Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

Pada tanggal 16 Februari 2023 sekitar pukul 20.00 WIB, ada nomor yang menelepon ke WhatsApp saya, mengatasnamakan dari pihak Shopee. Dia bilang akun Shopee saya terpilih dapat voucher, yang bisa dicairkan jadi uang tunai Rp1,5 juta atau RP1,4 juta. Dia menyebutkan persyaratan pemenang harus ada koin Shopee 25 ribu dan SPayLater aktif.

Penelepon itu bilang, hadiahnya tidak bisa dicairkan semua, dikarenakan ada cicilan SPayLater di akun saya. Jadi dia mau membayar cicilan SPayLater saya selama 3 bulan. Entah kenapa, saya percaya sekali dengan penelepon itu, dan terbukti tagihan SPayLater saya dilunasi oleh dia selama 3 bulan.

Karena di loudspeaker, orang tua saya mendengar percakapan saya dan si penelepon kemudian marah kepada saya. Karena mendengar orang tua saya marah dan ribut, jadilah saya cancel dan bilang ke si penelepon untuk dikembalikan saja dana yang dia bayarkan untuk melunasi cicilan SPayLater saya selama 3 bulan. Penelepon menyuruh saya menunggu beberapa menit dan bilang kalau pengembalian dana itu butuh waktu 12 jam.

Kemudian malamnya dia menelepon lagi untuk konfirmasi pengembalian dana. Penelepon mengarahkan untuk klik link untuk pengembalian dana tersebut. Setelah klik link tersebut saya diarahkan untuk mengisi PIN SPayLater-nya. Ketika sudah selesai mengikuti arahan si penelepon itu, saya mengecek SPayLater dan baru ngeh kalau tagihan SPayLater saya ada riwayat transaksi Rp930 ribu sebanyak 10x transaksi dan total tagihan menjadi Rp12 jutaan.

Saya coba telepon dan chat kembali si penelepon itu, tapi dia sudah memblokir kontak WhatsApp saya. Mohon bantuannya.

Shafa Annisa
Kab. Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:97    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

90 komentar untuk “Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

  • 22 Februari 2023 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Tidak ada yg bisa membantu..klo pun pelaku d tangkap uang e juga ga bakal kembali..hanya ada 2 cara pertama di bayar
    Kedua tdk usah d bayar resiko blacklist bank indonesia

    67
    1
    • 23 Februari 2023 - (07:51 WIB)
      Permalink

      saya bersyukur cuma dikasih limit 500rb itupun karena gak pernah dipake dinaikin terus limitnya, palah jadi takut kan ๐Ÿคฃ

    • 23 Februari 2023 - (11:00 WIB)
      Permalink

      bapaknya suruh dounloud get contac atau tru celler.skrg mahh salah satu aplikasi itu kudu wajib ada di HAPE.jd kalau ada no aneh, mencurigakan.bisa cek di aplikasi itu

      11
      • 26 Februari 2023 - (09:49 WIB)
        Permalink

        orang engk punya etika nama nya lo tu blom tentu nomor asing yang hubungi anda orang jahat bisa jadi keluarga jauh atau teman lama..

    • 24 Februari 2023 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Kirain kena penipuan kaya gimana ehh cara lama juga toh ๐Ÿคฆ๐Ÿผโ€โ™‚๏ธ…pdhl shopee udh sering ngasihtau lho kalau akun resminya pasti ada centang birunya..jadiin pelajaran aja deh,buat kedepannya supaya jgn cpt percaya. Anggep aja sedekah kalau diminta harus bayar jg,mau gimana lagi itu murni kesalahan ts sih jadi ngga tau deh shopee nya mau berbaik hati apa engga ni..

  • 22 Februari 2023 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Modus lama. 2-3 tahun lalu sering dpt telpon/wa yg nagku2 shopee, tinggal diabaikan aja. Mgkn bahkan tukang tipunya iseng aja hubungi anda malah tenyata dapat mangsa empuk.

    Jgn punya harapan ada yg bantu anda diluar circle anda. OJK, Polisi, Shopee, pihak berwajib tdk akan bs. Banyak2 baca, tingkatkan literatur, di sosmed byk kasus2 spt ini diberitakan.

    50
    2
    • 23 Februari 2023 - (09:57 WIB)
      Permalink

      What hell? Ada korban lagi…

      Saran saya jika ada nomor asing telpon, bersikap galak dan tegas saat pertama dan selama mengangkat telpon. Ini bs membuat mental yg telpon down.

      Kejadian yg pernah alami, dari suaranya saja saya tahu bhw dia akan menipu, karena beda suara orang yg pernah ditraining service excellence di bidang jasa, dengan suara orang yg berniat jahat, saya maki2 orang tsb sampai dia sendiri yg matikan telpon.

      9
      1
      • 23 Februari 2023 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Benar pak saya juga pernah Tahun 2022 lagi mau mandi sore tiba” di tlp bilangnya dari shoppe saya katanya dapet hadiah 2jt dari limit padahal saya gada Limit saya dengerin aja dya ngoceh” katanya bisa langsung dpt dan dicairkan , ga lama dya batuk” ngomongnya pun Logat nya jawa Langsung katain EHH MONYET BENGEK LU MAU NIPU GUE HAHAHA langsung dimatiin

        • 24 Februari 2023 - (09:08 WIB)
          Permalink

          ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ gk kebayang marah” pk logat jawa โ˜•๏ธ

    • 23 Februari 2023 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Itu no luar negeri kk… Saya juga pakai shopee… Jelas sekali kalau itu penipu…. Kalau shopee yang real,ada centang biru nya….

          • 23 Februari 2023 - (05:36 WIB)
            Permalink

            Harusnya pas tagihan udah dibayarin tuh penipu langsung blok WA tuh penipu, telp ke CS Shopee matiin Shopee paylaternya.. Biar senjata makan tuan tuh penipu yg ketipu๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

            25
            1
          • 23 Februari 2023 - (07:47 WIB)
            Permalink

            Jgn hpny aj yg smart,orgny jg harus smart zaman skrg siapa yg kasih uang gratis mana ada

            19
  • 22 Februari 2023 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Beratt..berat..buat pelajaran aja,kan sudah sering di ingatkan hati hati dengan link gak jelas,…masalahnya bisa selesai dengan cara di bayar atau sekalian galbay..resiko slik ojk buruk..selain 2 cara itu kayaknya sulit s3lesai lah…

    15
    • 23 Februari 2023 - (13:49 WIB)
      Permalink

      ko jd gg aman ya mke spaylater. Gmn nih shoppe? Itu juga terjadi dengan istri saya tagihan smpe 2 juta rupiah. & ketika hub cs shoppe malah mengatakan kesalahan pemilik akun. Kapok make shoppe

      2
      13
      • 24 Februari 2023 - (05:46 WIB)
        Permalink

        Yg namanya gak aman itu kalo anda gak ngapa2in tiba2 di bobol, kalo kasus ini mah bukan gak aman tapi karena korban ngasih data pribadi secara suka rela, ibarat 1000 satpam jaga di perumahan kalo pemilik rumah ngasih sertifikat tanah ke maling dr luar komplek dan baru sadar kalo penipuan bbrpa jam kemudian ya sama aja, terus mau nyalahin tuh komplek gak aman? Lucu amat, kecuali kalo maling nya masuk ke komplek yg d jaga 1000 satpam trs kemalingan itu baru namanya gak aman, lah kalo ngasih nya di luar kompleks itu bukan kompleks nya yg gak aman tapi korban nya yg lucu

      • 24 Februari 2023 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Mau pake apapun (bahkan pegang uang tunai) klo ga mau baca, ga mau catch up sama teknologi ya bakalan kena penipuan

        Yg ngeri itu sebenernya kenapa makin banyak penipu berkeliaran

    • 23 Februari 2023 - (17:43 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah jika tergiur hadiah iming iming pengen untung malah buntung sebuntung buntungnya wkwkwk

  • 22 Februari 2023 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Langsung matiin aja lah telpon2 orang yg gak di kenal kaya gitu drpada runyam, ga ngutang malah jadi nyicil utang…

    10
  • 22 Februari 2023 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran, itu kan pembayaran merchant, coba tanya call center shopee itu transaksi di merchant apa. Ga usah berharap uang balik, tapi at least bisa ente samperin merchantnya

    17
  • 22 Februari 2023 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Harusnya waktu tagihan 3 bulan anda dilunasi anda langsung blokir nomor nya

    Mungkin langsung video call nomor tersebut pakai nomor baru yang lain

    Atau gunakan fitur shopee complain untuk membatalkan transaksi itu.

  • 22 Februari 2023 - (23:15 WIB)
    Permalink

    cara ampuh menghindari penipuan berkedok aplikasi: jangan tergiur samsek dgn imingยฒ cashback, pelunasan tagihan dipercepat, atau benefit apapun di luar aplikasi resminya.

    17
  • 22 Februari 2023 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Perasaan di MK sering ada berita beginian…. nggak baca apa ya? Tapi giliran kena masuk MK. Semoga diberi ketabahan dan kesabaran ๐Ÿค•๐Ÿคง๐Ÿ™†๐Ÿ˜ด

    13
  • 23 Februari 2023 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Kalau mau .. sewa hacker dan pembubuh bayaran aja … 1 -4 miliar kelar urusan

    1
    9
    • 23 Februari 2023 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Emang playing victim. Itu modus. Padahal yg chat dia sendiri juga. Yang main dia sendiri juga. Trik lama.

  • 23 Februari 2023 - (00:55 WIB)
    Permalink

    “Entah kenapa, saya percaya sekali dengan penelepon itu”

    Entah mengapaaaa…

    mohon bantuan apa? kan kesalahan sendiri?

    15
    • 26 Februari 2023 - (19:13 WIB)
      Permalink

      No free Lunch..
      Hari gini kok masih percaya orang mau bayarin 3 bulan padahal nggak kenal, nggak saudaraan…jika benar dibayarin, iru cuman pancingan…

  • 23 Februari 2023 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya sy turut prihatin atas musibah yg anda alami, dan untuk kedepannya smoga ini jadi pembelajaran. Sebagai pembaca tentunya kami g bisa bantu selain nasehat dan bahkan jika anda komplen ke pihak shopee pun kemungkinan besar jg anda pasti hanya disuruh bayar sesuai transaksi tsb walaupun notabene bukan anda yg melakukannya tapi berdasarkan riwayat di sistem shopee itu adlh transaksi sah krna sudah memasukkan pin transaksi. Lain kali berhati2 dan teliti nomor penelfonnya apalgi jelas itu kelihatan nomor hpnya dan pasti bukan dari shopee. Jika anda sering buka mediakonsumen tentu ini bukan pertamakali terjadi krna di mediakonsumen audah banyak kasus yg mirip2 seperti ini,Salam.

    • 23 Februari 2023 - (06:29 WIB)
      Permalink

      Mau simpati begitu baca enggak jadi. Maaf ya, itu salah anda sendiri yang naif dan dibutakan oleh keserakahan. Yah, semoga ada solusi.

      • 23 Februari 2023 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Saya turut berdukacita atas musibah yg menimpa Anda… Tapi percayalah semua masalah pasti ada jalan keluarnya… Yg bisa anda lakukan saat ini adalah sabar dan ikhlas, ambil hikmahnya dari semua kejadian ini. Mari instrospeksi diri, apakah ini ujian, teguran, atau hukuman/balasan dari tuhan atas kesalahan yg pernah dilakukan pada orang lain dimasa lalu.

  • 23 Februari 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Anda berani kasih pin itu mirip anda berani kasih akun anda ke orang tercinta membebaskan dia pakai sesukanya. Atau mirip anda kasih cek kosong dengan tanda tangan anda.

  • 23 Februari 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Saya turut berdukacita atas musibah yg menimpa Andaโ€ฆ Tapi percayalah semua masalah pasti ada jalan keluarnyaโ€ฆ Yg bisa anda lakukan saat ini adalah sabar dan ikhlas, ambil hikmahnya dari semua kejadian ini. Mari instrospeksi diri, apakah ini ujian, teguran, atau hukuman/balasan dari tuhan atas kesalahan yg pernah dilakukan pada orang lain dimasa lalu.

    • 23 Februari 2023 - (15:21 WIB)
      Permalink

      kok 2023 masih ada aja yg kena modus gini, astaga, dari nomor telpon aja kode nya +1, jangankan +1 dehh, +62 aja masih kepake buat modus beginian, foto profil si penipu juga aneh, semangat yaa bang bayar nya

      1
      1
    • 24 Februari 2023 - (01:51 WIB)
      Permalink

      Menurut saya sih dari sini bisa di ambil hikmah nya dan menjadi was-was kepada yang lain jika di kasih link bukan resmi jangan di klik apalagi jika di suruh masuk kan kode OTP atau PIN, karena pihak marketplace tidak meminta sandi, PIN, OTP apalagi identitasi pribadi. Jalan satu-satu nya laporkan ke pihak berwajib untuk diskusi kan jalan terbaik nya gimana, serta minta keringanan dan cantumkan bukti kuat laporan nya. Kalau semisal tetap di suruh bayar ya bilang saya akan semampu nya membayarnya tapi tidak bisa semua nya.

    • 24 Februari 2023 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Jangan mau klik link yg gak jelas yg sdh di atur penipu sekali di klik semua data dan apa yg di ketik dan pasword no pin pindah ke mrk .itulah kecanggihan teknologi yg di salah gunakan penjahat

  • 23 Februari 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    ayo aktifkan SHOPEE SYARIAH, biar ga bisa pake spay, spinjem apapun itu yang nyicil2.. aman dari jebet. dan kuatkan iman

  • 23 Februari 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Selamat ya. Mana ada shopee bayarin shopeepay kita. Shopeepaylater itu bukan punya shopee. Namanya doank katna kerjasama

    • 23 Februari 2023 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Entah Anda terlalu polos, atau anda terlalu muda untuk memegang smartphone,, sehingga rentan sekali kena penipuan..
      Tidak ada yg bisa membantu, karna sepenuhnya kesalahan ada di tangan Anda sendiri..
      Kami cuma bisa memberitahu adek.. Pertama, jangan pernah percaya penuh sama orang asing yang telpon, walaupun rayuannya manis yah.. Kedua, PIN / password / kata sandi / OTP, itu semua bersifat pribadi, adek, jangan pernah kasih PIN adek ke orang lain yah..

  • 23 Februari 2023 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Kan utang km sempat di bayarkan dia 3 bulan, harusnya km bersyukur…
    Tapi malah km dan ortu km marah lalu di cancel..
    Tersinggunglah dia, karena dia sudah mau berbuat baik dgan km, tapi km balas dgan seperti itu..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Makanya km langsung di kasih ulti sama dia, buatn bayarin cicilan dia 9x..๐Ÿ˜‚

    2
    3
  • 23 Februari 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Mau simpati begitu baca enggak jadi. Maaf ya, itu salah anda sendiri yang naif dan dibutakan oleh keserakahan. Yah, semoga ada solusi.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 90 komentar sampai saat ini..

Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

oleh Shafa Annisa dibaca dalam: 1 menit
90