Barang Retur COD Di-repack, Shopee Menolak Klaim

Saya mengirim pesanan COD di Shopee, pengiriman dengan kurir Anteraja, nomor resi: 10006404247850. Namun kemudian pesanan diretur dan isi paketnya berbeda. Awalnya saya kirim minyak merek Bimoli Spesial, tapi yang diretur merek Sania.

Dari luar sudah terlihat paket di-repack. Paket yang saya kirim tanpa lakban coklat, tapi ketika diretur ada lakban coklat.

Ngajuin klaim pun ribetnya minta ampun, seolah ingin lari dari tanggung jawab. Awalnya gak nyambung, dikira belum diterima, malah nyuruh nanya sendiri, terus maksa minta bukti tambahan.

Memang saya tidak punya video unboxing, karena di formulir klaim COD pun tidak diwajibkan. Kalau memang bukti kurang mendukung pun, harusnya diinvestigasi benar gak di-repack seperti di foto? Bukan memaksa seolah ingin lepas tanggung jawab, karena di formulir klaim tidak wajib dan bukti foto paket sudah jelas di-repack dengan lakban coklat.

Muhammad Taufik Hidayat
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Shopee:
[Total:63    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Muhammad Taufik Hidayat

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Muhammad Taufik Hidayat yang berjudul: “Barang Retur COD Di-repack, Shopee Menolak Klaim” di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Barang Retur COD Di-repack, Shopee Menolak Klaim

  • 11 Januari 2023 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Memang Shopee berbelit-belit soal pengajuan klaim, saya sih menyarankan tidak mengaktifkan pembayaran COD karena banyak buyer yang coba2 dan berbuat nakal jika kita tidak punya bukti berupa video untuk klaim jika terjadi sesuai pada barang retur

    7
    1
  • 11 Januari 2023 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Kamu punya stok barang serupa ga? Tinggal dipacking ulang aja, bikin video packing.
    Lalu untuk unboxing kamu masukin lagi minyak Sania ke dusnya, dilakban lagi, bikin video.
    Begitu.
    Shopee masih bisa diakalin karena gak wajib mencantumkan detail tanggal pembuatan video jadi cukup bikin video pake barang dan kemasan yang serupa aja.
    Yang agak ribet itu justru Toped karena wajib ada detail tanggal pembuatan videonya.

    6
    1
    • 11 Januari 2023 - (11:55 WIB)
      Permalink

      @Note:
      “Yang agak ribet itu justru Toped karena wajib ada detail tanggal pembuatan videonya.”

      Bukan ribet, tapi lebih memenuhi rasa keadilan jika ada perselisihan antara buyer dan seller dan mencegah trik akal-akalan seperti yang anda ajarkan.

      16
      3
      • 11 Januari 2023 - (13:26 WIB)
        Permalink

        Justru yang potensi besar akal-akalan itu pihak pembeli, bukan penjual.
        Penjual wajib bikin video packing lengkap dengan detail tanggal pengambilan.
        Pembeli tidak wajib video unboxing.
        Dari sini, potensi curangnya lebih besar dimana? Dan dimana letak asas keadilan yang Anda bilang?
        Logikanya kalau penjual wajib bikin video packing dengan detail tanggal pengambilan, maka pembeli juga wajib bikin video unboxing dengan kriteria yang sama. Itu baru namanya memenuhi asas keadilan.

        11
        2
        • 11 Januari 2023 - (15:32 WIB)
          Permalink

          Ini keluhan penjual bro,,saat penjual terima barang retur,pas unboxing ga video in,jd nya ga ada bukti video kalo terima brg returnya ternyata isi paketnya udah diganti oleh pembeli

          • 11 Januari 2023 - (21:49 WIB)
            Permalink

            Ya makanya, pembeli juga harusnya wajib lampirkan bukti video unboxing saat dia terima paket dari penjual dan wajib juga lampirkan video packing saat dia retur paket ke penjual untuk memastikan barang yang dia terima dan dia retur itu dari jumlah dan jenisnya sama persis. Ini kan nggak, biasanya yang diminta bukti detail itu cuma dari sisi penjualnya aja.

            2
            1
  • 11 Januari 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Menurut saya itu resiko pengiriman benda cair keluar kota.. Harusnya dalam kota aja pakai same day/instant.. Walau pakai kardus itu ada potensi bocor kalau minyak, detergen, pewangi pakaian & barang2 cair lainnya.. Harusnya masukin lagi dalam plastik & didalam kardus pake buble wrap lagi.. Itu diganti kemasan lain kemungkinan di kantor kurir bocor, jadi inisiatif kurir ganti

  • 11 Januari 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Barang cairan dilarang kirim, kecuali lokal setempat…kemungkinan bocor tertindis barang lain dan kurir menggantikan.

  • 11 Januari 2023 - (21:52 WIB)
    Permalink

    System t0l0l COD jangan diikutin, b390 bgt itu jaman cashless masih cod aja

    3
    1
  • 11 Januari 2023 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Udah tau barang dibalikin kenapa ga divideo unboxingnya didepan kurir, padahal udah tau barang direpack

    Kemungkinan direpack itu karena paket rusak pakingnya makanya dilakban

    Orang kalau mau nipu ya ga bakal dituker sania, paling di tuker barang ga jelas..

    Mau nilai berdasarkan fakta juga sellernya kurang bukti..

  • 12 Januari 2023 - (01:02 WIB)
    Permalink

    Saya baru kehilangan uang sebesar 23jt, jadi modus nya pelaku chat via WhatsApp kalau ada paket saya sedang dalam pengantaran(kebetulan juga saya memang memesan baterai laptop). Kemudian pelaku mengatakan bahwa pketnya sdh dekat Dan membutuhkan konfirmasi jdi dia mengirimkan sebuah aplikasi jnt.apk untuk diinstal Dan mengkorfirmasi barang saya, setelah saya menginstal aplikasi nya dan terjadilah ilang dalam sekejab uang saya

  • 12 Januari 2023 - (05:09 WIB)
    Permalink

    Kalo masih diganti ya gpp lah. Beda merk doang, tapi sama-sama merk bagus. Kecuali diganti sama merk yg kurang dikenal atau diganti benda asal2an. Hmmm. Semoga kasus ecek kayak gini ga ada lagi di media konsumen, dikit2 ngadu ke media konsumen. Pdhal kerugian ga ada. Klo ada juga kecil bgt. Ga wajar.

    1
    1
  • 13 Januari 2023 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Kalo berdasarkan minim bukti dan diadu dgn logika, sprtinya bungkusan kardus situ bocor, kemudian isinya yang sudah rusak diganti oleh kurir scara individu krn gak ada konfirmasi dari jasa ekspedisi, lalu dilakban kmbali dgn kokoh krn masih pakai dus yg sama. Klo org yg beneran nyuri gak bakalan ganti apalagi dgn benda yg serupa, beda merk doang mungkin gak nemu dia merk yg sama. Sah2 aja sih klaim kerugian, tp klo gak pake video unboxing ya jelas ditolak krn gimana pengadil mau nimbang ini kejadian real atau fake.. Apalagi cod yg beritanya santer suka bnyak yg retur, plus paket yg visible bgt sdh berbeda, harusny sdh awas dr awal

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Barang Retur COD Di-repack, Shopee Menolak Klaim

oleh Taufik Hidayat dibaca dalam: 1 menit
15