Kerugian karena Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress

Saya mendapatkan pesanan di Shopee dengan nomor orderan: 230515OQS5HA9A, menggunakan kurir Shopee Xpress, dengan nomor resi: SPXID039630395145. Pengiriman dari Kota Surabaya ke Bali. Pembeli saya ini adalah salah satu langganan di toko saya, dan beliau selalu menggunakan alamat yang sama ketika membeli produk dari toko saya.

Biasanya beliau check out menggunakan kurir JNE atau JNT. Selama ini tidak pernah ada masalah ketika menggunakan 2 kurir tersebut, paket selalu sampai dan tidak ada keluhan sama sekali. Namun kali ini beliau check out menggunakan Shopee Xpress, karena menurut beliau, kurir tersebut tidak bisa diganti oleh kurir lainnya dan toko saya juga tidak bisa menonaktifkan kurir Shopee Xpress tersebut.

Di sini masalah muncul. Barang tidak diantar ke alamat tujuan dan status tiba-tiba retur ke penjual. Tidak ada konfirmasi juga dari pihak Shopee Xpress kepada pembeli, apabila alamat kurang jelas atau apa pun itu. Lebih parahnya lagi ketika pembeli berusaha untuk mengambil paket di konter Shopee Xpress, paket tersebut dikatakan sudah dikembalikan ke penjual. Padahal menurut tracking sistem paket tersebut masih berada di Drop Point Shopee Xpress Mengwi.

Singkat cerita paket tersebut pun diretur kembali kepada saya. Ketika paket tersebut sudah sampai di Rungkut, Kota Surabaya, keesokan harinya paket itu bergerak malah ke Jakarta , DC CAKUNG. Lalu saya track kembali paket tersebut, sekarang malah berada di DC Tanjung Priok. Padahal paket tersebut saya kirim dari Surabayak.

Ketika saya menanyakan hal ini kepada pihak Shopee maupun Shopee Xpress, mereka hanya menjawab sedang dalam proses investigasi saja. Tidak ada bantuan dan pertanggung jawaban apa pun.

Saya minta pihak Shopee bertanggung jawab karena saya tidak pernah mau mengaktifkan jasa kirim Shopee Xpress di toko saya.

Ngadiyanto
Ngawi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Kerugian karena Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress

  • 23 Mei 2023 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Mungkin Kurirnya malas antar karena hanya dibayar Rp 2200 per paket yang diantar, Uang pengantaran paket juga tidak langsung masuk ke saldo kurir, harus menunggu 7 hari kerja baru masuk karena cair uangnya seminggu sekali, padahal kan kurir itu antar paket pakai motor yang bahan bakar nya minyak bukan air, harusnya langsung masuk uangnya supaya kurir ada biaya untuk operasional antar paket, saya pernah jadi kurir shopee bikin capek aja, malamnya sangat kelelahan karna siang hari harus sortir paket dulu sebelum dikirim ke pembeli dan juga antar dalam kondisi terik panas kalau hujan sudah tidak bisa antar karena kawatir basah paketnya, lebih baik jadi driver gojek atau grab dari pada kurir shopee

    10
    3
    • 24 Mei 2023 - (04:30 WIB)
      Permalink

      Pantesan aja sopi lagi buka banyak lowongan Xpress teryata pada rungkad masa yang nganterin yg nyortir juga harusnya gak donk anter doank sepertinya yang di bagian sortir pun pada runkad dari kerjaan awikwok

  • 24 Mei 2023 - (01:05 WIB)
    Permalink

    Koq jdi gak bisa ubah kurir ya? Stau saya seharusnya bisa ubah kurir kalau pesanan belum sampai 1 jam dr pembayaran.

    • 25 Mei 2023 - (03:26 WIB)
      Permalink

      Kalau sudah diproses gak bisa ubah kurir, .. masalah kami penjual juga gak bisa non aktifkan itu kurir. Karena kami capek sekali drop banyak2 pake le agen, gak sistem pick up ketempat kami. Ini shopee mulai monopoli masyarakat indonesia.

    • 25 Mei 2023 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Kejadian di atas tuh kebanyakan terjadi karna Bisa jadi karna si buyer ditelpon ga diangkat2, ketemupun rumahnya, dianya ga di rumah sedangkan paketnya COD. Di shopee xpress biasanya paket COD bisa ditahan cuma 3 hari dan itu udah SOP dari pusat.
      Karna buyer udah terbiasa dianter sama expedisi lain yg udah tau rumahnya ya dia habis pesen berharap paketnya datang, tanpa perlu ngecheck status pengirimannya expedisi apa yg ngirim gitu.
      Saya sering banget ketemu buyer yg kyak gini nih, pas ditelpon katanya “biasanya J&T dan JNE udah tau rumah saya” logikanya gimana coba? Saya kurir yg perdana nganter paket dia otomatis tau gitu alamat rumah dia yg nyeleneh gitu?
      Kebanyakan itu terjadi di daerah kabupaten yg ga punya RT/RW, jadi alamatnya dibikin nama kampungnya doang.

  • 24 Mei 2023 - (04:34 WIB)
    Permalink

    Kocake juga sih gak bisa di kasih pilihan sebanyak apapun di suruh pake shope express padahal jarak tempuh mungkin belum terbiasa atau belum ada, pilihan opsi pengiriman harusnya banyak kenapa maksa satu shope express aja ya mungkin biar naik peminat shope express harusnya ga gitu, namanya juga saingan mungkin KLO shope express kurang diminati berarti bukan di tempatnya Xpres terbaik harusnya gak maksain

    • 24 Mei 2023 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Sebelum nya saya minta maaf yg sebesar2 nya… Saya dulu adalah kurir Shopee xpress. Maaf ya jk kurir Shopee itu memang selalu jd kambing hitam, padahal kt kerja full time, tak ada kata hujan atau pun panas. Bahkan keadaan banjir2 pun kt di paksa kerja. Tp mengapa setiap ada retur slalu kurir yg di salah kan.padahal kt tidak ada uang tunjangan dari perusahaan…. Sedang kan resiko kurir sangat2 besar,!dari paket hilang, maupun rusak, kt yg harus ganti.

      6
      6
      • 24 Mei 2023 - (23:03 WIB)
        Permalink

        Lha kalau sudah kerja siang malam gtu kan banyak pengalaman nya ,nah kalau menurut anda pribadi ,kenapa bisa terjadi masalah seperti cerita diatas? Disini coba jelaskan mengapa bisa terjadi demikian , bukan menulis keluh kesah anda sebagai mantan kurir,dan jangan bawa bawa kambing hitam (hehe),bukan itu yg ingin kami dengar ,namun permasalahan diatas ,kenapa bisa sampai tidak diantar ,tidak bisa diambil dan sampai return pun salah ,mungkin iti yg bisa anda jawab sebagai mantan nya oren express

    • 24 Mei 2023 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Kayaknya pakai shopee express karna murah, voucher ongkirnya akan kepake kalau shopee express di banding jnt atau jne. Sebagai pembeli saya lebih pilih lebih murah 20-40k di banding harus bayar lebih apalagi dgn barang seharga 50k.

      1
      2
  • 24 Mei 2023 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Biasanya sih malas…ada kemungkinan pake promon yg harus pake kurir spx jadiny ga bs diganti Atau durasinya sudsh lewat utk ganti kurir

      • 25 Mei 2023 - (10:49 WIB)
        Permalink

        Masyarakat harus berbenah dulu. Saya nih sebagai kurir sering banget ketemu pembeli yg ga bertanggung jawab. Apalagi yg mesen pake metode pembayaran COD, yg nyusahin banget.
        Kebanyakan nih faktor lapangan yg bikin stress begini nih :

        1. Buyer alamatnya ga jelas, kebanyakan ini terjadi di daerah2 kabupaten yg ga punya nomor rumah, RT/RW. Udah alamat ga jelas, ditelpon ga ngangkat, kadang ada yg salah input nomor telpon otomatis ga bisa dihubungi, ditanya ama warga sekitar juga pada ga kenal.

        2. Buyer ga di rumah, alasannya lagi kerja, ehh pinter!! kalo lu kerja dan jarang di rumah mending alamatnya bikin di tempat kerja lu!!
        Apalagi bocah2 yg masih sekolah banyaaaak banget, pas dihubungi katanya lagi sekolah nanti aja balik ke rumah pas pulang sekolah. Kenapa ga dititipin ke bokap nyokab lu aja sih?
        Masa gua harus bolak balik ngabisin bensin aja, padahal gua digaji cuma perpaket. Uang operasional ga ada cuuuy itu gua nganterin paket lu pake modal sendiri.

        3. Uang belom ada dijanjiin 2 atau 3 hari lagi.
        Ya gabisa gitu lah, sebelum check out mikir ga si itu orang? Kadang mereka pura pura dungu dan ga tau, alasannya saya ga ada mesen kok.
        Ga mungkin dong saya asal nganterin paket anda kalo anda tidak ada memesan!! Pas disuruh liat aplikasinya malah ngeles.

        4. Bocil, lansia atau orang gaptek yg baru nyoba belanja di marketplace. Kadang mereka pas check out itu mesennya ga liat – liat, bikin alamat juga ga karuan. Mereka ga paham tuh kadang mesen 1 barang bisa 2 atau 3 pas check out otomatis yg sisanya direturn karna kepencet alasannya.

        5. Pelajar, pekerja rantau yg kalo pulang kampung ga kira kira. Habis pesen barang si pinter ini pada pulang kampung, ga mikir apa kita kurir dan seller udah dirugiiin?

        6. Paket udah dicancel tapi masih dikirim ama seller. Kebayang ga pas udah nyampe rumah buyer trus ditolak, agak hancur si rasanya tapi ya gimana itu hak mereka.

        Nah dari sini kalian udah bisa liat kan gimana kualitas pembeli kita? Kejadian ini ga banyak si, tapi gua tiap hari pasti ketemu yg kayak gini.
        Dari 50 paket 10 diantaranya masuk kategori yg gua bikin di atas. Udah dikasih solusi buat transfer aja ke rekening gua trus paketnya dititipin ke tetangga atau suruh tetangga nalangin paketnya dulu ehh malah ga mau.

        Ada juga yg nomornya ga bisa dihubungi dan alamat ga jelas, paketnya direturn, ehhh besok2nya si pinter malah mesen lagi hadeeeh

        Emang ini udah resiko kerja lapangan, tapi semua ini ada konsekuensinya, pasti ada pihak yg dirugiin. Next jadilah buyer yg pinter biar ga ada pihak yg dirugiin. Bertanggung jawab, jangan anggap enteng kerjaan orang gitu lo, udah di akomodir tinggal nunggu di rumah aja masih aja dibikin ribet.

  • 24 Mei 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Saya kok bisa dinonaktifkan ya, coba ke pengaturan pengiriman pakai seller center dekstop komputer

  • 24 Mei 2023 - (22:59 WIB)
    Permalink

    Memang kadang sistem begitu , walaupun seller aktifkan semua kurir ,namub pada saat promo ,si pembeli tidak bisa ubah kurir walau belum lewat 1 jam ,by sistem shoppe,kalau mau ajukan matikan spx sih bisa ,tapi spx instant dan hemat juga ikutan dimatikan zzz

  • 26 Mei 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    G heran sma ekspedisi 1 ini, bner kta pembeli g ada opsi lain selain kurir tsb. Berulangkali sya mengalami hal yg hampir sma, hanya sja barang sya ttp d krim, tpi harus gagal krim beberapa kali dlu dgn alasan penerima tdk d tmpat, stelah komplain by cs/telp baru deh berhasil d anter, dan anehnya dgn alamt yg sma hanya shopee express yg slalu gagal krim.

    • 29 Mei 2023 - (13:10 WIB)
      Permalink

      Nah iya, saya sbg seller jg gak bisa nonaktifkan layanan SHPXPRESS sejak mengaktifkan layanan Gratis Ongkir Xtra. Counter jauh & mereka ngga ada pick up. Maksain bgt menurut saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Shopee Xpress di Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Kerugian karena Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress

oleh ngadiyanto dibaca dalam: 1 menit
18