Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

Pada tanggal 16 Februari 2023 sekitar pukul 20.00 WIB, ada nomor yang menelepon ke WhatsApp saya, mengatasnamakan dari pihak Shopee. Dia bilang akun Shopee saya terpilih dapat voucher, yang bisa dicairkan jadi uang tunai Rp1,5 juta atau RP1,4 juta. Dia menyebutkan persyaratan pemenang harus ada koin Shopee 25 ribu dan SPayLater aktif.

Penelepon itu bilang, hadiahnya tidak bisa dicairkan semua, dikarenakan ada cicilan SPayLater di akun saya. Jadi dia mau membayar cicilan SPayLater saya selama 3 bulan. Entah kenapa, saya percaya sekali dengan penelepon itu, dan terbukti tagihan SPayLater saya dilunasi oleh dia selama 3 bulan.

Karena di loudspeaker, orang tua saya mendengar percakapan saya dan si penelepon kemudian marah kepada saya. Karena mendengar orang tua saya marah dan ribut, jadilah saya cancel dan bilang ke si penelepon untuk dikembalikan saja dana yang dia bayarkan untuk melunasi cicilan SPayLater saya selama 3 bulan. Penelepon menyuruh saya menunggu beberapa menit dan bilang kalau pengembalian dana itu butuh waktu 12 jam.

Kemudian malamnya dia menelepon lagi untuk konfirmasi pengembalian dana. Penelepon mengarahkan untuk klik link untuk pengembalian dana tersebut. Setelah klik link tersebut saya diarahkan untuk mengisi PIN SPayLater-nya. Ketika sudah selesai mengikuti arahan si penelepon itu, saya mengecek SPayLater dan baru ngeh kalau tagihan SPayLater saya ada riwayat transaksi Rp930 ribu sebanyak 10x transaksi dan total tagihan menjadi Rp12 jutaan.

Saya coba telepon dan chat kembali si penelepon itu, tapi dia sudah memblokir kontak WhatsApp saya. Mohon bantuannya.

Shafa Annisa
Kab. Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

  • 23 Februari 2023 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Klik link.. Ngisi data apalagi ngasih pin dan sebagaimana juga itu jangan.. Apalagi cuma ngaku dr shopee.. Ngaku jokowi yg telp juga jangan. Intinya itu

  • 23 Februari 2023 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Positifnya, ts bicara jujur, tidk mbulet kaya sambo dll eh kayak kasus2 penipuan sebelumnya ding 😀

  • 23 Februari 2023 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Orang orang kok pada pintar ya? Semudah itu ngasih duit cuma cuma ke orang yg tidak dikenal.

  • 23 Februari 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Bingung mo berkata apa…
    1.hari gini masih percaya hadiah gak jelas
    2.itu penipu udah baik lo bayarain tagihan knp malah mo niat kembali’in

    Harus penipu ditipu…eh malah ketipu beneran

  • 23 Februari 2023 - (17:45 WIB)
    Permalink

    kejujuran TS patut diapresiasi mengakui telah klik dan mengisi link penipu…
    mau gak mau gak usah dibayar, sampaikan ke tetangga/saudara bahwa sudah terkena penipuan. cuekin semua penagihan dari DC…

  • 23 Februari 2023 - (17:51 WIB)
    Permalink

    dah bayar aja.
    0% kemungkinan shopee membatalkan yg telah terpakai.
    akibat kelalaian sendiri..
    so sorry

  • 23 Februari 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    tau wa bisnisnya shopee tapi masih ngeladenin nomor g jelas yg mengatasnamakan shopee.. ?

  • 23 Februari 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Saya yakin yang baca postingan Anda pasti bingung mau kasih saran apalagi….karena kelalaian disebabkan oleh Anda sendiri….Sudah banyak orang yg ketipu kok Anda masih juga jadi korban yg berikutnya….Selama ini Anda kemana aja sih kok ngga baca baca dan belajar dari orang lain yang ketipu….

    Mungkin yang bisa dilakukan adalah lapor polisi dan bersiap siap bayar tagihan nya….

  • 23 Februari 2023 - (20:00 WIB)
    Permalink

    kebanyakan yg kena modus gini kaum hawa yg gampang percaya dan tergoda duniawi hanya pakai perasaan dibuat senang oleh penipu langsung nurut aja

  • 23 Februari 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Sekarang ini banyak penipuan yg mengatasnamakan market place. Se-olah² kita menang undian dan bla..bla..bla. Dan si penipu WA/telpon ke kita, dan diarahkan untuk klik “LINK”. Yaa.. kembali ke diri kita sendiri, kita jangan mudah percaya sama omongan manis si penipu. Kita harus lebih pintar dalam memilih dan menilai.. mana yg penipu.. mana yg bukan. Semoga kita semua terhindar dari kasus yg seperti ini.

  • 23 Februari 2023 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Anda terlalu lugu dan polos. Padahal memiliki smartphone yang dapat mengakses berbagai informasi di dunia maya terutama modus modus penipuan. Anak saya yang SMP dan SMK selalu saya ceramahi tentang modus modus penipuan di internet. Sehingga jika ada penelepon yang tidak dikenal masuk ke HP anak saya yang menjanjikan hadiah, uang tunai. Anak saya langsung tahu bahwa itu penipuan.

  • 23 Februari 2023 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Saya dulu jg prnh beberapa x dpt wa dan tlp mengatasnamakn shopee. Saya kerjain dulu orgnya. Disuruh klik link saya blg kuota saya hbs tlg isiin pulsa dulu. Kmudian saya pura2 klik link. Stlh itu dy minta password dan username. Saya isi aja, username nama2 setan, passwordnya saya isi sumpah serapah dan cacian buat si penipu jin setan iblis gentayangan dll, akhirnya dy ngacir sendiri. Wkwkwk. Skrg saya sdh siapkan narasi panjang berisi cacian buat jaga2 klo sewaktu2 ada wa penipuan lg.

  • 23 Februari 2023 - (22:52 WIB)
    Permalink

    +1(251)… pinterrr!! nomer luar negri masih aja diladenin… seandainya aja orang indon lebih waspada dan tak tergiur uang kaget…..

  • 23 Februari 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Coba download aplikasi “Should I answer” kemudian setting, yg bisa tlp hanya nomor yg tersimpan di kontak kita. Nomor yg blm tersimpan ga akan bisa tlp. Saya sdh coba dan sangat efektif, ga ada tlp dari nomor tdk dikenal lg. Krn saya sangat terganggu dgn tawaran2 telemarketer, tagihan shopee juga kurang 5 hari udh dtlponin, bahkan udh dbyr pun msh dtlpin.

  • 24 Februari 2023 - (05:50 WIB)
    Permalink

    Tidak bisa tidak, melaporkan ke polisi dan Shopee Paylater dalah tindakan terbaik karena sudah penipuan. Dan ini modus lama tapi sering terjadi karena menggunakan psikologi konsumtif masyarakat. Kalau soal bayar, Paylater adalah system pinjol resmi sehingga mau ga mau harus dibayar, namun kalau ada laporan resmi Kepolisian, mungkin bisa ada kebijakan khusus.

    Abaikan komentar yang menyuruh jangan dibayar, karena bisa ada 2 kemungkinan, black list Bank Indonesia (resiko seumur hidup ga akan bisa pengajuan kredit apapun yg resmi) atau ribut dengan teror Debt Collector yg ga mau tau posisi kejadiannya apa. Disini play victim, viral dsb justru akan berbalik jika tidak ada laporan polisi dan laporan ke Shopee Paylater. Dengan kata lain, tidak ada yg bisa membantu selain diri anda sendiri untuk melaporkan ini smua. Semoga sukses.

  • 24 Februari 2023 - (09:14 WIB)
    Permalink

    hehhehe
    saya 2019 akhir pernah kena 20jt, tp di mobile banking BRI.
    setelah kejadian itu, saya jd lebih berhati-hati pd telfon nomor baru, kebanyakan saya rijek atau kalau enggak saya angkat tp hp saya letakkan, saya biarkan si penelepon ngoceh sendiri.
    intinya ada hikmah dibalik musibah.
    tetap sehat – tetap semangat !!

  • 24 Februari 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Rekan kerja saya juga mengalami hal serupa sekitar 6 bulan yang lalu… Untuk lebih aman buat laporan ke pihak berwajib bahwa anda kena tipu dan segera tutup akun shopee serta ganti nomor hp… Apabila di datangi DC sertakan surat dari polisi tdi… Tapi rekan kerja saya belum pernah di samperin DC cuma teror telp Bulan awal jatuh tempo… Dan kalo ada telp. No tidak dikenal masuk jangan di angkat sebab DC klo di ladenin bawa kawan

  • 24 Februari 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya juga kak ditelpon pagi pagi katanya dapat voucher 2jt sama gratis ongkir sebulan kedepan karna saya lagi riweh ngurus bayi saya kasih kesuami saya buat bales itu telpon dia juga percaya pertama disuruh nge screenshot halaman saya dishopee percaya aja disuruh ngeklik link tapi kok pas liat halamanya kaya tf gth 750k disitu saya baru sadar ini penipua langsung saya matiin dia nelpon saya rijek terus sampe dia kirim bukti video orang Nerima duit itu, saya bilang mau nipu mas kok disuruh tf dlu kata dia gpp kak orang shopeepay kakak juga GK adaan katanya gth saya bls aja saya GK berminat kak kasih orang lain aja baru dia GK wa lagi Alhamdulillah masih dilindungi GK sampai kejebak sekarang semua harus bener bener hati hati

  • 24 Februari 2023 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Sy sih Mending gaptek kalau masalah kek ginian..dari pada kena tipu tipu..sdh banyak terjadi lah kok masih ada saja ketipu mentah mentah sama maling..

  • 24 Februari 2023 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Logikanya dan hp nya harusnya dipakai dengan benar mbak, sini saya jelaskan. Tugas agent CS itu hanya membantu anda ketika anda komplain bkn menawarkan produk tertentu. Lalu yg menelepon itu pasti anda bkn CS! Dan nmr yg nawarin itu bkn nmr CS Shopee dan CS gk mungkin ada yg kerja 24 jam!

    Kalo anda gk tau itu, anda kan bisa searching dulu di internet. Saya yakin usia anda masih muda, gk mungkin sekolot itu!

    Dan yg TERPENTING itu, di apk Shopee kan ada fitur live chat CS! Duhh!

    So, mau apapun yg anda katakan tetap anda yg salah dan tagihan 12jt sekian itu tetap tanggungjawab anda!!

    Ps : saya bkn DC ataupun CS cuma sesama pemakai apk Shopee.

  • 25 Februari 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Yg nyaranin g bayar apa g mikir dlu ya efek kdepannya sperti apa. Mending skrg chat cs shopee, ceritakan kronologinya, lampirkan ss bukti chat utk pendukung, minta keringanan atau kebijakan, klau g ada y wajib bayar. Yg nyaranin g bayar percaya deh, cuma mau jerumusin anda kedepannya.
    Ntr lg jg sya d komenin klau dr tim shopee atau dc.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

oleh Shafa Annisa dibaca dalam: 1 menit
94