Shopee Meneruskan Dana ke Penjual, Tanpa Persetujuan Pembeli

Pada tanggal 14 Januari 2023, saya melakukan pemesanan produk barang Blok Seher 54P Cylinder Komplit Yamaha, dari salah satu toko di Shopee, nomor pesanan: 230114BAKRX4ST. Tanggal 15 Januari 2023: Saya menerima barang tersebut pada malam hari, saat saya pulang bekerja.

Tanggal 16 Januari 2023, saya membawa motor saya ke bengkel langganan saya, dan setelah dilakukan turun mesin/bongkar mesin, ternyata blok yang saya pesan/dikirimkan tidak dapat digunakan, karena tidak presisi. Lalu saya melakukan komplain melalui aplikasi Shopee. Singkat cerita, saya berkali-kali komplain tapi selalu dibatalkan oleh tim mediasi Shopee, dan respons dari tim mediasi Shopee seperti bot/sistem.

Tanggal 30 Januari 2023, saya ditelepon oleh Tim Shopee, dan saya menjelaskan permasalahan saya secara detail. Informasi dari tim Shopee, saya hanya perlu menjelaskan di forum diskusi Shopee, bahwa saya keberatan dengan biaya untuk melakukan turun mesin kembali, yang sebelumnya saya sudah kena charge Rp300 ribu. Akhirnya saya mengikuti arahan dari tim mediasi Shopee.

Tanggal 04 Februari 2023, saya ditelepon kembali oleh tim Shopee melalui telepon dan menginformasikan kepada saya bahwa laporan saya akan diteruskan kepada pihak Shopee. Saya sudah mengirimkan file yang diminta oleh tim Shopee melalui email, dan selanjutnya tim Shopee yang telepon saya akan meneruskan kebagian terkait.

Tanggal 05 Februari 2023, pesanan saya sudah otomatis terselesaikan. Padahal saat berkomunikasi di forum diskusi Tim Shopee tidak pernah menyetujui untuk pelepasan dana kepada penjual, karena barang produk tersebut tidak dapat digunakan.

Saya sangat merasa dirugikan oleh Shopee, dan ini kejadian bukan hanya 1x, sudah berkali-kali. Sebelumnya saya sudah dirugikan oleh tim Shopee dengan nominal yang cukup tinggi, sekarang pun saya dirugikan oleh tim Shopee kembali. Tim Shopee berhak melepaskan dana dengan adanya persetujuan oleh pembeli. Ini tanpa persetujuan oleh pembeli, Shopee langsung melepaskan dana saya.

Saya ingin tanggung jawab dari Tim Shopee. Untuk barang silakan kalian ambil, karena barang tersebut tidak saya gunakan sama sekali karena tidak sesuai/tidak bisa digunakan.

Aditya Nataprawira
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Shopee Meneruskan Dana ke Penjual, Tanpa Persetujuan Pembeli

  • 9 Februari 2023 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Sudah selesai, hanya mendapatkan kompensasi sebesar 100rb, terima kasih, bersyukur aja deh walaupun rugi 200rb.

    3
    6
    • 9 Februari 2023 - (18:41 WIB)
      Permalink

      Anda terlalu naif… Ingin hemat malah bonyok…. Seperti gak ada aja toko spare part di kota anda. Dah tau penjual online ini banyak yg jadi calo toko. Yg punya toko langsuang hanya 10℅ saja… Lebih nya pihak ke 2 dan ke tiga.

      9
      3
    • 10 Februari 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Resiko beli sparepart motor di online ya hrs terima kalau barang ga sesuai dan akhirnya ga bs di pake.

  • 9 Februari 2023 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Setahu saya barang yang dijual kalau gak cocok itu murni kesalahan buyer sih tapi ya sudahlah kalau sudah selesai.

  • 9 Februari 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Banyak juga untung usaha bengkel ya, sekali bongkar mesin 300 ribu, pantas orang cina banyak buka usaha bengkel. Yang jadi montir nya pribumi

    4
    34
  • 9 Februari 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Saya saranin klu membeli bagian2 fatal utk mesin mending langsung kebengkel yg tersedia part,di jamin puas krn berinterkansi langsung sama penjual dn mekaniknya.klu sdh dirugikan knp belanja online lg emg ga kapok

  • 9 Februari 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Harusnya kalau beli barang beginian yang butuh presisi akurat jangan beli online. Dan walaupun pembeli tidak klik pesanan selesai dalam 1×24 jam sistem akan otomatis meneruskan dana ke penjual sesuai dengan ketentuan berlaku.

  • 10 Februari 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Ini bukan salah penjual
    Penjual suda mengirimkan sesuai produk yg dijual
    Presisi atau tidak nya ke mesin itu tgg jawab pembeli, karena yg punya motor itu pembeli, bukan penjual
    Jika suda dibuka, dipasang terus engga cocok mau dibalekin lagi itu di toko offline bos, bukan di online
    Jika dikembalikan ke penjual, gimana mw jual lg?
    Suda di bukak barang nya
    Sial kalo jumpa pembeli kek gini

  • 11 Februari 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Cocok/tidak cocok itu bukan dicocokan dengan ukuran di motor yang anda pakai, tapi ukuran yang tertulis di judul dan deskripsi produk. Jika anda komplain karena tidak cocok dengan motor anda itu murni kesalahaan anda. Masih beruntung anda dapat pengbalian uang. Seharusnya tidak ada pengbalian sama sekali.

  • 11 Februari 2023 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Bengkel toko sparepart lebih brkah kerikbang udah beli online malah rugi. Coba kalo kamu beli toko sparepart / bengkel pasti lebih berkah

    • 11 Februari 2023 - (09:31 WIB)
      Permalink

      knp ya buyer tu klo belanja online asal belanja ketika salah order yg disalahin penjualnya . kebanyakan tidak tanya ke pembeli dulunya klo menyangkut presisi. pembeli kaya gini wajib diblokir sih . asal aja order lucu dan aneh ******nya hakiki banget

  • 11 Februari 2023 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Penjual tidak salah, soalnya biasanya di taruh di deskripsi atau mau beli tanya dulu ke penjualnya, kecuali memang penjual salah kirim barangnya.

  • 11 Februari 2023 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Untuk produk seperti ini memang sangat beresiko membeli secara online. Jauh lebih bijak anda beli dan pasang di bengkel langsung di bengkelnya, urusan langsung selesai, dijamin presisi dan cocok barangnya.

    Niatnya mau hemat malah jadinya bayar lebih banyak kan?
    Ada alasan kenapa di online bisa jauh lebih murah, karena pastinya pelayanan tidak maksimal

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Shopee Meneruskan Dana ke Penjual, Tanpa Persetujuan Pembeli

oleh ADITYA dibaca dalam: 1 menit
14