Retur Paket Produk Herbal, Isinya Diganti JasJus

Dear Media Konsumen,

Karena saya sudah berusaha lapor ke Lazada PSC dan Ninja Xpress tapi tidak mendapatkan solusi yang adil, maka kami tulis keluhan kami sebagai berikut:

Tanggal 13 April 2023, kami mendapatkan pesanan COD dengan nomor pesanan: 114539978103775 dan resi Ninja Xpress: NLIDAP1635583632. Paket berupa produk herbal isi 5 sachet, dengan harga Rp295 ribu. Namun karena gagal kirim, maka produk tersebut retur dan saya terima pada tanggal 4 Mei 2023.

Karena kondisi yang cukup repot pada waktu itu, maka kami baru sempat cek produk retur keesokan harinya tanggal 5 Mei 2023. Hasil unboxing-nya seperti ini:

https://drive.google.com/file/d/1bbGB8vvqfhvoETTuWDZmZy1VU8Nl5_x9/view?usp=drive_web

Pakingnya masih sama, tapi ketika dibuka, plastik segel sudah dalam keadaan terbongkar, dusnya juga penyok, dan berisi JasJus.

Karena ini adalah kasus ketiga kami di Lazada dengan kurir Ninja, jadi kami cukup hafal dengan SOP-nya. Syaratnya adalah foto dan video yang memperlihatkan no pesanan dan resi, video unboxing, lalu BAP yang menyatakan bahwa seller menolak barang retur karena isi barang tidak sesuai.

Lazada mensyaratkan BAP harus ditandatangani oleh seller dan kurir, lantas kami hubungi kurir ninja melalui email. Lalu mereka memutuskan untuk menginvestigasi 3×24 jam. berikut screenshot-nya :

Setelah menunggu 3 hari, akhirnya dapat jawaban yang mengecewakan seperti ini:

Sangat disayangkan, di balasan email ini, pihak Ninja Xpress tidak mau melanjutkan investigasi hanya dengan capture paket, yang mana kondisinya sama seperti pada saat paket tersebut dikirim. Berarti mereka mengesampingkan bukti unboxing yang sudah kami kirim via email.

Paket tersebut seperti dalam kondisi dibongkar, lalu isi diganti tanpa mengubah pakingan. Padahal kalau mau pengecekan sangat mudah, tinggal lihat siapa kurir yang mengantar untuk resi tersebut dan langsung dapat kontak oknum kurir nakal tersebut dan masalah dapat diselesaikan.

Ini kasus ketiga yang kami alami selama berjualan dengan Lazada dan kurir yang sama. Selalu Ninja Xpress yang bermasalah dan tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan. Dari pihak Lazada pun, punya aturan yang terlalu sempit, dan menyulitkan seller. Apalagi jika kasusnya seperti ini, padahal bukti sudah jelas ada.

Ardhita Yuda Prakoso
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan dari Lazada Perihal Surat Pembaca: “Retur Paket Produk Herbal, Isinya Diganti JasJus”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 13 Mei 2023 berjudul “Retur Paket Produk Herbal, Isinya...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Retur Paket Produk Herbal, Isinya Diganti JasJus

  • 13 Mei 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Sama. Saya punya pengalaman yang sama. Dagangan saya Printer; retur yg datang lem dan cream rambut bekas pakai. Saya chat pembeli ternyata paket COD sudah diterima dan bayar lunas ke kurir antar, tapi status dipalsukan gagal kirim. Mungkin ss chatan dg penerima ini jadi pertimbangan expedisi meloloskan klaim saya.

    • 13 Mei 2023 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Pengalaman kalau ada paket returan…mending buka depan kurirnya sekalian di saksikan sama kurir..kalau emang GK sesuai jgn terima kurir pasti bawa kertas bukti returan ..disitu kita tanda tangan bahwa menolak returan…saya kira bukan ninja doang yg begini expedisi lain juga saya mengalami hal yg sama..intinya kita pihak seller harus teliti saat ada paket returan..

      3
      2
    • 15 Mei 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Ternyata banyak hal seperti ini, kasusnya bisa terjadi karena system COD.
      Saya jg mengalami hal serupa di shopee dg JnT, pembeli sudah terima barang, tapi status lacaknya barang akan dikembalikan ke seller dg alasan salah kode resi, langsung kalut saya, barang sudah diterima pembeli, masak kita dpt pengembalian ENTAH barang apa, saya berpikir pasti akan dimanipulasi kurirnya dengan paket palsu.
      Langsung sy hubungi CS shopee, 3 hari kemudian status berubah jadi “barang hilang”, dan untungnya Shopee melakukan penggantian dana yg sesuai dg harga barang tsb

  • 13 Mei 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Sudah 2x kena tepu kurirnya masih dipakai capek deh… Mau nilai ninja nya jelek emg jelek pelayanan nya tp seller nya lebih pinter dah pny pengalaman gak enak dg kurir nya tetep dipakai ?

    1
    3
  • 13 Mei 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Saya juga seller di Lazada, ada pengalaman jelek juga paket COD di Lazada dengan kurir Ninja express.

    1. Paket ditukar dengan dengan paket lain. Resi print yang saya tempel di paket dilepas dan ditempel di paket beda (ntah paket siapa). Terus diserahkan ke pembeli. ya pasti pembeli komplain krn ketika dibuka isi paket beda (box dan plastik paket juga beda). Saya ada photo paket sebelum dikirim.

    2. Kasus kedua, COD gagal dan paket dikembalikan ke seller. Paket yang diterima beda dgn paket yang dikirim. Bayangkan paket seukuran 30x20cm dikembalikan dengan paket sekecil bungkus rokok. Parah banget kurir Ninja express.
    Akhirnya setelah ngotot komplain sana sini ke lazada dan ninja, paket saya digantikan dengan dana senilai harga paket.
    Setelah itu saya kapok juakan di Lazada. Fitur COD saya matikan.

    Skrg kalo masih ada kasus seperti ini yang terjdi pada seller di Lazada, berarti memang di pihak Ninja express banyak maling paket atau memang isinya komplotan maling paket dan tdk ada usaha perbaikan di internal Ninja express. Ngeri sekali.

    • 14 Mei 2023 - (05:34 WIB)
      Permalink

      Ganti expedisi .jangan pake ninja. Ninja itu yg bermasalah .saya sudah gak peke ninja lagi disemua online shop

      • 15 Mei 2023 - (08:40 WIB)
        Permalink

        Sy di shopee pakai jnt jg mengalami mas, hal ini bisa terjadi di jasa manapun jika pakai COD

  • 13 Mei 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Ngeri, jadi ragu klo banyak kasus di biarkan begitu saja. Lazada juga tidak bertanggung jawab. Pernah belanja dengan kurir ninja was2, di lacak pun susah nya minta ampun. Lagian si lazada paling rumit, tidak ada pilihan kurir. Semoga masalah nya terselesaikan.

    • 14 Mei 2023 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Kesalahan lazada, kenapa harus kerjasama sama ninja.. ninja itu banyak masalah. Seller, pembeli bahakn ga bisa pilih ekspedisi yg dipake apa. Saya biasa belanja di lazada kalo udah sama lex id nya lazada.. paket sih aman, cepat.. eh klo pas dapet ninja, dah audah deh.. paket lama sampe

  • 13 Mei 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Ganti kurir aja bang.
    Saya juga jualan di Lazada dari akhir Desember tahun lalu sampai februari tahun ini ada 10 lebih transaksi kena selisih ongkir Ninja. Padahal berat dan dimensi paket di SKU sudah di lebihkan dari berat dan dimensi riil, tapi tetap aja kena.
    Setelah ganti si cepat gak pernah lagi kena selisih ongkir, dan sekarang ganti lagi pake kurir J&t aman soleman

  • 14 Mei 2023 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Ninja selain maling ongkir sekarang mau coba maling barang. Mari sama sama para seller berhenti pakai ninja expres di semua marketplace terutama lazada

  • 14 Mei 2023 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Lahzadha Ama nihnja yaa gueee tandai AQ mau pesen pasir Lumajang ? mau lihat nanti di ganti apaa yaa?tanah kuburan mungkin?

  • 14 Mei 2023 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Pengalaman aku klo paket retrun sebaiknya buka di hadapan kurir, apa lagi paket yg byk lakbannya, wajib buka depan kurir, pernah sekali ada yg nukar jg, saya tolak, pihak kurir pikin pernyataan klo paket udh di tukar, nanti di nyatwkan paket hilang sama lazada barang di ganti full sesuai sama harganya.

  • 15 Mei 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Nonaktifkan aja ekspedisi nakal dan tidak amanah. Kan masih ada yang lain. Oknum yang nakal kalau bukan orang gudang pas sortir atau gak kurir yang antar paket. Tapi ya biasa orang gudang. Pernah begitu soalnya saya pembeli. Sempat off berapa tahun gak pesan barang pakai jne. Tapi gara2 paketku bermasalah dibuat si jnt ya balik lagi. Alhamdulilah aman aja.

  • 20 Mei 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Case Closed per tanggal 17 mei 2023.
    kasus ini sudah tanggapi dari pihak lazada dan memutuskan untuk mengganti sesuai nominal invoice mengikuti pembayaran periode 17 mei. terima kasih media konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Ninja Xpress di Lazada?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Retur Paket Produk Herbal, Isinya Diganti JasJus

oleh Indo dibaca dalam: 1 menit
21