14 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 


Update (21 Januari 2023): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Penipuan dan Pembobolan Akun Kredivo untuk Transaksi 15 Juta Rupiah Lebih di Blibli

Menanggapi surat keluhan penipuan Kredivo yang dikirimkan Ibu Rosnita, yang diunggah pada Media Konsumen pada 4 Januari 2022 dengan judul...
Baca Selengkapnya

90 komentar untuk “Penipuan dan Pembobolan Akun Kredivo untuk Transaksi 15 Juta Rupiah Lebih di Blibli

  • 6 Januari 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Sepertinta yg bermasalah itu pas anda berikan no kartu atm dan mendaftar one klik BCA.. Karena jika sudah daftar one klik segala transaksi ga perlu pake otp.. Jadi seharusnya yang disayangkan adalah sistem dari oneklik BCA mobilenya..
    Karena saya juga pernah kena modus yang sama melalui one klik BCA..

  • 6 Januari 2023 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Malang nasibmu ts. Saran sj, perbanyak literasi agar lbh tambah wawasan. Gambarannya bgini, kredipo ditugaskan penipu buat byr tagihan kulkas di bli². Tagihan di eksekusi hny dlm waktu max 1menit. Uang msk ke bli². Bli² akan meneruskan uang tsbt estimasi setau sy seminggu kemudian. Rentang wkt ini bisa dtelusuri kpn jm brpa hari tanggal si penipu ambil brgnya ke tokonya. Hingga uang bermuara di rek siapa. Melalui cctv toko akan sangat jelas pd wkt kjadian tsbt jk penipu ambil brgnya ktoko. Jika tdk ada indikasi terbesar adalah gestun, ini lbh berat lg bagi si pemilik toko krn hal ini menyalahi aturan. Jelang akhir taun lalu mmg bnyk scam mcm bgtu, di wa sy jg masuk tiba², tp modusnya dr ekspedisi J**. Nomor sy lihat nomor asing +1. Dia tanya mau kirim paket ke rumah sy, tp nyasar. Dia minta lengkapi detil alamat melalui apk. persis sprti itu, dsuruh klik buat isi. Lngsg sy blg, semua kurir ekspedisi ktempat sy udh hapal dluar kepala alamat sy. Kalopun anda kurir baru, ga akn bgini modelnya,mesti lngsg telpon. Klo mau nipu anda salah target. Lngsg sy blok & report di wa.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan Kredivo?

Ada 90 komentar sampai saat ini..

Penipuan dan Pembobolan Akun Kredivo untuk Transaksi 15 Juta Rupiah Le…

oleh Rosnita Shi dibaca dalam: 2 menit
90