Pembelian Airpods 3 di Tokopedia, Isi Dusnya Kosong

Pada tanggal 31 Desember 2022 pukul 11.47 WIB, saya membeli Airpods 3 seharga Rp 2.783.400 dari sebuah toko di Tokopedia bernama “New rizkyapple”. Nomor invoice: INV/20221231/MPL/2941309658, dengan pengiriman GoSend Instant, nomor resi:  GK-11-678334843.

Pada waktu itu penjual menyarankan memakai jasa pengiriman GoSend Instant, karena saat itu toko akan segera tutup order pukul 12.00 WIB karena akan libur tahun baru. Waktu itu saya mengiyakan saja tanpa khawatir apa pun. Karena saya juga sudah 2 kali beli Airpods di toko ini. Namun perbedaannya kali ini saya memakai metode pembayaran BCA virtual account, sebelumnya saya belanja di sini menggunakan limit kredit.

Proses berjalan mulus , dan pada pukul 13.25 saya mendapat notifikasi kalau barang sedang perjalanan ke saya dan sekitar pukul 14.00 paket sampai di saya . Perjalanan paket dari penjual daerah Jakarta Pusat ke saya di Jakarta Selatan, Pancoran. Setelah paket sampai, sesaat itu juga saya unboxing dan karena saya saat itu sedang sendiri jadi saya memvideokan bukti unboxing-nya ,dengan cara menyenderkan hp saya ke tembok. Berikut saya sertakan videonya di link Youtube:

Selama proses unboxing, saya merasa curiga kenapa dus Airpods 3-nya susah sekali untuk dibuka dan segel green peel dari Apple terasa seperti double tape, karena setelah dibuka terdapat bekas sobekan. Saya pernah unboxing Airpods 3 sebelumnya dan saya tidak melihat green peel dari Apple yang asli seperti ini. Yang asli itu biasanya ketika green peel-nya disobek tidak membekas dan sangat halus. Experience membuka kardusnya pun tidak sesulit yang sekarang ini saya unboxing.

Ternyata benar kecurigaan saya, ketika dengan susah payah saya berhasil membuka kardusnya, Airpods-nya tidak ada di dalam , dan saya hanya menerima dus kosong.

Sesaat itu juga saya langsung hubungi seller untuk mengirimkan bukti-buktinya. Namun tidak ada respons, mungkin toko sudah tutup libur tahun baru, mengingat close order sudah di jam 12.00 tadi. Selanjutnya saya langsung menggunakan fitur komplain yang ada di Tokopedia. Nah dari sini saya akan menjelaskan kronologinya sesuai tanggal:

Tanggal 2 Januari 2023,  pihak Tokopedia Care merespons di diskusi chat dengan meminta bukti dari packing dari penjual dan unboxing dari pembeli. Akan tetapi ada masalah, karena penjual hanya punya video packing dari CCTV. Pihak Tokopedia pun menyuruh penjual untuk memberikan bukti packing yang lebih jelas (saya sangat setuju di sini, karena saya tidak melihat benar apa yang sedang di-packing apakah itu Airpods yang mana).

Keesokan harinya tanggal 3 Januari 2023, karena penjual tidak mempunyai bukti video packing yang lebih jelas atau video detail sebelum barang di-packing, maka penjual merespons dengan memberi video tentang isi gudangnya dan menjelaskan bahwa mereka hanya menjual barang yang tersegel.

Lalu pihak Tokopedia bilang akan investigasi dengan estimasi 5×24 jam terhitung dari tanggal 2 Januari 2023.

Tanggal 4-5 Januari 2023, tiba-tiba pihak Tokopedia chat lagi dan minta bukti-bukti tambahan dari penjual dan pembeli. Saya pun langsung memberikan bukti tambahan yang diminta. Lalu pihak Tokopedia bilang kalau sudah mengecek ke pihak GoSend dan tidak ada indikasi repacking atau kerusakan.

Tanggal 6 Januari 2023, pihak Tokopedia meminta kembali bukti tambahan dari penjual, karena bukti packing yang sebelumnya tidak jelas menunjukkan nomor invoice dan label pengiriman (video sebelumnya yang diberikan oleh pembeli hanya berupa CCTV. Di sini pihak Tokopedia juga sudah memberi tenggat waktu, jika sampai tanggal 9 Januari penjual tidak bisa mengirimkan bukti tambahan, maka pihak Tokopedia akan segera memproses solusi retur refund. Pihak Tokopedia juga menyatakan sudah menghubungi penjual lewat nomor telepon yang terdaftar, tapi tidak terhubung.

Tanggal 7 Januari 2023 , tiba-tiba Tokopedia dengan sepihak mengubah keputusan menjadi investigasi lagi dengan kurir kembali, dan memundurkan proses refund tanpa waktu yang tidak diketahui. Sampai saat surat ini ditulis, pihak Tokopedia belum memberi progress kelanjutan kembali perihal kasus saya. Bahkan sudah hampir 3 hari ini chat diskusi saya benar-benar tidak dibalas sama sekali.

Saya sangat kecewa dengan service Tokopedia saat ini, ini jelas sangat merugikan saya. Kalau memang mau investigasi kembali dengan kurir, mohon diberi estimasi waktu atau setidaknya ada laporan progres kasusnya sudah di investigasi sampai mana.  Pihak Tokopedia masih pegang uang saya sebesar Rp2,7 juta sekian dan itu bukan uang yang kecil buat saya. Jadi tolong pihak Tokopedia tanggung jawabnya, segera selesaikan kasus saya ini atau setidaknya kasih progres dan estimasi waktu saja. Kalau memang kasus ini sedang dikerjakan pasti ada progres dan estimasi waktunya dan tolong balas pesan saya di pusat resolusi atau chat diskusi .

Imam Luthfy
Jakarta, Selatan


Update (23 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Tokopedia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

88 komentar untuk “Pembelian Airpods 3 di Tokopedia, Isi Dusnya Kosong

  • 20 Januari 2023 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Teman2 untuk sekedar info per tanggal 20 January 2023 ini , dana refund dari tokopedia sudah saya terima dan barang dinyatakan hilang oleh tim tokopedia .
    Terima kasih untuk media konsumen sudah up kasus saya ini , terima kasih juga untuk teman2 di media konsumen yang sudah memberi saran2 yang bermanfaat .
    Saya akan lebih berhati2 lagi jika berbelanja online untuk kedepannya . Terima kasih .

  • 21 Januari 2023 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Buyer penulis artikel mau nipu ya?
    Saya liat video unboxingnya, itu barang keluar dari kamera. Dan ada perubahan arah waktu barang keluar kamera dan masuk kamera.
    Kayak dituker

    • 21 Januari 2023 - (14:07 WIB)
      Permalink

      Case closed ya bro , pihak tokopedia , penjual dan pembeli sudah menemukan solusinya . mohon untuk ikuti perkembangan kasus ini dari awal ya , dibuka komentar2 yang dari awal dulu , disana semua ada penjelasanya. Thanks

  • 22 Januari 2023 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Video unboxing nya kyk nuker kotak lain, klo kyk gini Susah liat mana yg salah Dan benar..

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 88 komentar sampai saat ini..

Pembelian Airpods 3 di Tokopedia, Isi Dusnya Kosong

oleh Imam dibaca dalam: 3 menit
88