Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

Pada tanggal 16 Februari 2023 sekitar pukul 20.00 WIB, ada nomor yang menelepon ke WhatsApp saya, mengatasnamakan dari pihak Shopee. Dia bilang akun Shopee saya terpilih dapat voucher, yang bisa dicairkan jadi uang tunai Rp1,5 juta atau RP1,4 juta. Dia menyebutkan persyaratan pemenang harus ada koin Shopee 25 ribu dan SPayLater aktif.

Penelepon itu bilang, hadiahnya tidak bisa dicairkan semua, dikarenakan ada cicilan SPayLater di akun saya. Jadi dia mau membayar cicilan SPayLater saya selama 3 bulan. Entah kenapa, saya percaya sekali dengan penelepon itu, dan terbukti tagihan SPayLater saya dilunasi oleh dia selama 3 bulan.

Karena di loudspeaker, orang tua saya mendengar percakapan saya dan si penelepon kemudian marah kepada saya. Karena mendengar orang tua saya marah dan ribut, jadilah saya cancel dan bilang ke si penelepon untuk dikembalikan saja dana yang dia bayarkan untuk melunasi cicilan SPayLater saya selama 3 bulan. Penelepon menyuruh saya menunggu beberapa menit dan bilang kalau pengembalian dana itu butuh waktu 12 jam.

Kemudian malamnya dia menelepon lagi untuk konfirmasi pengembalian dana. Penelepon mengarahkan untuk klik link untuk pengembalian dana tersebut. Setelah klik link tersebut saya diarahkan untuk mengisi PIN SPayLater-nya. Ketika sudah selesai mengikuti arahan si penelepon itu, saya mengecek SPayLater dan baru ngeh kalau tagihan SPayLater saya ada riwayat transaksi Rp930 ribu sebanyak 10x transaksi dan total tagihan menjadi Rp12 jutaan.

Saya coba telepon dan chat kembali si penelepon itu, tapi dia sudah memblokir kontak WhatsApp saya. Mohon bantuannya.

Shafa Annisa
Kab. Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

  • 31 Maret 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan yg punya limit spaylater besar kalau sudah tidak akan di gunakan kembali minta penghapusan akun.atau pembayarannya agak di telatin supaya limitnya di turunkan.kalau limit besar biasanya suka was was

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Penipuan yang Menguras SPayLater Shopee Saya Sampai 12 Juta Rupiah

oleh Shafa Annisa dibaca dalam: 1 menit
94