Hati-hati Menggunakan Shopee Xpress, Kirim iPhone 14 Berubah Jadi Dummy!

Saya sudah berjualan handphone selama 10 tahun. Saya jualan di toko hijau sudah 9 tahun dan jualan di Shopee sudah 4 tahun, dengan puluhan ribu transaksi sukses (nama toko saya: RizkyApple). Beberapa kali pernah ada kasus barang hilang/bermasalah di ekspedisi, tetapi selalu selesai karena saya menggunakan asuransi pengiriman.

Namun sekarang ini penjual dipaksa untuk menggunakan Shopee Xpress (karena lebih banyak promo dan algoritma lebih baik) dan masalah dimulai ketika barang bermasalah menggunakan Shopee Xpress. Berikut ini kronologi peristiwanya:

Tanggal 23 Mei 2023, saya menerima pesanan dari akun ifkyweiss25, berupa iPhone 14 128 GB Black, dengan harga Rp14.105.000. Nomor pesanan: 230523FWS1R9DY, dengan jasa pengiriman Shopee Xpress Standard nomor resi: SPXID030746049835. Pesanan kami kirim pada tanggal 24 Mei 2023 pukul 16:00, di-drop ke gerai Shopee Xpress dan sudah bisa di-tracking pengirimannya.

Pada tanggal 27 Mei 2023, pesanan diterima pembeli. Namun pembeli mengajukan pengembalian dana karena pesanan yang diterima tidak sesuai dengan yang kami kirimkan. Kami kirim iPhone 14 GB Black, nomor serial 352298631793316, tetapi yang diterima pembeli berupa dummy handphone dengan kondisi paket sudah berbeda.

Pada tanggal 28 Mei 2023, pihak Shopee meminta bukti video packing dari kami dan sudah kami kirimkan pada tanggal 29 Mei 2023.

Pihak Shopee menginfokan kalau sedang dalam proses investigasi pihak jasa kirim, dengan nomor laporan: 1663150822695972885 dan membutuhkan waktu. Setiap hari saya follow up di pengembalian dana nomer order tersebut dan jawaban pihak Shopee selalu sedang dalam proses investigasi.

 

Setelah kami melengkapi semua bukti, pada tanggal 13 Juli 2023, pihak Shopee menginformasikan bahwa klaim Asuransi Pesanan tersebut ditolak dengan alasan:

  1. Pengajuan ini sudah diproses investigasi oleh pihak jasa kirim.
  2. Adapun hasil investigasi jasa kirim adalah tidak ditemukan adanya indikasi kehilangan selama proses pengiriman berlangsung.
  3. Berdasarkan bukti dari yang dilampirkan pembeli pada pengajuan nomor pesanan ini menunjukkan bahwa kemasan paket yang diterima pembeli sama dengan kemasan paket yang diterima oleh jasa kirim saat menerima paket dari pihak penjual.

Padahal kami sudah melengkapi semua bukti bahkan hingga surat laporan kepolisian. Kami disalahkan karena bentuk paket berbeda. Padahal kami sudah memberikan bukti rekaman, justru karena bentuk paket berbeda makanya kami curiga paket sudah “dikerjai” (karena yang kami jual adalah barang mahal dan sudah pernah terjadi barang hilang, jadi setiap packing selalu direkam).

Untuk penjual dan pembeli (khususnya barang high value) hati-hati menggunakan Shopee Xpress! Barang Anda bisa ditukar dan penjual disalahkan walau sudah ada bukti dan sudah asuransi (bahkan hingga surat laporan kepolisian). Untuk Shopee dan Shopee Xpress, kami tunggu jawabannya.

Bajra Bagaswara
Jakarta Selatan

Catatan redaksi (diperbarui 7/9/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

67 komentar untuk “Hati-hati Menggunakan Shopee Xpress, Kirim iPhone 14 Berubah Jadi Dummy!

  • 25 Juli 2023 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Perlu diperhatikan bagi para Seller pada saat packing membuat sebaik2nya dan seutuh2nya proses packing , dgn menampilkan produk yg dipacking, jumlahnya serta video tsb diaktifkan location , date and time stamp agar dapat menjadi alat bukti yang kuat pada saat klaim asuransi dan pada saat pembuatan LP . Semoga kasus anda selesai dgn baik dan cepat.

    11
    • 25 Juli 2023 - (13:59 WIB)
      Permalink

      betul mas saya sudah mengirimkan semua kebutuhan untuk proses asuransi pengiriman sampai surat kehilangan dari kepolisian tetapi tetap ditolak asuransinya

      • 30 Juli 2023 - (13:07 WIB)
        Permalink

        Kalau shopee express sih pasti berkelit kalau ada kerusakan atau kehilangan. Ausransi shopee sih bohong2an.

        Lumayan kan cuma ngeganti claim, kasus yg viral saja. Kasus Yg ga viral ya seller cuma bisa gigit jari

  • 25 Juli 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Saya lihat video packing sudah benar. Meskipun tidak ada tanggal/jam video, label yang di close up sesuai kuitansi. Kini kuncinya ada di foto saat paket di timbang ekspedisi dan foto kurir saat menyerahkan paket ke penerima. Jika SPX tidak mampu menunjukkan bukti 2 foto itu, maka kita semua tahu siapa yang paling pantas bertanggung-jawab.

    • 25 Juli 2023 - (14:00 WIB)
      Permalink

      shopee tidak bisa memberikan bukti dengan alasan data tersebut data internal shopee

  • 25 Juli 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    banyak maling di jasa ekspedisi, ga cuma di shopee xpress tp hampir di semuanya ada. maka terlalu riskan kirim2 hp apalagi jumlahnya 10jt ke atas macam iphone. asuransi aja kurir tetap nekad nyuri, aplg tanpa asuransi. btw asuransinya pun abal2, ditolak klaimnya, pusing ga lu, gw jg pusing. padahal bukan penjual. semoga cepat selesai urusannya

    • 25 Juli 2023 - (13:52 WIB)
      Permalink

      Ana sarankan pihak toko yg menjual barang mewah untuk mempunyai segel/lakban khusus yg apabila dirobek oleh pihak lain sebelum diterima konsumen itu kelihatan,karena segel hanya dipunyai toko tersebut sendiri.

      11
      • 28 Juli 2023 - (16:45 WIB)
        Permalink

        Betul, saya setuju sekali dengan saran kamu. lakbak khusus begini bisa di pesan custom kan yah. jadi di lakban di kotak hpnya langsung, cerdas sekali solusinya

      • 25 Juli 2023 - (18:10 WIB)
        Permalink

        saran aja sih mengingat harga yg mahal, pake kurir sendiri, orang internal sendiri, yang terpecaya, terjamin identitas nya, klo kirim via kurir shopee cukup nota nya. setiap saya baca syarat ketentuan tiap ecommerce ada pasal lepas tanggung jawab, klo pun tanggung jawab dihitung yg terkecil dan max 1 jt, emang tiap ecommerce beda² aturannya, cuma hampir semua, termasuk fintech. saya pun korban shopee, korban fintech juga, dari dulu emang yg terjamin dtg langsung ke toko, transaksi langsung antara penjual dan pembeli, deal di tempat, komplain pun enak tatap muka langsung, mudah²n shopee tanggung jawab 100% yaa gan

    • 30 Juli 2023 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Pernah dengar pre-order Iphone 14 semua transaksi yang dimasukkan ke si kembar Rihana dan Rihani? Mereka melakukan modus penipuan menggelapakan uang. Apakah ini termasuk pemyalahgunaan barang, malah sampai dibawa hukum lagi!

  • 25 Juli 2023 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Keterlaluan sih ini, kalo memang benar kayak gini terlihat pihak shopee express gak mau rugi & bertanggung jawab atas kesalahan oknum pegawainya

    11
    1
  • 25 Juli 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    saya sebagai salah satu seller di shopee juga sering mengalami barang hilang saat menggunakan spx sampah ini,, saya gak tau enth sengaja dari pihak manajemen spx sampah ini atau apa tapi ini bkan kebetulan.. pnya tman saya juga sering hilang/berkurang kyk sebelumnya isinya 10 dan setelah sampai sisa 5 isinya.. untung ada video packingnya..
    susah skali mau memasukkannya ke media berita besar2 utk kasus seperti ini..

  • 25 Juli 2023 - (11:27 WIB)
    Permalink

    saya beli di sopi barang dibawah 50rbsemua, diatas itu agak takut 😁

    kan target market sopi barang2 murah makanya keamanan pengiriman terkesan diabaikan

    itungan bisnis kasar aja barang 3000 bisa gratis ongkir, apa ada spare budget buat keamanan expedisi?

    tapi nanti jangan kaget, karena goto itu rolemodel bisnis sopi mungkin sopi akan menerapkan biaya jasa aplikasi juga buat meningkatkan keamanan dan pelayanan seperti go to

    4
    3
  • 25 Juli 2023 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Resiko jualan online, jadi sekarang udah tau kan, dimana pun ada yg namanya oknum, dan bukti sekuat apapun kalau yg punya eccomerce nolak klaim , bisa apa lagi penjual atau pembeli ? jadi ambil pelajaran nya ajah, untuk mencegah hal hal seperti ini dikemudian hari, stop!!

  • 25 Juli 2023 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Wah ngga recommended bgt berarti ya belanja di shopee khususnya yg harga jutaan, padahal katanya udah diasuransi tapi tetep ngga berpengaruh apa apa kalo udh ada kejadian kaya gini. Saya pernah ada kejadian mirip seperti ini di marketplace Ijo tapi untungnya sistem asuransinya bagus jadi uang saya bisa balik. Semoga masalahnya bisa cepat selesai ya buat penjualnya, tutup aja tokonya di shopee kalo udh ngga bener kaya gitu resikonya gede

    7
    1
  • 25 Juli 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    shopee….shopee ga habis pikir sama shopee, ternyata bukan saya saja yang pernah kena ternyata pembeli lain juga kena. Tapi yang kasihan sellernya, sudah potongan banyak, traffic ga lancar banyak kebijakan yang sangat merugikan seller dan di tambah sekarang wajib asuransi di shopeenya tapi giliran di klaim malah di persulit, mana asuransinya lebih gede dari pada asuransi sendiri ke ekspedisinya.

    4
    1
  • 25 Juli 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Padahal buktinya udh kuat begitu, tapi tetep shopee ngga mau tanggung jawab ? Parah banget ya, jadi takut belanja di shopee

    6
    1
        • 25 Juli 2023 - (17:29 WIB)
          Permalink

          Bukan orang shope mungkin dia cs nya kali, biar nga keliatan salah shope nya d belain sama dia buat apa di bela emang jelek

          • 29 Juli 2023 - (20:52 WIB)
            Permalink

            Yang bagusnya Amazon

        • 25 Juli 2023 - (17:32 WIB)
          Permalink

          korban shopee juga cuy, sampe sekarang dana ga balik. 6 jt, bahkan email dah puluhan kali, chat cs shopee sampe diblokir, baca² syarat ketentuan eh kluar begitu. inti nya tau sendiri yaa, klo pun tanggung jawab max.1 jt, klo pun ada yg terselesaikan cuma 1 dua yaa, supaya nama baik terjaga. ampun dah kapok.

          4
          1
  • 25 Juli 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    jadi fungsinya asuransi pengiriman yang kita bayarkan jika pesan di shopee ,itu jatoh nya buat cover apa ya ? jika untuk untuk klaim saja di persulit seperti ini ?

    jadi mikir2 lagi dah buat belanja di shopee, apa yang kita bayarin ke shopee ga bisa kita dapetin ya jatoh nya ini ?

    6
    1
  • 25 Juli 2023 - (14:53 WIB)
    Permalink

    waduh mana sering belanja di shopee lagi , sering klik asuransi pengiriman juga biar g kenapa” lumayan padahal bayarnya . kalo gabisa klaim ya buat apa juga dong , udah bayar mahal” pula

    • 28 Juli 2023 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Asuransi itu cuma segelondong oknum numpang makan, saya abaikan ini. Pasal nya nanti kalau benar kejadian, pasti banyak ngeles dan akhirnya kita yang tetap rugi.

  • 25 Juli 2023 - (14:56 WIB)
    Permalink

    kalau udah begini shopee tanggung jawab nya bagaimana nya soal nya ga cuma barang hilang aja saya yakin pihak toko juga dirugikan dari reputasi dan pasti pihak toko rugi di asuransi yang harus nya bisa cover masalah ini apalagi yang digunakan spx yang notabene nya di handle langsung pihak shopee nyaa !? berarti di asuransikan dan tidak di asuransikan sama aja dong ya ga ada tanggung jawab nya juga ?

  • 25 Juli 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Saya cuma mau mengingatkan yaa tentang https://help.shopee.co.id/portal/article/71187
    PENGECUALIAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB Shopee, ini lengkap nya:
    30.1 SEJAUH YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, DALAM KEADAAN APAPUN SHOPEE TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB BAIK DALAM HAL KONTRAK, GARANSI, PERBUATAN MELAWAN HUKUM (TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, PENGABAIAN (BAIK APAKAH AKTIF, PASIF ATAU DIPERHITUNGKAN), KEWAJIBAN PRODUK, KEWAJIBAN KETAT ATAU TEORI LAINNYA), ATAU PENYEBAB LAINNYA DARI TINDAKAN HUKUM, DALAM KEADILAN, OLEH UNDANG-UNDANG ATAU HAL LAINNYA, UNTUK:

    30.1.1 (A) HILANGNYA PENGGUNAAN; (B) HILANGNYA KEUNTUNGAN; (C) HILANGNYA PENDAPATAN; (D) HILANGNYA DATA; (E) HILANGNYA GOOD WILL; ATAU (F) KEGAGALAN MEREALISASIKAN SIMPANAN YANG DIPERKIRAKAN, UNTUK SETIAP KASUS BAIK SECARA LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG; ATAU

    30.1.2 SETIAP KERUGIAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTIL, KHUSUS ATAU KONSEKUENSIAL, YANG TIMBUL DARI ATAU SEHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ATAU KETIDAKMAMPUAN UNTUK MENGGUNAKAN SITUS INI ATAU LAYANAN, TERMASUK, DENGAN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KERUGIAN YANG DIAKIBATKAN OLEHNYA, BAHKAN JIKA SHOPEE TELAH DIBERI TAHU TENTANG KEMUNGKINAN KERUGIAN TERSEBUT.

    30.2 ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA SATU-SATUNYA HAK ANDA SEHUBUNGAN DENGAN SETIAP MASALAH ATAU KETIDAKPUASAN DENGAN LAYANAN ADALAH UNTUK MEMINTA PENGAKHIRAN AKUN ANDA DAN/ATAU BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN.

    30.3 APABILA, DENGAN TIDAK MENGESAMPINGKAN BAGIAN SEBELUMNYA, SHOPEE DINYATAKAN OLEH PENGADILAN DARI YURISDIKSI YANG BERKOMPETENSI UNTUK BERTANGGUNG JAWAB (TERMASUK UNTUK KELALAIAN YANG DISENGAJA), MAKA, SEPANJANG DIPERBOLEHKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, KEWAJIBAN SHOPEE KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA YANG LEBIH KECIL ANTARA: (A) SETIAP JUMLAH YANG JATUH TEMPO DAN HARUS DIBAYAR KEPADA ANDA BERDASARKAN GARANSI SHOPEE; DAN (B) RP 1.000.000 (SATU JUTA RUPIAH).

    30.4 TIDAK ADA HAL APAPUN DALAM SYARAT LAYANAN INI YANG AKAN MEMBATASI ATAU MENGECUALIKAN TANGGUNG JAWAB UNTUK KEMATIAN ATAU CEDERA PRIBADI YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN SHOPEE, UNTUK PENIPUAN ATAU UNTUK TANGGUNG JAWAB LAIN PADA PIHAK SHOPEE YANG TIDAK DAPAT DIBATASI DAN/ATAU DIKECUALIKAN SECARA HUKUM.

    1
    15
    • 29 Juli 2023 - (04:53 WIB)
      Permalink

      Kalo itu di terapkan betul2 ya orang ga mau beli barang mahal dishopee. Mungkin shopee dimata hukum bisa menang. Tapi di mata pengguna hororr

      Itu mksdnya kalo ilang di pengiriman. jasa kirim yg tanggung jawab bukan shopee.
      Makanya biasanya kasus barang ilang ujung2 nya penjual ama ekspedisi tawuran sndri.

    • 25 Juli 2023 - (16:44 WIB)
      Permalink

      justru karena bentuk paket berbeda makanya kami curiga paket sudah “dikerjai”

      • 25 Juli 2023 - (19:01 WIB)
        Permalink

        gini om.
        kawanku dirumah butuh kerja. ada yang nawarin, jadi kurir, SPX.
        kawanku dibayar sekian rupiah per paket. minimal bawa perhari itu 200 paket. mau paket besar atau kecil, pokoknya 200 paket.
        kawanku terdaftar di SPX, legal.

        nah, yang jadi masalah. ga mungkin dong kawanku kirim 200 paket bawa mobil. nah kawanku ini kasi kerjaan lagi ke tukang ojek di area kerjanya. tukang ojeknya dibayar sekian rupiah per paket.
        ada plus ada minusnya.
        plusnya, kasih kerjaan ke yang nganggur tapi pengen kerja (contoh kawanku, tukang ojek).
        minusnya, SPX ga tau paket om dibawa siapa.
        maka dari itu SPX bagaimanapun pasti berkelit bahwa itu bukan kesalahan dia. karena, bisa jadi paket om dibuka oleh kurir yang tidak terdaftar ini.

        dan asuransi. yang pernah saya alami bukan dari paket.
        saya bayar internet, ada pilihannya kan? asuransi jika internet mati, kami bayar balik.
        saya pilih asuransi itu. DAN kebetulan di tengah bulan internet mati selama 3 hari. saya claim asuransi dong.
        jawaban asuransinya apa? kami butuh bukti tertulis dari provider yang menyatakan bahwa internet di rumah saudara mati selama 3 hari.
        saya tanya balik ke fihak asuransi, sejak kapan provider rumahan (provider BUMN) kirim bukti tertulis kalau internetnya mati?

        saat ini, saya kalau beli barang di shopee ga pernah pakai SPX. lebih baik pakai kurir lain. setidaknya, kurir lain masih pakai seragam, yang berarti fihak internal kurir tau paket kita dibawa siapa. bahkan ada kurir yang sampai nama pembawa paket kita tertulis di aplikasi.

        saya bukan mau black campaign, tapi setidaknya pembaca lain bisa tau sedikit informasi tentang SPX ini.

        7
        1
        • 27 Juli 2023 - (20:44 WIB)
          Permalink

          masih pake spx ga bang?. di bukti pesanan yang terkirim ada nama kurirnya kok.
          tinggal tanya aja ke kurirnya.
          dan setiap klaim barang rusak, hilang, atau salah antar tetap kurir yang ngantar yang akan dikejar untuk mempertanggungjawabkan nya

      • 25 Juli 2023 - (19:14 WIB)
        Permalink

        Kalo menurut sy bukti video kurang kuat karna tdk menunjukan imei ke kamera, sope menyatakan paking pembeli yg benar berarti dia punya bukti foto paket sblum dikirim ke pembeli

        • 27 Juli 2023 - (20:42 WIB)
          Permalink

          setiap paket yang delivered. selalu ada foto paket dengan buyer. bisa dibandingkan paket yang dikirim sama kurir persis ga dengan video yang dikirim seller. kalau beda berarti emang ada masalah dengan oknum gudangnya

  • 25 Juli 2023 - (17:23 WIB)
    Permalink

    hahah ada yang kena juga hal serupa dengan saya,,,solusi nya ya nga usah jualan di shope kek saya langsung matiin akun shope nga mau lagi jualan di sana,, udah asuransi paling tinggi proses nya lama cs nya nga membantu bintang 1 buat shope pokok nya… buat seller hati’ aja jangan sampe dah ber urusan sama asuransi shope, 1 ribet 2 di lama2in nga ada estimasi waktu 3 ya harus kasih surat polisi,, asuransi mahal tapi berasa ngurus sendiri selama jualan di marketplace baru ini aturan claim asuransi kek gini 👎👎👎

  • 25 Juli 2023 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Kayaknya udah bukan sekali dua kali issue2 ada oknum kayak begini kalo liat grup2 wa. Tapi emang harus diviralkan biar jadi perbaikan ataupun jadi perhatian juga untuk semua pihak terkait. Bagi seller tentu jadi lebih berhati2, untuk tim expedisi juga agar diperketat SOP nya untuk mengurangi kecurangan. Begitupun dg pihak shopee, agar lebih netral terkait support untuk tim expedisi maupun seller.

    • 27 Juli 2023 - (10:05 WIB)
      Permalink

      saya sebagai penjual beberapa kali mengalami kasus yang seperti ini di berbagai marketplace tetapi baru kali ini sampai di tolak dengan alasan yang seperti ini dan merugikan penjual

      • 27 Juli 2023 - (19:43 WIB)
        Permalink

        @dealergadget
        Iya kali ini anda lagi ‘kena batunya badai marketplace’
        Ngapain diterusin jualan disitu, itu nama RizkyApple sdh bagus kenapa gak bikin website sendiri co.id?

        Saya pun dulu jualan di marketplace itu , entah kenapa produk sy banyak dihapus dengan alasan tidak masuk logika/akal sehat manusia padahal produk yg sy pasarkan itu original dan lengkap legalitasnya.

        Akhirnya tekad bikin website sendiri ber-domain co.id plus legalitasnya lengkap. Alhamdulillah banyak konsumen order bahkan sampai mancanegara.
        Kesimpulan saya sih jangan bergantung kepada marketplace manapun, jadikan batu loncatan saja.

  • 25 Juli 2023 - (23:49 WIB)
    Permalink

    saya kalau belanja produk hp atau elektronik lebih percaya di tokopedia daripada belanja di shopee 😁😁

  • 26 Juli 2023 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Untuk barang nilainya lebih dari 3jt lebih baik kirim invoice saja kirim pke orang sendiri atau kerjasama sama beberapa driver yg bisa dipercaya. Saya sebagai deiver juga kesal sama deiver maling

  • 26 Juli 2023 - (02:13 WIB)
    Permalink

    Shopee = Tempat sampah
    Shope express = Tempat pembuangan sampah akhir

    Cs ny *******, trus sekarang bikin ekspedisi juga lagi.dan yang gilanya, penjual semua wajib menggunakan jasa pengiriman sampah shopee xpress tersebut.

    viralin di tiktok, ada kemungkinan si shopee sampah ini ganti full gan, no viral no justice. kalo ngarep chat sama cs shopee yang kualitas sdm sampah, ga bakal beres.

    5
    1
    • 26 Juli 2023 - (09:23 WIB)
      Permalink

      alvinabilla titis zakia benar kak haha kapok saya udah nga jualan di sana lagi ribet cust marah’ bilang pengiriman lama ngasih bintang 1 terus tapi expedisi nya shope kadang instan udah di pickup driver nya nga pickup barang chat ke cs nya nga ada solusi ujung2 nya batal cust marah ke seller, padahal kesalhan bukan dari seller tapi seller yang kena

  • 26 Juli 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Sering bebrapa kali belanja di toko rizkyapple, semoga masalah cepat kelar ya gan. Teruslah bersuara sampai mendapatkan keadilan. Seperti kasus saya sebelum nya yang di bantu member & redaksi mediakonsumen.com. Hingga saya mendapatkan keadilan dan tidak harus menerima kerugian

    • 26 Juli 2023 - (17:49 WIB)
      Permalink

      thankyou om, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak shopeenya nih

      1
      0
      • 29 Juli 2023 - (20:34 WIB)
        Permalink

        Kirain nunggu angkot, Datang om ke kantor shopee, disini nunggu apa’an, jangan sampe dianggap kasus nya kadaluwarsa, jangan nunggu², kapan selesai nya, senin datang ke kantor shopee

  • 26 Juli 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    ingat ja kalo belanja barang diatas ratusan ribu wajib di TOKOPEDIA.. Shopee Sampah hanya dikhususkan barang murah2an seperti barang dibawah 100ribu ja.. karena shopee biasanya bakal bertanggung jawab kalo murahan soalnya ga terasa rugi2 amat bagi mereka..
    kalo di TOKOPEDIA jarang ada kasus dan kalo ada kasus biasa pihak TOKOPEDIA akan menyeledikinya kasus tersebut dengan adil

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Shopee Xpress di Shopee?

Ada 67 komentar sampai saat ini..

Hati-hati Menggunakan Shopee Xpress, Kirim iPhone 14 Berubah Jadi Dum…

oleh dealergadget dibaca dalam: 2 menit
67